Langsung ke konten utama

Cara Mudah Naik Bis Dari Singapura Malaka Malaysia

Perjalanan bis dari Singapura ke Melaka atau Malaka sangat mudah sekali tidak perlu repot bahkan anda tidak menyangka sangat mudahnya. Malaka atau Melaka merupakan negara terkecil bagian dari Malaysia yang telah diakui keberadaanya oleh UNESCO pada tahun 2008 ini menjadi populer untuk destinasi liburan singkat setelah anda melakukannya di Singapura. Terutama akhir pekan banyak sekali penduduk lokal Singapura dan Malaysia yang ingin menghabiskan waktu ini untuk rileks bahkan cuti liburan harus disini. Tidak hanya mereka seluruh turis termasuk anda ingin juga sampai ke kota ini dengan biaya yang sangat murah bahkan sangat terjangkau.

Salah satu spot wisata di red squate Melaka. Poto oleh: lostbyluna.com

Banyak sekali perusahaan bis dengan armadanya yang sangat prima dan terbaru membuat jadwal keberangkatan bis ini dari Singapura di beberapa titik pusat keramaian turis sehingga anda tidak perlu repot lagi jauh-jauh untuk menuju ke pusat keberangkatan lainnya sehingga menghemat biaya. Tiket perjalanan bis ini dimulai dari harga SGD16 - SGD40 {jika di di konversikan IDR160.000 - IDR400.000} tergantung kelas yang anda ambil, harga tersebut untuk dewasa apabila anda membawa anak-anak harganya berkurang sedikit. Dengan range harga ini makan seluruh turis bisa memilih mana yang cocok dengan kondisi keuangan pada saat itu. Pada tulisan ini plesirankota merangkun naik bis Singapura ke Malaka atau Melaka yang populer pilihan para bacpacker saja. 

Perjalanan dan Waktu Tempuh.
Singapura ke Melaka atau Malaka dengan lama tempuh 3 jam perjalanan {tergantung lancar atau macet diperjalanan} dengan jarak +/- 238 km. Perjalanan ini sangat nyaman anda rasakan karena kondisi bis yang prima baru tentunya dengan driver yang bepengalaman.



Nama Bis Rute Singapura ke Malaka atau Melaka.
Beberapa merek bis yang sudah banyak digunakan oleh para traveler dunia termasuk Indonesia sudah banyak tersedia di Singapura dengan keberangkatan di beberapa titik ke Malaka seperti Citiexchange Express, Sri Maju Express, Starmart Express, 707 Inc, dsb.

Titik Keberangkatan Di Singapura.
Ada beberapa titik keberangkatan terpopuler oleh para wisatawan Indonesia sebagai backpacker adalah di Bugis dan beberapa tempat lainnya. Pilih sesuai jadwal dan harga tiket untuk perjalanan anda nanti. Berikut rinciannya:

Delima Express | Berangkat dari: 01-72A, City Plaza, 810 Geylang Road, Singapore, 409286 | Telepon: +6567451963 | Jadwal keberangkatan {setiap hari} : 9:00 AM  2:30 PM  7:00 PM dan 7:10 PM (Friday) | Harga tiket: SGD 21

S&S International Express | Berangkat dari: Key Point | Telepon: +6563923623 | Jadwal keberangkatan {setiap hari}: 8:45 AM 1:30 PM 7:15 PM | Harga tiket: SGD 23

707 Express | Berangkat dari: Bugis / Beach Road | Telepon: +6562923633 | Jadwal keberangkatan {setiap hari}: 11:00 AM 1:30 PM 6.30 PM 6.45 PM 7:00 PM | Harga tiket: SGD 23,5

KKKL Express | Berangkat dari: Katong V | Telepon: +6563486909 | Jadwal keberangkatan {setiap hari}: 8:00 AM 2:00 PM 7:00 PM | Harga tiket: SGD 23.

Khusus KKKL Express ini juga berangkat dari stasiun MRT Tampines, Katong Village Hotel, Textile Center dan Bugis MRT {di jalan Tan Quee Lan Street}, serta di Tanjong Kantong Complex.

