Langsung ke konten utama

Pasar Souk Tradisional Maroko Destinasi Wisata Siapkan Daftar Belanja Sempatkan Anda Kunjungi

Sudah tentu pasti pasar tradisional Maroko sebagai destinasi wisata belanja untuk membeli semua kebutuhan anda sebagai turis banyak sekali dilakukan di sekitar area ini. Anda akan melihat bagaimana penduduk lokal berinteraksi serta beraktifitas keseharian terlihat di pasar tradisional ini hingga semua kebutuhan yang dicari oleh mereka juga mudah ditemukan. Memang benar adanya setiap kota mempunyai lokasi pasar yang mempunyai luas tertentu dimulai dari kecil hingga besar bahkan ada jadwal tertentu pula untuk masing-masing daerah tersebut untuk setiap hari bermukim di kampung hingga di wilayah tertentu.
Beginilah tipical model pasar atau souk di Maroko. Poto credit: trailblazerstravel.com.au

FORMULA: pasar atau souk merupakan sebutan yang sama di Maroko.
Jika anda seorang turis memang harus melihat keseluruhan pasar ini sebagai cerminan sebuah pilihan untuk melihat aktifitas penduduk lokal beraktifitas, transaksi, hingga kebudayaan yang melekat di mereka dengan jenis barang yang tersedia untuk digunakan setiap hari. Jangan pernah terlewatkan pasar-pasar ini di Maroko karena anda akan terkejut betapa banyaknya pilihan yang ada di lokasi pasar ini. Perjalanan traveling anda sudah di mulai dari cara ini dengan banyaknya toko yang anda temukan dimulai dari toko kue, toko bumbu, toko oleh oleh suvenir, dan lain sebagainya.

Seorang traveler pemula diharuskan mengetahui pasar tradisional yang ada di Maroko ini sebenarnya berupa tempat yang ukurannya tidak begitu luas yang berada di luar kota dengan beberapa toko yang buka untuk menjual jenis barang-barang yang tersedia di display. Setiap ada penduduk yang ada suatu daerah maka akan anda pasar berdiri. Saat sekarang ini pasar tradisional sangat penting keberadaannya di kota Maroko. Beberapa pasar musiman atau tahunan seperti Pasar Djemaa El Fna di kota Marrakes sangat populer sekali dengan adanya pawang ular, pedongeng, pemusik, hingga acara akrobatik yang banyak ditemukan di pasar ini. 

Untuk beberapa kampung atau batas wilayah kampung juga ada pasar yang sangat mudah ditemukan dan pastinya dapat menjadi rencana perjalanan anda di sekitar area ini:

a. Pasar/Souk El Had - Minggu
b. Pasar/Souk El Tnine - Senin
c. Pasar/Souk El Tieta - Selasa
d. Pasar/Souk El Arba - Rabu
e. Pasar/Souk El Khamees - Kamis
f. Pasar/Souk El Sebt - Sabtu

Baca juga:

Untuk pasar di hari Jumat atau disebut juga dengan Djemma el Majelis ini lokasinya berdekatan dengan mesjid, bahkan ada di kota di Maroko. Pasar ditutup pada jumat pagi. Dan kemudian dibuka menjelang sore. Pola seperti ini seperti penduduk yang bertempat tinggal di suatu daerah akan berangkat ke pasar tersebut menjelang pasar dibuka. Perjalanan seperti ini banyak sekali tour guide lokal yang menyediakan jasa untuk mengantarkan turis yang ingin melihat pasar traisional unik di Maroko ini dengan pesona yang dapat anda lihat dari dekat. 
Untuk ukuran tidak begitu luas dan mirip seperti labirin kecil, mungkin sebagian turis tidak terbiasa dengan fenomena seperti ini. Untuk terbiasa memang anda harus lebih akrab dengan lokasi pasar yang akan dituju agar tidak terjadi sesat untuk menuju arah yang akan anda inginkan. Jenis barang yang tersedia cukup bayak dimulai dari tekstil, karpet, perhiasan, bahan pakaian, aneka jenis bumbu, dan produk kulit.

Baca juga:

DAFTAR BELANJAAN FAVORIT TRAVELER DUNIA
KHUSUS KARPET KHAS MAROKO.
Jika anda fokus untuk mencari karpet khas Maroko ini untuk tujuan desain interior yang akan anda pilih anda sangat tepat karena motif yang tersedia memang sangat banyak kontribusi merubah ruangan menjadi unik. Banyak traveler menyebutnya negara Maroko memang surganya karpet yang banyak motif, ukuran, dan banyak sekali pilihan. Pengalaman banyak sekali memberikan ide bahkan rekomendasi saat anda berada di toko karpet yang sangat banyak ini. 
Apabila anda ingin mengunjungi toko karpet Maroko yang mempunyai desain yang spektakuler pastinya ke penjual yang mempunyai motif yang tidak sama dengan penjual lainnya. Motif yang selalu berbeda ini memang banyak sekali ditemukan di toko seluruh area pasar yang terbuat dari 100% bahan wol yang dicelupkan ke warna yang disenangi pasar kemudian ditenun dan finishing akan dilakukan penjahitan. Memang proses seperti ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan kisaran harga untuk karpet yang kualitas bagus ini dimulai dari harga USD6,000 - USD12,000 untuk tipe lainnya dengan harga USD5,500 dengan posisi karpet dapat dipakai timbal balik yang diperuntukan khusus di musim panas dan musim dingin. Untuk pemilihan ini memang disesuaikan dengan kesempatan apakah suasana negara masing-masing apakah empat musim atau dua musim yang ada di Indonesia. Untuk masalah harga anda dapat melakukan negosiasi harga langsung dari penjual agar mendapatkan harga paling kompetitif. Pastinya untuk proses pengiriman ke negara tujuan pilih ekspedisi yang memang sesuai dengan keinginan anda sebagai turis saat berkunjung ke Maroko nanti. Karpet Maroko terkenal dengan warna yang sangat berkilau karena menggunakan bahan-bahan alami seperti bahan organik tumbuhan seperti kunyit dan lainnya.
Jika dilihat dari harga cukup mahal tetapi kualitas tetap paling utama yang dapat bertahan sampai dengan 100 tahun. Apabila anda ingin mendapatkan ketahanan karpet dengan umur sekian lama pastinya membeli karpet tersebut di tempat yang direkomendasikan. Jenis karpet yang ada ini memang banyak desain khusus tenun Killims buatan dari Turki atau Berber ini ciri khasnya adalah dengan bentuk pola geometris yang menggunakan pewarna nabati. Toko yang sangat direkomendasikan adalah Maison Berbere Shop di Ouarzazate, Tinerhir, dan Rissani.  
Khusus untuk jenis karpet Berber yang dimulai dari harga per meter persegi per USD1,000 juga ada sebagai pilihan lain jika harga diatas terlalu mahal. Diluar Rabat saja ada beberapa jenis karpet lainnya seperti yang terkenal Glaoua dan Zanafia dengan ukuran datar dan terasa sangat halus. Ada pilihan lainnya seperti Berber selimut dengan jenis Couventures atau Foutahs dengan motif cenderung ke warna hitam atau merah yang warna ini menyebar di seluruh karpet dengan mencarinya ke Chefchaouen atau Tetouan tidak jauh dari Rif.

KHUSUS PEMBELIAN PERHIASAN KHAS MAROKO.
Perlu anda ketahui bahwa banyak perhiasan yang ada di negara Maroko ini menggunakan bahan berkualitas tinggi baik emas atau perak. Banyak sekali pengrajin tradisional sebagai pekerja logam mulia di Maroko ini dengan model yang sangat bagus seperti kalung dan gelang dari Berber dengan ketebalan yang cukup berani mereka ciptakan bahkan dipadukan dengan berbagai jenis batuan sehingga perhiasan ini menjadi sempurna terbentuk baik untuk jenis logam mulia yang akan dipilih apakah emas atau perak. Pasar yang terbaik untuk menemukan perhiasan cantik khas Maroko ini ada di Marakesh, Fes, Ouarzazate, hingga ke Essaouria. 
Untuk perhiasan berbahan perak ini sudah menjadi sangat khas di Maroko ini yang dibuat oleh Berber. Sudah sejak dahulu kala wanita Berber selalu memakai perhiasan perak untuk acara penting dan sebagai simbol kekayaan yang mereka miliki dan prestise untuk penampilan. 

