Langsung ke konten utama

Jenis Phobia Traveler Saat Traveling: Jangan Menjadi Penghambat Saat Menikmati Liburan

Melakukan perjalanan ke luar negeri memang semua traveler menyukai bahkan menjadi destinasi yang sangat dinanti dan dipersiapkan jauh-jauh hari dengan rencana yang sangat matang dan akan menjadi idaman bagi semua orang. Tetapi apa daya ada beberapa trauma phobia yang telah menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan yang sebagian traveler merasakannya akan selalu dihindari agar ketakutan yang akan menghantui selama traveling tidak ada di depan mata. Apa saja trauma phobia yang pernah dirasakan oleh rekan yang menjadi momen yang tak akan terlupakan bahkan ada yang berfikir untuk menghindari agar rasa ngeri dan tidak nyaman ini saat traveling. Berikut penjelasannya:

Poto credit: medium.com

#1. Phobia Naik Pesawat.
Traveler yang merasakan fenomena ini pasti ada dimana saat pengalaman awal sebelumnya terjadi hal yang diluar dugaan yaitu tubulensi yang cukup tinggi mengakibatkan guncangan pesawat yang sangat tinggi mengakibatkan isi kabin penumpang menjadi berantakan, bahkan ada juga traveler yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mendarat emergency di bandara bahkan di permukaan air mengakibatkan trauma yang tidak berkesudahan sehingga memberikan ketakutan tersendiri disaat melihat pesawat udara. Dengan trauma ini memang agak sulit diajak traveling bareng menggunakan pesawat udara, jika memungkinkan harus menggunakan perjalanan darat untuk menikmati traveling ini. 

#2. Phobia Naik Ketinggian Acrophobia.
Tidak hanya itu saja, ada juga traveler yang sangat takut dengan ketinggian walaupun tidak begitu tinggi untuk sebagian orang tetapi menurut traveler ini sangat menyiksa. Dengan fenomenana seperti ini akan menghasilkan ketakutan setiap melihat objek wisata yang mempunyai ketinggian sehingga sebelum melangkah kesana saja telah mengeluarkan keringat dingin, cemas yang sangat berlebihan, hingga menimbulkan gemetar yang cukup tinggi sehingga traveler ini terlihat pucat bahkan terlihat pucat. Destinasi wisata yang selalu dihindari oleh traveler ini sudah tentu pasti Menara Petronas, Monas, jembatan kaca di ketinggian, hingga menara lainnya mempunyai ketinggian tinggi. Walaupun phobia ini cukup menyiksa traveler ini tetapi jika dilakukan pengobatan oleh dokter ahli seperti Psikologi akan merubah hidupnya hingga dapat melanjutkan perjalanan ke tempat yang menguji adrenalin.

Baca juga:

#3. Phobia Terhadap Udara Dingin.
Ada lagi traveler yang mempunyai phobia atau trauma dengan udara dingin disebut juga dengan Cryophobia. Rasa takut terhadap suasana udara dingin dan akan merasa cemas jika berada di zona ini. Memang dengan fenomena ini akan menjadikan traveler akan membatasi diri untuk datang ke tempat wisata yang banyak berhubungan dengan udara dingin seperti salju hingga ke pegunungan yang mempunyai hawa sejuk cenderung sangat dingin. Hal yang bisa dilakukan adalah menghindari tempat wisata yang dingin dan apabila melewati daerah yang kebetulan ada perbukitan dan bersalju harus diimbangi dengan pakaian tebal hingga perlengkapan lainnya agar kedinginan yang ada dapat dihindari sebelum dan sesuadah memasuki daerah tersebut.

#4. Phobia Dengan Alat Komunikasi.
Zaman milenial sekarang ini sudah terjangkiti sebuat trauma atau phobia terhadap alat komunikasi, jika tidak ada koneksi internet di daerah tertentu apalagi smartphone tidak dapat "on" akan menjadikan sebuah kegelisahan akut termasuk terkoneksi internet dengan media sosial favorit akan menjadi traumatik. Nama phobia ini adalah Nomophobia, banyak sekali terjangkiti oleh generasi milenial yang sangat tergantung sekali dengan smartphone. Tidak hanya itu saja, saat smartphone low bat telah menjadi kegelisahan dan paket data telah mendekati habis sempurna akan terbentur semua kegiatan. Rasa hampa dan tidak lengkap akan menghantui sehingga terjadi ketergantungan sangat tinggi. Apabila traveler ada terjangkiti phobia ini maka segera di rehabilitasi untuk disembuhkan, secara bertahap dapat disesuaikan kembali dengan keadaan biasa sagar proses untuk sembuh total bisa segera teratasi.

#5. Phobia Saat Melakukan Perjalanan Jauh Serta Lama.
Sangat traumatik sekali di saat melakukan traveling dengan perjalanan jauh dan melelahkan. Kecemasan yang dirasakan saat menempuh perjalanan ini memang sangat menyiksa walaupun sebagian orang menganggap tidak begitu lama tetapi traveler ini merasa sudah terlalu jauh bahkan rasa ketakutan yang berkepanjangan tidak dapat menikmati perjalanan estafet yang banyak disenangi oleh para backpacker dengan pesona selama di perjalanan. Tersebut sebagai Hodophobia ini anstisipasi hanya memilih tempat wisata yang dekat tidak butuh waktu yang lama dan harus singkat. Jika estafet harus bertahap tidak terus menerus sehingga ada jeda buat dia untuk menenangkan diri dan istirahat untuk mengembalikan keadaan lebih tenang dan siap untuk melakukan perjalanan kembali.

