Langsung ke konten utama

Sebelum Melakukan Snorkeling Perhatikan Tips Tahap Penting Ini Sebelum Nyebur Di Laut.

Pesona dunia bawah laut yang begitu menggoda menjadikan snorkeling sebagai kegiatan yang harus dilakukan segera. Tetapi anda harus memperhatikan tips tahap penting ini sebelum nyebur berenang ke dalam laut dan harus mengikuti seluruh ritual yang telah masuk dalam SOP dan wajib anda ketahui. Snorkeling memang begitu menggoda mata dan secara langsung anda bisa melihat dunia bawah laut yang sangat seksi sperti ikan bernari-nari dan terumbu karang yang bergoyang-goyang seakan menyambut anda datang. Jadi, setelah anda sampai di lokasi spot terbaik untuk melakukan snorkeling anda harus memperhatikan tips penting berupa tahap proses sebelum kegiatan melihat dunia bawah laut dimulai, berikut penjelasan lengkapnya supaya anda mendapatkan pengalaman snorkel yang baik dan benar saat liburan berlangsung.:

#1. Anda harus mengetahui alat apa saja yang akan dipakai saat snorkeling nanti.

Untuk kegiatan dunia bawah laut tentu anda harus mengetahui alat apa saja yang akan dipakai saat menikmati pesona laut. Sebelum nyebur pastikan anda sudah mengenali apa sebenarnya snorkeling tersebut dan apa saja peralatan yang akan dipakai. Snorkeling sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan didalam air tetapi mengambang diatas permukaan air menggunakan masker selam dan snorkel di lainnya, tambahan lain pastinya adanya fin yang disebut juga dengan sepatu katak untuk membantu daya gerak anda saat berada di bawah laut. Tempat yang sangat direkomendasikan untuk melakukan snorkeling ada di lokasi air tenang atau berarus lambat cenderung statis. Kegiatan ini tentu saja bertujuan untuk melihat keindahan dunia bawah laut dengan jenis habitat yang pastinya akan fenomenal untuk dilihat. 

Peralatan yang paling utama digunakan adalah masker selam yang melindungi mata dan hidung saat berada dibawah permukaan air agar pemandangan dibawah laut masih terlihat dengan baik. Berikutnya snorkel berupa tabung yang berbentuk huruf J ini membantu bernafas saat berada dibawah permukaan aii dengan panjang sekitar 30-40 cm. Terakhir yaitu fin atau sepatu katak yang akan memberikan gerak anda saat berada di dalam air bisa manuver bergerak sehingga tubuh tetap berada di permukaan air.



#2. Jangan khawatir bagi yang tidak bisa berenang, snorkeling bisa anda andalkan untuk melihat dunia bawah laut.

Tentu saja ini menjadi good news bagi rekan yang tidak bisa berenang sama sekali dapat melakukan snorkeling dengan mudah saat berada di dalam air. Dan para provider snorkel akan menambahkan alat pelampung live vest agar maksimal selama melakukan kegiatan ini bisa anda dapatkan. Bagi yang newbie tentu saja melakukan kegiatan snorkeling ini ada kecemasan tetapi jangan takut jika mematuhi seluruh petunjuk dan peraturan yang telah ditetapkan oleh tour guide yang memandu nanti maka semua bisa terkendali dengan baik. Khusus anda yang memang pertama sekali melakukan kegiatan ini pastikan pelampung ini harus tetap bersama anda agar tetap bisa mengapung di permukaan air.

#3. Sebelum terjun nyebur ke laut pastikan seluruh peralatan ini telah terpasang dengan baik terutama untuk mata dan hidung saat bernafas nanti.

Semua perlengkapan yang telah terpasang pastikan telah kuat dan erat di setiap simpunya agar saat nyebur berenang di laut tidak ada ketidaknyamanan terutama bagian mata dan hidung saat melihat serta bernafas. Perlu diketahui bahwa spot terbaik untuk melakukan snorkeling ini sudah banyak pos penyewaan alat yang tentu akan anda sewa dan harganya sangat kompetitif. Peralatan ini disewakan berarti telah pernah dipakai jadi anda sebagai turis yang akan menggunakannya selalu mengecek seluruh alat yang akan anda gunakan saat snorkeling nanti apakah masih layak atau tidak. 

Semua peralatan yang akan dipakai seperti masker apakah kacanya ada yang retak atau lapisan karet terkelupas dan mengakibatkan air masuk dan seterusnya. Begitu juga dengan snorkel yang terhubung apakah pecah atau masih dapat melekat dengan kuat sehingga saat digunakan nanti masih dapat bernafas dengan baik saat anda berada di bawah permukaan air. Begitu juga dengan fin atau apakah masih lentur dan tidak kaku saat dipakai. Jika kaku makan akan membahayakan anda saat tetap berada di permukaan air. 

