Langsung ke konten utama

Tips Persiapan Traveling Liburan Ke Ho Chi Minh City Vietnam Pertama Kali: Tahap Panduan Lengkap Mudah Secara Backpacker

Dengan pesona kota Ho Chi Minh City {HCMC} Vietnam ini telah menjelma sebagai pilihan dari traveler Indonesia untuk pertama kali traveling secara backpacker menghabiskan masa liburan singkat padat dengan harga yang sangat terjangkau sekali. Fenomena yang telah banyak direkomendasikan oleh para rekan lainnya ini memang sangat tepat memilih kota dan negara ini karena telah dibukanya jalur penerbangan langsung ataupun estafet dari negara tetangga membuka peluang yang sangat luas untuk dapat anda kunjungi dengan sejuta pesona tempat wisata sejarah hingga wisata kuliner yang sangat menggoda selera. Anda jangan ragu sekarang ini di HCMC telah hadir tempat wisata kuliner halal yang akan memanjakan hari anda setelah melakukan perjalanan tempat wisata favorit sehari penuh. 

Perjalanan pertama kali memang sangat dinantikan bahkan ada rasa greget yang nendang tidak akan pernah terlupakan sepanjang masa. Apalagi anda berhasil menaklukan rasa takut dan ragu dalam pikiran ternyata hanya ilusi saja yang membuat anda selalu menunda-nunda terus perjalanan ke HCMC Vietnam ini akhirnya terlupakan begitu saja tanpa adanya pelaksanaannya. Perjalanan ini telah kami lakukan beberapa tahun yang lalu, walau terasa terlambat tetapi kami percaya pengalaman ini cukup bermanfaat dan bisa anda jadikan sebagai referensi atau petunjuk bagaimana mewujudkan perjalanan pertama kali ke HCMC Vietnam dengan baik dan benar secara backpacker sehingga bisa membantu membangkitkan semangat anda untuk melakukan traveling kesana. Berikut tahap rinci  panduan yang akan kami sampaikan pada tulisan konten artikel yang sangat bermanfaat.

PERSIAPAN AWAL.
Hal yang paling awal dipersiapkan adalah pembuatan paspor. Ini lah dokumen perjalanan yang harus ada di tangan pastikan anda siapkan dari sekarang dengan mengunjungi Imigrasi sesuai dengan domisili. Ikuti seluruh prosesnya sehingga peluang untuk melakukan perjalanan ke HCMC Vietnam dapat terlaksana secepatnya. Apabila anda telah mempunyai paspor pastikan masa berlakunya satu tahun saat anda berangkat nanti, ada rekomendasi 6 bulan tetapi untuk memberikan kenyamanan saat traveling nanti. 



LAKUKAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT.
Setelah paspor telah ditangan saatnya hunting tiket pesawat. Tentu tiket pesawat yang akan dibeli sesuai dengan budget minimal backpacker kelas LCC {Low Cost Carrier} sebagai pilihan yang sangat tepat. Pembelian tiket airline berbudget murah ini dapat dilakukan pembelian 6-12 bulan sebelum keberangkatan. Apalagi ada promo yang sangat menggoda tentu dapat anda manfaatkan dimana pembelian untuk jadwal terbang tertentu ada nilai nominal yang sangat jauh lebih murah dari tiket kereta api kelas premium. Cara yang terbaik adalah anda selalu update informasi dari airline ini setiap saat kapan waktu promo atau potongan harga diberikan karena momen ini harus segera anda manfaatkan supaya seluruh total biaya perjalanan yang akan anda persiapkan akan tertolong dengan biaya transportasi pesawat murah meriah.

Tidak masalah harus melakukan transit beberapa saat di negara tetangga seperti Singapore atau Kuala Lumpur, anda bisa mendapatkan perjalanan tambahan gratis walaupun harus menunggu sesaat beberapa jam tetapi setidakya anda dapat menikmati suasana perjalanan liburan seperti ini untuk melihat suasana bandara dan menikmati seluruh fasilitas gratis yang ada disana sebelum melanjutkan perjalanan.

