Langsung ke konten utama

Objek Penting Tempat Wisata di Painan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat

Sekarang kota Painan di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat telah berbenah menyambut seluruh wisatawan yang akan datang menghabiskan waktu liburan Lebaran Idul Fitri, Idul Adha, liburan anak sekolah, outing kantor perusahaan, hingga liburan akhir tahun sudah memadai dan siap dipilih pada itinerary berikutnya. Wisata alam dan wisata bahari menyatu di satu tempat bisa anda pilih sesuaikan tema liburan kali ini. Untuk mengunjungi seluruh objek wisata ini bisa menghabiskan waktu satu minggu penuh dan rasakan sensasi liburan di ranah Minang serasa di luar negeri. Bahkan Painan sekarang ini telah masuk dalam rute Tour de Singkarak yang telah mencuri perhatian traveler dunia alasannya adalah objek wisata penting sangat mendukung untuk dijual keindahannya kepada wisatawan seluruh dunia. Apa saja objek wisata penting yang ada di sekitar kota Painan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, berikut penjelasannya.

WISATA PULAU.
Pulau yang terletak di pesisir pantai di Painan ini cukup banyak dan mencetak keindahan yang berbeda tetapi ada beberapa objek wisata bahari pulau yang telah menghipnotis para pecinta wista bahari pulau termasuk para perantau Minang dan traveler seluruh dunia untuk bela-belain datang ke Painan untuk menghabiskan tema liburan kali ini. Pulau yang telah mencuri perhatian mereka adalah sebagai berikut:

1. Pulau Setan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat.
Poto oleh: aet.co.id

Pulau yang termasuk di kawasan Mandeh tepatnya di Taman Wisata Mandeh. Hening di kepulauan dan bahkan tidak ada penghuninya ini banyak dipilih oleh para traveler seluruh dunia untuk melihat betapa cocoknya tempat ini untuk lari dari segala kesibukan aktifitas keseharian bisa memilih pulau ini. Lokasi pulau yang berhempas dengan ombak kecil dan sangat direkomendasikan untuk melakukan segala aktifitas berenang di sekitar pulau. Untuk mengelilingi keseluruhan pulau adalah kegiatan yang sangat mengasikan sekali bahkan letak Pulau Setan ini bersebelahan dengan Pulau Pasumpahan sebelah timur serta Sungai Pisang di sebelah barat. Cukup strategis tempatnya dan yang penting akses untuk kepulau sangat mudah untuk ditempuh.

Cara ke Pulau Setan: Setelah anda sampai di Tempat Pelelangan Ikan [TPI] di Carocok Tarusan anda harus menumpangi perahu lokal penduduk untuk mengantarkan anda ke Pulau Setan [Pulang-Pergi] dengan tarif IDR 20.000 per orang. Keindahan ini sangat kental terasa dimulai dari anda menaiki perahu hingga sampai ke pulau tujuan.

2. Pulau Cingkuak Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat.
Poto oleh: outboundsumatera.com

Sebenarnya jarak ke Pulau Cingkuak dari Pantai Carocok tidak terlalu jauh , hanya berjarak 200 meter saja dari pantai. Untuk sampai ke pulau anda bisa meniti jembatan yang telah terhubung. Dengan indahnya pulau dan pasir putihnya ini sudah banyak para traveler dunia serta para perantau Minang untuk melakukan berbagai aktifitas selama linuran seperti berenang serta snorkeling disekitar pantai. Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah mengunjungi benteng Portugis serta Prasasti Madame Van Kempen. Tema liburan wisata pulau kali ini di Pulau Cingkuak juga banyak aktifitas lainnya seperti penelitian. hiking, hingga ada beberapa siswa melakukan aktifitas camping menyatu dengan alam. Kegiatan wisata bahari yang bisa dilakukan adalah jetski, banana boat, donat boat, dan lainnya. Seluruh kegiatan ini harga yang dibayar dimulai dari IDR 20.000 - IDR 150.000.

3. Pulau Cubadak Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat.
Poto oleh: travel.idntimes.com

Gema pesona pulau ini telah menorehkan prestasi kepada seluruh traveler dunia karena wisata bahari alam yang memiliki air yang sangat jernih ini bisa dijadikan lokasi untuk menyelam, diving, bahkan snorkeling. Jaraknya sekitar 40 km dari selatan kota Padang dapat juga ditempuh menggunakan kapal penduduk yang disewakan dari Pantai Carocok Painan. Keindahan laiy yang sangat terawat dan alami ini terhembus angin pulau yang sejuk menyatu dengan hijaunya daun. Inilah pulau yang sangat disukai oleh traveler dunia untuk rela menghabiskan waktu liburan mereka dengan alaminya treumbu karang di seluruh kawasan Pulau Cubadak. Untuk biaya ke pulau ini relatif mahal karena jarak yang cukup jauh serta akomodasi lain untuk kegiatan bahari cukup mahal.

