Langsung ke konten utama

Kesalahan Traveler Saat Melakukan Traveling Ke Luar Negeri: Jangan Sampai Terjadi Khusus Pemula

Saat traveler pemula melakukan traveling ke luar negeri terjadi kesalahan yang mengakibatkan semua aspek trip ini menjadi berantakan bahkan disaat impian untuk liburan ke luar negeri yang telah menjadi cita-cita bukannya menjadi pengalaman yang sangat menarik malah menjadi mimpi buruk dan bahkan trauma. Tujuan negara manapun seperti Singapura, Malaysia, Thailand, hingga Vietnam sekalipun akan jauh dari harapan bahkan anda mengubur impian ini karena tersandung beberapa masalah sebagai aspek penting yang saling berhubungan yaitu dokumen perjalanan hingga akomodasi. Tidak hanya itu saja, ada faktor eksternal lainnya turut mempengaruhi kesalahan tersebut yang harus dipahami agar kegagalan perjalanan ini tidak harus terjadi. Nah, apa saja kesalahan yang diperbuat oleh traveler pemula saat ingin melakukan perjalanan ke luar negeri ke negara impian yang telah ditetapkan berikut penjelasan lengkapnya:



Poto credit: usatoday.com

#1. Terlambat Memperpanjang Paspor.
Hal yang sangat prinsip sebagai dokumen perjalanan adalah Paspor. Traveler pemula lupa dan tidak mengetahui bahwa paspor yang dimiliki harus diperpanjang disaat melakukan perjalanan untuk tiga hingga enam bulan kedepan harus segera diperpanjang. Jika ingin melakukan perjalanan ke negara yang memerlukan visa masuk akan membutuhkan paspor yang mempunyai waktu yang lebih lama minimal diatas 12 bulan. Jadi, apabila masa berlaku paspor telah 3-6 bulan saat anda melakukan traveling segera diperpanjang segera supaya trip anda segera bisa terlaksana segera.

#2. Booking Selalu Last Minute.
Untuk mempersiapkan perjalanan traveling ke luar negeri selalu terlambat bahkan last minute saat mau berangkat baru semua komponen wisata dipersiapkan. Di era smartphone sekarang ini sangat mudah untuk melakukan pembelian semua akomodasi traveling dimulai dari tiket pesawat, bus, hingga hotel langsung bahkan jauh-jauh hari akan mendapatkan harga terbaik. Jadi, anda harus hindari booking semua akomodasi ini dekat hari traveling karena semuanya sudah akan merangkak naik apalagi di hari-h. Jadi lah seorang traveler yang smart dan cerdas agar biaya perjalanan yang dipersiapkan nanti memang sesuai dengan budget cenderung murah.

#3. Kurang Informasi Mengenai Negara Tujuan.
Sangat minim sekali membaca bahkan tidak ada gambaran sama sekali tempat wisata apa yang akan dikunjungi. Sekarang ini banyak sekali traveler bogger yang menyediakan tulisan negara favorit tujuan wisata yang dapat memperkaya wawasan anda sehingga mempunyai gambaran mau ngapain saja disana sudah terdeteksi sedini mungkin. Pastikan anda harus rajin membaca bahkan membuat tulisan singkat mengenai informasi negara tujuan agar saat keberangkatan nanti anda hanya fokus melaksanakan semua informasi tersebut yang telah dibuat dalam bentuk daftar itinerary perjalanan wisata. Rajin membaca review semua para blogger yang sangat bermurah hati memberikan pengalaman mereka di tulisan yang dapat anda terapkan di trip perjalanan nanti.

#4. Kurang Atensi Konfirmasi Ulang.
Setelah anda melakukan pemesanan seluruh komponen akomodasi pariwisata segera lakukan konfirmasi ulang dengan cara melihat kembali dokumen tersebut di email, jika diperlukan di cetak untuk memberikan keunggulan informasi yang sebenarnya. Terkadang terlupakan bahkan dianggap enteng tidak perlu lagi mengakibatkan saat berangkat ada saja yang terlupa. Pastikan alur perjalanan anda dari rumah sampai ke negara tujuan telah ada peta yang jelas sehingga anda tidak bengong setelah turun dari pesawat harus ngapain. Jadi, traveler harus mengetahui tahap demi tahap yang dilakukan sampai perjalanan tersebut sukses tanpa ada kendala. Pastikan anda selalu menjadi traveler yang well-organized supaya tidak terjadi kebingungan saat trip di mulai.

