Langsung ke konten utama

Tips Cara Liburan Traveling Ke Bukittinggi Sumatera Barat Untuk Pertama Kali: Tahap Sangat Mudah Diikuti Serta Lengkap

Liburan traveling ke Bukittinggi Sumatera Barat memang telah menjadi fenomena yang tidak pernah surut dari peminat hampir seluruh traveler lokal dan luar negeri melabuhkan tempat wisata ini untuk menghabiskan waktu stay sementara disini. Tentu saja anda yang pemula pertama kali melakukan perjalanan ke tempat ini tentu menjadi sangat antusias sekali dengan kesempatan yang telah didapat saat sekarang ini tentu menjadi sebuah prestasi yang ingin menjadi sebuah pengalaman yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya menjadi sebuah cerita yang tidak akan pernah terlupakan. Kami merasa ingin membagikan informasi lengkap ini secara lengkap tanpa ada di skip sama sekali sehingga dapat diikuti dengan mudah untuk melakukan perjalanan secara backpacker tanpa menggunakan tour agency.

Memang perjalanan traveling dilakukan secara backpacker memang budget yang dipersiapkan sangat terjangkau tetapi harus mau bersusah payah untuk berhemat dengan menggunakan transportasi publik yaitu bus antar kota dalam provinsi. Dengan banyaknya minat untuk melakukan perjalanan secara backpacker ke Bukittinggi Sumatera Barat maka muncullah ide untuk kami membuat konten artikel ini yang dapat menjadi referensi untuk anda ingin mencoba melakukan perjalanan ini sendiri tanpa keraguan dan siap segera dimulai. 

PERSIAPAN PERJALANAN.
Mempersiapkan perjalanan ke kota Bukittinggi Sumatera Barat dapat dilakukan kapan saja, yang menjadi perhatian adalah menentukan waktu terbaik untuk dikunjungi. Memang kota Bukittinggi Sumatera Barat ini telah menjadi tempat berlibur untuk penduduk lokal hingga provinsi tetangga sehingga setiap waktu sudah tentu banyak turis yang wara-wiri ke tempat wisata ini memang tidak pernah sepi. Hanya anda yang dapat menentukan tetapi menurut kami melakukan perjalanan traveling ke Bukittinggi Sumatera Barat pertama kali secara backpacker yaitu di hari kerja dimulai dari Senin-Kamis dan hari yang baik karena masih banyak turis yang melakukan kegiatan rutinitas pekerjaan dan anda harus mengambil kesempatan ini. 



Tidak itu saja, untuk masalah harga akomodasi seperti tiket pesawat dan hotel cukup terjangkau bahkan berbeda dengan waktu weekend atau liburan anak sekolah. O iya, saat liburan anak sekolah dan cuti bersama kota Bukittinggi Sumatera Barat sangat penuh dan bahkan terjadi kemacetan dan hampir seluruh tempat wisata menjadi sesak tentu akan mengurangi zona nyaman anda selama traveling.

Poin Penting:
a. Berlibur kapan saja sepanjang tahun.
b. Pilih waktu terbaik berkunjung seperti Senin-Kamis.
c. Hindari waktu liburan anak sekolah, cuti bersama, hingga akhir pekan.

PEMBELIAN TIKET PESAWAT.
Sekarang ini pembelian tiket pesawat sudah sangat mudah sekali dengan terhubung beberapa aplikasi yang sudah bisa terunduk di Android atau IoS. Dengan mudahnya ini tentu anda sebagai traveler smart harus mengetahui harga terbaik dan memang murah dari harga normalnya. Tentu saja penerbangan langsung ke Bandara Internasional Minangkabau {BIM} Padang Pariaman ini sudah tersedia jenis full service atau airline budget LCC. Untuk mendapatkan harga terbaik memang membeli jauh-jauh hari dan rekomendasi terbaik dimulai dari 6 bulan hingga 2 bulan sebelum keberangkatan karena di waktu ini menjadi cara terbaik untuk mendapatkan harga terbaik. Tentu saja anda sebagai traveler smart akan selalu melakukan komparasi masing-masing provider online pembelian tiket pesawat dari waktu ke waktu demi mendapatkan harga yang memang sangat kompetitif untuk melakukan traveling ini nanti.

