Langsung ke konten utama

Jika Anda Kepikiran Ingin Menjadi Warga Negara Lain, Banyak Sekali Positif dan Ada Negatif

Dengan semakin singkatnya waktu untuk datang ke suatu negara, ada beberapa Warga Negara indonesia sudah mulai bertempat tinggal di luar negeri dengan beberapa alasan penting. Beraneka ragam macam alasan mereka ini mungkin sempat terpikirkan untuk pindah menjadi warga negara tetapi banyaknya persyaratan yang harus ditempuh agar bisa persetujuan warga negara baru bisa disetujui oleh negara yang akan mereka tuju. 




Poto oleh: micpublishing.co.id


Kenapa Sampai ke Luar Negeri.


Pertanyaan ini sebenarnya sudah banyak wara-wiri di dunia sosial bagaimana sampai para Warga Negara Indonesia sampai di negara lain. Tentu setiap orang mempunyai alasan kenapa mereka bisa terdampar sehingga harus menetap beberapa waktu. Sebagian dari mereka ada yang bersekolah, menikah, bekerja, bahkan ada yang mendapat Green-Card. Apapun alasannya inilah kenyataan yang harus diterima. Tetapi perlu digarisbawahi bahwa ke luar negeri adalah bukan tujuan akhir untuk mencari perbaikan hidup, memang sebagian orang ingin merubah nasib dalam bidang ekonomi banyak sekali Warga Negara Indonesia banting stir untuk bekerja atau istilah merantau untuk memperbaiki nasib. Alasan tersebut memang ada benarnya tetapi perlu ditelaah lebih dalam lagi sehingga bisa didapat solusi yang tepat untuk setiap individu.

Sekilas Kehidupan di Luar Negeri.


Setiap negara mempunyai peraturan dan norma-norma yang telah mereka terapkan bahkan sudah menjadi sebuah undang-undang. Peraturan ini mengikat untuk seluruh orang atau masyarakat yang tinggal di negara tersebut. Kehidupan disana dapat dikatakan sudah mempunyai keteraturan dalam sistim di seluruh lini kehidupan dimulai dari tata kota, sistim transportasi, administrasi kependudukan, bahkan sistim perekonomian yang sudah terintegrasi. Dengan penerapan sistim yang cukup baik ini tercipta suatu kegiatan yang sudah sendirinya berjalan dengan prosedur masing-masing sehingga setiap orang yang terlibat disana merasa cepat serta transparan dan sangat mudah.

Di negara seperti Eropa, USA, Australia, dan beberapa negara lainnya tentu mempunyai taraf kehidupan yang cukup baik dengan tingkat nilai uang yang cukup dominan tinggi. Berbeda dengan Indonesia jika di tukar ke mata uang disana terasa lebih tinggi dan kelihatan wow. Tetapi itu hanya kelihatan diluarnya saja, jika anda masuk kedalam pokok inti dari hal ini semua ada efek domino yang cukup tinggi pula yang harus mereka keluarkan seperti biaya kehidupan sehari-hari yang relatif mahal untuk tetap survive selama tinggal disana. Semuanya seimbang antara biaya hidup dan nilai pendapatan.

Syarat Mendapatkan Izin Tinggal di Luar Negeri.


Ada beberapa orang yang masih menanyakan bangaimana mendapatkan izin tinggal di negara tujuan. Tergantung dari permasalahan yang akan diselesaikan. Maksudnya begini, jika anda ingin mendapatkan izin tinggal untuk sekolah anda akan diberikan semacam surat khusus dari universitas tujuan kepada pihak imigrasi untuk diberikan izin tinggal berkala karena melakukan sekolah. Begitu juga dengan bekerja dari perusahan yang akan mensponsori, menikah dari keluarga suami/istri, dst. Prosedur di setiap negara tujuan berbeda-beda tergantung dari undang-undang yang telah mereka tetapkan untuk imigran yang datang ke negara mereka. Jika anda ingin mengetahui lebih rinci apa saja syaratnya bisa langsung melihat persyaratan yang telah mereka terbitkan secara resmi di bagian kependudukan atau di konsulat duta besar. 

Dampak Positif Tinggal di Luar Negeri.


Setiap Warga Negara Indonesia yang telah tinggal lama di luar negeri tentu akan memberikan kesan-kesan kepada semua yang saya rangkum dari beberapa sumber yang cukup mumpuni dijadikan suatu pembahasan sehingga bisa menjadi masukan bagi anda yang ingin bertempat tinggal di luar negeri dengan berbagai macam alasan, berikut penjelasannya.

1. Di negara orang harus serba sendiri, dimulai dari kegiatan di rumah anda harus mandiri. Segala kebutuhan dan kesibukan harus dilakukan sendiri seperti memasak, mencuci, membersihkan rumah, dll. Dengan tingginya tingkat produktivitas penduduk maka setiap kesempatan untuk menggunakan tenaga manusia harus dibayar dengan hitungan jam. Jadi, antisipasinya untuk berhemat dengan bisa menyisihkan uang untuk disimpan adalah melakukan semua kegiatan sendiri.

