Langsung ke konten utama

Cara Mendaki Gunung Kerinci | Mount Kerinci

Ekspedisi cara-mendaki-gunung-kerinci|hiking-mount-kerinci sudah mendunia bahkan telah menggiring para pecinta alam ini untuk berbondong-bondong datang secara kelompok. Memang jalurnya sangat tepat untuk menguji adrenalin para pendaki dengan kosentrasi tinggi karena Gunung-Kerinci masuk kedalam Taman Nasional Kerinci Seblat yang mempunyai treking cukup sulit. Nah, ekspedisi ini harus memiliki persiapan yang cukup matang, fisik, sehat, serta para peserta memiliki jiwa pertualangan tinggi ibarat seorang pecinta alam. Jadi, tulisan ini dipersipkan kepada rekan semua yang butuh informasi lengkap cara-mendaki-gunung-kerinci, transportasi, peta-jalur, hingga biaya yang dikeluarkan selama perjalanan. 

Poto oleh: kerincinews.com

PERSIAPAN MENDAKI.
Tentu persiapan pendakian ini dimulai dari peserta treking mendaki, musim, serta waktu yang tepat untuk bisa sampai ke puncak dengan selamat. Persiapan yang pertama adalah perlengkapan selama treking seperti sepatu, pakaian, tenda, serta logistik. Bahkan ada para pendaki membuat skema gambar agar treking pendakian lebih informatif serta terarah. Proses pendakian sebaiknya dilakukan secara berkelompok atau rombongan agar lebih akrab dan suasana terasa santai dan bisa saling menjaga selama perjalanan.



PERJALANAN DIMULAI.
Banyaknya para pendaki yang start keberangkatan dari DKI Jakarta. Rekomendasi terbaik untuk menggunakan pesawat udara tujuan ke Padang dan menuju ke lokasi awal pendakian. Kenapa tidak langsung ke Jambi untuk keberangkatan?. Para pendaki lebih menyenangi perjalanan start dari kota Padang karena anda akan mendapatkan beberapa nilai positif seperti pemandangan alam Sumatera Barat selama perjalanan bisa menambah koleksi pengalaman anda jika telah berhasil melakukan ekspedisi ini. 

Para pendaki akan memulai perjalanan dari Homestay Paiman. Homestay ini dapat dikatakan sebagai basecamp atau meeting point untuk memulai pendakian. Bagaimana cara sampai ke lokasi yang merupakan tempat berkumpulnya para pendaki disini sebelum memulai ekspedisi pendakian Gunung Kerinci.
1. Anda bisa melakukan perjalanan menggunakan mobil carteran dari Bandara BIM Padang. Karena lokasi ini cukup jauh dari pusat kota +/- 8 Jam. Untuk mobil carteran rental anda bisa memilih jika ada referensi dari rekan di Padang.
2. Untuk kendaraan umum relatif agak sulit dan estafetnya banyak sekali jadi disarankan menaiki Travel ke Sungai Penuh. Lokasi travel ini di daerah Air Tawar Padang yang masih satu jalur dengan bus bandara Damri dan Tranex. Berikut nomor kontak Travel Padang Sungai Penuh: Travel Safa Marwa [+6285263558899 , +627517875131 , +62748324818 , +62748324411] | Travel Ayu [+627517878747 , +62748324818 , +62748324411 , +6274822074] | Travel Klinci Putih [+62751446678]. Keberangkatan travel ada dua keberangkatan pada pagi jam 08:00 WIB dan malam jam 19:00 WIB dengan tiket IDR120.000.

Setelah anda sampai di Homestay Paiman sebagai start awal berkumpulnya pada pendaki dari seluruh penjuru negeri dan dunia anda bisa memulai treking dari sini.

PETA TREKING MENDAKI GUNUNG KERINCI.
Setelah anda bermalam di Homestay Paiman anda juga bisa menemukan pendaki dari berbagai penjuru daerah datang dengan dengan tujuan yang sama yaitu mendaki Gunung Kerinci. Untuk menuju start awal anda harus mendaftarkan diri kepada petugas Taman Nasional Kerinci Seblat [TNKS] untuk mendapatkan permit masuk. Anda harus melakukannya karena lokasi ini termasuk Taman Nasional yang dilindungi.

PERJALANAN RUTE PETA JALUR PENDAKIAAN GUNUNG KERINCI.
FORMULA PERJALANAN ATAU RUTE PETA DAKI.
Pos Masuk atau Pintu Rimba --> POS I [Banku Panjang] --> POS II [Batu Lumut] --> POS III [Pondok Panorama] --> SHELTER I --> SHELTER II --> SHELTER III --> PUNCAK GUNUNG KERINCI

Jam berangkat : 07:00 WIB lengkapi dengan sarapan yang bergizi agar perjalanan awal tetap baik dan lancar. Menuju ke TNKS anda akan melihat pemandangan hijau kebun teh yang sangat indah yang dimiliki oleh PTPN yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pemandangan awal menjadi penyemangat anda untuk memulai daki Gunung Kerinci.

PERJALANAN KE POS I
Setelah mendaftar di TNKS persiapan dimulai dengan seluruh perlengkapan telah siap. Perjalanan menuju POS I [Bangku Panjang] masih relatif santai tidak begitu banyak tanjakan yang berarti tetapi ini awal pemanasan untuk treking yang sudah menanti. Anda bisa melewati perkebunan masyarakat dengan udara yang sangat sejuk di pagi hari. Perjalanan setelah melewati perkebunan atau pertanian rakyat anda sudah mulai memasuki kawasan hutang yang sudah cukup rapat. Lama perjalanan untuk sampai ke POST +/- 45 menit.

PERJALANAN KE POS II dan POS III
Setelah anda istirahat sejenak di POS I saatnya perjalanan ke POS II dilakukan. Medan sudah mulai terlihat mendaki dengan munculnya di perjalanan akar pohon besar yang akan memberikan sedikit tantangan anda untuk melangkah. Setiap langkah anda harus dipastikan kuat karena medan treking sudah mulai terlihat licin. Jadi keseimbangan dengan barang bawaan harus diperhatikan karena bisa mengakibatkan anda terpeleset atau jatuh. Lama perjalanan dari POS II ke POS III sekitar +/- 1 jam.

PERJALANAN KE SHELTER I
Setelah anda beristirahat sejenak dengan melepas lelah selama perjalanan, persiapan untuk menuju ke Shelter I dimulai. Medan sudah mulai meningkat ketajaman kemiringan dengan akar pohon besar sudah mulai nampak bercokol di tengah jalan. Inilah perjalanan yang harus anda taklukan dengan keseimbangan yang prima harus dipertahankan. Lama perjalanan sampai ke Shelter I sekitar +/- 3 jam. Apabila suasana hari sudah mulai mendekati sore sebaiknya anda mengninap di lokasi ini. Karena jika anda paksakan untuk melangkah akan kemalanan di jalan, tidak baik untuk keselamatan. Sekitar lokasi cukup datar dan anda bisa mendirikan tenda untuk bermalam.

PERJALANAN KE SHELTER II
Setelah istirahat semalam dan sarapan pagi, persiapan perjalanan sudah dimulai. Dengan kondisi tubuh yang sudah mulai prima dan  telah sarapan pagi perjalanan dimulai. Menuju Shelter II ini kondisi medan mulai meningkat tingkat kesulitannya sehingga anda harus mempunyai fisik yang cukup prima bahkan keseimbangan perjalanan harus lebih ditingkatkan. Kondisi jalan yang menantang ini ada mempunyai kedalaman 1-4 menter yang akan membutuhkan tenaga ekstra untuk melangkah sampai ke puncak pijakan baru. Bahkan ada pijakan yang licin dan kemiringan sudah mulai sampai 70 derajat. Jadi fisik kuat sudah mulai nampak di perjalanan ini. Lama perjalanan sekitar +/- 3-4 jam. 

PERJALANAN KE SHELTER III
Setelah memperbaiki kondisi nafas yang cukup membuat kelelahan melangkah dan telah istirahat, perjalanan menuju ke Shelter III dimulai. Medan bertambah tinggi tingkat kesulitannya dengan kemiringan yang bukit lebih dari 70 derajat dan pijakan melangkah yang licin. Perjalanan yang melelahkan ini ditempuh sekitar 2-3 jam dengan kelelahan yang luar biasa. Pada Shelter ini biasanya pendaki sudah menjelang sore dan harus bermalam di lokasi ini. Tempat pendirian tenda cukup tersedia dengan adanya dataran yang bisa anda  beristirahat dengan tenda yang terlah dipersiapkan. Di lokasi ini anda sudah mulai melihat keindahan diatas gunung dengan panorama hutan yang masih terjaga kelestariannya dan kabut putih di sisi kiri dan kanan. Malam sudah mulai menjelang dan persiapan untuk istirahat anda untuk menuju puncak Gunung Kerinci akan dimulai keesokan harinya.