#6. Phobia Tempat Luas Aeroacrophobia.
Seorang traveler saat menghadapi pemandangan tempat wisata yang luas menakjubkan terbuka tentu sangat menarik. Tetapi berbeda denga traveler melihat tempat ini akan membuat tubuh menjadi gemetaran hingga keringat dingin bercucuran hebat juga menimbulkan sakit kepala yaitu vertigo yang memberikan efek yang sangat berbahaya bagi kondisi tubuh. Jika ada traveler yang merasakan kondisi ini pastinya harus ada atensi untuk menjauhkan lokasi tempat wisata seperti pegunungan, pinggir tebing, hingga pemandangan luas seperti puncak gunung memberikan pemandangan lapang dan luas. Untuk mengatasi traveler seperti ini harus ada terapi dari dokter ahli agar dapat teratasi dan mampu menghadapi tantangan tempat wisata yang luas ini.


#7. Phobia Saat Ada Keramaian Enochlophobia.
Seorang traveler yang mempunyai ketakutan saat melihat keramaian seperti tempat wisata yang penuh dengan turis. Merasa kondisi sangat panik dan merasa terancam yang dikerumunin sama turis yang berjubel. Kondisi seperti inijuga berlaku pada pasar, shopping mall, bandara, hingga tempat keramaian lainnya yang banyak didatangi oleh turis. Jadi untuk menghindari keramaian ini pastinya harus berkunjung pada waktu wisata sepi terutama low season agar turis yang berkunjung di negara yang tersebut masih dalam zona friendly tidak ramai.

Apabila rekan atau bahkan diri anda sendiri yang merasa mempunyai salah satu jenis phobia ini atau lebih pastikan anda menyadari diri untuk bersiap diri hal apa yang akan dipertimbangkan agar traveling yang dipersiapkan ini tetap berjalan dengan baik. Walaupun ada kekuarangan tetapi harus ada solusi terbaik yang akan dilakukan supaya phobia yang diderita dapat diantisipasi dengan pilihan terbaik yang akan diterapkan, win-win solution sehingga timing trip yang dipersiapkan bareng dengan rekan lainnya dapat diwujudkan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Rekomendasi Lokasi Nama Tempat Penukaran Uang Mata Asing Money Changer Singapore

Traveler Indonesia yang akan menghabiskan masa liburan di Singapore harus mengetahui lokasi nama tempat money changer penukaran mata uang asing untuk mendapatkan SGD sebagai alat resmi untuk membayar disana. Lokasi tempat ini sangat dekat dengan pusat keramaian atau bisnis bahkan tempat wisata sehingga anda tidak perlu lagi bingung harus kemana. Tulisan kali ini menjelaskan uraikan dimana lokasi tempat penukaran mata uang asing money changer yang terbaik dan banyak direkomendasikan oleh para penduduk lokal Singapore bahkan traveler Indonesia yang telah pernah mencoba untuk mendapatkan rate terbaik.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Inilah 10 Supermarket Populer di Kuala Lumpur Malaysia

Sangat pentingnya supermarket untuk mencari segala kebutuhan sebagai tempat yang sangat populer bahkan menjadi destinasi belanja dapat anda jumpai di Kuala Lumpur Malaysia. Istilahnya grocery store shopping yang sangat disukai oleh masyarakat disana dengan menghabiskan biaya belanja sampai dengan RM5,700 per tahunnya per orang. Jika dilihat dari jumlah sangat banyak hampir 40 supermarket tersebar di Kuala Lumpur. Tetapi yang sangat disukai oleh konsumen dengan terintegrasinya seluruh supermarket ini dengan website dan bisa melakukan belanja online menjadi populer dengan alasan tidak perlu langsung ke lokasi untuk belanja, tidak berlu antri, bawa barang belanja, tidak perlu bayar langsung ke kasir, tetapi hanya dengan sentuhan klik saja seluruh belanjaan sudah bisa di order. Dengan cara pembayaran bisa langsung cash atau bayar ditempat juga akan mereka berikan fasilitas seperti ini.

Alamat Kantor Perwakilan Singapore Airline di Jakarta, Bali, Surabaya Indonesia

Termasuk penerbangan yang cukup banyak mendarat di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten membuat Singapore Airline telah membuka kantor perwakilannya di Jakarta Indonesia. Kantor representatif ini digunakan untuk berbagai keperluaan pelanggan setia mereka termasuk pelayanan tiket pesawat, pembatalan keberangkatan, refund tiket, klaim bagase penumpang, tiket promo persawat, dan berbagai macam jasa yang disediakan oleh Singapore Airline di Jakarta. Pencarian alamat serta detil informasi pokok akan saya ulas berikut ini.

Rekomendasi Souvenir Oleh Oleh Cenderamata Khas Singapore Disukai Oleh Traveler Indonesia

Sebelum pulang ke Indonesia sebaiknya membawa cenderamata souvenir oleh oleh khas Dari Singapura Singapore yang selalu dilakukan oleh traveler Indonesia sebagai cara untuk membagi kebahagian kepada rekan, sahabat, ataupun keluarga berupa benda ataupun makanan sebagai hantaran. Jenis oleh oleh souvenir khas Singapore ini banyak sekali toko yang ada di Singapura menyediakan dengan bentuk yang unik, ukuran, serta harga yang pas untuk sebuah pilihan traveler. Mendapatkan oleh oleh dari Singapura ini yang paling banyak dikunjungi untuk mendapatkannya adalah di Mustafa Center, Little India, Geylang Serai Market, Tekka Market, ataupun di Bugis Street. Keseluruhan tempat ini sangat disukai oleh traveler Indonesia yang bisa sekaligus membeli kebutuhan lainnya sebelum pulang kembali ke tanah air. Apa saja oleh oleh cenderamata souvenir khas dari Singapore yang bisa anda jadikan destinasi shopping belanja untuk membeli pernak pernik kecil yang bisa menjadi sebuah hadiah yang menggembirakan b