Langsung ke konten utama

Tips Persiapan Perjalanan Acara Study Tour

Bagi rekan siswa dan mahasiswa yang akan melakukan study tour ke pulau yang ada di Indonesia seperti Pulau Bali, Pulau Weh, Pulau Komodo, Pulau Mentawai, dan pulau lainnya bahkan ke luar negeri sekalipun harus ada persiapan yang cukup matang. Acara study tour ini sudah pasti akan diikuti oleh guru atau dosen pembimbing agar terlaksana sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Sebagai siswa atau mahasiswa tentu harus ada persiapan untuk diri sendiri agar jadwal yang telah ditetapkan oleh guru atau dosen pembimbing harus terlaksana dengan baik terencana dan anda semua harus melakukan persiapan acara study tour ke pulau yang menjadi tujuan. Apa saja tips yang akan menjadi sebuah pembelajaran untuk sebuah acara yang terbaik untuk sekolah atau universitas, berikut ilustrasinya.

Poto oleh: backgroundcheckall.com

1. Lakukan Persiapan Jauh Hari.
Persiapan perjalanan harus jauh jauh hari agar terlaksana dengan baik sesuai rencana. Dengan jangka waktu yang masih panjang anda bisa dengan leluasa mempersiapkan seluruh bahan atau pun perlengkapan yang akan di bawa. Daftar yang dipersiapkan ini tentu dari guru atau dosen tentu juga untuk kebutuhan diri sendiri saat acara akan berlangsung nanti. Dengan persiapan waktu yang begitu panjang diharapkan seluruh peserta seperti anda mampu memberikan perjalanan yang terbaik tidak ada yang terlewatkan. Jika anda siapkan hanya dalam satu hari akan memberikan suasana stres dan tergesa-gesa sehingga ada barang yang sangat penting bisa saja terlupakan untuk di bawa. Tidak hanya memberikan kerugian untuk tim yang akan berangkat sudh dipastikan anda juga merasakan kerugian yang sama sehingga nilai yang anda terima dari sekolah atau universitas tentu akan berkurang banyak. 

TIPS: hal yang tidak lupa dipersiapkan adalah obat pribadi saat anda akan berada di perjalanan. Bisa saja obat pribadi yang tentu setiap perserta akan berbeda seperti obat alergi atau obat riwayat penyakit tertentu yang harus anda bawa.

2. Siapkan Kamera dan Smartphone Untuk Record Kegiatan Study Tour.
Era digital yang terkoneksi dengan internet sudah mulai dimanfaatkan untuk bisa memberikan hasil kerja atau reportase untuk sebuah proses kegiatan study tour. Tidak hanya kamera jenis DSLR atau standar sekarang ini smartphone sudah memiliki kamera sekelas DSLR pun sudah bisa anda gunakan. Dengan terkoneksi dengan jaringan internet tentu akan memudahkan untuk memberikan record terbaik dengan hasil foto yang tentu bersolusi HD. Kualitas memang sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah laporan agar penyampaian informasi lebih menarik atensi seluruh audience.

TIPS: untuk memberikan ruang penyimpanan lebih banyak sebaiknya file yang telah terisi langsung di simpan pada storage yang cukup besar seperti di pada micro-sd dengan ukuran yang lebih besar seperi 64 GB.

3. Siapkan Bahan Study Tour.
Sebelum keberangkatan study tour ini sudah tentu pasti ada pembekalan dari guru atau dosen. Bahan yang sudah diberikan lengkap ini anda harus persiapkan agar sampai di lokasi anda tinggal melaksanakan perintah yang seharusnya diselesaikan denga teknik yang diajarkan. Teknik ini tentu harus ilmiah dengan data dan pengamatan secara langsung sehingga tercipta sebuah teknik pelaporan yang telah distandarkan. 



4. Bawa Power Bank.
Untuk tetap on memang harus membawa power bank agar acara study tour ini tetap berjalan dengan baik. Tidak hanya untuk kebutuhan pribadi saja untuk hasil penelitian study tour yang harus dilengkapi dengan hasil pengamatan di lapangan sehingga proses membuat laporan terbaik bisa anda lakukan dengan tepat waktu. Selama anda melakukan proses belajar di alam bebas tentu tidak ada waktu banyak untuk melakukan charger terhadap smarphone anda, jadi andalanya tertuju pada power bank.

TIPS: perhatian jenis power bank yang sangat direkomendasikan agar saat penggunaan tidak terjadi kebakaran akibat sambungan antara gadget dan power bank.

5. Bawa Barang Penting Saja.
Perjalanan study tour ke sebuah pulau atau ke daerah yang menjadi tujuan merupakan penggeblengan siswa dan mahasiwa untuk memberikan tuga yang harus diselesaikan. Anda harus membawa barang yang penting saja tidak usah berlebihan, barang yang penting untuk pria dan wanita tentu ada sedikit perbedaan. Intinya, anda harus hitung berapa hari perjalanan study tour dan jumlah pakaian yang akan di pakai. Hal ini berdampak kepada kepraktisan dan tidak berat membawa barang bawaan masuk dan keluar pulau. Kelelahan dan kecapekan merupakan situasi yang akan dirasakan oleh para peserta.

TIPS: biasanya perjalanan study tour ini mirip seperti perjalanan traveling liburan ala backpacker. Tas ransel yang dibawa sebaiknya ukuran medium yang bisa membuat pakaian dan keperluan yang dibutuhkan saat berada di lokasi. Anda harus memisahkan ransel untuk penyimpanan pakaian dan barang penting yang saat dibutuhkan tidak repot harus bongkar ransel. Khusus untuk wanita pastikan peralatan kosmetika tidak menyatu di pakaian akan diletakan di dompet khusus agar terlihat rapi. Kebutuhan seluruh perlengkapan tugas study tour harus diletakan di tempat terpisah agar saat anda mendapatkan ide jawaban atau tutorial yang diberikan oleh guru atau dosen pembimbing saat diperjalananan tentu mudah dikeluarkan dari tas ransel utama.

6. Selalu Ikuti Instruksi Guru Pembimbing.
Selama perjalanan anda akan mendapatkan penjelasan tambahan oleh guru atau dosen pembimbing sehingga pembekalan yang di dapat di sekolah atau kampus bisa melengkapi. Biasanya instruksi juga dilengkapi beberapa informasi penting lainnya mengenai lokasi yang akan di tuju serta beberapa hal yang harus diperhatikan saat berada di pulau nanti. Semua peserta harus kosentrasi penuh agat tidak salah mengerti sehingga tuga study tour yang akan dibuat bisa tepat sasaran dan sesuai dengan silabus yang telah ditetapkan.

TIPS: setiap peserta seperti anda harus fokus dan jangan buang waktu dengan banyak bermain-main di lokasi nantinya. Isi waktu dengan kegiatan yang produktif dan memberikan hasil maksimal sebuah misi ini sehingga nilai yang akan anda dapatkan tentu sangat memuaskan. Pengalaman menyebutkan bahwa ada para peserta hanya akan sering bermain dan tidak fokus akan mendapatkan hasil yang tidak fokus dan bermain pula. Hubungan garis lurus seperti ini akan selalu terlihat jika tidak ada kosentrasi penuh dalam pelajaran atau tugas yang diberikan oleh guru.

7. Selesaikan Tugas Tepat Waktu.
Tugas adalah kewajiban para peserta harus diselesaikan tepat waktu. Guru atau dosen pembimbing akan memberikan waktu yang cukup agar laporan yang harus dibuat oleh para peserta dan kelompok harus sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Buat secara lengkap dan sesuai dengan hasil penelitian di lapangan cerminan keadaan yang sebenarnya. 

TIPS: semua hasil dokumentasi yang telah anda siapkan sebelumnya dari kamera dan smartphone bisa dilengkapi pada tugas ini sehingga lebih terinci dan valid dengan adanya gambar pendukung. Hasil dari tugas tentu menjadi lebih sempurna dan nilai yang akan diberikan oleh dosen pembimbing tentu akan sempurna.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk perjalanan study tour ke sebuah pulau seperti Pulau Bali, Pulau Weh, Pulau Komodo, atau lainnya. Apapun tujuan yang akan menjadi destinasi akhir tips nya relatif sama hanya saja semua peserta harus tetap solid dan harus mengikuti semua tahap-tahap yang telah dibuat oleh sekolah atau kampus agar semua peserta mentaatinya. Prosedur atau tahap ini merupakan hasil riset dari guru atau dosen sehingga anda sebagai peserta harus patuh dan selesaikan tugas sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.