CitiExchange Express | Berangkat dari: Kovan Hub Bus Terminal | Telepon: +6563981216 | Jadwal keberangkatan {setiap hari}: 8:00 AM 7:00 PM | Harga tiket: SGD 22

Luxury Express | Berangkat dari: Meridien Shopping Centre | Telepon: +6567332808 | Jadwal keberangkatan {setiap hari}: 08:00 AM | Harga tiket: SGD 31

Konsortium Express | Berangkat dari: Golden Mile Tower | Telepon: +6563923911 | Jadwal keberangkatan: 08:30 AM | Harga tiket: SGD 29

Five Stars Express | Berangkat dari: Golden Mile Complex | Telepon: +6563927011 | Jadwal keberangkatan {setiap hari}: 08:30 AM | Harga tiket: SGD 30

WTS Travel | Berangkat dari: Singapore Flyers #01-06D | Telepon: +654678558 | Jadwal keberangkatan {setiap hari}: 08:30 AM | Harga tiket: SGD 30

Titik Kedatangan di Malaka.
Menggunakan bis dari Singapura tujuan Malaka ada beberapa tujuan seperti Terminal Malaka Sentral, Alor Gajah, Renaissance Hotel, Mahkota Hotel, atau di Equatorial Hotel

KHUSUS BAGI BACKPACKER.
Mungkin backpacker juga perlu mendapatkan informasi lain dengan harga yang super murah dan sangat terjangkau yaitu perjalanan estafet Singapura| Johor Bahru| Melaka. Formula seperti ini juga bisa anda lakukan dengan panduan seperti ini rinciannya.

Perjalanan anda dimulai dari Terminal Queen Street tepatnya di kawasan Bugis sekitar pukul 12:00 siang setelah anda cek out hotel penginapan. Di terminal ini anda harus menuju rute ke Terminal Larkin di Johor Bahru. Tidak usah baper karena lokasi ini sangat mudah ditemukan karena petunjuk cukup mudah terlihat. Untuk jadwal operasioanl keseluruhan bis ini dimulai dari pagi hari hingga tengah malam. Anda harus menuju ke konter bis dan harus antri dengan rapi karena disini antri sangat mencerminkan attitude anda sebagai traveler.

Jenis merek bis yang tersedia di terminal ini adal tiga yaitu SBS 170, Causeway Link, dan Express. Anda bebas milih mana yang disukai dengan harga tiket untuk sekali jalan sampai ke Terminal Larkin Johor Bahru SGD 2.5 jangan lupa potongan karcis untuk anda disimpan jangan sampai hilang karena akan berguna di perbatasan Singapura Malaysia untuk ditunjukan ke jenis bis yang sama di Woodland Checking Poin Imigrasi karena seluruh penumpang harus turun untuk proses pemeriksaan. Dokumen perjalanan paspor anda harus stand by untuk masuk ke pintu imigrasi.

Setelah keluar dari pintu imigrasi saatnya anda menuju ke bis yang anda tumpangi tadi, tergantung merek bis waktu naik di Terminal Queen Street apakah SBS 170, Causeway Link, atau Express. Sesuaikan dengan tiket dan bisa langsung naik ke bis merek yang sama tersebut menuju ke Terminal Larkin Johor Bahru.

Sampai di Terminal Larkin.
Bis yang anda tumpangi tadi akan berakhir di Terminal Larkin. Dan estafet menggunakan bis lain menuju Malaka. Jenis bis yang paling banyak digunakan oleh para backpacker adalah Causeway Link dengan rute Terminal Larkin ke Malaka dengan harga tiket RM21 atau sekitar IDR70.000. Perjalanan ini seperti rute Jakarta Bandung bedanya cuma teratur dan rapi saja dengan lamanya perjalanan +/- 3,5 jam sampai di Terminal Melaka Sentral.

Total biaya perjalanan estafet ini adalah: SGD2.5 + RM21 = +/- IDR100.000 {cukup murah jika menggunakan bis langsung seperti rincian paling atas}. Karena bis VIP tersebut langsung ke pemberhentiak khusus bahkan sangat dekat dengan hotel penginapan, perbedaannya dalam hal service saja. Rute backpacker seperti bisa juga anda ulangi untuk menuju ke Singapura kembali dengan pola yang sama tetapi alurnya saja yang berbeda.


TIPS: Mengapa anda harus menggunakan bis dari Singapura ke Malaka ini mempunyai nuansa tersediri karena jaraknya tidak terlalu jauh. Berikut alasan kenapa anda menggunakan bis untuk sampai ke Melaka:

1. Memang ada transportasi lain yang menghubungkan kedua kota ini tetapi bis lah yang paling nyaman dan tepat dengan harga yang sangat terjangkau.

