Langsung ke konten utama

Hal Penting Khusus Saat Melakukan Proses Pemeriksaan Imigrasi Harus Dipersiapkan Traveler Saat Mulai Memasuki Negara Tujuan

Poto credit: filipinotimes.net

Momen saat melakukan perjalanan traveling ke luar negeri pastinya akan menghadapi pemeriksaan di petugas imigrasi yang harus selalu dihadapi dan khusus bagi pemula sangat perlu informasi ini sebelum melakukan trip ke negara pilihan dan menjadi idaman. Banyak sekali pertanyaan yang selalu dicari di SEO mesin pencari mengenai hal yang berhubungan dengan imigrasi ini sehingga kami merasa ingin membuat satu sesi tulisan artikel ini sehingga rekan pemula yang ingin mendapatkan informasi yang penting ini tidak bingung harus bagaimana saat memasuki proses imigrasi yang sebagian orang baper hingga ketakutan mulai masuk ke pintu gerbang dengan berjejernya petugas imigrasi di masing-masing meja yang telah terlihat rapi dengan wajah yang sangat serius. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi sebuah tulisan yang anda ketahui. Berikut penjelasan lengkapnya.

HAL PENTING AWAL PERSIAPAN.
Sebelum anda melakukan perjalanan ke luar negeri sudah tentu pasti akan mempersiapkan paspor sebagai identitas internasional yang diakui seluruh dunia, khusus anda berasal dari Indonesia dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang yaitu Imigrasi Indonesia. Untuk mendapatkannya anda harus mengikuti semua proses pembuatannya dimulai dari dokumen kependudukan dan beberapa dokumen pendukung lainnya sehingga seluruh dokumen telah lengkap maka anda sudah dapat membuat paspor dengan membayar jumlah nominal uang yang telah ditetapkan di imigrasi setempat. Segera buat paspor ini dan bawa semua dokumen pendukung yang telah dipersyaratkan ini sehingga proses verifikasi oleh petugas menjadi cepat dan proses pembuatannya menjadi lebih mulus.

Baca juga:

SAAT PERJALANAN KE LUAR NEGERI DIMULAI.
Melakukan perjalanan harus dimulai dari paspor yang masih berlaku dimulai pembelian tiket, hotel, hingga transportasi estafet ke negara tujuan lainnya harus sesuai dengan paspor yang anda miliki. Ibarat sebagai KTP dalam negeri sebagai identitas begitu juga dengan paspor. Jangan sampai salah menuliskan nama di semua dokumen perjalanan karena ada masa tertentu yang tidak anda ketahui akan diperiksa validalitasnya oleh pejabat imigrasi disaat pemeriksaan dimana mereka ingin diperlihatkan seluruh dokumen perjalanan ini, jika tidak sama maka anda akan mendapatkan masalah dan diperiksa lebih lama dari traveler lainnya.

PEMBELIAN SELURUH AKOMODASI TRAVELING.
Setelah paspor telah selesai maka saatnya anda membeli semua dokumen perjalanan jika berbeda maka petugas yang melakukan validasi tidak sesuai maka semua perjalanan anda akan bermasalah disaat mereka melakukan pemeriksaan. Jadi, pastikan anda jangan sampai salah input saat pembelian jika salah maka anda sendiri yang akan menjadi rugi.

KERTAS FORMULIR KEDATANGAN DAN KEBERANGKATAN.
Setiap penerbangan luar negeri setiap traveler diwajibkan untuk mengisi sebuah formulir yang harus diisi, berupa kertas formulir putih yang dikeluarkan oleh imigrasi. Harap diisi lengkap memangai huruf balok, harus sesuai dengan paspor dan perjalanan anda nanti. Jangan memberikan informasi yang salah karena akan ada pemeriksaan tidak dapat diduga disaat terjadi RANDOM CHECKING oleh petugas yang mengakibatkan anda akan diperiksa secara intensif hingga fatal dapat dideportasi ke tanah air setelah anda masuk ke imigrasi negara tujuan. Informasi ini sangat penting tidak main-main, dengan informasi inilah anda dapat dipersilahkan masuk oleh petugas dengan di cap paspor kedatangan dan perjalanan anda telah dapat dimulai detik itu juga.