PERJALANAN KE PUNCAK GUNUNG KERINCI [3.805 meter dpl]
Inilah final perjalanan dengan tingkat kesulitan yang relatif bisa diikuti. Setelah anda bermalam untuk melepas kepenatan saatnya untuk mempersiapkan kondisi tubuh untuk bangun dini hari untuk melihat sunrise di pagi hari yang sangat indah. Di puncak inilah anda bisa melihat keindahan gunung yang tertinggi di Pulau Sumatera ini menjadi pengalaman yang tidak bisa terlupakan dengan segala tantangan yang telah dilalui. Sebaiknya anda melangkah sekitar jam 03:00 WIB untuk bisa sampai di puncak sekitar 06:00 WIB. Jadi pejalanan sekitar +/- 3 jam untuk bisa menikamti sunris pagi dengan keindahan pemandangan alam diatas awan bisa terliat dari puncak ini. Selamat anda telah sampai ke puncak bukit dengan tantangan tersendiri yang telah anda terima selama perjalanan treking ini.

TIPS MENDAKI GUNUNG KERINCI.
Ada beberapa tips yang perlu anda cermati untuk cara-mendaki-gunung-kerinci-jambi ini adalah sebagai berikut:
1. Pastikan jadwal mendaki tidak pada musim hujan karena treking medan akan sangat kurang bersahabat. Pada musim hujan banyak sekali ketidaknyamanan selama pendakian khususnya alam yang sangat hebat untuk ditakluti seperti air dan medan yang sangat licin.
2. Persiapkan sepatu khusus mendaki yang bisa memperkokoh langkah anda untuk berpijak. Sebaiknya jenis sepatu khusus mendaki gunung yang sudah standar untuk dipakai pada treking ini. Ada hal tambahan seperti tongkat untuk berpegang ataupun senter penerangan. 
3. Anda selalu mempersiapkan kebutuhan logistik yang cukup selama pendakian agar pada saat istirahat di pos ataupun shelter cukup untuk bertahan hidup. Terutama air minum yang selalu diperhatikan.
4. Kesadaran untuk membuang sampah pada tempat yang tersedia harus diperhatikan. Karena masalah sampah ini akan selalu ada apabila sudah dimasuki oleh kegiatan manusia seperti wisata pecinta alam dan lainnya. Jadi, kerjasamanya untuk menjadi kebersihan juga dimulai dari diri sendiri agar lokasi ini masih tetap nyaman dan bersih.
5. Jangan melakukan kegiatan merusak lingkungan apapun bentuknya seperti corat-coret, membakar hutan, serta menebang pohon sembarangan. Peraturan yang ditetapkan oleh TNKS harus anda taati sehingga kelestarian hutan yang dilindungi tetap terjaga.
6. Jika barang bawaan anda cukup banyak dan relatif berat untuk dibawa maka dipintu masuk atau di Homestay Paiman sudah ada jasa porter untuk membawa barang-barang penting anda. Atau anda juga bisa menanyakan kepada Homestay siapa saja yang mau membawa barang ini untuk treking pendakian. Harga bisa anda negosiasikan kepada porter ini karena mereka juga bisa menjadi petunjuk jalan dan navigasi anda selama treking ke Gunung Kerinci. Ya sebagai membagi rejeki ke penduduk lokal yang butuh penghidupan dari kunjungan wisata seperti anda ini.
7. Jika anda seorang muslim harus melaksanakan sholat fardhu wajib. Sehingga anda tetap bersyukur segala nikmat kesehatan yang telah diberikan-Nya kepada anda untuk bisa mendaki Gunung Kerinci yang sangat indah ini.

Semoga tulisan ini bisa menjadi membuka cakrawala anda cara-mendaki-gunung-kerinci | mount-kerinci yang sudah mendunia ini. Berharap anda tetap sehat dan semangat dengan segala kelebihan kesehatan yang telah anda nikmati untuk bisa menikmati wisata alam mendaki gunung. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya: