Langsung ke konten utama

Cara Smart Cermat Mengatur Uang Gaji Bulanan Karyawan Kantoran

Sebagai karyawan kantoran tentu harus ada cara-smart-cermat-mengatur-uang-gaji-bulanan untuk seluruh kebutuhan rumah tangga. Anda sebagai kepala rumah tangga tentu harus memiliki kiat jitu agar uang yang didapatkan secara bulanan ini langsung bisa mengcover seluruh kebutuhan yang akan dibayarkan. Bahkan ada yang menyebutkan gaji hanya numpang lewat saja di rekening, kadang pernyataan ini benar adanya. Tetapi anda bisa melakukan strategi yang bisa mengelola dengan baik sehingga uang yang tidak hanya numpang lewat saja di rekening menjadi mengendap di rekening tabungan. Apa saja kita cermat smart untuk mengelola uang gaki bulanan seperti karyawan kantoran yang butuh sedikit jawaban, semoga artikel bisa memberikan sebuah solusi bagaimana cara uang yang ada ini bisa dihemat agar tabungan semakin bisa diisi untuk masa depan yang lebih baik.

Poto oleh: portalinvestasi.com

1. Pastikan Anda Membuat Anggaran Belanja Bulanan.
Sebelum anda mendapatkan uang gaji sebagai seorang karyawan tentu telah mempersiapkan anggaran belanja yang akan dihadapi selama sebulan ini. Anggaran ini biasanya terbagi atas dua jenis pengeluaran yaitu kebutuhan primer yang sudah tentu akan terus berjalan seperti: ongkos kerja, biaya makan, tagihan listrik, biaya sewa atau cicilan, hingga pengeluaran lainnya. Untuk kebutuhan pelengkap lainnya bisa juga anda buat anggarannya seperti biaya traveling, shopping, hingga nongkrong bersama keluarga atau kolega. Biaya ini memang sebagian penduduk urban di DKI JAkarta mempersiapkannya untuk digunakan sebagai networking pekerjaan atau bisnis.

TIPS: anggaran belanja selama sebulan ini harus anda manfaatkan semaksimal mungkin, sebaiknya sisakan sebayak 20% di tabungan sebagai uang jaga-jaga sebagai uang yang akan digunakan dalam keaadaan urgent atau mendadak di masa waktu berjalanan nanti.

2. Bayar Semua Oustanding Tagihan.
Setelah pembagian dimulai maka saatnya anda melakukan pembayaran segera semua outstanding yang masih ada. Tagihan biaya yang selalu di bayar seperti taguhan listrik, telepon, tagihan kontrakan atau cicilan rumah, dan lainnya. Setelah anda membayar seluruh tagihan ini tentu anda sudah terbebas dari kewajiban yang selalu terpikirkan sepanjang hari.

TIPS: outstanding harus segera di bayar karena tagihan ini lah yang menunjang seluruh kegiatan anda selama satu bulan penuh. Jangan pernah telat karena akan mendapatkan penalti atau denda yang akan memberatkan anda nantinya.

3. Selalu Program Untuk Tabungan Masa Depan.
Memang anda sudah menyisihkan uang sebanyak 20% seperti yang telah kami sampaikan diatas, harus ada inisiatif diri dan fokus untuk selalu melakukannya setiap bulan. Memang tabungan untuk anda yang sudah berkeluarga agak sedikit kesulitan tetap anda harus bisa memulainya. Tetapi sisihan dalam jumlah berapa pun sangat berarti, setiap bulan terkumpul tentu jumlahnya akan tetap terus bertambah.

TIPS: sekarang ini sudah ada produk keuangan konvensional dan syariah yang menyediakan jasa untuk membentuk rencana keuangan masa depan. Seperti tabungan yang anda setorkan setiap bulan dengan minimal tertentu. Hasil pengembangannya bisa anda nikmati dan langsung dibukukan ke tabungan. Jenis produk ini mirip dengan tabungan dan bagi anda yang telah berkeluarga sebaiknya mengikuti progrm ini. Uang yang telah anda sisihkan 20% tadi sebaiknya langsung dialokasikan ke tabungan seperti ini dan tidak boleh diambil sampai masa yang anda tentukan sendiri seperti 10-15 tahun yang akan datang.  

4. Selalu Pantau Pengeluran Per Hari.
Tentu anda bisa memonitor pengeluaran anda per hari dengan membuat catatan kecil yang menjelaskan rinciannya. Pantau disini berarti anda membuat laporan keuangan versi anda berapa jumlah pengeluaran yang telah anda bayar saat transaksi berlangsung. Usahakan pengeluaran ini memang sudah anda anggarkan sebelumnya jangan terlalu melenceng dari biaya yang telah dipersiapkan.