Untuk kertas formulir ini ada dua sesi sisi, masing-masing potongan ini akan diberikan sesuai dengan kondisi anda saat itu. Misalnya anda sedang masuk ke negara tujuan maka petugas akan mengambil sesi potongan kedatangan atau arrival, jika anda keluar maka petugas imigras akan mengambil sesi potongan keberangkatan atau departed. Jangan sampai hilang potongan kertas formulir ini karena gunanya sebagai kontrol masuk keluar turis. Apabila hilang maka anda akan banyak ditanya oleh petugas menagkibatkan waktu yang seharusnya digunakan ke hal yang lebih produktif menjadi terbuang sia-sia saat anda di interogasi oleh petugas imigrasi.

PENGALAMAN SAAT PROSES PEMERIKSAAN IMIGRASI.
Hal yang menjadi pengalaman yang menyenangkan disaat petugas imigrasi tidak banyak pertanyaan bahkan hanya melihat paspor dan kertas yang telah diisi langsung paspor di cap stempel arrival. Tetapi ada rekan traveler lain saat dilakukan pemeriksaan di imigrasi sangat lama bahkan petugas butuh waktu lama berkomunikasi dengan turis tersebut sehingga terjadi perbincangan yang sangat alot, bahkan petugas tersebut bersuara keras yang membuat traveler lain hening. Fenomena ini memang terjadi disaat terjadi kecurigaan yang selalu diperhatikan oleh petugas karena pastinya saat memasuki pintu pemeriksaan ini sudah tentu pasti CCTV telah nyala disekitar ruang pemeriksan paspor. Gerak-gerik yang mencurigakan ini lah petugas menjadi lebih intensif pemeriksaannya sehingga target dari traveler yang akan diperiksa lebih rinci sudah pasti akan dimulai saat memasuki pengecekan dokumen.

Pelajaran yang kami dapat saat melakukan perjalan traveling ke luar negeri menjadi perhatian yaitu jadilah traveler yang mempunyai attitude yang baik dan tidak mencurigakan pihak imigrasi. Ada hal yang perlu menjadi perhatian bagi rekan traveler pemula, yaitu:

#1. Berpenampilan rapi saat anda traveling, jangan sampai pakaian yang anda pakai tidak bersih dan pastikan kebersihan diri saat anda sampai ke pintu pemeriksaan harus anda perhatikan. Kiatnya, saat pesawat sudah mulai landing sekitar 30 menit rapikan dan bersihkan diri sebelum injak kaki di terminal.
#2. Jangan bawa barang yang terlalu banyak saat memasuki pemeriksaan karena petugas tentu bertanya-tanya traveling kok banyak membawa barang. Perlengkapan secukupnya disesuaikan dengan lama waktu sangat direkomendasikan.
#3. Semua dokumen perjalanan harus anda bawa dan pastikan anda dapat menunjukan kepada petugas jika diminta. Hal yang banyak ditanyakan adalah tiket pesawat pulang, stay dimana, hingga berapa lama traveling.
#4. Mengerti saat petugas bertanya dan jawab dengan baik tidak bertele-tela. Langsung ke jawaban sehingga petugas yakin bahwa anda memang seorang traveler.
#5. Khusus anda datang ke negara yang mayoritas mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris direkomendasikan anda dapat dan mampu mengerti apa yang disampaikan dan jawaban dalam English lancar tidak gugup. 

PELAJARAN PENTING BAGI TRAVELER.
Seorang traveler yang mempunyai attitude baik tidak mempunyai niat buruk apapun bentuknya saat memasuki pemeriksaan imigrasi seperti ini tidak akan menjadi masalah bahkan lancar sekali. Semua dokumen perjalanan yang dipersyaratkan oleh petugas telah dilengkapi, serta kemampuan untuk berkomunikasi sangat baik terutama dalam bahasa Inggris. Anda tidak perlu khawatir dengan adanya random checking yang dilakukan oleh petugas tersebut karena cara ini mereka melakukan pemeriksaan sampel atau ada indikasi traveler yang masuk ke negara tersebut masuk dalam zona kecurigaan atas informasi yang mereka dapatkan dari inteligen negara atau bahkan interpol aantar negara. Kita tidak mengetahui kapan peristiwa ini terjadi yang pasti anda tetap mempersiapkan semua hal yang berhubungan dengan pemeriksaan ini dengan lengkap sempurna. Jadi, untuk menjadi traveler yang smart dan cerdas tentu akan selalu berada di koridor peraturan yang diikuti dengan baik tidak ada permasalahan yang dibuat sehingga jadwal perjalanan menjadi lancar di saat petugas percaya terhadap performance anda saat diperiksa. Akhirnya cap paspor dengan mudahnya diberikan dan anda dipersilahkan masuk ke negara tersebut dan siap melaksanakan traveling liburan. Semoga bermanfaat dan jadilah traveler yang baik tidak terlibat organisasi terlarang apapun bentunya. Happy traveling.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Rekomendasi Lokasi Nama Tempat Penukaran Uang Mata Asing Money Changer Singapore