#4. Kebersihan alat harus anda pastikan sudah steril dari jamur atau noda yang pernah diapakai oleh penyewa sebelumnya.

Sudah banyak terpakai dan disewakan ke seluruh turis yang ingin melihat keindahan dunia bawah laut membuat alat snorkeling ini telah mempunyai umur yang cukup panjang sehingga pastikan anda pengguna berikutnya memastikan seluruh kebersihan yang telah dibersihkan oleh pemilik tetap dimonitor agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan terutama jamur dan bekas lainnya akan menempel pada kulit anda nanti. Selama ini para pemilik alat snorkening ini telah membersihkannya dengan cairan khusus agar tetap steril dan sehat dipakai oleh turis seperti anda.

Poto oleh: ulinulin.com

#5. Setelah pengecekan sempurna saat dipakai sudah dapat dimulai sebelum nyebur ke air.

Semua alat yang akan dipakai oleh masing-masing turis akan diserahterimakan ole penyewa dan pastikan anda selalu mengecek sekali lagi saat proses pemakaian dimulai. Jangan sampai seluruh kemungkinan ketidaknyanaman sebelum nyebur berenang ke air harus final agar kerusakan, bocor, atau rusak lainnya harus selesai agar kenyamanam anda snorkeling bisa didapatkan maksimal. Dimulai dari masker, snorkel, hingga speatu katak sudah keadaan baik. Pakai secara perlahan dan sesuaikan ukuran terutama pada masker agar air tidak masuk, setelah itu coba pasang snorkel dan coba bernafas secara perlahan. Awalnya memang sedikit sulit tetapi setelah beberapa waktu anda akan terbiasa.

Setelah anda pakai tentu akan muncul foging atau embun yang akan terlihat maka solusi terbaiknya olehkan pasta gigi atau sabun untuk mengikis embun berkurang. Bahkan lebih ekstrim lagi memakai air ludah, pastikan anda membubuhkan jangan terlihat dengan rekan lain karena ketidaknyamanan saat melihat.

#6. Seorang newbie pilih tempat  yang mempunyai arus tidak kuat sehingga anda bisa mengukur kemampuan saat snorkeling nanti.

Sebagai seorang pemula pastinya harus memilih lokasi snorkeling yang masih aman terutama dari arus yang tidak kuat agar menikmati suasana dibawah permukaan air lebih nyaman. Arus sangat mempengaruhi karena akan membuat gerakan menjadi terhambat tetapi harus dibiasakan agar grogi dan baper bisa terkikis dengan sendirinya saat telah memulai snorkeling. Memang untuk langsung nyebur berenang harus anda dasar yang telah didapatkan saat belajar di kolam terbuka untuk melatih terlebih dahulu sehingga saat sampai ke lokasi sebenarnya akan lebih terbiasa dengan suasananya.

#7. Selalu berada pada kelompok snorkeling dan petugas pemandu saat berada di lokasi.

Terpesonanya anda melihat keindahan wisata bahari membuat anda jangan lengah dan jauh dari anggota snorkeling lainnya beserta petugas tour guide yang akan membantu mengarahkan. Memang setelah anda merasakan kenikmatan snorkeling akan muncul sifat childish yang sangat tinggi dan ingin menikmati dunia bawah laut dengan waktu yang cukup lama. Terkadang tidak mengetahui efek yang akan dirasakan tentu kurang pengetahuan untuk itu. Jadi, anda tetap bersama rombongan dan ikuti semua peraturan yang telah disampaikan agar kenyamanan anda selama snorkeling tetap terwujud dengan baik dan jika terjadi hal yang tidak diinginkan makan pertolongan akan bisa langsung teratasi dengan cepat.

#8. Kecantikan alam dunia bawah laut tersimpan bahaya yang akan mengintai anda selama snorkeling.

Anda tetap waspada dengan keindahan dunia bawah laut yang cantik dan fenomenal saat sibuk melihat anda lengah tiba-tiba arus menjadi lebih kuat atau hewan laut datang tiba-tiba menyengat anda. Atau bahkan anda tidak sengaja menyenggol batu karang sehingga kaki anda teluka. Hal sepele dengan gembira terlalu tinggi terkadang terlena dengan situasi sekitar yang mengakibatkan anda terluka paling banyak terjadi. Pastikan anda selalu tetap luwes dalam melihat suasana sekitar sesekali anda juga selalu melihat ke permukaan apakah ada hambatan lain seperti adanya kapal lain melintas atau benda asing lainnya agar terhindar dari bahaya. 

#9. Selalu pahami teknik saat penggunaan alat snorkening agar ketidaknyamanan tidak anda rasakan.

Saat melakukan snorkeling bisa saja terjadi hal yang tidak nyaman seperti masker anda kemasukan air dimana anda sedang asiknya melaukan aktifitas dibawah permukaan air akan menjadikan suasana sedikit menjengkelkan. Disebabkan karena proses pemasangan masker anda terlalu terburu-buru atau posisi penempatan tidak pas. Apabila terjadi situasi seperti ini akan tetap tenang dan jangan panil. Dengan cara teknik clearing anda juga bisa melakukannya sendiri dengan melepaskan masker tersebut berserta snorkelnya.

Setelah itu anda tarik nafas dalam-dalam lewat mulut dan langsung hembuskan kuat melewati hidung sampai keluarnya udara bercampur dengan air dari masker. Sama dengan dari tabung snorkel, caranya hembuskan udara sekuat mungkin sampai seluruh air yang masuk dapat keluar semuanya dengan sempurna.

Perhatian! proses ini JANGAN dilakukan di dalam permukaan air. Sebaiknya dilakukan di permukaan aor setelah anda mengangkat wajah terlebih dahulu, posisi kaki tetap terapung {jangan panik karena anda masih memakai live vest tentu dapat terapung dengan mudah} dan bersihkan masker secepatnya agar acara snorkeling anda tetap berjalan lanjut lagi.

#10. Keindahan dunia bawah laut sangat sempurna indah, anda turut jaga dimulai dari diri sendiri.

Dunia bawah laut dalam wisata bahari tentu fenomenal sekali untuk sekarang ini dan banyak mulai muncul spot snorkeling dan diving hampir di seluruh Indonesia memilikinya. Tapi anda juga harus berpartisipasi untuk menjaganya yaitu tidak melakukan aktifitas vandalisme merusak terumbu karang dengan mencabutnya dan merubah posisi batu karang dengan paksa saat berada di sekitar pusat objek snorkeling yang menjadi tempat ikan hidup sebagai habitatnya. Menjadi seorang turis snorkeling yang mempunyai attitude baik tidak sembarangan melakukan ketidakbaikan tindakan sepele merubah atau melakukan hal apapun serta menyentuh saja sudah dilarang apalagi merusak.

Perhatikan posisi alat snorkeling anda terutama fin atau sepatu katak tidak mengenai batu karang sehingga kerusakan akibat benturan keras di dalam air dapat terhindarkan. Walaupun terlihat tidak keras tetapi telah memberikan akibat dari benturan tersebut. Jadilah turis snorkeling yang menyanyangi alam termasuk dunia bawah laut dan tetap menjadi seluruh aktifitas yang merusak agar kelestarian alam ini tetap terjaga sepanjang masa.

Setelah anda mengetahui tips tahap penting sebelum nyebur berenang snorkeling pastikan baju, pelampung, dan alat snorkeling telah dalam kondisi baik. Karena seluruh peralatan ini lah yang akan membantu anda untuk menikmati kesempatan melihat dunia bawah laut dengan sempurna dan pahami juga teknik, prosedural, hingga selalu ikuti tour guide snorkeling mengarahkan anda dimana posisi terbaik untuk melakukan aktifititas wisata bahari bawah laut ini. Semoga bermanfaat dan pastikan anda dapat menjadi turis snorkeling yang mempunyai attitude baik menjaga alam dan attitude dalam menikmati suasana lebih terpelajar. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Inilah 10 Supermarket Populer di Kuala Lumpur Malaysia

Sangat pentingnya supermarket untuk mencari segala kebutuhan sebagai tempat yang sangat populer bahkan menjadi destinasi belanja dapat anda jumpai di Kuala Lumpur Malaysia. Istilahnya grocery store shopping yang sangat disukai oleh masyarakat disana dengan menghabiskan biaya belanja sampai dengan RM5,700 per tahunnya per orang. Jika dilihat dari jumlah sangat banyak hampir 40 supermarket tersebar di Kuala Lumpur. Tetapi yang sangat disukai oleh konsumen dengan terintegrasinya seluruh supermarket ini dengan website dan bisa melakukan belanja online menjadi populer dengan alasan tidak perlu langsung ke lokasi untuk belanja, tidak berlu antri, bawa barang belanja, tidak perlu bayar langsung ke kasir, tetapi hanya dengan sentuhan klik saja seluruh belanjaan sudah bisa di order. Dengan cara pembayaran bisa langsung cash atau bayar ditempat juga akan mereka berikan fasilitas seperti ini.

