Langsung ke konten utama

Khas-Makasar: Makanan, Minuman, Kue, dan Oleh Oleh

Saat sampai di Makasar persiapan untuk melengkapi wisata kuliner khas seperti makanan, minuman, kue, hingga belanja oleh-oleh harus dilakukan saat pulang nanti sehingga anda sudah menyelesaikan seluruh itinerary perjalanan yang menarik di kota yang sangat menyenangkan ini. Semua olahan makanan khas, minuman khas, serta kue kering khas Makassar telah membius para pecinta selera nusantara yang ingin mengganti suasana lidah dengan kayanya rempah bumbu disana. Seluruh jenis kuliner yang sangat lezat ini sudah sangat terkenal dan sebaiknya anda harus mencicipinya langsung ke tempat asalnya yaitu Makassar.

Rekomenadasi ini tentu beralasan karena sangat digemari oleh penduduk lokal secara otomatis turis akan terus memburu semua khas Makassar: Makanan, Minuman, Kue, dan Oleh Oleh yang bisa anda masukan dalam rencana wisata pelengkap saat berada di kota ini sebagai tempat melakukan berbagai aktifitas penting di wilayah timur Indonesia.

1. COTO MAKASSAR.
Poto oleh: ngalam.co

Makanan khas Makassar ini telah membumi dan hampir seluruh traveler seluruh Indonesia mengenal, dengan majunya pariwisata membuat makanan khas ini tentu harus masuk dalam pilihan wisata kuliner disana. Banyak sekali resep makanan khas Makassar sudah menjadi pilihan untuk bisa dibuat dirumah termasuk coto Makassar ini. Hidangan khas ini berupa kuah sup daging yang diolah dengan bahan terbaik ditambah bumbu dapur yang cukup lengkap sehingga kuah coto yang terbentuk menjadi gurih dan lezat. Isian daging sapi terasa empuk digigit cocok ditambah sambel pedas dan sedikit perasan air jeruk nipis membuat makan siang anda menjadi lebih berkualitas.



2. SOP SAUDARA MAKASSAR.
Poto oleh: makassar.tribunnews.com

Hidangan khas lainnya sekarang ada piliha Sop Saudara yang ada di kota Makassar. Sangat lezat dengan isian daging sapi yang sangat empuk dan bumbu lengkap dalam proses pembuatannya. Tersaji ditambah dengan isian lainnya seperti kentang goreng bentuk bulat, bihun, paru sapi goreng, disiram dengan kuah berbumbu. Sajian untuk satu porsi akan terhidang dengan satu piring nasi hangat dan juga ada tambahan lainnya seperti telur rebus atau ikan bakar sebagai pelengkap lauknya. Mempertinggi rasa tambahkan sambel dan irisan timun membuat lidah anda akan segera bergoyang untuk menyantap sop yang cukup fenomenal di kota Makassar.

3. KONRO.
Poto oleh: santapsedap.com

Makanan khas Makassar dari olahan daging sapi atau iga sapi bisa anda coba, proses pembuatannya seluruh bahan yang telah dipersiapkan akan ditambah dengan rempah bumbu penting ini menghasilkan kuah kaldu yang sangat lezat dan gurih. Kuah yang dihasilkan mirip kuah sop yang kaya rempah. Sudah sangat dikenal dan fenomenal dan jangan sampai terlupakan saat anda berada di Makassar untuk mencoba kuliner wajib yang harus disantap saat makan siang atau makan malam.

4. BARANGKO.
Poto oleh: dictio.id

Kue khas Makassar yang harus masuk dalam wisata kuliner lainnya yaitu Barangko. Asalnya dari daerah Bugis Makassar ini sebagai jajanan khas pasar bentuk kue pisang. Saat disantap terasa lembut di mulut dan rasa manis sangat terasa sekali. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat jajanan khas pasar dari Makassar ini adalah telur, daram, gula, dan susu bubuk yang dicampur rata dengan bahan utamanya yaitu pisang. Sangat direkomendasikan untuk mencicipinya dan cocok sebagai hidangan pencuci mulut saat anda menyantap coto, atau konro.