Poin penting:
a. Lakukan pembelian jauh-jauh hari dimulai dari 6 bulan sampai 2 bulan sebelum keberangkatan.
b. Membeli di aplikasi provider online penjualan tiket pesawat.
c. Lakukan komparasi demi mendapatkan harga terbaik.

PEMBELIAN VOUCHER PENGINAPAN HOTEL ATAU HOSTEL.
Persiapan terbaik lainnya sebelum berangkat adalah pembelian voucher hotel atau hostel yang dapat dilakukan di provider online juga melalui smartphone. Tentu saja kemudahan ini bisa anda cari dari sekarang untuk menentukan jenis yang akan dipilih sesuai dengan budget perjalanan nanti. Selalu lakukan komparasi beberapa provider online agar mendapatkan harga terbaik sehingga anda membelinya memang sangat kompetitif, jika perlu anda mendapatkan kode voucher tertentu untuk mendapatkan harga yang telah dipotong saat akan melakukan membayar. Lokasi hotel terbaik di Bukittinggi Sumatera Barat adalah di dekat Jam Gadang, karena disinilah lokasi terbaik untuk menginap dekat dari pusat kota dan pastinya dekat pula ke wisata kuliner penting di saat anda membutuhkan hidangan untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Poin penting:
a. Pembelian voucher hotel atau hostel di provider online melalui aplikasi terpercaya.
b. Lakukan komparasi harga jika diperlukan agar mendapatkan harga terbaik.
c. Lokasi terbaik untuk menginap adalah di dekat Jam Gadang Bukittinggi.

Baca selengkapnya:
Kriteria dan Lokasi Hotel Murah di Kota Bukittinggi

credit: hariansinggalang.co.id

PERJALANAN DIMULAI.
Setelah semua perlengkapan telah siap dan semua akomodasi perjalan traveling telah ready makan trip siap di mulai. Perjalanan menggunakan pesawat udara ini sebaiknya anda mendarat di Bandara Internasional Minangkabau {BIM} Padang Pariaman Sumatera Barat ini pada pagi hari. Rekomendasi terbaik pesawat pertama landing, alasannya agar perjalanan anda sampai di Bukittinggi Sumatera Barat sekitar siang dan langsung check in hotel. 

Setelah semua barang bawaan sudah dibawa dan saatnya menaiki bus khusus di BIM yaitu DAMRI atau TRANEX. Kedua jenis moda transportasi ini telah ditunjuk oleh otoritas bandara untuk melayani seluruh penumpang dengan rute yang berbeda. Anda dapat memilih salah satunya dengan ongkos yang sama. Setelah terpilih dan naik kemudian anda turun di UNP {Universitas Negeri Padang} Air Tawar Padang atau dekat Basko Grand Mall, karena lokasi bus tujuan Bukittinggi ngetem di sekitar area ini. Setelah anda turun makan menyeberanglah ke jalur jalan seberang untuk menunggu bus tujuan Bukittinggi. Jangan sampai salah naik, karena bus rute tujuan lain juga ngetem di area ini. Jadi pastikan anda tetap melihat tulisan di kaca depan bus untuk sampai ke Bukittinggi.

Poin penting:
a. Naik Damri atau Tranex turun di UNP atau Basko Grand Mall.
b. Menyeberang ke jalur jalan berlawanan untuk naik bus tujuan Bukittinggi.
c. Selalu melihat tulisan di kaca tujuan bus yang akan dinaiki karena banyak rute daerah lain di jalan yang sama.

SAMPAI KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT.
Bus yang anda tumpangi ini akan sampai ke stasiun bus di Aur Kuning sebagai tujuan akhir. Menurut kami untuk sampi ke hotel atau hostel di sekitar Jam Gadang sebaiknya anda turun di Jambu Air merupakan pertigaan dimana bis akan berbelok kanan menuju ke rute ke terminal dan anda berhenti di sekitar pertigaan ini dan menuju ke Mesjid dimana angkutan kota yang ngetem menunggu penumpang menuju ke pusat kota Bukittinggi Jam Gadang warna merah. Anda juga dapat menggunakan ojek online yang telah tersedia di kota Bukittinggi untuk sampai ke hostel atau hotel tempat penginapan anda.