Makanan Khas Tradisional Mesir Wajib Masuk Dalam Wisata Kuliner Anda Kesukaan Traveler Dunia

Pesona negara Mesir dengan eksotisnya menjadi destinasi wisata yang sudah masuk dalam rencana perjalanan hampir seluruh turis dunia ingin mewujudkannya. Dengan kisah kuno yang masih dapat dilihat sampai sekarang ini Mesir menjelma sebuah pilihan tempat wisata yang banyak sekali diminati yang telah memberikan pengalaman yang tak akan pernah terlupakan seperti pantai yang cantik dan bahkan spot penting untuk scuba diving favorit para penyelam dunia. Yang menjadi menarik perhatian adalah makanan-khas-tradisional-Mesir menjadi destinasi pelengkap dan wajib dicicipi jika terlewatkan traveling anda menjadi kurang karena ini lah wisata penting olahan makanan dan minuman kreasi dari generasi ke generasi yang masih bertahan sampai sekarang bahkan termasuk resep kuno peradabatan manusia ada di negara Mesir. Ini lah makanan khas tradisional Mesir yang wajib masuk dalam rencana wisata kuliner anda dimulai dari sarapan pagi hingga dessert pencuci mulut yang sangat enak yang belum pernah anda rasa

10 Shopping Malls Pusat Perbelanjaan Populer Terkenal Teramai Di Singapore: Penggila Belanja Pasti Mengenal Tempat Ini

Semua turis akan mencari pusat perbelanjaan shopping malls terkenal populer teramai di Singapura akan menjadi destinasi pelengkap di saat perjalanan liburan nanti. Hampir seluruh turis seluruh dunia dan Indonesia akan memilih salah satu mall pusat perbelanjaan ini karena sangat dekat dari pusat kota dan akses transportasi sangat mudah bahkan ada saling berdekatan lokasinya. Negara Singapore merupakan negara yang sangat ramah dengan seluruh turis dunia apalagi Indonesia telah menjadi rumah kedua dan sangat dekat hanya sekitar 2 jam saja dari DKI Jakarta anda telah sampai disana. Bahkan bagi pemilik paspor hijau Indonesia tidak membutuhkan visa cukup stempel paspor saja di pintu imigrasi anda sudah dapat menikmati berkunjung waktu terbatas di negara ini untuk meluruskan penggila shopping anda dengan mudahnya. Pada tulisan ini kami ingin sharing 10 Shopping Malls Pusat Perbelanjaan Populer Terkenal Teramai Di Singapore: Penggila Belanja Pasti Mengenal Tempat Ini. Berikut penjelasan lengk

Banyak Sekali Fasilitas Kegiatan Gratis Tidak Bayar Dilakukan Transit Di Changi Airport Singapura

Saat transit di Changi Airport Singapore atau Bandara Changi Singapura tidak perlu bingung lagi karena banyak sekali aktifitas kegiatan gratis tidak bayar yang bisa dilakukan dengan masa tunggu dimulai dari 4 jam hingga 12 jam cukup jenuh apabila tidak ada kegiatan sama sekali. Memang pihak pengelola Bandara Changi Singapura melakukan inovasi yang sangat besar untuk membuat airport ini menjadi lokasi yang sangat nyaman aman bahkan kangen untuk transit tidak hanya tempat tunggu transit juga sebagai surga belanja bebas pajak dan fasilitas lainnya. Bahkan setelah anda transit telah menikmati beberapa fasilitas yang telah disiapkan kangen untuk datang lagi dan lagi bahkan ingin transit melulu di Changi Airport.

Tips Cara Memilih Keramik Dinding Kamar Tidur: Solusi Terbaik Untuk Ingin Betah Lama-Lama Saat Weekend Masa Nanti

Memilih keramik dinding kamar tidur memang sangat banyak sekali dimulai dari minimalis, modern, hingga bertema vintage tempo doeloe telah menjelma sebuah kandidat yang akan anda terapkan di seluruh dinding kamar sesuai dengan selera dan pesona yang akan didapatkan nanti. Pesona apapun yang akan anda pilih tentu menjadikan pilihan tersebut memang selera dan keinginan anda selama ini yang belum diwujudkan. Begitu banyaknya keunggulan masing-masing keramik dinding kamar yang akan menghipnotis anda saat istirahat di weekend nanti. Hampir seluruh dunia banyak sekali referensi dari berbagai desain interior menciptakan beberapa pola keramik dinding kamar tidur sebagai pola selera yang akan selalu berubah setiap dekadenya ini tentu sangat menakjubkan. Perubahan selera akan motif dan jenis dinding keramik kamar memang setiap kota dan negara bebeda-beda tergantung dari selera dan popularitas budaya di sana. Memang setiap keramik yang dibentuk ini ukurannya bermacam-macam, dimulai dari ukuran mi