5. PISANG EPE.
Poto oleh: jadiberita.com

Cemilan atau jajanan sore saat anda berada di pantai Losari Makassar banyak sekali penjual kaki lima yang menghidangkan Pisang Epe sebagai menu ringan mengisi waktu luang di kota Makassar. Bahan dasar pisang kepok yang setengah matang dibakar di atas bara api, setelah matang kemudian disajikan harus dipipihkan dengan alat sederhana dari kayu sehingga sebutan epe terbentuk. Untuk toping sangat bervariasi bisa ditambah susu kental manis, madu, ataupun ditambah keju menjadi lebih lezat dan gurih. 

6. ES PALU BUTUNG.
Poto oleh: resepdanmasakan.com

Minuman es yang cukup fenomenal bahkan sudah menjadi pilihan terbaik di saat cuaca panas hadir di kota Makassar. Es palu butung namanya, makanan khas Makasar yang bahan dasar pembuatannya berasal dari pisang hijau yang kemudian disajikan dan dipotong sesuai dengan porsi penyajian di tambah dengan bubur putih yang telah dimasak dengan santan kelapa kental. Tidak lengkap rasanya diberikan es serut serta susu kental manis, siap disantap dan anda merasakan tidak cukup satu porsi menikmati minuman es ini karena lezat, gurih dan manis cocok di cuaca terik siang hari.

7. GOGOSO.
Poto oleh: makananoleholeh.com

Walaupun berasal dari daerah Bugis tetapi sudah disenangi di kota Makassar sebagai hidangan penting di hari perayaan seperti Idul Fitri. Tidak hanya ketupat saja Gogoso juga sebagai pelengkap hidangan, saat sekarang ini sudah tersedia di hari biasa dimana penjual selalu menjadi makanan khas ini di pusat kota Makassar.

8. PALLU BASA.
Poto oleh: qubicle.com

Makanan khas Makassar ini sangat banyak ditemukan di pusat kota. Penyajiaanya murup dengan Coto Makassar tetapi ada sedikit perbedaan dimana isian satu porsi Pallu Basa ada daging sapi ditambah dengan jeroannya. Sungguh lezat nikmat saat dipilih sebagai menu makan siang yang tentu harus berbeda dan pastikan anda terbebas dari penyakit kolesterol agar bisa menyantap Pallu Basa dengan dua porsi penuh.

9. MIE TITI.
Poto oleh: indonesianfoods313.blogspot.com

Jenis menu ini banyak ditemukan di pusat kota Makassar hadir di malam hari sebagai menu makan malam. Olahan makanan khas Makassar ini merupakan perluasan ide untuk menyediakan menu yang lebih bervariasi sehingga Mie Titi menjadi sangat fenomenal bagi penduduk lokal dan para turis. Menggunakan bahan bumbu yang cukup lengkap dan isian cukup bervariasi dimulai dari sea food atau daging sapi. Untuk memberikan nilai serat sehat ditambahkan sayuran segar. Sebagai menu khas dari Makassar yang tentu gurih dan lezat ini sudah masuk dalam daftar wisata kuliner penting di setiap kesempatan.

10. JUKU PALLU CE'LA.
Poto oleh: cookpad.com

Termasuk dalam oleh-oleh-khas-Makassar ini merupakan olahan ikan yang digunakan sebagai bahan baku dasar untuk memasak jenis masakan lainnya. Ikan Pallu Ce'la ini merupakan jenis ikan yang sudah dimasak dan akan diolah kembali saat sampai di kota tujuan anda. Khusus untuk penduduk lokal mereka bisa membuatnya sendiri untuk konsumsi sendiri. Khusus anda seorang turis pilih jenis oleh-oleh ini sebagai sajian khas dari Makassar, sudah tersedia di toko oleh-oleh di Makassar.

11. BEBEK PALEKKO.
Poto oleh: makassarkuliner.com

Ternyata sajian daging bebek juga hadir di Makassar. Telah banyak dipilih oleh penduduk lokal sebagai makanan khas tentu bisa menjadi destinasi wisata kuliner anda saat berada di sana. Daging bebek yang diolah dengan bumbu yang cukup lengkap ini tentu sangat cocok dinikmati saat makan siang atau makan malam yang sudah banyak tersedia hampir disetiap sudut kota Makassar.

12. IKAN BAKAR BANDENG.
Poto oleh: eatsfun.wordpress.com

Olahan makanan-khas-Makassar lainnya terpilih Ikan Bakar Bandeng uang sangat unik bahkan rasanya sangat berbeda saat disantap langsung di kota Makassar. Ikan segar yang lezat dan gurih ini tentu sudah banyak dipilih dagingnya yang sangat lembut dan menggunakan bumbu lengkap ini pasti disukai oleh penduduk lokal dan menjadi destinasi penting kuliner di Makassar. Walaupun sangat sederhana tetapi sangat fenomenal sekali dikalangan turis dan ditambah dengan sambel yang membuat lidah tesetrum pedasnya.



13. KAPURUNG.
Poto oleh: kopisenja.com

Tentu termasuk makanan tradisional khas dari Makassar ini terbuat dari sari tepung sagu. Namanya Kapurung ini dimasak dengan variasi daging ikan bahkan daging ayam ini akan lezat dicampur dengan aneka jenis sayuran. Walaupun sebagian turis menyebutnya sangat tradisional tetapi sangat populer dan sangat fenomenal bagi penduduk lokal. Khusus di daerah Luwu makanan ini tersebut sebagao Pugalu, walaupun namanya berbeda tetapi jenis menunya tetap sama.

14. BURAS.
Poto oleh: sahabatkotatua.id

Jangan lupakan juga Buras sebagai makanan khas dari Makassar ini masuk dalam daftar icip-icip makanan yang harus dilakukan sebagai pelengkap kuliner disana. Sekilas sangat mirip dengan lonting ini tetapi ada perbedaan, Buras lebih lembut dan halus dan dibalut dengan bungkusan daun pisang muda. Setelah matang akan ditaburkan dengan kelapa kering, garam, gula, dan sedikit cabe. Menu makanan khas Makassar ini juga wajin saat ada acara khusus penduduk lokal seperti syukuran atau bahkan di acara khusus keagamaan seperti di Lebaran.

15. PUTU CANGKIRI.
Poto oleh: sulselku.com

Cemilan atau kue tradisional ini terbuat dari ketan ini bentuk seperi cangkir terbalik yang tentu menjadi kue-khas-Makassar yang harus anda cicipi. Rasa manis yang berasal dari gula merah ini tentu lebih trasa otentik walaupun ada rasa manis lainnya dari gula pasir. Jenis yang tersedia menggunakan jenis rasa manis ini akan berbeda warna bentuk, jika menggunakan gula pasir akan warna putih sedangkan menggunakan gula merah akan berbentuk cokelat kemerahan.

16. BAJE CANGGORENG.
Poto oleh: babacaca.com

Termasuk dalam nama-kue-kering-khas-Makasar ini tentu sangat banyak dipilih sebagai oleh-oleh-khas-Makassar yang sudah banyak disukai oleh para turis. Terbuat dari bahan yang tentu gurih seperti kacang tanah dan gula merah ini sekali digigit sudah tidak bisa diberhentikan sampai habs satu bungkus. Kue-khas-Makassar ini sudah banyak digemari dan perlu diingat bahwa cemilan ini hanya bertahan satu bulan saja dalam bungkus tertutup. Anda jangan khawatir, banyak sekali penjual di kota Makassar menjual kue kering ini sebagai hidangan yang sangat disukai oleh penduduk lokal dan par traveler seluruh Indonesia.

17. KUE DANGE.
Poto oleh: ngetren.co.id

Nama-kue-khas-Makassar lainnya bernama Dange, terlintas mirip kue pukis dan ada rasa manis, legit, dan lembut saat dikunyah. Cemilan atau jajanan khas ini sudah tentu menjadi pilihan saat waktu senggang dan cocok untuk teman minum teh. Terbuat dari kelapa parut dan gula merah ini menjadi sebuah paduan yang sangat serasi sehingga nagih terasa tidak cukup satu akan menghipnotis semua turis dan penduduk lokal saat menyantapnya.

