Langsung ke konten utama

Panduan Informasi Cara Lengkap Rinci Wisata Ke Pulau Langkawi Malaysia

Wisata Langkawi Malaysia sudah mulai dikenal perjalanan ini banyak dimulai dari Kuala Lumpur Singapura sebagai kota terdekat untuk melanjutkan wisata dengan perjalanan darat baik kereta api bus ataupun dengan pesawat udara. Informasi cara lengkap ke Langkawi ini sudah banyak di cari bahkan setiap hari perjalanan ini sangat dipenuhi oleh seluruh traveler yang ingin menghabiskan masa cuti libur bersama teman keluarga ataupun secara solo backpacker. Perjalan ke Langkawi sangat variatif tergantung dari kesiapan seluruh traveler, jika dari Kuala Lumpur KL bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan jalur yang harus diperhatikan yang sudah terbiasa oleh penduduk lokal, tetapi untuk traveler backpacker dari Indonesia menjadi prioritas untuk sampai ke Langkawi dengan selamat dan lancar terangkum dalam Panduan Cara Lengkap Rinci Wisata Ke Pulau Langkawi Malaysia. 

Poto oleh: jonesaroundtheworld.com



SEKILAS LANGKAWI.
Langkawi adalah sebuah kepualauan yang terdiri dari 99 pulau yang terletak di lokasi Pantai Barat di Malaysia. Pulau Langkawi ini dikelilingi oleh birunya laut sebagai pemandangan utama ditambah dengan keindahan darat seperti bukit dan persawahan. Secara geografi Langkawi terpisah dengan daratan utama Malaysia oleh sebuah selat yang bernama Selat Malaka. Pulau Langkawi ini mempunyai luas sekitar 47.848 ha dengan cakupan 25 km dari selatan ke utara dan sedikit ke barat dan timur. Pulau yang terdiri dari pantai pesisir juga ada pegunungan batu kapur yang dikelilingi oleh hutan yang cukup hijau serta alami.

Berikut cara lengkap rinci ke Langkawi yang bisa anda pilih sesuai dengan tipe perjalanan yang disukai.

1. PERJALANAN DARAT MOBIL PRIBADI.
Formula perjalanan ke Langkawi dengan rute Kuala Lumpur KL - Kuala Kedah [ 6 jam perjalanan] dengan tujuan ke Kuala Perlis. Dari lokasi ini anda harus menggunakan kapal ferry untuk menyeberang ke Langkawi. Karena dipisahkan oleh sebuah selat tadi maka untuk mencapai ke lokasi pulau anda harus menggunakan kapal ferry untuk menyeberang dari daratan Malaysia ke pulau, hal ini berlaku untuk mobil pribadi dan bus.

Khusus anda yang sudah familiar menggunakan kendaraan mobil pribadi di Malaysia juga bisa, rute perjalanan dari Kuala Lumpur, Johor Bahru atau Singapore harus ikuti jalur yang paling dekat yaitu ke Terminal Jetty. Perjalanan anda telah memasuki Kedah maka anda harus mencari arah petunjuk jalan ke Alor Setar Selatan dan Langkawi. Setelah anda menemukan jalur ini kendaraan akan menuju ke Kuala Perlis atau Kuala Kedah. Ada sebagian dari teman kita yang menggunakan kendaraan pribadi ini ada menitipkan di garasi umum yang dikenakan jasa sewa RM8 per harinya. Kemudian mobil telah di parkir di garasi umum ini anda bisa melanjutkan untuk menaiki ferry menyeberang ke Pulau Langkawi.

Additional info:
Jika anda ingin membawa kendaraan pribadi masuk ke Pulau Langkawi juga bisa untuk melakukan perjalanan ekspedisi eksplorer disana dengan pesonanya. Tetapi hal yang harus anda perhatikan adalah Surat Izin Mengemudi yang telah diterbitkan oleh Pemerintah Malaysia masih berlaku dan harus memiliki peta perjalanan di Pulau Langkawi agar anda tidak salah arah.

Menggunakan kendaraan pribadi juga bisa multi arah, anda juga bisa dari Penang Georgetown menuju ke Kuala Perlis di Kedah ataupun dari Kuala Perlis. Semua petunjuk arah sudah sangat lengkap tinggal anda mengikutinya saja. Sesampai anda di terminal pelabuhan bisa parkir di garase umum, dan bagi yang membawa kendaraan menuju ke Pulau Langkawi, mobil tersebut tentu dengan biaya yang tidak sedikit. Untuk biaya angkut mobil di ferry penyeberangan sekitar RM 100 di kargo tidak bersama dengan anda dan akan diterima saat sudah sampai di Pulau Langkawi. Tetapi, fasilitas ini hanya ada di Kuala Kedah. Keberangkatan kapal kargo ini dimulai sekitar jam 11:00 dan pastikan seluruh surat kelengkapan mobil ada bersama anda, apabila anda mempunyai jadwal yang cukup lama stay di Langkawi.

Untuk yang ingin menyewa mobil juga bisa anda harus menuju ke Kota Kuah atau Kuah Town untuk mencari mobil yang akan anda cari untuk digunakan wara-wiri di Langkawi. Sebaiknya anda mencari rental mobil di Kuah Town karena harga nya jauh lebih murah.

2. BUS BIS DAN KERETA API.
Menggunakan bus atau pun kereta api memang jauh lebih simpel untuk para solo backpacker yang ingin datang ke Pulau Langkawi. Untuk menggunakan bus bis yang berangkat dari kota Singapura Johor atau Kuala Lumpur sudah terkoneksi dengan baik sehingga memudahkan anda untuk menaikinya. 

BUS BIS KE PULAU LANGKAWI.
Menggunakan bis bus bisa dari kota Kuala Lumpur atau Johor Bahru dengan tujuan ke Alor Setar Kuala Perlis, jika penuh anda juga bisa menaiki rute akhir ke Kuala Kedah. Jadwal bus ini ada setiap hari dan anda tidak usah khawatir untuk tidak bisa berlibur di hari biasa. Sebagai dasar harga yang bisa menjadi acuan anda adalah RM 30 - RM 50 per sekali jalan tergantung dari tingkat kenyamanan bus. Kalau dari Kuala Lumpur anda bisa naik dari Terminal Bersepadu Selatan sekitar Pudu Raya yang sangat banyak jenis bus yang akan anda pilih untuk dinaiki. Lama waktu perjalanan +/ 6 jam dan akan turun di Kuala Perlis, setelah sampai di Kuala Perlis anda menuju ke pelabuhan penyeberangan jaraknya +/- 350 meter saja dari terminal bus pemberhentian terakhir. 

KERETA API KE PULAU LANGKAWI.
Untuk naik kereta api juga telah menunggu anda untuk menaikinya dengan harga dimulai dari harga RM 25. Transportasi ini sangat disenangi oleh traveller seluruh dunia seperti solo backpacker atau secara rombongan karena praktis dan tidak repot untuk membawa barang bawaan seperti tas ransel.
Pilihan lain juga ada lagi dengan menaiki KTM [Keretapi Tanah Melayu] yang membuka rute jika anda dari Singapore Singapura ataupun dari Kuala Lumpur KL dengan tujuan akhir ke Alor Setar Station dan harus estafet menggunakan taksi ke Kuala Kedah dengan biaya dimulai dari RM 18. 

Khusus anda yang naik KTM : Sebuah kereta yang sangat nyaman dengan tipe ekeskutif yang disediakan tempat tidur yang bisa anda pilih untuk kenyamanan. Jenisnya juga beragam tergantung tipe yang anda pilih. Harganya dimulai dari RM 95 - RM 198 untuk jadwal keberangkatan dari Kuala Lumpur KL Sentral dengan tujuan Arau.

Banyaknya traveller yang memilih KTM ini untuk menuju ke Pulau Langkawi sebaiknya anda membeli tiket KTM dua bulan sebelum keberangkatan untuk antisipasi semua tempat duduk penuh. Sebagai rekomendasi untuk traveller yang mempunyai jadwal sudah tetap dan tidak ada perubahan berangkat dan pulang kembali ke KL maka sebaiknya anda membeli tiket langsung PP agar tidak menyulitkan anda untuk membeli tiket secara go show. Pembelian tiket secara online anda bisa langsung ke KTM berikut link nya.



Additional info:
Apabila anda yang berasal dari Kuala Perlis juga bisa turun di Arau dan estafet lagi menggunakan taksi ke Kuala Perlis dengan biaya RM 12. Sampai di pelabuhan anda akan menaiki kapal penyeberangan ferry untuk sampai ke Pulau Langkawi.

PENYEBERANGAN FERRY.
Apabila anda yang menggunakan moda transportasi darat anda harus menaiki kapal penyeberangan ferry untuk sampai ke Pulau Langkawi. Ada beberapa lokasi penyeberangan ini ada juga di Kuala Perlis. Anda juga bisa ke Kuala Perlis menuju ke Pulau Langkawi dengan lama perjalanan sekitar 1 jam 45 menit dengan biaya RM 18 khusus orang dewasa dan RM 13 untuk anak-anak. Jadwal keberangkatan kapal ferry dimulai dari 07:00 - 19:00 setiap hari.

Khusus untuk rute kapal penyeberangan ferry yang paling banyak digunakan oleh traveller adalah di Kuala Kedah. Lama perjalanan dari terminal di Kuala Kedah adalah 1 jam 45 menit dengan biaya RM 23 untuk orang dewasa dan RM 17 untuk anak-anak.

Alternatif terakhir jika anda dari Penang juga bisa dengan lama perjalanan +/- 30 menit dengan biaya RM 60 untuk dewasa dan RM 25 untuk anak-anak.

3. AIRLINE PESAWAT UDARA.
Bagi anda yang mempunyai budget lebih dan ingin langsung sampai tanpa perlu kerepotan tingkat tinggi bisa menggunakan airline pesawat udara untuk sampai ke Pulau Langkawi. Apabila dari Jakarta hingga sampai ke Langkawi bisa diatas IDR 5 jt. Anda juga bisa estafet menuju ke Kuala Lumpur KL dan Bandara Internasional Langkawi. Untuk KL-Langkawi dimulai dari RM 300 dan dari Changi Singapura harganya hampir sama dari Jakarta.

OBJEK WISATA DI PULAU LANGKAWI.
Ada beberapa objek wisata yang bisa anda kunjungi di Pulau Langkawi Malaysia yang akan melengkapi liburan anda.

1. Cable Car.
Anda bisa menaiki cable car ini menuju ke graound station di puncak tertinggi dengan jarak sekitar 2 km dengan ketinggian 700 meter dpl. Cable car ini akan mengantarkan seluruh traveler ke Gunung Machinchang untuk bukit kedua : Pemandangan dari lokasi ini sangat bagus indah sekali. Untuk bukit yang pertama kadang dibuka tergantung dari kondisi cuaca pada saat anda berkunjung. Karena akibat dari anging kencang jalur cable car ini ditutup.

2. Kebun Binatang.
Di Pulau Langkawi anda juga bisa mengunjungi objek wisata kebun binatang seperti deer farm. Kegiatan disini anda bisa melihat rusa memberi makan. Dan ada juga kebun kelinci yang cukup menarik jika anda membawa anak-anak

3. Hand Waxing.
Anda bisa membuat replika tangan yang menggunakan bahan dasar dari lilin.

4. Nongkrong.
Di Pulau Langkawai juga anda tempat nongkrog sejenis cafe yang bisa anda singgahi waktu naik cable car. Lokasinya di puncak bukit 700 meter dpl ini bisa menikmati suasana Langkawi dari ketinggian.

5. Junggle Trecking.
Anda juga bisa melakukan trecking ini apabila anda request dari pengelola hutan.

5. Air Terjun Seven Wells.
Lokasinya tidak jauh dari cable car sekitar 2 km. Anda bisa mengunjungi objek wisata ini tidak jauh dari parkiran dengan 10 menit jalan kaki. Trekingnya sedikit mendaki dan suasana perjalanannya cukup adem karena anda akan menemukan pepohonan yang besar rindang.  

6. Pantai Cenang dan Pantai Tengah.
Kedua pantai ini harus anda kunjungi dengan pantai pasir putih dengan air yang jernih. Untuk menikmati suasana pantai anda bisa duduk di tempat makan yang banyak berjejer di pinggir pantai. Jangan khawatir disini mobil tidak dipungut parkir alias gratis asalkan anda melihat tanda public beach sebagai tanda anda bisa menikmati pantai tanpa ada biaya pungutan. Di pantai ini anda juga bisa melakukan wisata bahari dengan snorkeling, berenang, jet ski, rendam di pantai juga bisa. 

