Langsung ke konten utama

Pilihan Menu Sarapan Pagi Khas Orang Minangkabau Di Sumatera Barat

Sarapan pagi khas penduduk lokal orang Minang asli di pagi hari khususnya di Sumatera Barat mencari tema pada tulisan kali ini. Sebelum beraktifitas rata-rata orang Minang akan mencari menu yang disukai khas daerah setempat ditambah beberapa tambahan toping ataupun lauk penunjang sarapan pagi tersebut. Menu ini sudah dipastikan selalu ditemukan hampir seluruh daerah yang ada di Sumatera Barat seperti Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, Batusangka, Solok, dan lainnya. Seluruh penduduk sudah pasti bisa membuat masakan ini dijual di pagi hari sebagai menu andalan yang akan dicari oleh pembeli sebelum memulai aktifitas keseharian. Apa saja nama menu sarapan pagi orang Minang di Sumatera Barat sebagai morning booster mereka sebelum memulai aktifitas pada pagi hari, berikut ulasannya.

1. Lontong Sayur.
Poto oleh: kueresep.com

Sarapan pagi khas Padang ini sudah pasti sebagai menu paling populer di cari di pagi hari karena kelezatan dan kegurihan rasa. Harga yang sangat terjangkau dan hampir seluruh pelosok nagari menjualnya sudah pasti dipilih sebagai menu untuk memulai aktifitas. Lontong sayur Padang yang dijual oleh pedagang ini tentu memiliki tambahan lauk lain seperti telor rebus bulat, gorengan tahu, risoles, sala lauak, ataupun bakwan selalu menjadi pelengkap. Gulai yang di favoritkan yaitu nangka, sayur pakis, ataupu tauco buncis yang bisa dipilih. Semua gulai ini bisa dipilih bahkan dicampur keseluruhannya untuk satu porsi lontong sayur. 

Di kota besar seperti Jakarta telah mulai dimodifikasi lauknya karena disesuaikan dengan permintaan pembeli seperti tambahan gulai kikil ataupun rendang berbumbu. Apapun bentuk toping tambahan lauknya sudah dipastikan selera orang Minang asli memang selera enak menjadi prioritas. Setelah lengkap semua akan diberi kerupuk khas merah, sambel merah, serta bawang goreng.

2. Lontong Pical.
Poto oleh: penikmatnafas.com

Variasi sarapan lain adalah lontong pical. Pical maksud disini hampir sama dengan pecel, hanya penyebutannya saja. Lontong pical dipilih karena gurihnya kuah kacang berbalur dengan lontong serta sayuran khas ini menjadi pilihan untuk sarapan pagi. Tidak itu saja, ada beberapa pembeli ingin menambahkan siraman kuah gulai untuk menambah kelezatan seporsi menu ini. 

Populer sekali lontong pical ini dan digemari seluruh usia membuat nama kuliner ini sangat melekat. Seperti penjual Pical Sikai di Bukittinggi yang sudah dibuat dari generasi ke generasi telah tekun menjual menu ini sebagai masakan dari resep turun temurun sampai sekarang masih bisa dinikmati dengan tambahan potongan sayur rebung untuk menu sarapan kali ini. 

3. Nasi Sup Daging Jambu Aia Bukittinggi.
Poto oleh: d.foursquare.com/v/sop-nasi-simpang-taluak

Sarapan ini tentu sudah tidak asing lagi karena kelezatan sup daging sapi yang dijual di pagi hari khusus bagi anda yang ingin menu sarapan pagi berat tersedia langsung dari penjual. Menu ini sudah mulai tersedia sekitar pukul 05:00 pagi dan pastinya semakin pagi menjelang siang menu ini sudah hambis udes dalam waktu beberapa jam saja. Nah, apabila anda berada di kota Bukittinggi harus datang ke tempat ini untuk menikmati sarapan pagi yang sangat khas dengan harga yang sangat pantas.