18. DOKO DOKO CANGKULING.
Poto oleh: sahabatnesia.com

Jajanan atau cemilan khas dari kota Makassar ini disenangi oleh segala umur. Terbuat bahan bahan terbaik seperti gula, tepung beras, kentang, serta santan tentu memberikan rasa gurih dan lezat. Doko Doko Cangkuling ini diisi dengan beberapa jenis pilihan dimulai dari kelapa parut atau gula merah. Terbungkus mengerucut menggunakan daun pisang, saat disantap terasa legit dan manis. Kue ini juga banyak disajikan saat acara penting pernikahan yang ada di Sulawesi Selatan sebagai hidangan penting.

19. KUE BARUASA.
Poto oleh: craftlog.com

Kue-kering-khas-Makassar ini tentu sangat akrab sekali oleh penduduk lokal Sulawesi Selatan. Sangat fenomenal sekali rasanya dan terbuat dari bahan yang sangat sederhana menghasilkan kue yang sangat disukai seluruh generasi. Semua bahan tepung beras, gula aren, kuning telur, mentega, dan kayu manis di adon kemudian dibentuk bulat sebagai bentuk paling banyak dibentuk. Cemilan dan jajanan penduduk lokal yang sudah membius para turis untuk mencobanya.

20. CUCURU.
Poto oleh: youtube.com

Kue-tradisional-khas-Makassar lainnya bernama Cucuru. Rasa yang sangat gurih dan lezat ini tentu sangat cocok untuk teman minum teh saat sore menjelang. Renyah kriuk krispi terasa sehingga dikunyah enak sekali. Berbentuk lonjong dan mirip kerucut ini tentu mudah dikenali cemilan jajanan khas Cucuru Makassar.

21. SANGKOLO atau SOKKO.
Poto oleh: makassar.merdeka.com

Terbuat dari beras ketan putih dan proses memasaknya dikukus ini tentu menarik untuk dicoba. Jenis tepung ketan yang dipilih ada beras ketan putih atau hitam. Setelah matang Sangkolo akan disajikan diatas piring dan kemudian ditaburi dengan kelapa parut yang telah digoreng. Untuk tambahan lauknya bisa dipilih apakah ikan asin kering atau telur bebek asin atau telur asin. Cocok sekali dan makanan khas Makassar yang harus anda coba.

22. BURONGCONG.
Poto oleh: misstamchiak.com

Nama-kue-khas-Makassar lainnya bernama Burongcong yang sangat disenangi oleh penduduk lokal segai kue yang berbentuk unik ditengah kue ada setengah lingkarang. Terbuat dari bahan yang sangat sederhana ini berupa tepung terigu, parutan kelapa, hingga gula pasir akan menjadi kudapan anda dengan teh di sore hari.

23. JALANGKOTE.
Poto oleh: maxnyoos.com

Kue-khas-Makassar ini banyak diburu di bulan suci Ramadhan khususnya untuk berbuka puasa. Jalangkote ini sangat mirip dengan pastel tapi yang membedakan kulitnya sangat tipis jika dibandingkan dengan pastel Isiannya tentu sangat lezat dan sehat seperti ketang, tauge, wortel, dan soun. Sangat lezat sekali cocok untuk kudapan cemilan di waktu senggang.

24. SARABBA.
Poto oleh: sajiansedap.grid.id

Minuman-khas-Makassar bernama Sarabba yang terbuat dari bahan sangat traisional sekali seperti gula merah, telur kuning, jahe, dan santan. Rasa tang sangat enak ini saat anda meminumnya akan terasa nagih dan membuat ketagihan akan terus menghantui. Sangat disukai karena menambah staniman tubuh terutama di malam hari terasa dingin, dan Sarabba ada rasa jahe yang terasa hangat cocok sebagai minuman tolak angin. Jadi, saat anda keluar kota dimulai perjalanan dari kota Makassar jangan lupa Sarabba sebagai minuman menyehatkan usir masuk angin.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya: