Langsung ke konten utama

Tips Bagaimana Cara Menghadapi Serta Memulihkan Jet Lag Saat Badan Terasa Letih Lesu Dan Pusing

Mungkin saja anda pernah merasakan terbang jarak jauh terasa efek jet lag dan badan terasa letih lesu dan pusing saat sampai di negara tujuan. Tentu saat itu tubuh langsung respon untuk menyesuaian zona waktu sehingga terasa dampak seperti ini dengan rasa yang tidak nyaman. Perjalanan jarak jauh memang ada efek bagaimana pun juga tujuan yang akan anda lalui harus melewati fenomena seperti ini. Proses perjalanan tentu berbeda dengan penerbangan lokal yang bisa berangkat siang dan sampai dengan waktu hanya dua jam saja, bagaimana dengan penerbangan sampai dengan 12-16 jam tentu ada perubahan yang cukup signifikan, jarak yang sangat jauh ini tentu melintasi samudera, benua, hingga zona waktu yang berbeda akibat tubuh anda langsung ada rasa tidak nyaman akan terjadi setelah sampai di negara tujuan.

Gejala jet lag ini tentu saja badan terasa pusing, mual, letih, lesu, mual, ada rasa mau muntah hingga tidak ada rasa semangat sehingga anda malas sekali melakukan aktifitas. Sangat umum dirasakan gejala seperti ini dengan perjalanan sangat jauh mungkin tubuh terasa sakit bahkan masuk angin dan pegal-pegal disekujur tubuh. Ini lah dampat perjalanan jauh yang akan terasa tetapi sangat umum dirasakan oleh traveler demi tujuan akan tetap dilalui tadi. Proses penyesuaikan seperti ini sekitar 3-5 hari, waktu ini akan terjadi perubahaan terhadap tubuh sehingga ada kurang nafsu makan tentu akan terasa. 

Untuk meminimalisir rasa jet lag yang akan anda rasakan tentu ada kiat atau tips agar efek yang dirasakan cepat pulih dan anda bisa langsung beraktifitas seperti semula. Mungkin sebagian orang menyebutnya pengobatan atau kiat untuk memerangi jet lag secepat mungkin agar kestabilan tubuh tetap bisa terjaga dan aktifitas pun bisa dilaksanakan sebaik mungkin, berikut penjelasannya:



#1. Siapkan Minuman Air Putih.
Selama perjalanan naik pesawat tubuh kurang cairan atau dehidrasi. Ini lah penyebab yang paling utama terjadi pada jet lag, dan pastikan anda minum air di perjalanan nanti. Tandanya anda minum cukup ada jeda waktu beberapa jam akan menggunakan rest room untuk buang air kecil. Walaupun di atas pesawat juga mendapatkan pembagian air oleh pramugari tetapi tidak cukup, pastikan anda juga menyiapkan botol khusus untuk diri sendiri dan isi sebelum berangkat setelah pemeriksaan akhir, kunjungi vending machine untuk mengisi botol dengan air putih yang cukup.

#2. Tetap Enjoy Dengan Penerbangan Anda.
Tentu anda telah mengetahui bahwa perjalanan ini akan menghabiskan waktu cukup panjang tetap dalam suasana meneyenangkan karena di negara tujuan anda sudah menanti aktifitas yang membuat rasa senang. Pola pikir seperti ini tentu akan meringankan rasa penat yang sebagian orang merasakan berat tapi anda merubahnya dengan enjoy akan meminimalisir efek jet lag di perjalanan nanti.

#3. Usahan Tidur Malam Sebelum Anda Terbang.
Sebelum hari-h keberangkatan pastikan anda harus tidur malam cukup sebelum terbang. Waktu tidur yang seharusnya anda lakukan minimal 8 jam di waktu biasa harus dituntaskan agar tubuh merasa cukup istirahat sebelum menempuh perjalanan jauh nanti. Memang rasa gembira untuk melakukan perjalanan ini dengan tujuan yang telah anda buat membuat tidur menjadi berkurang, jangan sampai karena efek yang akan dirasakan tentu bersamaan dengan jet lag di negara tujuan akan berdampak lebih berat.

#4. Hindari Sampai Negara Tujuan Pada Malam Hari.
Pilihan terbaik ada sampai negara tujuan pada pagi menjelang siang karena akan memberikan efek positif pada tubuh. Karena tubuh tetap merespon tetap terjaga dan ingin merasakan sinar matahari untuk melakukan jelajah singkat menjelang sore. Pola perjalanan ini tentu harus anda pilih agar tubuh seolah-olah masih merasakan situasi yang hampir sama di tanah air tetapi sebenarnya sudah berbeda zona waktu sehingga rasa kantuk anda saat mau akan landing bisa langsung hilang sehingga jet lag yang dikhawatirkan bisa hilang dengan pilihan terbaik seperti ini.

#5. Pilih Jenis Kelas Saat Terbang Nanti.
Memang tidak semua traveler mampu memilih kelas eksekutof tetapi setidaknya anda memilih tipe jenis pesawat dari maskapai penerbangan yang mempunyai reputasi baik dengan tersedia pesawat model baru untuk penerbangan jarak jauh. Walaupun kelas ekonomi tetapi mempunyai kenyamanan tempat duduk, ruang duduk cukup luas, dan pastinya fasilitas selama terbang nanti cukup baik. Apabila anda ingin menambah untuk kenyamanan lain khusus untuk anda sendiri seperti bantal penyangga leher, penutup kuping, hingga penutup mata agar trip nanti terasa nyaman dapat dibawa saat perjalanan nanti.

#6. Hindari Tidur Siang Sampai Di Negara Tujuan.
Sampai di negera tujuan hindari tidur siang walaupun hanya sekejap. Pastikan tubuh tetap tidak terpengaruh dengan pola tidur coba tetap stabil terjaga hingga malam mejelang untuk memberikan pola baru terhadap tubuh untuk bisa langsung menyesuaikan zona waktu baru. 

Poto oleh; travelandleisure.com

#7. Lakukan Aktifitas Jalan Keluar Bandara.
Di Bandara negara tujuan tentu anda telah merasakan udara baru walaupun ada terasa sejuk di kulit. Beri kesempatan pada tubuh anda untuk berjalanan ke luar jika perlu rasakan cahaya matahari saat sampai disana. Saat ini lah tubuh akan merespon dengan cepat zona waktu baru dan tambahkan bertelanjang kaki sejenak untuk meninjakan kaki di jalan atau tempat parkir kendaran pada suasana baru agar tubuh langsung respon cepat dan membangunkan sel-sel tubuh untuk segera re-charge energi di tempat baru.

#8. Langsung Sesuaikan Zona Waktu Baru.
Setelah sampai di negara tujuan secara otomatis anda langsung sesuaikan zona waktu baru agar tubuh langsung memberikan respon baik saat anda telah melakukannya. Perubahan waktu ini tentu memberikan sebuah dampak positif pada tubuh sehingga anda telah berada di tempat baru walaupun berbeda negara dan waktu.

#9. Hindari Minuman Memicu Jet Lag.
Khusus bagi anda yang suka minuman yang memicu munculnya jet lag seperti kopi, soda, hingga minuman memabukan harus dihindari. Karena dapat memicu kambuhnya jet lag saat sampai di negara tujuan seperti badan terasa sangat capek, pusing, hingga tidak berenergi. Pastinya efek lain yang sangat terasa adalah kekurangan cairan karena minuman ini membuat tubuh malas minum air putih yang cukup.

#10. Tidur Senatural Mungkin.
Apabila anda tidak bisa tidur jangan minum obat tidur selama perjalanan nanti. Tentu ide minum obat tidak direkomendasikan sebaiknya anda melakukan aktifitas tidur senatural mungkin. Apabila prosesnya susah sebaiknya anda melakukan kegiatan positif membuat anda menjadi capek dan ngatuk seperti membaca atau menonton film di atas pesawat. Aktifitas seperti ini cukup ampuh untuk membangkitkan rasa kantuk kuat sehingga di perjalanan nanti anda sudah mempunyai waktu cukup tidur sebelum landing di negara tujuan. Hindari minum obat yang akan memberikan efek jet lag karena berpengaruh terhadap seluruh yang yidak natual saat sampai di negara tujuan nanti.



#11. Tetap Melakukan Aktifitas Seperti Biasa.
Setelah anda sampai di negara tujuan tetap melakukan aktifitas seperti biasa jangan terlalu banyak tidur karena akan memperlama waktu pemulihan jet lag. Kegiatan terbaik setelah melakukan olah raga setelah sampai lokasi tempat penginapan. Olah raga kecil membangkitkan semangat dan menghilangkan rasa pegal tentu prioritas, selama perjalanan terlalu banyak duduk tentu ada memberikan efek tidak nyaman di kaki dan punggung serta tangan. Kembalikan kestabilan tubuh ini dengan beberapa olah raga yang biasa anda lakukan. Setelah normal anda dapat menikmati suasana baru di zona waktu baru di negara tujuan nanti.

#12. Pilih Makanan Bergizi Good Food.
Jangan lupakan konsumsi makanan bergizi sehat dan bernutrisi tinggi kaya vitamin serta protein. Selama perjalanan mungkin menu yang disediakan oleh airline tidak cukup baik atau kurang porsinya mengakibatkan anda banyak makan cemilan kurang sehat untuk tetap dilakukan agar tidak masuk angin. Setelah sampai di negara tujuan pilih menu yang mempunyai nilai gizi baik terhadap tubuh dan minuman sehat sebagai pelengkap makanan sehat yang telah anda konsumsi.

#13. Selalu Banyak Di Sinar Matahari Saat Sampai Tujuan.
Memang matahari memberikan efek positif untuk mengembalikan tubuh dari efek jet lag perjalanan jauh. Apabila anda melakukan perjalanan traveling  saat sinar matahari cukup sebaiknya lakukan aktifitas outdoor agar kulit anda tetap disapa oleh sinar matahari terutama saat anda telah mendapat. Seperti diruaikan di atas dimulai dari bandara telah dimulai tetapi anda tambahan lebih banyak saat telah sampai di tempat penginapan atau rumah tunjuan anda.

#14. Kembali Cukupkan Tidur Anda. 
Setelah anda merasa tubuh sudah kembali mulai normal saatnya cukupkan tidur agar ketabilan di zona waktu yang baru bisa mulai terbiasa. Efek terasa setelah hari kedua tidur mulai terasa nyenyak sekali dan pola yang telah diterapkan sudah mulai di daerah baru setelah semua situasi jet lag sudah kembali berkurang. Pastikan tubuh anda tetap menerima pola tidur yang cukup ini untuk memberikan tubuh istirahat agar pemulihan yang diinginkan bisa terwujud dengan segera.

PENUTUP.
Setiap traveler mempunyai kadar cepat kembali pulih dari jet lag tentu berbeda-beda, khususnya traveler pemula yang pertama kali melakukan perjalanan jauh. Apabila keseluruhan tips ini telah anda lakukan dan masih juga terkendala jet lag masih lambat sembuhnya saatnya anda berkunjung ke dokter ahli disana untuk memberikan rekomendasi terbaik tambahan berupa obat atau suplement tertentu agar tubuh cepat lebih produktif untuk pulih dari jet lag. Pastikan tubuh anda tetap dalam kondisi prima sebelum berangkat terbebas dari penyakit yang mengurangi stamina anda di dalam perjalanan. Memang kesehatan sangat penting perlu diperhatikan apalgi trip perjalanan jauh ini harus memiliki stamina prima dan terbebas dari penyakit ringan atau penyakit berat. Jika anda merasa perlu sebelum berangkat untuk berkunjung ke dokter untuk mendapatkan nasehat tambahan agar trip ini menjadi lebih nyaman dan menyenangkan sebaiknya anda lakukan segera sehingga dampak jet lag yang dikhawatirkan bisa diatasi dengan rekomendasi dokter proses pemulihan nanti. Semoga bermanfaat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.