Langsung ke konten utama

Kuliner Makanan Minangkabau Padang Sumatera Barat Melegenda Khas Enak Serta Unik Sepanjang Masa

Traveler Indonesia yang ingin berlibur di kota Padang Sumatera Baratnya sebutannya Minangkabau harus mengentahui kuliner melegenda yang tentu khas unik dan enak akan terus dikenang sepanjang masa masuh dalam itinerary anda saat ini juta. Hidangan ini merupakan asli olahan dari urang awak yang akan menjadi pilihan penting dengan cita rasa yang pas di lidah terasa nikmat disantap di meja makan untuk menikmati segala suasana yang anda rasakan nanti. Memilih makanan legendaris ini merupakan rujukan penting bagi traveler seluruh Indonesia yang berkunjung ke Ranah Minang sebagai pelengkap liburan sebelum kembali ke aktifitas rutin kerjaan. Berikut rinciannya makanan legendaris tetap hadir di setiap saat.

1. Hidangan Sate Padang.
Poto oleh: goodindonesianfood.com

Kuliner khas yang melegenda dan akan selalu dicari oleh traveler wisatawan adalah Sate Padang. Sangat legenda dan bahkan banyak terlihat penjual sate yang mendorong gerobaknya menjajakan menu ini di setiap sudut kota dan daerah di Sumatera Barat. Termasuk makanan yang akan tersedia sepanjang masa di Ranah Minang dan memanjakan lidah seluruh gender dan umur dengan harga yang sangat terjangkau. Rasa gurih manis pedas dari rempah khusus dari nagari bundo kanduang ini siap anda nikmati dengan beraneka ragam jenis warna kuah menandakan keunikan tersediri hidangan asli dari Minangkabau.

Baca juga:



2. Keripik Balado.
Poto oleh: travelingyuk.com

Berbahan dasar dari singkong yang dijadikan keripik ini disebut sebagai sanjai berasal dari Bukittinggi. Berbalur dengan balado cabe terasa gurih nikmat untuk setiap gigitan kres di waktu senggang. Olahan ini banyak dibuat oleh penduduk lokal asli Minangkabau yang tersebar di pusat kota wisata seperti Bukittinggi dan Batusangkar sebagai oleh oleh khas minang yang sudah melegenda tak terkalahkan bahkan selalu hadir sepanjang masa. Makanan ringan dengan singkong jenis tertentu yang bisa dibuat gurih dan kriuk ini sudah tersedia di beberapa toko keripik balado yang sudah diakui oleh traveler dari Malaysia dan seluruh Indonesia.

Baca juga:

3. Martabak Kubang atau Martabak Mesir Hayuda.
Poto oleh: masakandapurku.com

Sangat legendaris dan pasti disukai oleh urang awak Minang di Padang dan perantauan juga diburu oleh traveler Indonesia. Balutan kulit berisi daging berbumbu mirip suiran rendang ini mampu menggeser menu internasional yang ada di Sumatera Barat. Rasanya sangat gurih lezat dan tidak akan terlupakan adonan paduan bumbu khas yang menyatu dengan daging ini bisa hadir sepanjang masa menjadi lengenda menu yang diolah oleh tangan anak negeri Minang asli ditambah dengan saus kuah cuka ditambah dengan potongan tomat, bawang bombai, dan cabe rawit.

4. Soto Padang.
Poto oleh: nikmatcatering.id

Hidangan soto yang ada di kota Padang ini tentu berbeda dengan soto lain yang ada di Indonesia. Kuliner legendaris dari Sumatera Barat ini juga telah dikenal diseluruh Indonesia dan luar negeri dengan rasa kuah yang sangat gurih berbumbu ditambah dengan irisan dendeng goreng dan paru sangat nikmat sekali untuk menu makan siang dan makan malam. Di kota Padang sudah banyak ditemukan menu ini sebagai makanan andalan yang bisa anda coba seperti di Soto Padang Garuda yang sudah fenomenal dan akan hadir sepanjang masa.