LAKUKAN RISET ITINERARY PERJALANAN HCMC VIETNAM.
Itinerary perjalanan backpacker ke HCMC Vietnam harus anda lakukan sekarang, seperti saya melakukan riset awal sekali untuk mendapatkan informasi nanti disana saya ngapain aja. Tentu pertanyaan ini harus saya jawab dengan melihat beberapa rekomendasi dari teman traveler yang telah memberikan pengalaman mereka melakukan perjalanan ke HCMC Vietman. Dan ini lah yang saya lakukan dengan membuat itinerary perjalanan backpacker ke sana. 

#1. Mengikuti Tour Perjalanan Ke Cu Chi Tunnels.
Menikmati perjalanan ke tempat wisata bersejarah di Vietnam dengan taktik perang yang pernah dilakukan oleh penduduk lokal dengan USA sekarang ini masih terlihat dengan baik. Peninggalan terowongan bawah tanah yang terhubung satu sama lainnya masih terawat sampai sekarang dan menjadi daya tarik utama pariwisata yang ada di Vietnam ini. Saya membeli paket perjalanan ini dalam tour karena lokasinya cukup jauh kalau saya lakukan perjalanan sendiri dan sesuai dengan budgetnya saya bergabung. 

Banyak sekali tour agency yang menawarkan paket perjalanan seperti ini dengan memasukan Cu Chi Tunnels sebagai tempat wisata utama. Saya berangkat dari pagi hari dan kembali lagi di sore hari. Lokasi tour agency yang banyak menawarkan paket ini ada di kawasan penginapan backpacker di Pham Ngu Lao Street. Sepanjang jalan ini bisa anda pilih dan sebaiknya lakukan komparasi harga lebih baik karena disitu anda bisa mendapatkan harga kompetitif untuk dapat mengikuti tour ini.

#2. Tour Mekong River.
Daya tarik Vietnam adalah Sungai Mekong yang sangat bersejarah bagi negara Vietnam. Lokasinya di wilayah selatan Vietnam dan dapat dilakukan secara tour seperti Cu Chi Tunnels diatas. Daerah ini merupakan tempat yang sangat subur dan banyak dimanfaatkan oleh penduduk lokal untuk aktifitas pertanian yang mampu memberikan nilai ekonomi. Dan hal yang paling unik untuk dikunjungi adalah melihat kehidupan di Mekong Delta yang berada di sekitar sungai dan pastinya desa yang berada disekitar sungai banyak memanfaatkan sungai ini untuk aktifitas kehidupan mereka seperti transportasi penting untuk berpindah tempat.

#3. Wisata Terkenal Di Pusat Kota HCMC Vietnam.
Tidak lupa mengunjungi beberapa wisata terkanal di pusat kota HCMC Vietnam, dengan akses perjalanan yang cukup mudah dan pastinya lokasinya masih sangat berdekatan ini maka saya memutuskan untuk mengunjungi beberapa wisata terkenal di pusat kota.

==> Ben Thanh Market.
Psar yang sangat terkenal sekali oleh turis seluruh dunia sebagai lokasi tepat untuk mencari aneka oleh-oleh atau barang unik ada di pasar ini. Menjadi suvenir, kaos, dan kerajinan khas Vietnam ada di pasar ini dan dapat ditawar jika membeli dalam jumlah lusinan atau kodian.

==> Museum Ho Chi Minh City.
Lokasi museum ini tidak terlalu jauh dari Independence Palace. Sebutan lain dengan museum ini adalah Gia Long Palace dan telah menjadi destinasi wisata resmi dan harus dikunjungi. 

==> Saigon Opera House.
Gedung bersejarah ini sebagian turis menyebutnya Municipal Theatre yang berdekatan dengan Balai Kota Saigon. Telah ada sejak tahun 1898 ini dibangun oleh Eugene Ferret dan telah dilakukan beberapa restrukturisasi gedung yang tentu sebagai tempat melakukan kegiatan hiburan dan budaya Vietnam.

