Langsung ke konten utama

Wisata Halal Di Korea Selatan

Berlibur di Korea Selatan sudah biasa dilakukan tetapi konsep wisata halal akan mencuri perhatian para traveler muslim di seluruh dunia dimana negara ini terkenal dengan kemajuan teknologi yang sudah mendunia telah mempunyai wisata halal yang bisa dinikmati seluruh wisatawan dengan nilai baru untuk sebuah liburan. Dengan konsep yang sudah matang oleh pemerintah Korea Selatan melirik wisata halal ternayata telah menjadikan cara yang bisa mendatangkan  nuansa baru khusunya dari Indonesia dengan tempat makan, wisata agama, serta tempat favorit wisatawan muslim untuk berleha-leha sejenak. Pergeseran konsep wisata halal ini telah dipersiapkan beberapa fasilitas yang sudah terlihat jelas dimulai dari tempat nongkrong, mushola atau mesjid, bahkan tempat hotel menginap. Tempat yang sudah menjadi destinasi favorit ditunjang dengan wisata halal rasanya akan tambah lengkap Korea Selatan menjadi negara tujuan wisata yang lebih tentram dan nyaman.

Poto oleh: trazy.com

VISA.
Memang untuk berkunjung ke Korea Selatan harus apply visa terlebih dahulu sebelum melakukan ekspedisi perjalanan yang akan dilakukan di masa cuti liburan berikutnya. Anda bisa melakukan apply VISA di kedutaan besar Korea Selatan di Jakarta. Tergantung kebijakan dari negara Korea Selatan untuk memberlakukan VISA masuk untuk turis ini, anda bisa update statusnya [baca; link]. 

PERJALANAN DIMULAI.
Untuk melakukan perjalanan ke Korea Selatan anda harus mempersiapkan tiket pesawat yang akan membawa anda dari DKI Jakarta Soekarno Hatta ke Korea Selatan International Incheon. Jenis penerbangan juga tersedia dimulai dari LCC [Low Cost Carrier] sampai dengan full service. Yang menjadi primadona adalah penerbangan LCC yang sangat terjangkau bahkan ada airline LCC yang bisa anda dapatkan dengan penerbangan via Changi Singapura atau Malaysia KLIA [Kuala Lumpur International Airport] dengan banyak pilihan. Untuk mendapatkan tiket murah tentu harus rajin-rajin anda selesi setiap waktu baik secara online ticketing dari berbagai website ternama hingga langsung ke website LCC atau full service yang membuka penerbangan ke Korea Selatan.

Tips: Anda juga bisa melihat pameran traveling yang akan selalu hadir untuk memberikan paket wisata atau tiket murah ke tujuan Korea Selatan atau promo khusus dari airline yang bersangkutan.

HOTEL PENGINAPAN HALAL DI KOREA SELATAN.
Penginapan muslim lagi halal sudah mulai tumbuh di Korea Selatan sebagai tempat yang sudah menggila pariwisatanya dan sudah mendunia. Berkat kerja keras dan ketekunan dari semua aspek pemerintah disana mampu menciptakan keinginan dari wisatawan traveler dari negara muslim yang ingin berlibur disana dengan kenyamanan atas perjalanan dengan ketentuan yang harus dipenuhi. Rekomendasi tempat penginapan yang disenangi dengan halalnya adalah dengan fasilitas yang mencukupi yang khusus jenis hostel ala backpacker, berikut rincian hotel tempat menginap [rincian hotel ini akan terus bertambah dari pelaku ekonomi muslim dengan menciptakan hunian yang diinginkan oleh traveler]