TIPS: di poin seperti ini kadang ada kemungkinan melenceng dari jalur sesungguhnya. Maksudnya, mungkin ada acara dadakan yang akan anda hadiri tetapi acara tersebut sebenarnya tidak perlu dihadiri. Anda bisa pilih dan menentukan sendiri kondisi acara sperti apa yang harus dihadiri atau tidak agar cara-menghemat-uang-gaji-bulanan ini memang bisa anda pertahankan dengan semaksimal mungkin.

5. Miliki Dua Buah Rekening Bank: Konvensional dan Syariah.
Karyawan kantoran yang memiliki prinsip untuk menentukan pilihan bank memang harus dihargai. Ada yang memiliki rekening bank konvensional dan syariah untuk menunjang program cara-menghemat-uang-gaji. Seluruh aktifitas pembayaran mereka lakukan di bank konvensional dan tabungan di rekening syariah. Pola seperti ini tergantung dari anda sendiri mana yang lebih baik.

TIPS: memiliki dua rekening ini sebenarnya untuk pisah batas dimana pengeluaran anda bisa dikontrol dengan baik. Cara seperti ini cukup efektif dimana pengeluaran rutin yang dilakukan harus di rekening tertentu dan tabungan di rekening lain. Sangat memberikan solusi bagi anda untuk membuat cara-mengelola-keuangan-keluarga dimulai dari cara untuk membayar dan menabung.

6. Gunakan Uang Tunai atau Debit Card.
Saat anda berbelanja sebaiknya menggunakan uang tunai atau debit card untuk transaksi. Manfaatnya sangat besar sekali anda bisa langsung menggunakan anggran belanja yang telah dipersiapkan dan tentu terlepas dari kewajiban hutang. Uang tunai menjadi senjata ampuh untuk mengerem pembelian yang tidak perlu sehingga anda tidak menjadi keluarga konsumtif terhadap barang yang ada di supermarket.

TIPS: uang tunai yang dipersiapkan ini tentu anda persiapkan saat akan melakukan belanja mingguan atau bulanan. Uang yang telah dipersiapkan ini tentu berasal dari kalkulasi belanja yang akan dilakukan dilengkapi dengan daftar-belanja-bulanan yang harus dibawa. Saat anda sampai di lokasi sudah tentu mencari semua barang yang telah di catat setelah selesai lakukan pembayaran secara tunai atau debit card.

7. Ikuti Program Investasi Keluarga.
Setelah tabungan yang telah anda simpan mencukupi untuk melakukan investasi sangat direkomendasikan. Program investasi ini bisa and ikuti dengan beberapa produk investasi dari lembaga keuangan seperti reksadana, emas, tanah, atau dinar. Beraneka ragam jenis produk ini harus anda sesuaikan dengan kapasitas uang yang ada bukan dari kredit dari pihak ketiga. Jadi uang yang disebut menganggur di tabungan bisa anda maksimalkan hasil lindung nilai yang cukup aman di masa yang akan datang.

TIPS: program investasi yang ada saat ini memang memerikan hasil yang cukup baik di jangka panjang. Sebagai karyawan kantoran tentu akan menentukan pilihan terbaik produk investasi yang mana sesuai dengan keadaan anda saat sekarang ini. Pilih yang sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan anda yang cukup terhadap produk investasi tersebut.

8. Selalu Telaah Hasil Sebulan Budget vs Actual.
Setelah satu bulan penuh anda tentu sudah mengetahui berapa anggaran awal dibuat dan kejadian actual. Bandingkan nilai antara kedua data ini dan anda bisa mengetahui bagaiman alokasi biaya yang telah dianggarkan apakah berlebih atau berkurang. Lebih budget anggaran disini anda harus nombok jika kurang dari budget anggaran anda bisa menabung. Pola seperti ini sebagai formula-cara-menghemat-uang-bulanan dari gaji dan cara-terbaik-menghemat-uang gaji-bulanan anda. 

PENUTUP.
Lakukan cara-menghemat-dan-memakai-uang-dengan-bijaksana apapun bentuk pola yang akan diterapkan. Uang gaji setiap bulan tentu terbatas jika adanya kenaikan tidak begitu tinggi, itu pun sekali setahun. Memang kebutuhan semakin meningkat dan harga kadang tidak bisa dibarengi dengan kenaikan gaji. Hanya anda bisa pintar mengatur bagaimana seharusnya dilakukan dan terapkan smart cermat menggunakan uang untuk setiap suanan kegiatan yang akan anda lakukan.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.