=> Independence Palace.
Merupakan sebuah icon landmark di HCMC Vietnam sebutan lain Reunification Palace sebagai tempat tinggal seorang Presiden Vietnam Selatan di zaman itu. Gedung ini telah dibuka untuk umum dan menjadi destinasi wisata yang harus dikunjungi dengan waktu berkunjung 07:30 - 16:00 dengan tiket masuk VND30.000

==> War Remnants Museum.
Jangan lupa kunjungi museum ini sebagai pelengkap wisata sejarah di Vietnam. Lokasinya sangat dekat dengan kawasan tempat berkumpulnya para backpacker dunia di Pham Ngu Lao ini pastinya akan melihat seluruh peninggalan di sat perang antara USA dan Vietnam. Lihat juga koleksi foto yang mengisahkan betapa heroiknya Vietnam saat melakukan perperangan dan pastinya peninggalan sejarah ini masih terawat sampai sekarang.

MEMILIH TEMPAT PENGINAPAN.
Setelah saya singgung sedikit diatas tempat terbaik untuk menginap memang di daerah Pham Ngu Lao Street sebagai lokasi berkumpulnya para backpacker untuk stay semalam liburan disana. Tempat yang sangat strategis dan ada beberapa destinasi wisata kota yang saya kunjungi memang dekat dari lokasi tempat saya menginap. Jadi untuk memudahkan seluruh aktifitas wisata di HCMC Vietnam sebaiknya memilih Pham Ngu Lao sebagai lokasi strategis untuk stay selama liburan. Memilih tempat penginapan terbaik yang saya lakukan adalah memasuki lorong atau gang dari jalan besar ternyata ada tempat penginapan yang harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan lokasi jalan besar. Perbedaan yang saya komparasi pada waktu itu bisa mencapai 40% dan cukup murah dapat menghemat budget. Hal yang membuat malas traveler adalah melakukan komparasi karena sudah landing di HCMC tubuh menjadi capek dan akhirnya pilih yang terlihat saja. Sebaiknya anda dapat sedikit berusaha untuk tetap tenang, habiskan waktu sedikit go show komparasi beberapa tempat penginapan dan dapatkan harga yang sangat terjangkau.

credit: timetravelturtle.com

TIPS: saya langsung bayar tunai ke pemilik hotel supaya mendapatkan lokasi kamar lantai dasar minimal lantai satu. Infrastruktur bangunan hotel rata-rata berbentuk ruko bertingkat keatas dan tidak pakai lift. Bayangkan jika kamar ada di lantai lima bisa gempor nih kaki untuk naik turun. Jadi, bayar tunai langsung di depan menjadi kemudahaan bagi saya waktu itu mendapatkan kamar di lantai dua. Fasilitasnya cukup bagus adanya air panas dan dingin, televisi, spring bed, lemari es, AC, lemari, Wifi, dan kursi. Menurut saya sangat layak dengan harga VND350.000 per malam sudah mendapatkan selayak hotel berbintang.

MATA UANG SELAMA MELAKUKAN TRANSAKSI DI VIETNAM.
Saat melakukan traveling ke HCMC Vietanam saya tidak banyak menukarkan mata uang Dong atau VND karena mata uang USD dapat diterima saat melakukan transaksi. Jika anda ingin menukarkan mata uang VND sebaiknya di negara tujuan saja atau jumlah cukup saja di Indonesia untuk membayar transportasi dari bandara menuju ke Pham Ngu Lao. Triknya, saat anda mendapatkan mata uang USD yang lecek di Indonesia dengan harga yang miring masih diterima di Vietnam. Jadi usahakan dapat mata uang USD seperti ini bisa menghemat budget anda. Jangan khawatir saat transaksi di sana, mata uang lecek masih dihargai sebagai alat pembayaran yang. Apabila ingin menukarkan ke VND langsung di sekitar tempat penginapan juga ada money changer yang akan membeli USD dengan harga tinggi. Lakukan komparasi sebelum menukarkan karena banyak sekali money changer bertebaran di lokasi ini.