5. Lontong Sayur Malam.
Poto oleh: commons.wikimedia.org

Anda yang suka sarapan pagi lontong sayur di pagi hari ternyata sekarang ini lagi trend di malam hari. Menu sederhana dan sangat disukai oleh siapa saja telah menjelma sebuah menu di waktu malam yang mulai membius selera penduduk lokal dan traveler seluruh Indonesia. Untuk kuah gulai cubadak atau nangka, pakis, hingga tauco tersedia lengkap untuk memanjakan selera seluruh pembeli. Kehadiran lontong sayur malam ini bisa masuk dalam kuliner legendaris asli Padang yang sangat dicari dan akan selalu ada. Paling terkenal adalah lontong malan di stasiun kereta api Padang Simpang Haru, Lontong Malam di eks SMEA 1, dan di Jl Dr Soetomo. Untuk pagi hari menu sarapan pagi ini bisa anda nikmati di dekat Rumah Sakit Dr Reksodiwiryo tepatnya di Jl.Proklamasi, atau di daerah Aur Duri dekat asrama AD di pertigaan Jl Aur Duri 4, masih di Jl Dr Soetomo nama lontong sayur Da Man juga enak dan lezat.

6. Es Cendol Patimura.
Poto oleh: snap361.com

Kuliner cendol ini telha lama hadir yang awalnya hanya sebuah gerobak sederhana sekarang sudah berada di sebuah tempat di Jalan Patimura tepatnya di ujung bertemunya dengan Jl Ahmad Yani. Es cendol yang unik rasanya ditambah dengan ampiang [sebutan penduduk lokasi sejenis beras ketan yang ditumbuk dengan kelapa] bercampur dengan gula merah sangat segar sekali jika anda menikmati di cuaca terik pada siang hari. Kuliner legendaris dari kota Padang ini sangat unik dan harganya sangat terjangkau disukai dari segala umur siap menyapa anda saat berkunjung ke kota Padang.

7. Rumah Makan Padang.
Menemukan tempat makan yang sangat disukai, lengkao, dan rasanya sangat nikmat juga hadir di kota Padang. Rumah makan yang sangat disukai bahkan selalu penuh setiap hari adalah RM Lamun Ombak. Aneka jenis menu masakan khas padang yang legendari ada seperti rendang, olahan gulai, olahan balado, gorengan balado, dan lainnya bisa anda nikmati. Sangat terkenal dan sudah menjadi destinasi khusus waktu anda berlibur di kota Padang harus makan di tempat ini.

8. Nasi Kapau Bukittinggi.
Poto oleh: goodindonesianfood.com

Sebenarnya hampir mirip dengan nasi Padang di Jakarta tetapi ini ada perbedaan. Menu Nasi Kapau ini asli dari Bukittinggi dimana kuah gulai kental membasahi nasi dengan aneke jenis lauk pauk pilihan kesukaan perantau Minang dan traveler. Lokasinya di Los Lambuang Pasar Ateh Bukittinggi berjejer penjual nasi kapau yang begitu lezat dan akan membahagiakan lidah anda karena kelezatan olahan masakan oleh penjual. Yang sangat terkenal adalan Nasi Kapau Uni Lis dan Nasi Kapau Uni Er. Tergantung selera sebenarnya, di area ini banyak sekali penjual nasi kapau, kalau traveler akan melihat dimana pengunjung yang paling ramai dan antri sudah dipastikan masakannya enak dan lezat. Cocok sekali untuk menu makan siang di Bukittinggi terasa bedanya.

9. Bika Si Mariana.
Poto oleh: wisatasumbar.net

Menu ini sudah sangat terkenal bahkan diolah dari bahan bermutu tinggi dan dimasak dengan sangat tradisional menggunakan tungku dan kayu bakar. Lokasinya di koto baru tepatnya di Jalan Raya Padang Panjang Bukittinggi sudah banyak digemari dari generasi ke generasi untuk menikmatinya. Untuk masalah harga tidak udah anda khawatir sangat terjangkau, sekarang ini ada dua variasi rasa: rasa original dan rasa gula merah.

10. Itiak Lado Hijau atau Bebek Cabe Ijo.
Poto oleh: itiakladomudo.com

Kalau di Jakarta terkenal dengan nasi bebek ala masakan madura di Minang ada menu yang sama tetapi sedikit berbeda dalam rasa bernama Itiak Lado Hijau atau Bebek Cabe Ijo. Masakan ini terkenal di daerah Bukittinggi dan lokasi penjual yang banyak direkomendasikan dan nikmat sekali yaitu di daerah Nagarai Sianok tepatnya di tepi sungai nya arah ke Taruko Cafe Resto Bukittinggi. Menu ini sangat lezat paduan olahan cabe ijo berbalur dengan bebek yang lembut dan gurih sampai ke daging dan tulang bebek dari bumbu khas siap disantap bersama nasi hangat di meja makan. Sangat khas bahkan legendaris menjadi menu yang diburu oleh para perantau Minang dan traveler dari seluruh Indonesia dan luar negeri untuk sempat menikmati hidangan ini sebagai menu favorit legendaris dan hadir sepanjang masa.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.