2. Dengan jarak sekitar 3-4 jam ini tidak perlu membawa kendaraan pribadi kesana khususnya bagi anda yang memiliki kendaraan di Singapura.

3. Kota Malaka hanya kota kecil yang sangat mudah mengunjungi seluruh wisata yang ada disana. Dengan berjalan kaki saja anda sudah bisa langsung menikmati seluruh pusat wisata disana seperti ke Jonker Street, Malaka River Cruise, Red Square, dan arsitektur bangunan kuno ada di pusat kota. Sekitar 10-15 menit saja untuk menuju ke lokasi wisata di Melaka.

4. Khususnya pada akhir pekan, lalu lintas perjalanan di Melaka ini cukup padat tidak hanya turis dunia tetapi turis Singapura dan Malaysia juga menghabiskan waktu akhir pekan disini.

5. Terminal bis di Melaka sangat dekat dengan pusat kota tidak terlalu jauh. Lokasi bis ini merupakan masuknya seluruh armada dari seluruh daratan Malaysia dan Singapura bermuara disini.

6. Rincian biaya yang tertuang dalam tulisan ini bisa anda bandingkan dan sesuaikan dengan pilihan terbaik pada perjalanan anda. Rekomendasi yang terbaik adalah secara estafet karena sangat terjangkau bagi solo backpacker. Apabila anda mengunakan bis langsung membayar lebih mahal tetapi rutenya langsung dari Singpura-Melaka non stop tanpa berganti bis lagi.

Komentar

  1. Mau nanya, beli tiket quenn to lankirn itu online atau bs on the spot??

    BalasHapus
  2. halo mau tanya, harga bus pasti sama ya? tidak ada ketergantungan musim liburan atau tidak nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya tidak mengamati pergerakan harga bus saat musim liburan hanya waktu liburan pada waktu itu saja. Jika sendainya harganya naik paling juga tidak terlalu tinggi sekali menurut pendapat saya, jika seandainya ada rekan lainnya yang suka mengamati pergerakan harga jika musim liburan bisa koreksi dengan informasinya. Terima Kasih.

      Hapus
  3. Estimasinya berapaa bro darii singapure ke malaka? Apakah jam 5 dari singapore terkejar ke malakanya? Pake bus dgn cara estafet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya persiapkan waktu yang cukup untuk perjalanan darat, jika perjalanan lancar jaya tidak ada terkendala di perbatasan Singapura dan Johor Bahru termasuk antrian imigrasi saya rasa cukup. Tetapi rekomendasi terbaik anda harus mempunyai waktu lebih dari itu +/- 8 jam-an untuk amannya.

      Hapus
  4. Total waktu perjalanan Singapore-Malaka berapa jam ya mas? o ya jadwal bus causeway link dari queenstreet paling akhir jam berapa? trims

    BalasHapus
  5. Mas bro , kira2 hostel mn yg mnrt mas rekomended dimalaka dkt kmn mn klo bs dkt ke mesjid jg .thx be 4

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Tips Cara Mudah Memilih Tas Untuk Traveling Mudik

Saat waktu sudah dekat masih bingung memilih tas untuk traveling mudik apalagi cewek banyak kriterianya dimulai dari tas yang cocok untuk semua warna baju, ukuran tas koper untuk seminggu, hingga tas yang cocok untuk situasi padat penumpang. Kalau seorang pria tidak akan banyak permasalahan hanya perlu sesuaikan situasi dan kondisi saat waktu traveling mudik sudah mendekati hari-h nya. Memang tas menjadi tumpuan untuk menyimpan seluruh barang dan pakaian yang harus di bawa, tidak mungkin tersimpan di kardus menjadi malu-maluin saat membawanya. Jadi tas lah yang cocok untuk traveling mudik dangat bervariasi tenggantung jenis tipe, warna, hingga ukuran liter yang menjadi pilihan terbaik.  Plesirankotatua ingin berbagi sedikit pengalaman bagi anda yang masih bingung memilih tas untuk beberapa keperluan mudik, traveling, atau pun dinas luar kantor hanya situasi saja yang berbeda tetapi maksud dan tujuan bisa anda aplikasi kan sesuai dengan timing yang tepat dan tujuan traveling perjal