Langsung ke konten utama

Tips Jitu Hindari Sakit Pada Saat Traveling

Pada saat traveling harus tetap sehat hindari sakit harus dilakukan semaksimal mungkin. Resikonya sakit akan mengakibatkan seluruh jadwal itinerary anda akan berantakan bahkan jumlah biaya yang telah lama dipersiapkan dengan menabung terbuang sia-sia. Tentu hal ini tidak akan pernah akan terjadi jika anda harus tetap menjaga kesehatan dengan tips-tips simpel mudah yang bisa anda terapkan pada saat sebelum traveling bahkan saat melakukan traveling. Apa saja tips nasehat jitu untuk tetap sehat terhindar dari sakit pada saat liburan, berikut penjelasannya.

Poto oleh: livestrong.com

1. Kebersihan Tangan Selalu Terjaga.
Tangan sebagai langkah awal yang harus dijaga kebersihannya pada kondisi apapun harus anda lakukan sekarang juga. Kedua tangan selalu memegang benda yang kadang kita tidak sadar apakah bersih ataupun kotor. Seperti contoh pada saat naik transportasi umum anda tentu akan berpegang pada penyangga besi pada saat naik serta memegang benda lain disaat traveling berlangsung. Pada kondisi ini tentu anda tidak mengetahui apakah anda sadar benda yang banyak dipegang oleh orang lain dijamin kebersihannya. Dengan banyaknya kuman yang melekat di tangan ini harus anda bersihkan dengan sabun ataupun lotion agar tetap bersih di kesempatan apapun. Dengan  tangan bersih selalu anda telah mewujudkan diri tetap sehat terhindar dari penyakit yang bisa masuk pada mata, mulut, dan hidung. 

2. Konsumsi Vitamin Jika Diperlukan.
Vitamin harus stand by disamping anda jika tubuh membutuhkannya. Konsumsi dengan takaran yang direkomendasikan oleh dokter ahli sangat direkomendasikan untuk mengetahui kapan tubuh butuh vitamin dan anda siap konsumsi pada saat itu juga. Kegiatan yang banyak di outdoor akan butuh stamina yang tetap prima dan akan membuat tubuh akan tergerus melemah jika anda tidak memperhatikannya. Rutin konsumsi dengan takaran yang disetujui akan membuat daya tahan tubuh tetap terjaga dan sakit pada saat traveling bisa terhindar. Biasanya bentuk vitamin untuk dikonsumsi ini bisa anda dapatkan dari suplemen atau pun dari buah sayur segar yang bisa anda diperoleh di supermarket. Khusus untuk buah sayur segar ini tentu banyak pilihan yang tentu disukai dengan rasa manis dan asem. 

3. Istirahat Cukup.
Saat traveling rasa senang yang menggebu membuat anda lupa istirahat. Jangan terlalu dipaksakan tubuh untuk tetap melangkah sebenarnya anda sudah mengetahui bahwa sudah saatnya istirahat. Jadwal tidur mungkin akan berbeda beberapa jam dari waktu di Indonesia tetapi hal tersebut hanya terasa beberapa jam saja. Setelah jetlag anda sudah kembali normal makan kondisi tubuh sudah mulai menyesuaikan. Perjalanan yang dilakukan seharian penuh harus diatur waktu selesai pada pukul 21:00 telah selesai makan malam dan mandi. Setelah itu anda harus rebahkan tubuh untuk mengumpulkan tenaga kembali yang siap digunakan untuk perjalanan keesokan harinya.

4. Pilih Pilah Makanan dan Minuman.
Pada saat anda masuk di pusat wisata tentu banyak ditemukan penjual makanan minuman yang menggelar lapaknya tidak jauh dari lokasi ini. Anda harus berhati-hati, tidak semua makanan minuman ini sesuai dengan kondisi tubuh anda apalagi menu yang asing belum sesuai dengan kondisi tubuh bisa membuat kondisi tubuh langsung drop. Hal yang sangat dikhawatirkan adalah anda alergi makanan tertentu yang harus anda waspadai bisa memberikan efek gatal ataupun bengkak saat setelah anda konsumsi. TIPS: persiapkan makanan sebelum sampai di lokasi tempat wisata dan dapat anda ganti dengan buah segar yang banyak serat tentu lebih sehat dan bisa kenyang lebih lama seperti: buah apel, pear, jeruk, dan lainnya.