DOKUMEN PERJALANAN SELAMA TRAVELING PERTAMA KALI KE HCMC VIETNAM.
Dokumen perjalanan selama melakukan perjalanan ini dimulai dari Indonesia adalah paspor dan kartu kertas putih formulir Imigrasi. Khusus untuk kartu Imigrasi ini anda harus mengisi dengan huruf balok dan jelas dan harus anda simpan potongannya karena akan diminta kembali oleh petugas Imigrasi. Begitu juga di Imigrasi Vietnam anda juga melakukan hal yang sama. Isi dengan jujur dan benar karena akan mempengaruhi perjalanan anda lebih menyenangkan tidak banyak pertanyaan dari petugas. Saat memasuki negara Vietnam pemegang paspor Indonesia tidak ada visa hanya stempel paspor saja dari petugas di Imigrasi Vietnam.

TRANSPORTASI DARI BANDARA TAN SON NHAT KE PHAM NGU LAO STREET.
Setelah semua barang bawaan anda telah dibawa semua saya menggunakan transportasi publik seperti bus ukuran medium yang ngetem arah ke terminal domestik berjalan sekitar 5 menit. Saat saya landing sekitar pukul 09:00 bus tersebut sudah ada di area tersebut dengan rute melewati Pham Ngu Lao. Waktu itu harga tiketnya kalau tidak salah CMIIW: VND 4000 saja cukup murah, dan penuh dengan turis dari berbagai negara dengan rute yang sama dengan saya. Cukup senang dan ada temannya jadi bertambah pede melakukan perjalanan pakai bus umum seperti ini, ya mirip Damri di Indonesia tapi ukurannya bus sedang.

Untuk kembali ke bandara saya juga menaiki bus seperti ini juga tetapi naiknya di terminal yang tidak jauh dari Pham Ngu Lao ini berjalan kaki sekitar 5-10 menit berdekatan dengan Ben Than Market sekitar bundaran. Saya lupa nama terminalnya, terminal ini merupakan tempat naik turun penumpang untuk penduduk lokal yang melakukan perjalanan ke beberapa rute daerah sekitar. Dan saya tumpangi bus yang rutenya memasuki bandara saat saya berangkat pulang ke Indonesia.

Khusus anda ingin menggunakan taksi saat melakukan perjalanan nanti pilih nama taksi Vinasun atau Malinh karea kedua nama taksi ini sangat direkomendasikan karena mempunyai argo yang jujur. Memang banyak sekali taksi yang menggunakan argo kuda sehingga anda membayar mahal seharusnya tidak sama sekali.

Apabila ingin mencoba menaiki bus kota di pusat kota HCMC Vietnam sangat direkomendasikan supaya dapat melihat suasana kota dan bisa dapat interaksi langsung dengan penduduk lokal. Jangan khawatir dengan rute, anda dapat menaiki bus yang sama di terminal dekat dengan Ben Than Market dan kembali lagi ke rute ini. Cukup dapat menambah acara sightseeing anda di pagi hari menjelang siang.

JANGAN LUPA AMBIL PETA DAN BROSUR PARIWISATA DI BANDARA.
Hal yang dilakukan oleh turis saat berada di bandara adalah mengunjungi konter pariwisata yang menyediakan brosur dan peta yang sangat bermanfaat bagi perjalanan nanti. Juga ada informasi transportasi umum yang digunakan untuk rute tujuan tertentu jika anda ingin melakukan perjalanan nanti. Manfaatnya adalah disaat anda ingin mendapatkan tambahan kunjungan tempat wisata selain dari saya sampaikan diatas dapat menggunakan brosur dari dinas pariwisata Vietnam.

CUACA DI HCMC VIETNAM.
Destinasi tujuan wisata ini jika dilihat dari cuaca tidak terlalu berbeda dengan Indonesia. Anda dapat berkunjung di musim kemarau lebih direkomendasikan karena akses perjalanan dan kenyamanan perjalanan dapat dinikmati secara maksimal. Apalagi anda mengunjungi tempat wisata yang membutuhkan waktu perjalanan lama dan transportasi air.

COLOKAN LISTRIK.
Saat gadgetmu sudah tidak berdaya lagi dan benar-benar low bat, jangan khawatir saat akan melakukan charging sama dengan Indonesia. Colokan dua kaki cocok dilakukan di circuit listrik di Vietnam. Jadi, anda tidak perlu tambahan compartement extention saat sambungan ke circuit.

WISATA KULINER DI HCMC VIETNAM.
Saya telah mengulas tempat makan wisata kuliner halal selama di kota ini dan relatif mudah ditemukan bahkan sangat dekat dengan Pham Ngu Lao sudah tentu pasti. Jadi anda tidak khawatir saat perut keroncongan dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca selengkapnya:

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Rinci Menggunakan Transportasi Publik Dari Bandara Internasional Minangkabau Ke Kota Penting Pariwisata Sumatera Barat: Padang, Painan, Bukittinggi, Payakumbuh, Batusangkar, Sawahlunto

Padang sebagai pintu masuk dimulai dari Bandara Internasional Minangkabau [BIM] Padang Sumatera Barat menuju ke kota penting pariwisata lainnya menggunakan bis umum publik sangatlah mudah. Pada tulisan ini sangat banyak traveler Indonesia dan Malaysia mencari cara rinci lengkap menggunakan transportasi ini terutama sang backpacker yang ingin melihat indahnya ranah Minangkabau ini lengakp tersedia lengkap wisata alam, wisata bahari, wisata budaya, hingga ke wisata kuliner semuanya ada. Inilah informasi yang anda cari itu ada pada tulisan ini. Transportasi Publik Utama dari Bandara BIM Padang. Sekarang ini dengan sudah mulai tertata transportasi publik yang ada di BIM ini menuju ke kota Padang sebagai awal langkah. Berikut rinciannya:

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya:

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Hotel Murah Di Singapore Dekat MRT: Orchard, Bugis, Bras Basah, Novena, Chinatown, dan Lavender

Banyak sekali traveler yang ingin menghabiskan liburan di Singapore akan memilih hotel murah dekat stasiun MRT sebagai pilihan terbaik untuk mempermudah perjalanan dan pastinya akan menghemat biaya transportasi untuk berpindah. Dengan pilihan yang cukup beragam seperti dekat dengan stasiun MRT di Orchard, Bugis, Bras Basah, Novena, Chinatown, dan Lavender mampu menjawab semua keinginan anda sehingga pilihan yang sangat direkomendasikan ini memberikan kenyamanan. Tidak terlalu jauh dari stasiun MRT ini memudahkan anda saat menaiki MRT dari Bandara Changi karena platform untuk sampai ke stasiun terpilih ini masuk dalam lajur yang dilalui serta perjalanan anda sampai ke hotel ini hanya berjalan beberapa menit saja.

Rekomendasi Souvenir Oleh Oleh Cenderamata Khas Singapore Disukai Oleh Traveler Indonesia

Sebelum pulang ke Indonesia sebaiknya membawa cenderamata souvenir oleh oleh khas Dari Singapura Singapore yang selalu dilakukan oleh traveler Indonesia sebagai cara untuk membagi kebahagian kepada rekan, sahabat, ataupun keluarga berupa benda ataupun makanan sebagai hantaran. Jenis oleh oleh souvenir khas Singapore ini banyak sekali toko yang ada di Singapura menyediakan dengan bentuk yang unik, ukuran, serta harga yang pas untuk sebuah pilihan traveler. Mendapatkan oleh oleh dari Singapura ini yang paling banyak dikunjungi untuk mendapatkannya adalah di Mustafa Center, Little India, Geylang Serai Market, Tekka Market, ataupun di Bugis Street. Keseluruhan tempat ini sangat disukai oleh traveler Indonesia yang bisa sekaligus membeli kebutuhan lainnya sebelum pulang kembali ke tanah air. Apa saja oleh oleh cenderamata souvenir khas dari Singapore yang bisa anda jadikan destinasi shopping belanja untuk membeli pernak pernik kecil yang bisa menjadi sebuah hadiah yang menggembirakan b

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.