1. FN HOUSE.
Menjadi pilihan bara bacpacker muslim yang ingin menghabiskan waktu liburannya di sekitar pusat kota Seoul Korea Selatan. Penginapan hostel ini sangat ramah untuk traveler muslim dan lokasinya sangat dekat dengan pusar keramaian. Berlokasi di daerah Gangnam yang dimiliki oleh suami istri dari Malaysia yang telah lebih dari 10 tahun tinggal di Korea Selatan. Fasilitas yang disediakan cukup komplit dimana adanya tempat ibadah yang luas yang bisa memuat sekitar 15 orang jamaah sehungga anda tidak ragu lagi menunaikan ibadah ada di dalam FN House ini. Pihak hostel juga menyediakan makanan ringan halal pastinya untuk para tamu, untuk fasilitas dapur bisa digunakan untuk kebutuhan masak dan minum, serta alat-alat masak lainnya yang bisa digunakan. FN House ini sangat dekat dengan transportasi publik dan kereta bawah tanah Apgujeong sekitar 10 menit. Harga sewa yang relatif terjangkau sekitar 38.000 Won = IDR 439.000 per malam untuk satu kamar, apabilan ingin sharing dengan traveler musim lainnya sekitar 25.000 Won = IDR 289.000.

Armada transportasi yang bisa anda pilih menuju ke FN House adalah dengan menggunakan taksi dari Incheon sekitar 90.000 Won = IDR 1.045.000 | Menggunakan bus bandaran 6006 dengan tiket 15.000 Won = IDR 174.000 dengan lokasi bus di bandara yang berhenti tidak jauh dari FN House sekitar 5 menit berjalanan kaki | Apabila anda menggunakan kereta api bawah tanah harus ada transit sekitar 3 kali ya sebagian orang bilang agak sedikit repot tetapi harga tiketnya cukup murah 5.000 Won = IDR 58.000

2. EID GUESHOUSE.
Pilihan lain untuk wisata muslim di Seoul Korea Selatan adalah di Eid Gues House yang akan berbarengan dengan dekat dengan pusat makanan halal. Yang lebih menyenangkan adalah Eid House ini menyatu dengan Eid Halal Food Korea sebagai pelengkap liburan yang tidak pergi jauh jika anda lapar langsung dekat dari gueshouse. Banyak para traveler bilang disinilah tempat menu bulgogi yang palin enak lezat di Korea Selatan yang harus anda coba ya. 

Fasilitas lain gueshouse ini adalah sangat dekat dengan Masjid Sentral Seoul yang merupakan destinasi penting ikon wisata di Seoul, anda sekaligus bisa traveling nginap di Eid dan langsung bisa dekat beribadah hanya 5 menit jalan kaki.

Tentu Eid Gueshouse akan menerapkan prinsip Islami yang sangat ketat yaitu dilarang kerang konsumsi atau membawa minuman memabukan apapun jenisnya yang akan tertulis di dinding untuk mengingatkan para selruh tamu.

Lokasi gueshouse ini sangat dekat dengan tempat nongkrong berupa cafe dan beberapa toko yang terkini ada di sekitar ini. Seperti tempat nongkrong minum kopi ada diseberang penginapan ini. 

Alamat Eid Gueshouse ini di 67-20, Usadan-ro 4-gil, Yongsan-gu, Itaewon, Seoul, South Korea 140-824.

Tambahan hotel lainnya adalah Lotte Hotel dan Hotel Plaza yang banyak disenangi oleh traveler muslim karena dilengkapi dengan fasilitas ibadah dan kenyamanan dalam menginap juga disediakan. Anda juga disediakan mushola dan makanan halal untuk tamu yang tentu akan memberikan ketenangan dalam traveling.


TEMPAT MAKAN HALAL DI SOUL KOREA SELATAN.
Untuk tempat makan belum semua tempat ada tetapi sudah mulai tumbuh  dibebeapa pusat kota wisata yang tentu akan menjadi banyak pilihan restoran untuk disinggahi. Pemerintah Seoul Korea Selatan memberikan atensi yang tinggi untuk memberikan retoran tempat makan yang sangat ramah terhadap wisatawan muslim di seluruh dunia dengan menerbitkan Halal Ceritificate secara resmi dan Halal sendiri atau self-certificate yang terbebas dari makanan yang dilarang untuk dikonsumsi dan untuk di minum. Menurut data diperoleh hampai 250 restoran di Korea Selatan yang telah mendapat sertificate resmi ini terjadi peningkatan dari 135 restoran tempat makan. Mayoritas wisatawan yang menjadi lokasi favorit bagi Indonesia ini telah meningkat dari tahun ke tahun.