Baca juga:
Jenis Variasi Olahan Jengkol Jariang Khas Minangkabau Sumatera Barat 

4. Bubua Kampiun Lengkap.
Poto oleh: saribundo.biz

Jenis sarapan pagi sudah mulai jarang ditemukan penjual yang tekun menyediakan menu ini di pagi hari. Karena banyaknya jenis menu yang harus dipersiakan seperti kolak pisang, bubur beras putih, kacang ijo, bubur ketan hitam, bubur candil atau biji salak, dan lainnya. Keseluruhan jenis menu ini tercampur di satu porsi dan ditambah guyuruan gula merah serta santan. Sangat nikmat rasanya dengan rasa yang gurih seluruh menu tentu tidak akan pernah terlupakan.

5. Kacang Padi atau Kacang Ijo.
Poto oleh: resepmedia.com

Sarapan ini memang tidak nendang bagi seorang pria tetapi banyak disenangi oleh kaum hawa yang tidak perlu menu berat untuk pagi hari. Kacang padi atau kacang ijo ini ya standar satu gelas cukup populer di Sumatera Barat karena rasa manis dan memiliki energi penting dari nutrisi dari kacang yang dimasak bersama santan serta gula pasir. Apabila anda yang ingin sarapan yang tidak perlu berat ini lah sarapan terbaik.

6. Lupis dan Sarabi.
Poto oleh: ninoynino.blogspot.co.id

Menu tradisional khas Minang ini tentu sudah banyak peminantnya apalagi saat berada di kampung halaman. Sarapan lupis ataupun sarabi tentu pilihan lain dengan rasa manis dari gula aren untuk lupis serta gurihnya santan bercampur dengan gula aren untuk sarabi. Sebenarnya sarapan ini termasuk menu tradisional kuno sekali yang masih saja dicari karena otentik dan ngangenin dengan terbatasnya penjual pada masa sekarang menjual untuk sarapan pagi.

7. Soto Padang.
Poto oleh: infomakan.com

Untuk menu sarapan soto Padang memang tidak banyak penduduk lokal di Sumatera Barat tetapi hanya untuk sesaat saja seperti pada waktu pasar ataupun pada waktu pekan di nagari. Jenis isiannya cukup bervariasi dimulai dari perkedel kentang, potongan daging sapi, paru, ataupun dendeng kering dalam satu porsi. Setelah bahan tersebut telah lengkap disatukan di mangkok akan disiram dengan kuah berbumbu yang harum dengan aroma yang sangat mengundang selera. Dilengkapi dengan satu piring nasi putih yang telah diberi bawang goreng dan kerupuk merah yang siap anda santap untuk menu sarapan padi. Siap tambahkan sambel dan jeruk nipis untuk peningkat rasa soto.

8. Sate Padang.
Poto oleh: resephariini.com

Menu ini juga bisa dijadikan menu sarapan pagi oleh orang Minang di Sumatera Barat sebelum memulai aktifitas. Tidak banyak yang melakukannya tetapi hanya terfokus pada suatu kegiatan keramaian di pasar atau pun di pakan yang masih di buka sekali dalam satu minggu. Hampir sama dengan menu sarapan soto Padang diatas menu sate ini dipilih karena sudah sangat membumi sekali serta diterima seluruh umur. Sate khas dengan kuah berbumbu  satu porsi dengan ketupat tentu sangat lezat pada saat berada di pasar atau pakan nagari bersenda gurau dengan teman dan sahabat.

9. Bubur Putih dan Bubur Ketan Hitam.
Poto oleh; cookwinner.com

Memang masuk dalam campuran bubur kampiun tetapi anda juga bisa meminta salah satu menu tersebut untuk menu sarapan pagi. Sangat digemari oleh penduduk lokal di Sumatera Barat dengan manis, gurih, serta harga yang sangat terjangkau tentu cocok sekali untuk disantap sebelum aktifitas pagi dimulai. Untuk bubur ketan putih akan disiram dengan gula merah dan bubur ketan hitam akan diguyur dengan santan kental. Sangat fenomenal sekali menu ini cocok dijadikan menu sarapan pagi.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.