7. Paket Wisata.
Anda bisa melakukan Paket Wisata Island Hopping Pulau Dayang ini jika waktu anda cukup banyak berada di Pulau Langkawi. Paket wisata lain PUlau Payar Marine Park, atau Paket Wisata Mangrove, serta Killim Geopark. Untuk masalah harga cukup terjangkau. Anda bisa mendapatkannya setelah anda berkunjung ke Cenang Mall Paket Wisata Hopping Island ini mempunyai harga RM 150 per pax karena sistimnya privat jadi turis diperlakukan secara privacy dengan jumlah 4 orang menggunakan speed boat. Kalau anda berada di luar Cenang Mall ada juga yang menawarkan paket ini jauh lebih murah sekitar RM 20 per pax dengan memakai jenis kapal kecil yang bisa memuat maksimal 20 orang. Apabila anda memilih paket wisata ke Pulau Payer Park seharga RM 120 per pax, untuk harga paling minimal ini anda harus sangat pintar nawar kepada pengelola paket wisata. Biasanya harga yang mereka berikan belum di diskon. Jadi pandai nawar harus tingkat tinggi ya.

WISATA KULINER DI PULAU LANGKAWI
Selama anda berlibur ke Pulau Langkawi Malaysia anda harus mencoba kuliner yang ada disana. Pusat kuliner tersebut ada di Kuah Town yang hadir setiap hari Rabu atau Sabtu. Ibarat pasar malam disini anda bisa mencoba beberapa makanan yang cukup enak dan lezat serta harganya sangat terjangkau. Rasanya tidak perlu ke restoran mewah untuk menikmati makanan ini yang penting anda telah mencobannya serta sesuai dengan kocek kantong. Beberapa contoh makanan seperti martabak manis RM 2, laksa asam RM 3, jus mangga RM 3, gorengan ala-ala olahan tahu RM 0,5 , nasi ayam madu dan ayam hitam RM 4, kue khas Langkawi harus anda coba Tokiyoo 5 buah RM 1, martabak isi ayam atau daging sapi RM 5, atau pamungkasnya ketan durian RM 6. Sebenarnya di Kuah Town ini banyak sekali makanan tetapi yang banyak direkomendasikan ya yang ini. 


TIPS KHUSUS BAGI TRAVELER.
Bagi anda yang menggunakan bus umum dari berbagai jurusan setelah sampai di Kuala Perlis anda akan menemukan banyak sekali penduduk lokal menawarkan untuk jasa sewa rental mobil. Sebaiknya anda tolak secara sopan dan tidak usah memberikan harapan ya. Jika anda rental mobil langsung di Pulau Langkawi jauh lebih murah jika dari Kuala Perlis. Penduduk lokal ini dapat dikatakan sebagai calo yang akan memasang harga akan jauh dari harga pasar perbedaannya bisa sampai RM 20, jadi pantas harga tersebut mahal karena harus ada fee untuk para calo ini.

Sebenarnya di Pulau Langkawi tidak ada moda transportasi publik untuk mengantarkan anda untuk ke objek wisata di seluruh pulau. Tidak mungkin anda harus berjalan kaki sana sini yang butuh waktu lama bahkan bisa gempor nih kaki untuk berjalan. Untuk taksi tentu akan membayar biaya yang cukup mahal bahkan bisa over budget. Rekomendasi yang banyak dilakukan oleh para backpacker secara rombongan adalah dengan sewa rental mobil di Kuala Kuah Langkawi dengan sewa sekitar RM 40 [setengah hari] untuk mobil standar [jika di Kuala Perlis harganya bisa sampai RM 50 - RM 60]. Isi saja bensin selama perjalanan di Langkawi sebanyak RM 25 anda sudah bisa wara-wiri puas berkendara untuk ke objek wisata penting disana. Jika anda sewa kendaraan yang lebih nyaman lagi bisa juga dengan harga dimulai dari RM 100 dan anda bisa nego waktu pemakaiannya selama di Pulau Langkawi.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

Hotel Murah Di Singapore Dekat MRT: Orchard, Bugis, Bras Basah, Novena, Chinatown, dan Lavender

Banyak sekali traveler yang ingin menghabiskan liburan di Singapore akan memilih hotel murah dekat stasiun MRT sebagai pilihan terbaik untuk mempermudah perjalanan dan pastinya akan menghemat biaya transportasi untuk berpindah. Dengan pilihan yang cukup beragam seperti dekat dengan stasiun MRT di Orchard, Bugis, Bras Basah, Novena, Chinatown, dan Lavender mampu menjawab semua keinginan anda sehingga pilihan yang sangat direkomendasikan ini memberikan kenyamanan. Tidak terlalu jauh dari stasiun MRT ini memudahkan anda saat menaiki MRT dari Bandara Changi karena platform untuk sampai ke stasiun terpilih ini masuk dalam lajur yang dilalui serta perjalanan anda sampai ke hotel ini hanya berjalan beberapa menit saja.