Menu yang disajikan cukup variatif dimulai dari seluruh dunia dengan menu kari, kebab, menu lokal Korea Selatang, dsb. Restoran tempat makan yang banyak ditemukan di kawansan Itaewon yang merupakan kawan pemukiman penduduk muslin yaitu di Seoul Central Mosque dengan restoran dari India juga ada disekitar lokasi ini.

Begitu juga di Moghul dekar dari Ashoka yang khusus memasak seluruh menu yang mereka olah langsung dari negara asalnya yaitu restoran Kashmir dan Usmania. Menu spesial olaha daging domba dan ayam juga ada di menu ini yang tentu sangat spesial bagi seluruh wisatawan dunia.

Rekomendasi Restoran Enak di Korea Selatan.

1. Restoran Potala.
Dengan citra rasa yang kental dari India dan Himalaya ini dikelola oleh seorang warga Tibet yang bisa menjadi alternatif wisata kuliner halal di Korea Selatan. Komitmen restoran ini telah mampu mengambil hati para traveling yang ingin mendapatkan jenis menu makanan minuman yang halal untuk setiap sajian dari chef mereka. Anda juga perlu mencoba samosa chat, sha bhakle, lassi, curry, dan naan. Sangat lezat dengan gurih sekali terasa bumbu asli India dan Himalaya. Lokasinya di Korea Selatan ada dua tempat di Myeongdong 2-ga, Jung-gu dan B1, 35-2 Gwangcheol-dong, Jongno-gu.

2. Restoran Pasha.
Berlokasi di Gangnam Seoul Korea Selatan dengan berbagai jenis menu  dimulai dari menu pembuka, spageti, hidangan utama, salad, hingga beraneka ragam jenis makanan penutup. Jika dilihat, retoran ini lebih ke konsep vegetarian. Jenis makanan dan minuman ini yang cukup enak ini bisa anda pilih dimulai dari menu makan siang hingga makan malam. Traveler dari Indonesia juga sudah sangat familiar dengan sub, kebab, dan lavas sebagai menu untuk nongkrong sambil ngerumpi.

3. Eid Restoran.
Tempat makan ini menyatu dengan Eid Gueshouse yang bisa melengkapi jenis menu yang akan anda pilih untuk hari ini. Sudah tersetifikasi halal oleh KMF [Korea Muslim Federation] memberikan alternatif retoran yang bisa anda pilih saat berwisata halal di Seoul Korea Selatan.

Tambahan lokasi tempat makan lainnya adalah di Sang Sang Gil yang terletak di Kota Changwon. Beberapa food stall yang berderet di Jalan Sang Sang Gil ini telah ada mendapatkan sertifikasi halal dari instansi Pemerintah Korsel. Tempat yang juga ditunjang oleh pemandangan yang sangat indah ini mampu menghipnotis anda untuk berlama-lama di tempat ini.

FYI, menu favorit yang sudah mulai mendunia adalah Bibimbap, Bulgogi, Ayam Ginseng yang harus anda coba sebagai menu wajib di Korea Selatan. Anda harus make sure untuk mencoba mencicipi menu lainnya seperti di Myeongdong Market agar bisa mencermati makanan hala yang dijual oleh para penyedia sajian menu makanan kaki lima. 

MASJID DI SEOUL KOREA SELATAN.
Negara yang dominasi agama Budha ini dapat hidup berdampingan dengan muslim yang bisa terlihat rekam jejak perkembangannya dalam bentuk bangunan masjid yang tersebar seantero Korea Selatan. Seperti Seoul Central Mosque yang berlokadi di Itaewon ini menjadi mesjid terbesar di Korea. Dibuka pada tanggal 5 Mei 1976 distrik Yonsan-gu menjadi salah satu landmark yang harus anda kunjungi sambil bersilaturahim dengan sesama untuk tercipta sebuah persahabatan kedua negara. 

