Langsung ke konten utama

Ingin Wisata Ke Singapura Lewat Batam Seharian Penuh : Begini Informasi Pengalaman Cara Lengkap Termasuk Menggunakan Ferry

Menyebrang Batam ke Singapore telah menjadi cara alternatif lain untuk bisa ditempuh melakukan liburan seharian penuh secara backpacker murah meriah dengan memperhatikan beberapa syarat yang harus terpenuhi untuk pergi menggunakan kapal menjadikan cara seperti ini sedikit berbeda. Rute Batam - Singapura dan Singapura - Batam. Kedua negara ini dihubungkan dengan armada laut kapal yang mempunyai harga tiket yang cukup bervariasi tergantung kelas dan jadwal ferry sehingga anda bisa menyesuaikan dengan keadaan keuangan yang akan digunakan. Pada kesempatan tulisan ini beginilah cara berwisata ke Singapura melewati Batam yang sudah menjadi langkah alternatif yang bisa anda gunakan untuk menikmati liburan yang cukup terjangkau.

Poto oleh: beritadaerah.co.id

SEKILAS BATAM-SINGAPURA.
Pada saat sekarang ini banyak para traveler backpacker Indonesia berlibur ke Singapore Singapura melewati Batam dengan seharian penuh tanpa menginap disana menjadi cara jitu untuk menghemat pengeluaran. Biaya hidup di Singapura sangat mahal jika dibandingkan dengan Indonesia dimulai dari makan, minum, hotel, hingga tansportasi dapat dikatakan lebih mahal. Jadi untuk mesiasatinya anda bisa melakukan liburan disana tetapi menginap kembali di Batam di kelas hotel backpacker atau hostel yang berada di daerah Nagoya sebagai pusatnya bisnis di kota Batam.

Kota Batam menjadi kota yang sangat ramai di akhir pekan karena banyaknya migrasi warga negara Singapura yang ingin ke Batam begitu juga dengan WNI yang berada di Batam ingin berlibur di Singapura. Pola seperti ini menjadikan transportasi ferry penyeberangan menjadi penting untuk mengangkut semua penumpang kedua negara untuk memenuhi semua keinginan dengan berbagai tujuan ini. Ada beberapa lokasi terminal ferry penyeberangan yang ada di Batam seperti Batam Center, Harbour Bay, Sekupang, serta Nongsa. Rekomendasi yang banyak digunakan oleh traveler adalah di Batam Center lebih banyak pilihan jenis ferry.

Syarat Masuk Singapura dari Kota Batam.
Sebenarnya untuk memasuki negara Singapura dari Batam tidak sulit dan mudah gampang, yang penting anda memiliki paspor Indonesia yang masih berlaku dan membawa KTP Indonesia. Pada saat anda memasuki imigrasi Singapura kadang ditanya KTP sebagai validasi mereka selain paspor. Pengalaman yang sudah terjadi petugas Imigrasi dari Singapura juga menanyakan "dalam rangka apa ke Singapura" jawaban para traveler sering mengatakan "melancong, berlibur, dan vacation". Akhir pekan banyak sekali WNI yang melakukan liburan menggunakan kapal ferry, jadi anda jangan baper alias ngeri-ngeri sedap sedikit.

Rekomendasi Liburan Seharian Di Singapura Lewat Batam.
Sebagian traveler ada yang enggan mengunakan pesawat udara melakukan jelajah liburan langsung dari Cengkareng Soekarno Hatta ke Singapura. Karena alasan, jika liburan sebaiknya dua kota sekaligus. Ya ibarat kalau liburan sekalian gitu, pesona Batam dan Singapura bisa dilakukan sekaligus kenapa tidak. Lokasi yang terfavorit dilakukan oleh traveler Indonesia adalah ke Sentosa Islang berikut dengan Universal Studio Singapore, Orchard {Ion, Takasimaya, Lucky Plaza}, Rafless Place {merlion prk, esplanade}. MBS {Marina Bay Sands}, makan es krim di Orchard, Little India, dan Mustafa Center. Lokasi favorit ini bisa dilakukan seharian penuh dengan menggunakan transportasi yang telah terintegrasi seperti MRT dan bis.

Baca juga dan penting:

Pengalaman Naik Ferry Penyeberangan Batam - Singapura.
Perjalanan naik ferry dari Batam - Singapura membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Jika cuaca bagus anda akan bisa terlihat dari jauh wajah gedung negara Singapura yang menjulang tinggi. Terminal ferry akan merapat di Harbor Front Singapura. Terminal ini mayoritas merapatnya kapal ferry ada juga ferry yang merapat di dekat Bandara Changi Singapura tetapi keberangkatannya dari Nongsa. Setelah anda sampai di Harborfront harus mengambil peta Singapura sebagai guide tambahan anda selama melakukan wisata disana. Ferry yang akan anda tumpangi ini yang dikelola oleh perusahaan dari Indonesia sangat bersih, ber-AC, bersih, dan yang paling penting tidak ada pedagang asongan yang memasuki kapal. 
JELAJAH DIMULAI
Dengan selamat sampai di Singapura hal yang telah anda lakukan mengambil map peta Singapura saatnya menentukan jelajah. Jika anda berkeluarga tentu akan menuju ke Sentosa Island dengan wahananya, dan jika anda hobby shopping langsung ke Orchard dan pusat kota CBD di Singapura. Perjalanan ini sebaiknya menggunakan MRT untuk memudahkan transportasi anda. Jadi, langsung ke konter MRT untuk mendapatkan kartu tourist-pass {Sing$12 sekitar IDR150rb-an} yang bisa anda gunakan untuk menaiki seluruh transportasi publik di Singapura seharian penuh.

SAATNYA KEMBALI KE BATAM.
Seluruh perjalanan ini harus anda hitung waktunya, jika rasanya tidak mencukupi waktu satu hari anda harus bermalam di Singapura, kenapa tidak. Tempat penginapan hotel yang murah meriah ada di Bugis atau Little India. Harga hotel dimulai dari harga Sing$20 {sekitar IDR200 rb-an}. Apabila seluruh wisata anda telah selesai kembali ke Batam sebelum jam 21:00 agar tidak kemalaman sampai di hotel di sekitar Nagoya.

TIPS.
Ada sedikit tips jika anda melakukan liburan seperti ini agar tetap nyaman dan tidak ada kendala.

1. Apabila anda menggunakan smartphone provider lokal Indonesia harus mengaktifkan roaming data agar tidak terjadi pelonjakan tagihan kartu, apalagi kartu pasca bayar. Hal ini sepele tepai sangat penting.

2. Perjalanan ini sebaiknya dilakukan sangat pagi sekali sekitar Pukul 06:00 pagi waktu Batam, agar seluruh itinerary anda bisa terlaksana. Usahakan jangan menginap di Singapura merupakan hal yang baik, untuk waktu tertentu biaya hotel tempat penginapan kadang tinggi. Jadi pastikan waktu berkunjung anda tidak pada masa high season di Singapura seperti Formula 1.

3. Jelajah backpacker sebaiknya tidak membawa barang bawaan terlalu banyak. Persiapkan secukupnya dan bawa satu tas ransel yang bisa memuat seluruh kebutuhan anda selama melakukan liburan di negara Singapura.

4. Berpakaian rapi supaya anda tetap dipandang sebagai seseorang yang bisa diijinkan masuk ke negara Singapura. Memang berpakaian rapi ini sebaiknya dilakukan karena mencerminkan adab dari anda sebagai orang Indonesia.

5. Membawa bekal uang secukupnya selama traveling, kadang petugas Imigrasi akan menanyakan berapa jumlah uang yang dibawa {bila sedang apes} dengan pertanyan detil maka anda bisa memperlihatkan jumlah uang Sing$ dan jika perlu perlihatkan Debit Card ataupun Credit Card.

6. Jika anda ingin mengetahui berapa harga-tiket-PP-dari-Batam-Singapura dan Singapura-Batam sekitar IDR 270.000 - IDR 300.000 {sudah termasuk pajak penyeberangan}. Kalau harga ini hanya untuk kapal penyeberangan ferry saja. Jika anda dari Bandara Hang Nadim Batam perlu juga transportasi taksi ke pelabuhan ferry sekitar IDR 100.000 - IDR 125.000. Pembelian tiket kapal ferry ini sebaiknya di hotel tempat anda menginap karena harganya bisa dapat terbaik.

Komentar

  1. Apakah keberangkatan via kapal dari batam ke singapure harus bayar fiskal bagi yg blm memiliki NPWP ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. CMIIW: Kalau keberangkatan untuk liburan saja tidak ada ditanyakan fiskal apalagi NPWP, hanya paspor saat pemeriksaan oleh imigrasi. Kalau membawa barang berharga atau beberapa barang yang diatur masuknya untuk jumlah nominal SGD tertentu saat masuk ke Singapore akan dikenakan bea cukai disana.