#5. Bawa Barang Bawaan Secukupnya.
Kesalahan yang banyak dilakukan oleh traveler pemula adalah membawa barang sangat banyak bahkan yang tidak dibutuhkan lebih banyak dari yang dipakai. Karena bingung harus membawa apa hampir isian lemari ingin dibawa semua. Pastikan anda harus meneliti jumlah perlengkapan barang yang diperlukan saja dan hubungkan dengan lama waktu traveling yang akan dihabiskan. Jangan bawa barang yang berlebihan bahkan cenderung over bagase mengakibatkan biaya yang anda bayar akan membengkak dan over budget. Perhatian point ini selalu menjadi atensi tinggi karena akan memberatkan anda hingga merepotkan membawa dimulai dari rumah hingga sampai negara tujuan. Teliti sebelum dibawa apakah perlengkapan ini dipakai semua, ada perlengkapan yang sebagai persedian untuk dipakai dua hari ke depan sehingga perlengkapan yang telah dipakai dapat dicuci lagi hingga tidak memerlukan pakaian ekstra banyak untuk traveling hanya 3-4 hari saja.

Baca juga:
Begini Cara Bawa Bagasi Cukup 7 Kg Saja Boleh Masuk Kabin Penumpang Oleh Airline Air Asia
Jangan Pernah Abaikan Hal Penting Ini Sebelum Memutuskan Travelling Ke Luar Negeri
Tips Cara Packing Baju Backpacker Dengan Satu Tas Ransel Saja Sangat Mudah

#6. Hindari Barang Cairan Hingga Obatan Masuk Bagasi.
Kurang memperhatikan peraturan yang ditetapkan oleh otoritas bandara hingga airline saat akan boarding. Ada peraturan yang dilarang dan penumpang harus mematuhinya seperti jumlah cairan yang diperbolehkan hingga jenis obatan yang diizinkan dan tidak. Anda seorang traveler pemula harus memahami peraturan ini jangan sampai barang bawaan anda terpaksa harus dibongkar dan barang yang dilarang ini dikeluarkan di tempat pemerikasaan. Pastikan hal ini tidak terjadi karena akan mengganggu jadwal keberangkatan anda bahkan waktu akan habis karena masalah pemeriksaan barang seperti ini akhirnya anda ketinggalan pesawat. Pastikan pedoman peraturan harus diketahui agar barang penting saja yang akan dibawa bersama anda saat traveling nanti.

#7. Kurang Mempersiapkan Uang Selama Traveling.
Hal yang prinsip saat traveling yaitu uang tersedia di saku tidak cukup sehingga saat melakukan transaksi pembelian menjadi batal. Pastikan anda meneliti apakah uang yang dibawa telah cukup untuk melakukan pembayaran disaat akan membeli oleh-oleh hingga pembayaran lainnya. Tidak mungkin saat anda traveling tidak mempunyai uang cukup karena prinsip vital ini harus disempurnakan jumlahnya sehingga kenyamanan selama traveling dapat anda rasakan. Jika perhitungan uang yang dibawa tidak cukup anda dapat melakukan tarik tunai di ATM negara tujuan dan pastikan ada logo kerjasama di ATM bank lokal. Karena adanya logo ini berarti anda dapat melakukan tarik tunai disana.

#8. Kebablasan Roaming Internasional Selular.
Saat sampai di negara orang lupa untuk melakukan roaming internasional sehingga biaya mengunakan akses internet di negara tujuan menjadi kebablasan. Khusus anda memakai selular pasca bayar harus memperhatikan karena jika lengah tagihan bulanan anda akan naik signifikan bahkan tidak masuk akal. Saatnya anda akan melakukan perjalanan traveling ke luar negeri segera datangi kantor selular yang anda pakai untuk aktifkan roaming internasional dengan paket yang tersedia, agar komunikasi dan menggunakan internet di negara tujuan tetap terkontrol. Terlihat sepele tetapi sangat penting untuk diperhatikan agar uang yang terbayarkan tidak terbuang percuma begitu saja.

#9. Tidak Memahami Kapan Waktu Traveling Dilakukan.
Sudah dipastikan di musim low season atau musim sepi untuk melakukan traveling menjadi pilihan terbaik karena hampir semua komponen akomodasi liburan dalam zona murah. Seperti di Singapore, Malaysia, atau Thailand sebaiknya traveler memilih diluar dari waktu akhir pekan, libur bersama, hingga long weekend. Waktu ini hampir semua traveler melakukan perjalanan sehingga aspek akomodasi untuk trip akan merangkak naik. Nah, traveler pemula harus memperhatikan faktor ini agar mampu merasakan harga masih terjangkau masuk dalam budget seorang backpacker.

#10. Merasa Enggan Untuk Traveling Bareng.
Mungkin saja tidak ada rekan yang mau diajak traveling bareng untuk pertama kali dan ada faktor lain yang menyebabkannya seperti budget rekan tersebut belum tersedia hingga lainnya. Dengan begitu traveler pemula ini melakukan perjalanan sendiri dan ada kesalahan di pemilihan tempat penginapan, memilih jenis hotel bukan hostel akibatnya harga yang dibayarkan menjadi mahal. Solusinya pilih tempat penginapan hostel tipe kamar dorma atau asrama yang memungkinkan dapat berhemat. Ada juga pemilihan moda transportasi selalu menggunakan taksi tidak transportasi publik sehingga cost untuk berpindah jauh menjadi lebih mahal. Seperti di Singapore dan Malaysia lebih baik memilih transportasi publik dengan harga jauh lebih murah sehingga mampu berhemat.