Traveler Indonesia yang akan menghabiskan masa liburan di Singapore harus mengetahui lokasi nama tempat money changer penukaran mata uang asing untuk mendapatkan SGD sebagai alat resmi untuk membayar disana. Lokasi tempat ini sangat dekat dengan pusat keramaian atau bisnis bahkan tempat wisata sehingga anda tidak perlu lagi bingung harus kemana. Tulisan kali ini menjelaskan uraikan dimana lokasi tempat penukaran mata uang asing money changer yang terbaik dan banyak direkomendasikan oleh para penduduk lokal Singapore bahkan traveler Indonesia yang telah pernah mencoba untuk mendapatkan rate terbaik.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Inilah 10 Supermarket Populer di Kuala Lumpur Malaysia

Sangat pentingnya supermarket untuk mencari segala kebutuhan sebagai tempat yang sangat populer bahkan menjadi destinasi belanja dapat anda jumpai di Kuala Lumpur Malaysia. Istilahnya grocery store shopping yang sangat disukai oleh masyarakat disana dengan menghabiskan biaya belanja sampai dengan RM5,700 per tahunnya per orang. Jika dilihat dari jumlah sangat banyak hampir 40 supermarket tersebar di Kuala Lumpur. Tetapi yang sangat disukai oleh konsumen dengan terintegrasinya seluruh supermarket ini dengan website dan bisa melakukan belanja online menjadi populer dengan alasan tidak perlu langsung ke lokasi untuk belanja, tidak berlu antri, bawa barang belanja, tidak perlu bayar langsung ke kasir, tetapi hanya dengan sentuhan klik saja seluruh belanjaan sudah bisa di order. Dengan cara pembayaran bisa langsung cash atau bayar ditempat juga akan mereka berikan fasilitas seperti ini.

Alamat Kantor Perwakilan Singapore Airline di Jakarta, Bali, Surabaya Indonesia

Termasuk penerbangan yang cukup banyak mendarat di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten membuat Singapore Airline telah membuka kantor perwakilannya di Jakarta Indonesia. Kantor representatif ini digunakan untuk berbagai keperluaan pelanggan setia mereka termasuk pelayanan tiket pesawat, pembatalan keberangkatan, refund tiket, klaim bagase penumpang, tiket promo persawat, dan berbagai macam jasa yang disediakan oleh Singapore Airline di Jakarta. Pencarian alamat serta detil informasi pokok akan saya ulas berikut ini.

Rekomendasi Souvenir Oleh Oleh Cenderamata Khas Singapore Disukai Oleh Traveler Indonesia

Sebelum pulang ke Indonesia sebaiknya membawa cenderamata souvenir oleh oleh khas Dari Singapura Singapore yang selalu dilakukan oleh traveler Indonesia sebagai cara untuk membagi kebahagian kepada rekan, sahabat, ataupun keluarga berupa benda ataupun makanan sebagai hantaran. Jenis oleh oleh souvenir khas Singapore ini banyak sekali toko yang ada di Singapura menyediakan dengan bentuk yang unik, ukuran, serta harga yang pas untuk sebuah pilihan traveler. Mendapatkan oleh oleh dari Singapura ini yang paling banyak dikunjungi untuk mendapatkannya adalah di Mustafa Center, Little India, Geylang Serai Market, Tekka Market, ataupun di Bugis Street. Keseluruhan tempat ini sangat disukai oleh traveler Indonesia yang bisa sekaligus membeli kebutuhan lainnya sebelum pulang kembali ke tanah air. Apa saja oleh oleh cenderamata souvenir khas dari Singapore yang bisa anda jadikan destinasi shopping belanja untuk membeli pernak pernik kecil yang bisa menjadi sebuah hadiah yang menggembirakan b