      Hapus
  2. Saya hanya ingin one day trip doang kok, pagi berangkat malemx balik lagi ke batam. Alhmdulillah bnget klo gk bayar fiskal.. Hihi, btw... Maacih yah udah di jawab, bermanfaat bnget ...

    BalasHapus
  3. Gan...istri saya bekerja di singapura sudah 1 thn. Apa kah saya bisa berkunjung ke singapura dengan alasan ingin berjumpa istri di kantor imigrasi nya...mohon pencerahan nya gan. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja berkunjung tidak masalah, jika kantor Imigrasi Singapura bertanya baru dijawab. Alternatif lain jawaban bisa saja menjadi turis ingin liburan ke sana juga bisa. Atau gabungan menjadi turis dan sambil melihat keluarga juga dapat disampaikan jika mereka bertanya saat cek dokumen di pemeriksaan Imigrasi.

      Hapus
  4. Kalau bawa laptop apakah terkena bea cukai dari sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika laptop yang dibawa memang untuk kebutuhan kerja bukan laptop untuk dijual boleh saja tidak kena bea cukai.

      Hapus
    2. Kalo barang elektronik sejenis laptop atau HP kita bawa sampe 3 mungkin kena beacukai ya?

      Oh iya mas, kalo dari batam itu berapa sih biaya untuk transportasi via speedboat?

      Hapus
  5. Mas, jika passport sya habis april 2019 masih bisa gak ya kalo via ferry?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dihitung dari bulan Desember 2018 - April 2019 masa berlaku paspor +/- 5 bulan. Sebaiknya diperpanjang terlebih dahulu sebelum berangkat, direkomendasikan masa berlaku paspor diatas enam bulan saat keberangkatan, diatas 12 bulan sangat direkomendasikan sekali. Menurut saya, jangan nekat masuk jika masa paspor masa berlaku dibawah enam bulan jika tidak mau nama anda terdeteksi oleh sistem dari Imigrasi Singapore dan menjadi perhatian dari mereka yang dapat merugikan anda di masa yang akan datang. Lebih baik menjaga aman daripada menjadi masalah di kemudian hari.

      Hapus
  6. kalo dari singapur ke batam sama aja? soal nya dari singapur rencana mau ke batam ketemu temen saya

    BalasHapus
  7. Maaf mas mau tanya, tarif penyebrangan dari batam ke singapura itu sampe sekarang masih tetap sama kah ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pergerakan harga tarifnya sampai sekarang kami tidak mengikuti. Kalaupun naik masih dalam jumlah nominal yang wajar masih dimaklumi.

      Hapus
  8. Kalo saya nyebrang dari Batam dan pulang nya langsung naik pesawat dari Singapore, apakah bisa?

    BalasHapus
  9. Kalau identitas seperti sim, untuk pengganti ktp apakah bisa? Ktp saya lecek rusak potonya g karuan

    BalasHapus
  10. Berapa biaya transportnya menyebrang ke singapur dari batam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan sudah dibahas diatas, sekitar Rp. 300 rb an.

      Hapus
  11. Sangat neruna ulasannya.
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
  12. Apa boleh ke singapura tanpa paspor ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus pakai paspor masuk ke Singapura. Diplomat saja pakai paspor apalagi turis biasa.

      Hapus
  13. Penginapan yang aman,mudah dijangkau dan murah di singapore di mana kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ke Bugis atau Little India. Sekitar Mustafa Center juga Ok.

      Hapus
  14. Dari sekupang ada yang langsung ke sgp.

    BalasHapus
  15. Mau nanya mas, Kalo berangkatnya naek ferry dari Batam k SG itu harus boking kursi ferry nya dlu ya jika berangkatnya menjelang tahun baru? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya satu penumpang satu tempat duduk disediakan oleh pengelola kapal. Walaupun tahun baru atau hari biasa mereka sesuaikan jumlah kursi yang tersedia sesuai dengan jumlah penumpang yang membeli tiket. Jika waktu keberangkatan jam tertentu telah sold out maka tiket anda masuk ke jam berlayar berikutnya.

      Hapus
  16. Jadwal Ferry ke Singapore dr jam brp smp jam brp? Rencana Jumat ke sana tp pagi hrs ke kantor provinsi dl ..apakah msh keburu kl ke Singapore?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadwal keberangkatan:
      Sindo Ferry:
      Berangkat dari Batam Center {waktu WIB}
      06.00 07.20 08.40 09.35 10.40 11.35 12.40 14.00 15.10 16.10 17.20 18.20 19.30 20.40

      Batam Fast:
      Berangkat dari Batam Center {waktu WIB}
      06:00 07:00 08:20 09:10 09:50 11:40 12:50 14:10 15:20 16:30 17:10 17:40 19:00 20:30

      Saya menganjurkan berangkat lebih baik paling pagi dan pulang balik ke Batam jam 19:00 agar semua daftar tempat wisata yang akan dikunjungi lebih banyak dan pastinya anda berjalan tidak terburu-buru. Jika setengah hari ya tidak terlalu banyak. Jadi pastikan seluruh aktifitas untuk pergi ke Singapore memang full satu hari penuh. Kecuali anda mau menginap di Singapore satu malam dan pulang ke-esokan harinya tidak ada masalah Jumat masih ada pekerjaan dulu harus diselesaikan.

      Hapus
  17. mw tnya mas jka k'singapor tdk pke pemandu apakh ada dsna pemandu liburan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak pakai pemandu wisata ya harus mempersiapkan daftar perjalanan kesana. Objek wisata apa yang akan dikunjungi serta ngapain aja di Singapore. Kalau memakai pemandu ya berarti harus ikut tour Singapore dan pastinya harus ada pembayaran ekstra. Jika melancong sendiri tidak ada biaya tambahan hanya anda harus menyiapkan itinerary perjalanan liburan kesana kemana saja.

      Hapus
  18. Apa ada tempat penukaran uang dari rupiah ke mata uang singapura? Lokasinya dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu ada, kami telah menjelaskan di tulisan yang terpisah dapat anda baca di link ini: Lokasi Tempat Penukaran Mata Uang di Singapore

      Hapus
  19. kalo perlu pemandu di SG gmn caranya + dengan mbl travel nya ,rencana berangkat dari batam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ingin melakukan perjalanan yang ada pemandunya mulai dari sekarang anda harus searching pilih tour travel yang berpengalaman saat melakukan perjalanan liburan ke Singapore. Karena kami melakukan perjalanan ke Singapura tidak menggunakan tour and travel melainkan secara backpacker. Kami hanya memberikan tips saja untuk pemilihan pemandu disana: harus berpengalaman, terpercaya, tidak oknum yang memanfaatkan turis yang ingin berkunjung. Semoga terjawab.

      Hapus
  20. Kalau kita nyebrang dari singapura ke batam, dan kita menginap beberapa hari dibatam terus kita pulang lagi ke jakarta dari singapura apakah boleh? Mohon dijawab ya min. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya boleh, tidak ada larangan kecuali anda masuk dalam daftar cekal oleh pemerintah Singapura. Terus pastikan anda berada di Singapore tidak melebihi waktu kunjungan yang telah ditetapkan jika menggunakan paspor saja. Apabila melebihi dari ketentuan maka anda harus mengurus ijin tinggal sementara di kedutaan Singapore.

      Hapus
  21. Ke singapura apakah hrus menggunakan visa?atw cukup paspor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai paspor hijau Indonesia yang masih berlaku saja.

      Hapus
  22. maaf min, harga tiket 270-300 rb itu sekali jalan atau pulang pergi ya min? thanks in advance

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu PP. Kalau sekarang mungkin ada penyesuaian harga dari pengelola kapal.

      Hapus
  23. Tanya mas..
    Diantara 2 pilihan ferry tadi, sindo dan fast, mana yg lebih nyaman ya? Rcn jalan dgn keluarga, ada anak usia 10 thn.. trims yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah kenyamanan relatif untuk setiap traveler, rata-rata pilihan masih baik dan perjalanan dilakukan sendiri atau membawa keluarga. Karena belum ada pengalaman membawa anak menurut kami selama ini masih dalam zona nyaman. Kapal yang menghubungkan Batam-Singapore PP cukup terawat dan pastinya mempunyai standar yang cukup ketat untuk keselataman penumpang kedua negara.

      Hapus
  24. Permisi saya ini rencana naik pesawat ke singopre dari bali...kira2 naik apa klu mau keliling soalx sndirian dan baru pertama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke Singapore berkeliling untuk budget murah mengunakan MRT saja, dan pastikan semua tempat wisata yang akan dikunjungi telah dibuat. Kami telah menulis tulisan mengenai negara Singapore ini. Anda dapat serching saja di blog kami ini, banyak sekali informasi yang dapat anda ketahui dan pastinya liburan pertama kali kesana tidak ragu lagi.

      Terima Kasih.

      Hapus
  25. Saya dan keluarga rencana mau kesingapur .ada kerabat juga disana.baru pertama kali ini mau kesana.apa boleh bawa oleh oleh dari batam ...makanan ya lumayan banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bawa oleh-oleh ya jangan terlalu banyak sekedarnya saja jangan sampai mengundang kecurigaan bagi petugas bea cukai kedua negara.

      Hapus
  26. kaka kalo kita berlibur ke singapore melalui batam terus kita belanja elektronik disingapore yg diatas 1000SGD kira-kira kena beacukai ga ka, saat balik ke bandara Batam-CGK ?. mohon di jawab ya ka, karna saya rencana mau beli ipad di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi kalo saya balik dari singapore ke batam, batam ke jkt saya di kenakan beacukai juga ka?

      Hapus
    2. Karena saya belum pernah membeli barang elektronik di Singapura sebelumnya jadi tidak bisa sharing pengalaman. Saya hanya dapat memberikan link berita diatas sebagai peraturan yang akan mengikat saat anda akan sampai ke Jakarta di luar pulau Batam.

      Hapus
  27. mau tanya gan, kalo kita beli barang elektronik (hp atau laptop) di singapura lalu balik ke batam lewat laut, apa kena pajak dan bea cukai itu di pelabuhan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya tidak pernah beli barang di Singapore jadi tidak bisa sharing pengalaman. Saya sudah sertakan link di atas dan dibaca saja peraturan dari Kementrian keuangan diatas: BATAS BEBAS BEA CUKAI PRIBADI PENUMPANG

      Hapus
  28. Permisi kak mau tanya, rencana nya ini saya sama temen-temen mau liburan ke Singapura tapi cuma satu hari ,dan ini juga baru pertama kali.
    Apakah perlu uang banyak buat perjalan satu hari itu? Misalkan cuma bawa uang 5jt nih ,apakah cukup?
    Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya dengan uang sebanyak itu sangat lebih dari cukup apalagi untuk satu hari penuh. Sebaiknya langsung tukarkan ke SGD {Singapore Dolar} supaya sampai di negara tersebut tidak perlu lagi menukarkan mata uang lagi, langsung tancap gas wisata saja.

      Hapus
  29. Mau tanya dong mas..kira kira kalau bawa uang 1 juta untuk 2 hari cukup gak ya..1 juta udah termasuk ongkos pulang pergi rencana saya berangkat sama kawan saya yg tinggal di Batam..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pikir dengan uang yang dimaksudkan ini sangat mepet sekali, menurut saya satu juta sebagai uang selama di Singapore cukup diluar dari biaya transportasi. Alasannya: tidak mungkin selama anda di Singapura tidak menggunakan transportasi untuk bepergian, biaya makan minum selama di sana, beli oleh-oleh, atau jalan-jalan ke tempat wisata yang juga membutuhkan juga biaya minum dan sebagainya. Lebih baik anda menyiapkan uang lebih seperti di debit card untuk menjaga-jaga saja selama disana atau uang tunai dalam bentuk SGD, memang anda budget kan satu juta tidak berarti satu juta saja dibawa. Jadi istilahnya ada uang cadangan jika ada hal diluar rencana. Semoga terjawab.

      Hapus
  30. hai, mau tanya. kalo saya mau one day trip aja pake pesawat dari kl, pulang malemnya pake bis ke kl lagi. nah, di arrival card kan ada isian alamat ya. harus isi apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau one day trip isiannya boleh ditulis "transit", jika petugas imigrasi ingin diperlihatkan tiketnya maka anda dapat melihatkannya. Pastikan tiket ini dipersiapkan jika ditanya saja oleh petugas baru diperlihatkan.

      Hapus
  31. Untuk anak Umar 22 bulan apakah wajib membeli tiket juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak mengamati ketentuan dari ferry. Saat on the spot saja langsung ke conter penjualan tiketnya.