4. Pulau Keong Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat.
Poto oleh: triptrus.com

Pulau yang unik ini letaknya di Taluak Sungai Bungin Kabupaten Batang Kapas sekitar 80 km dari kota Padang. Pulau yang sangat unik jika dari kejauhan terlihat seperti rumah siput keong dengan pasir pantai yang putih begitu indah cantik untuk segera dikunjungi. Kegiatan bahari yang sangat banyak dilakukan pada saat ini adalah snorkeling, berenang, hingga mengelilingi pulau sangat direkomendasikan. 



WISATA ALAM.
Painan di Kabupaten Pesisir Selatan juga memiliki wisata alam yang sangat indah untuk dikunjungi dan bisa diakses langsung dengan kendaraan bermotor. Lokasi masih sangat mudah dilalui dan sebagian besar jalan yang akan ditempuh sangat baik kondisinya. Wisata alam yang banyak dikunjungi saat berada di musim liburan kali ini, sebagai berikut:

1. Pantai Carocok.
Poto oleh: lihat.co.id

Untuk sampai ke Pantai Carocok anda harus menenpuh perjalanan dari kota Padang menuju ke pusat kota Painan dengan jarak +/- 77 Km dengan waktu tempuh +/- 2 jam perjalanan. Pantai Carocok ini juga tersedia jembatan yang menghubungkan ke beberapa pulau disekitar pantai dan anda bisa menggunakannya untuk sampai ke pualu tujuan seperti pulau Batu Kereta dan Pulau lainnya

2. Bukit Langkisau.
Poto oleh: pasisia.id-hsb.com

Disinilah lokasi yang paling cocok untuk melihat keajaiban alam serta sunset di sore hari. Bukit Langkisau ini tidak jauh dari Pantai Carocok hanya 10 menit waktu tempuh saja. Tidak hanya itu saja anda juga bisa melihat seluruh pemandangan gugusan pulau sekitar kota Painan dan di lokasi ini juga terlaksana olah raga paralayang dan paramotor. Seluruh kegiatan olah raga terbang ini harus memiliki izin dan sertifikasi dari FASI [Federasi Aiero Sport Indonesia]. Apabila anda ingin menikmati indahnya kota Painan dengan menaiki kegiatan menantang ini hanya dengan IDR 300.000 saja anda telah bisa menikmati indahnya alam kota Painan.

3. Jembatan Akar Bayang.
Poto oleh: senapati.net

Sangat unik dan terbuah dari akar tanaman tercipta Jembatan Akar Bayang yang sangat fenomenal. Akar yang dililitkan ini terbentang diatas sungai yang sangat vital bagi kelangsungan hidup penduduk lokal. Objek wisata ini berjarak tempuh +/- 65 km dari kota Padang menuju ke Bayang. Kegunaan jembatan ini sebagai penghubung anatara Nagari Puluik-Puluik dan Nagari Lubuk Silau. Keberadaan jembatan ini dipercaya telah ada sejak tahun 1916 dengan akar yang dijalin satu sama lain sehingga kokoh berdiri. Hanya membayar IDR 5000 saja anda telah bisa melihat keunikan Jembatan Akar Bayang Sani di Kecamatan Batan Pessel Sumbar.

4. Air Terjun Bayang Sani.
Poto oleh: yuri1714.blogspot.co.id

Tidak terlalu jauh dari Jembatan Akar +/- 3 km tepatnya di pertigaan sebagai petunjuk awal menuju ke Air Terjun Bayang Sani. Sangat alami dan setelah anda sampai lokasi air terjun dapat terasa sejuk gemercik air yang membasahi muka anda saat dekat pusat wisata ini. Air terjun setinggi 80 meter ini sangat terkenal dengan kealamiannya. Walaupun fasilitas yang tidak semaksimal di kota Padang masih ada fasilitas pendukung seperti ruang ganti pakaian , serta fasilitas umum lainnya. Tidak terlalu mahal uang masuk sekitar IDR 5000 saja untuk menikmati keindahannya.

5. Bukit Mandeh.
Poto oleh: jurnalmetronews.com

Wisata Mandeh Painan di Kabupaten Pesisir Selatan ini telah menjadi tempat  nongkrong untuk melihat indahnya panorama di teluk dan berjejernya pulau pulau yang bentuk unik dan eye-cathing. Pesona warna biru laut yang mempesona mata ini tidak mau beranjak setelah jepret sana-sini dengan backgroung Samudera Hindia yang terbentang luas. Untuk sampai ke Bukit Mandeh ini tidak lah sulit, setelag anda dekat dari Tempat Pelelangan Ikan [TPI] di Tarusan sekitar tiga kilometer anda telah menemukan lokasi ini. Jalur jalan yang bisa dilalui kendaraan roda empat dan dua telah tersedia lahan parkir yang cukup memadaai sehingga anda tidak perlu pusing lagi dimana akan meletakan kendaraan. Bus Pariwisata ukuran medium dan besar tidak dapat melewati jalan menuju Bukit Mandeh karena jalan yang berkelok ukuran jalan yang hanya sesuai dengan ukuran jenis minibus saja.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.