PENGRAJIN LOGAM DI MAROKO.
Apabila anda ingin melihat prospek hasil logam di Maroko seperti kuningan, tembaga, perak, dan jenis logam lainnya pastikan negara ini sebagai tempat yang sangat tepat. Hampir semua pasar tradisional yang anda masuki akan terlihat produk yang mereka hasilkan mempunyai nilai kualitas tinggi. Hampir semua tempat di Maroko banyak sekali penduduk lokal fokus pada pekerjaan di bidang logam.
Jenis logam perak anda dapat langsung saja ke daerah di Maroko seperti Taroudannt atau Tiznit. Di dua lokasi ini anda akan banyak menemukan jenis produksi yang paling populer seperti set minum teh, asesoris ruangan, bingkai, dan lain sebagainya. Hal yang sangat menarik adalah anda dapat langsung melihat bagaimana penduduk lokal dengan cekatan sekali meramu dan membuat semua jenis produk yang akan mereka jual dimulai dari proses pembuatan hingga sampai finishing menjadi sebuah produk mempunyai nilai jual tinggi.

KAYU DAN KERAMIK KHAS MAROKO.
Untuk jenis kayu dan keramik yang dijadikan sebuah produk yang dijual juga ditemukan di Maroko. Marquetry merupakan kerajinan yang sudah zaman dalulu sudah ada di negara ini berupa meja dan beberapa jenis rak untuk meletakan benda asesoris yang banyak digunakan sebagai desain interior rumah. Bentuknya sangat variatif seperti kotak-kotak dan lainnya terbuat dari kayu Thuya dan kayu Cedar banyak sekali produk ini dihasilkan di Essouria.
Begitu juga dengan olahan keramik yang juga dihasilkan di Maroko, untuk jenisnya ada yang berbentuk tembikar kasar dan telah menjadi produk halus. Semua jenis ini banyak sekali ditemukan di pasar tradisional yang pastinya untuk peruntukan masing-masing. Jika anda ingin datang ke pusat tembikar atau keramik di Maroko ada di lokasi Safi yang banyak toko menjual keramik warna-warni. Untuk jenis produk terbaik digunakan peralatan memasak adalah Oulja yang sudah banyak di jual di Maroko dekat Rabat dan tembikar warna coklat. 
Keramik untuk memasak jenis masakan yang berbahan daging yang sangat populer di Maroko menggunakan tembikar yang bernama Tajine yang sangat banyak juga ditemukan di Makaresh, Casablanca, Fesm Tagier, atau Ouarzazate.

FASHION PAKAIAN DAN PRODUK KERAJINAN KULIT KHAS MAROKO.
Kesempatan untuk membeli jenis pakaian dan produk kerajinan kulit khas Maroko ini sangat mudah sekali ditemukan. Khususnya anda ingin mendapatkan pakaian asli khas tradisional Maroko bernama Djellaba. Untuk jenisnya saat sekarang ini ada tiga jenis: Arab ukurannya agak besar dan lebar, Berber motifnya garis-garis lurus tegak, Pasha dipakai untuk acara khusus ada dua potong pakaian. 
Pakaian khas djellaba ini sangat panjang dan longgar sampai dengan tangan dan untuk wanita akan menggunakan kerudung dengan pilihan warna kesukaan yang cukup terang. Pemilihan warna terang oleh penduduk lokal karena negara Maroko yang cerah. Untuk pria akan menggunakan topi Fès dan sendal baboosh dengan djellaba. Jenis bahan yang tersedia tentu bermacam-macam seperti katun yang cocok sekali di musim panas. Jika wol khusus untuk musim dingin dan banyak dipakai di daerah pegunungan.
Untuk produk kerajinan kulit juga akan menjadi destinasi wisata shoping anda saat berada di Maroko. Bahan kulit yang berkualitas tinggi dengan menggunakan pewarna dari alam langsung tentu akan menjadi pilihan traveler seluruh dunia. Penjual langsung membuka toko sendiri di pasar dan warna yang terbentuk dimulai dari merah muda, hijau jeruk, warna merah, coklat, kuning atau magenta juga ada. Model klasik sampai modern dapat terlihat sebagai pilihan yang banyak ditemukan di sekitar Makaresh atau Fes. Untuk masalah harga dimulai dari harga USD10 untuk dompet, mainan USD2-USD5, sendal babooshes USD3-USD5. Jenis lainnya juga masih dalam target pencarian model dan harga dapat langsung ke pasar yang kami sebutkan diatas dengan pesona belanja anda lainnya.