5. Air Mineral Putih Pilihan Terbaik.
Di negara orang sudah banyak pilihan air mineral putih yang bisa anda pilih sebagai minuman sehat yang harus diminum pada saat melakukan perjalanan. Anda harus hindari minuman soda ataupun energy drink karena akan memberikan efek kurang sehat terhadap stamina tubuh diperjalanan. Udara kering dan panas tentu akan mengeluarkan keringat yang sangat banyak dan harus anda ganti dengan cairan air seketika. Jika anda ingin mengganti ion tubuh yang hilang bisa menikmati air kelapa muda yang tentu juga tersedia di tempat wisata pengganti minuman ionisasi. Cara ini sudah banyak dipraktekan oleh traveler seluruh dunia dan cukup ampuh bahwa air kelapa muda alami ini bisa menggantikan ion yang hilang dan dari air kelapa yang natural ini bisa langsung diserap oleh tubuh.

6. Hindari Minum Langsung Air Keran.
Memang di luar negeri tersedia beberapa tempat khusus yang disediakan keran air minum gratis yang bisa dinikmati oleh seluruh traveler dan penduduk lokal. Hal ini sebaiknya anda hindari karena tidak selalu air keran ini bersih dari bakteri atau pun virus. Beberapa ilustrasi yang menyebutkan konsumsi yang berlebihan dari air keran ini secara berlebihan akan menyebabkan anda sakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri tadi. Jadi sebaiknya hindari minuman air keran langsung di tempat umum tetapi jika di bandara yang sudah yakin tempatnya steril dan selalu bersih serta anda telah mencicipinya terlebih dahulu apakah rasanya berbeda ataupun alami. Lokasi di bandara sudah ada petugas yang secara rutin melakukan cek di lapangan mengenai kondisi tabung ataupun pipa yang mengalirkan air selalu baik dan terkontrol secara berkala.

7. Obat Khusus Anda.
Anda harus mengetahui obat penting apa yang bisa anda bawa saat traveling untuk menunjang kesehatan tetap stabil dan prima. Obat yang umum dibawa adalah obat sakit maag, sakit kepala, diare, ataupun balsem. Untuk plester  sebaiknya juga dibawa karena bisa berguna pada saat perjalanan mungkin kaki anda lecet bisa langsung digunakan. Jadi obat khusus untuk anda ini disesuaikan dengan jenis traveling yang akan anda lakukan apakah di alam liar outdoor atapun hanya traveling biasa.

8. Hindari Sinar Terik Matahari Langsung.
Pada musim kemarau tentu sinar matahari sangat terik membuat suasana terasa panas dan mengakibatkan cairan tubuh cepat berkurang. Apalagi anda berjalan di outdoor tidak ada pelindung kepala serta sun block tentu akan memberikan dampak lain terhadap kesehatan. Tidak pakai peindung kepala akan membuat kepala terasa panas yang bisa membuat pandangan menjadi kabur dan kondisi tubuh cepat drop. Anda bisa hindari sinar terik matahari ini dengan berlindung di tempat teduh sementara. Apabila jarak lokasi tempat wisata terasa jauh sebaiknya gunakan transportasi publik yang memungkinkan perjalanan anda cepat sampai tujuan.

9. Jangan Sampai Perut Keroncongan.
Hal ini kadang dianggap sepele oleh traveler pada saat menunggu pesawat udara mungkin adanya delay lama jadi lupa makan. Jangan sampai perut anda keroncongan menunggu ketidakpastian lama seperti ini dan harus anda isi dengan makanan yang sesuai dengan selera baik makanan ringan hingga berat.  Pola tunggu seperti ini bisa menyebabkan asam lambung menjadi tinggi dan kondisi tubuh sudah lelah dan capek akan memperburuk kesehatan anda untuk sampai ke tanah air. Jangan gara-gara terlalu hemat konyol seperti ini sampai di rumah anda masuk rumah sakit dan dirawat sampat beberapa minggu. Selalu perhatikan asupan makanan apapun kondisinya supaya stamina tetap terjaga dengan baik. 

10. Susu Minuman Sehat Menyehatkan.
Minuman tambahan yang bisa anda sambi adalah susu. Di luar negeri banyak jenis susu halal yang bisa anda konsumsi baik dari jenis nabati atau pun hewani. Susu sehat ini bisa melengkapi asupan minuman sehat yang harganya masih sangat terjangkau dan bisa anda dapatkan di beberapa minimarket ataupun di bandara sehingga staminan tubuh tetap terjaga. Jangan pernah lupakan minuman sehat ini sebagai andalan anda untuk traveling di luar negeri.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.