2. Dengan jauh dari negara Indonesia tentu akan memberikan dampak positif terhadap diri sendiri yaitu bisa melakukan hal apa saja. Dimulai dari kreatifitas yang bisa tercipta seperti anda akan melakukan pekerjaan yang bisa menciptakan nilai ekonomi tambahan. Misalnya bekerja. Ada beberapa tujuan terselubung yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang bertahan hidup dinegeri orang. Bisa anda melakukan pekerjaan part-time. Tetapi perlu diingat bahwa ada beberapa ketentuan yang harus anda penuhi jika ingin melakukan pekerjaan part-time sesuai dengan peraturan di negara tujuan. Jangan sampai anda melanggar peraturan dan ujung-ujungnya akan di deportasi balik ke Indonesia dan akan di black-list oleh pihak imigrasi.

3. Beraneka ragam kebudayaan bisa anda temukan di negera tujuan. Banyaknya penduduk imigran tidak hanya dari Indonesia membuat anda lebih banyak mengenal karakter masing-masing individu yang ada disekitar anda. Bertetanggaan dengan negara Afrika, Eropa, Asia, dan belahan negara lain membuat anda menjadi orang yang lebih tangguh bagaimana cara menghadapi mereka dalam hal komunitasi atau tata krama. Jadi, manfaatkan kesempatan ini untuk bisa mengenal orang baru yang mungkin suatu saat anda akan menggunakan mereka sebagai networking untuk segala lini kehidupan.

4. Lebih giat mempelajari bahasa komunikasi di negara tujuan. Tidak hanya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional untuk berkomunikasi tetapi juga bahasa lokal seperti anda yang bertinggal di negara Eropa, Asia, Timur Tengah, dan Afrika. Semua bahasa disana anda harus paham agar bisa berkomunikasi lebih intensif dengan penduduk lokal.

5. Anda bisa menikmati empat musim jika negara tujuan anda berada di zona subtropis seperti Eropa, sebagian Asia, USA, Canada, dll. Dengan adanya perggantian musim anda bisa mengetahui bagaimana bertahan hidup dengan cara yang tepat. Kondisi seperti ini menjadikan anda seseorang yang bisa menjaga diri dengan segala tantangan dan rintangan musim yang akan hadir untuk beberapa waktu kedepan.

6. Bisa memahami karakter dari negara tujuan. Maksudnya anda bisa langsung mengetahui bagaimana negara mengatur dengan segala peraturan yang harus taat dilaksanakan oleh seluruh penduduk termasuk penduduk lokal atau imigran. Peraturan ini mengikat dengan konsekuensi hukuman yang akan diterapkan untuk menertibkan kebiasaan buruk menjadi baik. Keteraturan inilah yang akan menjadikan negara ini tetap maju.

7. Sebagai duta devisa bagi negara Indonesia. Jika anda mengirimkan sejumlah uang ke kerabat atau keluarga inti di Indonesia akan bisa menerima dalam jumlah yang cukup besar. Karena adanya nilai tukar dari negara luar negeri cukup baik seperti Eropa, USA, Australia, Jepang, Hongkong, dsb.

Dampak Negatif Tinggal di Luar Negeri.


Memang ada timbul dampak negatif jika bertempat tinggal diluar negeri. Tetapi menurut saya cukup bisa teratasi jika anda bisa keluar dari masalah yang timbul pada saat itu. Itupun masih bisa disubstitusikan dengan keadaan lokal seperti masakakan. Untuk lokasi tempat penjualan bahan pokok cukup jauh, banyak menggunakan jalan kaki untuk sampai ketujuan, dst. Saya pikir ini sedikit pertahanan hidup dinegeri orang yang harus anda ikuti memang ada berdampak negatif untuk beberapa saat saja sampai anda akhirnya bisa menerima kondisi keadaan negara tersebut. Itupun akan menjadi dampak positif setelah anda berada disana sekitar 2 tahunan.


Sebagai akhir tulisan ini jika anda berkeinginan untuk berpindah kewarganegaraan harus mempersiapkan sangat matang. Mulai dari prosedur yang harus diikuti untuk melengkapi keseluruhan dokumen penting kenegaraan. Pertimbangan cepat seperti di USA misalnya dengan adanya lottery-green-card untuk imigran yang ingin bergabung menjadi warga negara USA. Untuk negara lain menurut saya harus mengikuti prosedur yang cukup ketat bahkan sangat ketat untuk beberapa negara. Tergantung dari diri anda sendiri yang harus menjawab pertanyaan ini "seberapa tinggi nilai nasionalisme anda untuk mencintai negara Republik Indonesia sampai anda berpindah kewarganegaraan". Setiap orang mempunyai pertimbangan khusus yang harus dihargai. Apapun keputusannya ada ditangan anda, mau tetap menjadi Warga Negara Indonesia atau pindah kewarganegaraan. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.