PRODUK MAKANAN KHAS MAROKO.
Memang jenis produk makanan khas Maroko memang agak sulit untuk ditemukan jika diperuntukan untuk oleh oleh atau buah tangan. Produk lokal yang banyak ditemukan di Maroko adalah minyak zaitun dengan kualitas terbaik, hingga produk berkualitas lainnya seperti Minyak Argan. Traveler menyebutnya minyak argan sebagai minyak yang dihasilkan dari biji pohon argan yang banyak digunakan baik untuk obat hingga kosmetik bagi penduduk lokal Maroko. Dengan pesona minyak argan ini sebagai jenis produk minyak yang paling langka di dunia ini sangat khas yang harus menjadi pilihan terbaik anda saat berada berlibur di Maroko.
Selain minyak zaitun ada lagi jenis minyak kacang almond, kenari, dan rempah-rempah yang dapat menjadi buruan anda.
Untuk jenis kue, biskuit, dan permen khas Maroko juga ditemukan di toko bahkan hampir disemua pasar di Maroko ditemukan penjualnya, dan dapat anda jadikan sebagai cemilan di waktu senggang dengan harga yang sangat terjangkau.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Rekomendasi Lokasi Nama Tempat Penukaran Uang Mata Asing Money Changer Singapore

Traveler Indonesia yang akan menghabiskan masa liburan di Singapore harus mengetahui lokasi nama tempat money changer penukaran mata uang asing untuk mendapatkan SGD sebagai alat resmi untuk membayar disana. Lokasi tempat ini sangat dekat dengan pusat keramaian atau bisnis bahkan tempat wisata sehingga anda tidak perlu lagi bingung harus kemana. Tulisan kali ini menjelaskan uraikan dimana lokasi tempat penukaran mata uang asing money changer yang terbaik dan banyak direkomendasikan oleh para penduduk lokal Singapore bahkan traveler Indonesia yang telah pernah mencoba untuk mendapatkan rate terbaik.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Inilah 10 Supermarket Populer di Kuala Lumpur Malaysia

Sangat pentingnya supermarket untuk mencari segala kebutuhan sebagai tempat yang sangat populer bahkan menjadi destinasi belanja dapat anda jumpai di Kuala Lumpur Malaysia. Istilahnya grocery store shopping yang sangat disukai oleh masyarakat disana dengan menghabiskan biaya belanja sampai dengan RM5,700 per tahunnya per orang. Jika dilihat dari jumlah sangat banyak hampir 40 supermarket tersebar di Kuala Lumpur. Tetapi yang sangat disukai oleh konsumen dengan terintegrasinya seluruh supermarket ini dengan website dan bisa melakukan belanja online menjadi populer dengan alasan tidak perlu langsung ke lokasi untuk belanja, tidak berlu antri, bawa barang belanja, tidak perlu bayar langsung ke kasir, tetapi hanya dengan sentuhan klik saja seluruh belanjaan sudah bisa di order. Dengan cara pembayaran bisa langsung cash atau bayar ditempat juga akan mereka berikan fasilitas seperti ini.

Alamat Kantor Perwakilan Singapore Airline di Jakarta, Bali, Surabaya Indonesia

Termasuk penerbangan yang cukup banyak mendarat di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten membuat Singapore Airline telah membuka kantor perwakilannya di Jakarta Indonesia. Kantor representatif ini digunakan untuk berbagai keperluaan pelanggan setia mereka termasuk pelayanan tiket pesawat, pembatalan keberangkatan, refund tiket, klaim bagase penumpang, tiket promo persawat, dan berbagai macam jasa yang disediakan oleh Singapore Airline di Jakarta. Pencarian alamat serta detil informasi pokok akan saya ulas berikut ini.

Rekomendasi Souvenir Oleh Oleh Cenderamata Khas Singapore Disukai Oleh Traveler Indonesia

Sebelum pulang ke Indonesia sebaiknya membawa cenderamata souvenir oleh oleh khas Dari Singapura Singapore yang selalu dilakukan oleh traveler Indonesia sebagai cara untuk membagi kebahagian kepada rekan, sahabat, ataupun keluarga berupa benda ataupun makanan sebagai hantaran. Jenis oleh oleh souvenir khas Singapore ini banyak sekali toko yang ada di Singapura menyediakan dengan bentuk yang unik, ukuran, serta harga yang pas untuk sebuah pilihan traveler. Mendapatkan oleh oleh dari Singapura ini yang paling banyak dikunjungi untuk mendapatkannya adalah di Mustafa Center, Little India, Geylang Serai Market, Tekka Market, ataupun di Bugis Street. Keseluruhan tempat ini sangat disukai oleh traveler Indonesia yang bisa sekaligus membeli kebutuhan lainnya sebelum pulang kembali ke tanah air. Apa saja oleh oleh cenderamata souvenir khas dari Singapore yang bisa anda jadikan destinasi shopping belanja untuk membeli pernak pernik kecil yang bisa menjadi sebuah hadiah yang menggembirakan b