      Hapus
  32. Kalau anak dibawah 5 tahun pakai pasport min? Untuk ferry tiket minimal untuk usia dari berapa min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pakai paspor. Untuk minimalnya saya tidak mengamati, saat on the spot saja bisa diketahui umur berapa dikenakan tarif.

      Hapus
  33. Maaf kak numpang tanya, seandainya saya dari changi mau ke batam via jalur laut, moda transportasi apa yang saya cari? Dan turun di pelabuhan apa?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan MRT dengan tujuan Harbourfront. Karena lebih praktis dan langsung terkoneksi dengan Bandara Changi, memang ada taksi dan sebagainya tetapi pilihan dengan harga yang sangat terjangkau ya gunakan saja transportasi publik seperti ini. Sebenarnya ada dua terminal keberangkatan ada yaitu Harbourfront dan Tanah Merah. Karena Harbourfront lebih banyak direkomendasikan sebaiknya anda memilihnya. Setelah sampai di sana ikuti saja papan petunjuk menuju ke Ferry Terminals dan menuju ke konter pembelian tike ferry dari Singapore ke Batam.

      Hapus
  34. Kk mau nanya, jika sy memilih naik ferry jam6 pagi. Kira2 jam brp sy hrs sdh ada dibatam center? Apakah ada proses check in spt dibandara? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal 1 jam sebelum keberangkatan sudah sampai di Batam Center., karena ramainya penumpang tidak dapat diprediksi, jadi untuk prepare lebih aman ya harus sampai lebih awal. Pemeriksaan sama karena telah masuk dalam lintas negara.

      Hapus
  35. Cap passport plg dr singapur kalau malam itu terakhit jam brp ya kak?

    BalasHapus
  36. Harga tersebut sekali nyebrang atau pulang pergi ?

    BalasHapus
  37. Bisa gak ngurus paspor 1 hari ??

    BalasHapus
  38. Permisi kak klo sekiranya hanya berlibur u/ 3 hari apa kah kita tetap harus mengisi biodata yg di sediakan oleh pihak imigrasi dari batam
    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  39. Mohon penjelasannya min
    Sekiranya hnya u/ 1 hari di SG , apakah kita tetap mengisi Lembaran yg di sediakan oleh pihak imigrasi SG yg biasanya tersedia di depan loket² yg ada di Batam Center

    BalasHapus
  40. Gan kl masuk dr Batam ke singapur. Paspor kita masih polos(blm) ada stempel. Apa bisa n harus pake visa kah.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak ada masalah yang penting masa berlaku masih diatas 6 bulan saat masuk Singapura.

      Ke Singapura tidak ada Visa, hanya paspor hijau Indonesia yang masih berlaku saja.

      Hapus
  41. di singapore aoa hrs fasih berbahasa inggris?

    BalasHapus
  42. mau tanya kak, klo udah sampe di harborfroont beli kartu MRT nya yang paling deket dimana kak? makasih

    BalasHapus
  43. Kalo bawah tas + sepatu kena bayar GK Ka ??

    BalasHapus
  44. Selamat malam.mau tanya..ke singapur dari batam..., ada ketentuan bawak berapa kilo gak? Kayaa bagasi di bandara..terima kasib

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Tips Cara Mudah Memilih Tas Untuk Traveling Mudik

Saat waktu sudah dekat masih bingung memilih tas untuk traveling mudik apalagi cewek banyak kriterianya dimulai dari tas yang cocok untuk semua warna baju, ukuran tas koper untuk seminggu, hingga tas yang cocok untuk situasi padat penumpang. Kalau seorang pria tidak akan banyak permasalahan hanya perlu sesuaikan situasi dan kondisi saat waktu traveling mudik sudah mendekati hari-h nya. Memang tas menjadi tumpuan untuk menyimpan seluruh barang dan pakaian yang harus di bawa, tidak mungkin tersimpan di kardus menjadi malu-maluin saat membawanya. Jadi tas lah yang cocok untuk traveling mudik dangat bervariasi tenggantung jenis tipe, warna, hingga ukuran liter yang menjadi pilihan terbaik.  Plesirankotatua ingin berbagi sedikit pengalaman bagi anda yang masih bingung memilih tas untuk beberapa keperluan mudik, traveling, atau pun dinas luar kantor hanya situasi saja yang berbeda tetapi maksud dan tujuan bisa anda aplikasi kan sesuai dengan timing yang tepat dan tujuan traveling perjal