Satu lagi Masjid Paju nama berlokasi di Gyeonggi yang terletak di sebuah kompleks dengan kecanggihan teknologi yang akan dikembangkan terus di lokasi ini. Terletak di Seoul sebelah barat dengan sebuah kota yang mempunyai sejarah panjang masa lalu yang begitu kaya untuk digali. Masjid ini sudah banyak dikunjngi oleh ratusan ribu wisatawan seluruh dunia untuk melengkapi wisata halal di Seoul Korea Selatan. Lokasinya di di 421-9 Yeongtae-ri, Wonreung-myeon.

LOKASI WISATA FAVORIT MUSLIM DI KOREA SELATAN.
Selain wisata kuliner dan wisata religius ada beberapa lokasi wisata favorit muslim di dunia yang ingin menghabiskan masa liburan mereka di Korea Selatan.

1. Nami Island.
Mungkin anda telah menonton Winter Sonata di tahun 2002 yang sangat menghipnotis para pemirsa di Indonesia bahkan dunia yang ingin melihat Nami Island sebagai lokasi penting dalam Film ini. Pulau ini terletak di perbatasan dua provinsi yaoti Gangwon-do dan Gyeonggi-do sebagai ikon yang sangat disukai oleh wisatawan muslim. Memang lokasi pulau ini sangat penuh dengan para traveler karena pesona pemandangan sangat indah dengan pepohanan yang rindang hijau. Puncak terpadat di pulau ini pada Mei Juli Agustus serta Oktober, dan anda harus menggunakan kapal penyeberangan ferry dengan biaya KRW 8000 untuk sampai ke Nami Island. Pastikan anda siapkan seluruh gadget untuk menikmati perjalanan menyeberangi Sungai HUan selama 15-30 menit.

2. Taman Nasional.
Sebagai pusat wisata dunia terlihat tata kota yang rapi dengan mempertahankan bentuk kota asli juga bisa anda temui. Untuk melihat keindahan lain juga bisa anda temukan di Taman Nasional Seoraksan yang merupakan lokasi tertinggi yang berlokasi di Gangwon. Jika anda menyukai wisata alam dengan menempuh perjalanan ketinggian 1.700 meter dpl yang merupakan puncak tertinggi di Korea Selatan. Di Taman Nasional ini juga ada air terjun.

3. Gyengbok Palace.
Tempat ini harus anda kunjungi, seperti museum tetapi sangat berbeda justru sangat banyak didatangi oleh wisatawan. Pemerintah setempat membuat lokasi tempat ini menjadi berbeda dengan banyaknya  penduduk lokal yang mengenakan pakaian asli Korea Selatan [Hanbok]. 

4. Sungai Cheonggyechon.
Jangan lupa menyinggahi sungai ini untuk membuat lampion yang ingin diterbangkan untuk wisata lampu di malam hari. Atraksi lain yang bisa anda lihat adalah lampu temaran, indahnya gemerlap lampu dengan gunung pencakar langit, serta anda dapat menikmati suasana malam untuk nongkrong yang juga bisa anda nikmati.

5. Untuk wisata belanja shoping pakaian sudah banyak pilihannya, setiap distrik memiliki mall yang cukup variatid dan anda bisa pilih sesuaikan dengan budget belanja seperti Myeongdong, Insadong, Namdaemun Market, Dongdaemun Market.  

Tips: Untuk menambah wawasan anda berlibur di Korea Selatan juga ditambah dengan Aplikasi Halal Korea untuk menikmati eksplorasi liburan lebih banyak variasinya. Seluruh penunjang wisata halal anda bisa nikmati dengan rekomendasi yang diberikan.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang ingin mendapatkan wisata halal di Korea Selatan yang sudah mulai menghipnotis traveler muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia. Anda jangan khawatir, kawasan halal ini akan terus meningkat dengan banyaknya permintaan dari muslim yang ingin mendapatkan liburan yang mereka inginkan. Selamat traveling.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.