Kesalahan traveler pemula untuk traveling pertama kali setiap tujuan negara mempunyai kisah yang berbeda-beda tetapi contoh ini merupakan pengalaman yang pernah kami rasakan saat traveling pertama kali dan dapat menjadi pelajaran berharga bagi rekan semua yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri untuk trip liburan. Hal yang menjadi penting untuk disimak adalah selalu gali informasi sebanyak mungkin negara tujuan yang akan menjadi destinasi wisata sehingga anda mampu mengambil kesimpulan yang tepat agar uang yang dipersiapkan memang sangat terjangkau tidak dalam waktu semua komponen akomodasi mahal. Jika diperlukan lakukan komparasi harga agar mendapatkan harga yang sangat kompetitif. Semoga bermanfaat dan menjadikan kesalahan traveler pemula untuk melakukan traveling ke luar negeri ini menjadi petunjuk bagaimana seharusnya anda melakukan perjalanan ke luar negeri pertama kali.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Rekomendasi Lokasi Nama Tempat Penukaran Uang Mata Asing Money Changer Singapore

Traveler Indonesia yang akan menghabiskan masa liburan di Singapore harus mengetahui lokasi nama tempat money changer penukaran mata uang asing untuk mendapatkan SGD sebagai alat resmi untuk membayar disana. Lokasi tempat ini sangat dekat dengan pusat keramaian atau bisnis bahkan tempat wisata sehingga anda tidak perlu lagi bingung harus kemana. Tulisan kali ini menjelaskan uraikan dimana lokasi tempat penukaran mata uang asing money changer yang terbaik dan banyak direkomendasikan oleh para penduduk lokal Singapore bahkan traveler Indonesia yang telah pernah mencoba untuk mendapatkan rate terbaik.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Inilah 10 Supermarket Populer di Kuala Lumpur Malaysia

Sangat pentingnya supermarket untuk mencari segala kebutuhan sebagai tempat yang sangat populer bahkan menjadi destinasi belanja dapat anda jumpai di Kuala Lumpur Malaysia. Istilahnya grocery store shopping yang sangat disukai oleh masyarakat disana dengan menghabiskan biaya belanja sampai dengan RM5,700 per tahunnya per orang. Jika dilihat dari jumlah sangat banyak hampir 40 supermarket tersebar di Kuala Lumpur. Tetapi yang sangat disukai oleh konsumen dengan terintegrasinya seluruh supermarket ini dengan website dan bisa melakukan belanja online menjadi populer dengan alasan tidak perlu langsung ke lokasi untuk belanja, tidak berlu antri, bawa barang belanja, tidak perlu bayar langsung ke kasir, tetapi hanya dengan sentuhan klik saja seluruh belanjaan sudah bisa di order. Dengan cara pembayaran bisa langsung cash atau bayar ditempat juga akan mereka berikan fasilitas seperti ini.

Alamat Kantor Perwakilan Singapore Airline di Jakarta, Bali, Surabaya Indonesia

Termasuk penerbangan yang cukup banyak mendarat di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten membuat Singapore Airline telah membuka kantor perwakilannya di Jakarta Indonesia. Kantor representatif ini digunakan untuk berbagai keperluaan pelanggan setia mereka termasuk pelayanan tiket pesawat, pembatalan keberangkatan, refund tiket, klaim bagase penumpang, tiket promo persawat, dan berbagai macam jasa yang disediakan oleh Singapore Airline di Jakarta. Pencarian alamat serta detil informasi pokok akan saya ulas berikut ini.

Rekomendasi Souvenir Oleh Oleh Cenderamata Khas Singapore Disukai Oleh Traveler Indonesia

Sebelum pulang ke Indonesia sebaiknya membawa cenderamata souvenir oleh oleh khas Dari Singapura Singapore yang selalu dilakukan oleh traveler Indonesia sebagai cara untuk membagi kebahagian kepada rekan, sahabat, ataupun keluarga berupa benda ataupun makanan sebagai hantaran. Jenis oleh oleh souvenir khas Singapore ini banyak sekali toko yang ada di Singapura menyediakan dengan bentuk yang unik, ukuran, serta harga yang pas untuk sebuah pilihan traveler. Mendapatkan oleh oleh dari Singapura ini yang paling banyak dikunjungi untuk mendapatkannya adalah di Mustafa Center, Little India, Geylang Serai Market, Tekka Market, ataupun di Bugis Street. Keseluruhan tempat ini sangat disukai oleh traveler Indonesia yang bisa sekaligus membeli kebutuhan lainnya sebelum pulang kembali ke tanah air. Apa saja oleh oleh cenderamata souvenir khas dari Singapore yang bisa anda jadikan destinasi shopping belanja untuk membeli pernak pernik kecil yang bisa menjadi sebuah hadiah yang menggembirakan b