Poin penting:
a. Setelah sampai di pertigaan Jambu Air Bukittinggi anda berhenti dan estafet menggunakan angkutan kota menuju ke hostel atau hotel dekat dari Jam Gadang.
b. Pemilihan hotel atau hostel dekat dari jam gadang ini untuk memberikan kemudahan akses, wisata kuliner, hingga hemat transportasi. 

KEGIATAN WISATA SELAMA DI KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT.
Selama di kota Bukittinggi ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh para turis untuk mengisi waktu liburan. Tentu saja keagiatan ini sangat direkomendasikan untuk melihat semua tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh turis pertama kali dan nikmati keindahannya dan sudah pasti sudah masuk dalam catatan sebagai fokus perjalanan nanti.

#1. Lobang Jepang: bunker yang dibuat oleh penjajah Jepang ini masih berdiri kokoh dan wajib anda kunjungi.
#2. Jam Gadang: menara jam yang berdiri di pusat kota Bukittinggi menjadi landmark penting yang harus dikunjungi.
#3. Jembatan Limpapeh: merupakan jembatan yang menghubungkan antara bukik cubadak bungkuak dan menghubungkan Benteng Fort de Cock serta taman budaya kinantan.
#4. Taruko Cafe Resto: berupa tempat nongkrong yang ada di dasar lembah berada disekitar bukit dan sungai dengan udara yang sejuk.
#5. Wisata jenjang atau tangga: tangga ini merupakan peninggalan sejarah di zaman kolonial Belanda dan sekarang masih digunakan oleh penduduk lokal, dan ada beberapa yang diciptakan untuk meningkatkan destinasi wisata.
#6. Rumah Bung Hatta: kunjungi rumah kelahiran Bapak Proklamator RI yang ada di kota Bukittinggi, tidak terlalu jauh dari Pasar Banto yang juga masuk dalam destinasi wisata penting.
#7. Panorama Tabiang Takuruang: jika anda ingin melihat keindahan pemandangan di sekitar kota Bukittinggi kunjungi spot ini berupa tebing yang cukup tinggi.
#8. Wisata kuliner penting: itiak lado mudo, pical sikai, nasi kapau di los lambuang, dan membeli oleh-oleh khas kerupuak balado serta suvenir cantik disekitar Jam Gadang.

PERSIAPAN PULANG KEMBALI KE JAKARTA.
Setelah semua kegiatan wisata yang telah dilakukan hampir seluruhnya maka persiapan pulang kembali ke Jakarta sudah siap dilakukan. Pastikan seluruh barang bawaan telah rapi disusun dan tas ransel telah disiap untuk disandang mengikuti perjalanan pulang kembali ke tempat aktifitas. Untuk kembali lagi ke Bandara Internasional Minangkau {BIM} Padang Pariaman sebaiknya anda menaiki travel dari Bukittinggi tujuan Padang dan pastinya akan diantarkan langsung ke bandara. Untuk mendapatkannya anda dapat meminta bantuan ke reseptionis yang telah terkoneksi dengan beberapa travel yang terpercaya dengan harga yang sangat kompetitif. Pastikan waktu yang cukup karena perjalanan ini menghabiskan waktu tempuh +/- 2-3 jam bersama travel.

RINCIAN BIAYA TRAVELING PERTAMA KALI KE BUKITTINGGI SUMATERA BARAT.
Untuk biaya selama melakukan traveling ke Bukittinggi tentu setiap traveler berbeda-beda tetapi untuk konsep backpacker seperti ini kami membulatkan ke atas dan mungkin saja di kemudian hari ada perbedaan harga tergantung dari service dan jasa yang akan dipakai. Perjalanan ini untuk per orang, dan untuk rincian harga dibawah ini bisa saja dihemat lagi sesuai dengan karakter traveler seperti anda. Berikut rincian biaya traveling perama kali ke Bukittinggi Sumatera Barat:

a. Tiket Pesawat PP: Rp 1.200.000
b. Transportasi BIM menuju UNP atau Basko Grand Mall: Rp 25.000
c. Transportasi ke Bukittingg: Rp 50.000
d. Menggunakan angkot atau ojek online dari pertigaan jambu air Rp 10.000
e. Biaya makan dan mengunjungi seluruh objek wisata selama di bukittinggi: Rp 250.000
f. Oleh-oleh dan suvenir: Rp 150.000
g. Travel dari Bukittinggi ke BIM: Rp 50.000

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.