Langsung ke konten utama

Mana Yang Lebih Baik Mudik Pulang Kampung Menggunakan Pesawat Udara, Kapal Laut, atau Perjalanan Darat

Dengan sudah mudahnya jalur transportasi yang tersedia saat ini anda sudah bisa melakukan pilah pilih mudik pulang kampung halaman menggunakan pesawat udara, kapal laut, atau perjalanan darat. Perjalanan darat disini kami maksud adalah membawa mobil pribadi sebagai pilihan. Untuk bus kami tidak memasukan dalam sebuah opsi pilihan karena sudah tertuju kepada anak muda yang belum berkeluarga jadi lebih fleksibel. Khusus bagi anda yang telah punya keluarga tentu harus meneliti lebih rinci lagi semua pilihan ini, karena ada aspek adanya anak-anak yang akan ikut bersama anda serta berbagai masalah yang akan dihadapi saat perjalanan berlangsung.


Poto oleh: signumsped.com

Hal yang paling diutamakan untuk ditelaah adalah masalah biaya yang ditimbulkan demi satu acara silaturahmi yang akan terlaksana satu kali dalam setahun ini anda sebagai kepala rumah tangga harus memberanikan diri untuk mengambil keputusan terbaik untuk seluruh anggota keluarga, budget biaya yang dipersiapkan, serta konsekwensi yang akan dihadapi selama perjalanan ini berlangsung.

Plesirankotatua berhasil menghimpun seluruh informasi yang beredar dalam sebuah tulisan artikel yang cukup rinci ini untuk pembaca setia yang ingin mendapatkan informasi untuk berbagi sharing pengalaman agar cita-cita anda untuk pulang bersama keluarga tercinta bisa terwujud dengan pilihan terbaik. Berikut penjelasannya.

FORMULA: Perjalanan darat yang akan ditempuh lebih dari satu hari perjalanan. Mobil yang anda pakai tidak sewa atau rental alias milik sendiri.

I. Perjalanalan Darat Membawa Kendaraan Pribadi.
Pilihan yang sangat banyak dilakukan oleh satu keluarga penuh dengan anggota keluarga penting seperti ayah, ibu, anak, bahkan ada beberapa saudara yang ikut. Mungkin sebagai sopir cadangan pengganti sopir utama atau ikut serta bersama anda. Ada cerita dibalik pilihan ini yang perlu dicermati.

a. Khusus perjalanan darat ini terbebas dari anak balita atau anak umurnya dibawah 10 tahun. Karena masalah kebosanan serta kerewelan mereka akan menjadikan perjalanan sedikit menimbulkan stress dan waktu perjalanan relatif lebih panjang. Anda tidak bisa membawa kendaraan pada kecepatan tinggi karena akan memperhatikan keselamatan keluarga. 

b. Jalur tempuh perjalanan harus masuk kedalam pusat kota karena mempertimbangkan segala sesuatu yang mungkin terjadi terhadap anak-anak. Karena anak-anak cukup rentan dengan masuk angin, kesehatan tidak prima, serta mabuk perjalanan mengakibatkan anda harus istirahat di pusat kota sejenak untuk memulihkan stamina kembali baru perjalanan akan dilanjutkan.

c. Waktu perjalanan harus anda persiapkan lebih membutuhkan waktu lebih lama dari waktu normal waktu di tempuh orang dewasa. Karena pertimbangan anggota keluarga lainnya anda harus memperhatikannya agar keselamatan dan kenyamanan tercipta untuk sampai ke tujuan kesehatan tetap prima dan tidak ada yang sakit.

d. Biaya yang dipersiapkan relatif masih terjangkau karena pilihan seperti ini terbaik untuk anda membawa anggota keluarga lebih dari 4 orang. Untuk ukuran mobil minibus standar sekelas Avanza, Xenia, dan Kijang Inova jumlah penumpang ideal untuk perjalanan jauh seperti ini sangat cocok. Tidak terlalu sempit dan tidak terlalu lapang. Satandar cukup untuk sebuah perjalanan keluarga.

e. Apabila anda juga ingin membawa kendaraan saat sekarang ini anda memiliki balita atau anak-anak dibawah 10 tahun maka solusinya adalah anda harus memberangkatkan anak anda tersebut dengan ibu menggunakan transportasi yang cukup baik seperti pesawat udara. Karena untuk antisipasi permasalahan yang akan ditemukan seperti yang telah diuraikan diatas sehingga anda dan anggota keluarga lain ikut melakukan perjalanan menggunakan kendaraan.

Hal-hal lain yang akan dihadapi selama perjalanan darat untuk mudik sampai ke tujuan akhir.

MELEWATI SELAT PULAU.
Jalur transportasi pada saat sekarang ini untuk terhubung dengan pulau lain adalah harus melewati selat seperti Selat Sunda. Hal ini juga berlaku untuk selat lain yang harus ditempuh pada perjalanan darat kali ini. Pada saat mudik sudah tentu anda akan masuk dalam kapal ferry untuk sampai ke seberang. Tantangan yang akan timbul adalah banyaknya mobil pribadi lain yang tujuannya sama dengan anda harus antri, dan jika waktu hari puncak akan butuh waktu berjam-jam antri dan harus memiliki stamina seluruh anggota keluarga. Pastikan anda harus memperhatikan hal ini karena akan terjadi beberapa gesekan dengan pembawa mobil lainnya, harus antri dengan teratur, ikuti jalur yang telah ditentukan oleh petugas, serta bawa perlengkapan penting selama perjalanan ada di dalam mobil anda.

KESIMPULAN.
Membawa kendaraan mobil pribadi untuk melakukan perjalanan jauh sangat banyak diminati tetapi anda harus memiliki trik khusus untuk menghadapinya. Karena anda berangkat bersama keluarga sudah tentu pasti di  kota tujuan akan butuh kendaraan untuk melakukan perjalanan lain untuk silaturahmi ke keluarga. Pada saat mudik Lebaran ini tentu sewa kendaraan di kota tujuan akan sudah tidak ada pilihan lagi, itupun kondisinya tidak disukai. Trik kombinasilah bisa anda terapkan, untuk anggota keluarga yang umur terbaik ikut bersama anda diatas umur 10 tahun. Sudah bisa diberi pengertian serta cukup relatif mudah menenangkan mereka. Tetapi untuk anggota keluarga dibawah umur 10 tahun sebaiknya menggunakan pesawat udara untuk sampai ke kota tujuan agar tidak terjadi segala sesuatu demi kenyamanan perjalanan.

Hal penting yang sangat diperhatikan adalah waktu terbaik perjalanan untuk terhindar penumpukan kendaraan. Jadwal terbaik adalah antara H-10 sampai dengan H0-7 adalah pilihan yang sangat direkomendasikan untuk anda membawa kendaraan mobil minibus bersama anggota keluarga.


II. Perjalanan Menggunakan Kapal Laut.
Pilihan perjalanan ini sudah tentu pasti untuk seluruh rute yang dilalui oleh kapal seperti PELNI. Jalur perjalanan yang akan ditempuh sudah tentu pasti membutuhkan waktu lebih dari satu hari yang butuh fisik, kesehatan, serta kewaspadaan tinggi terhadap seluruh perhatian terhadap barang bawaan. Perjalanan darat ini banyak digunakan oleh para calon pemudik di wilayah Indonesia bagian timur menuju ke Indonesia bagian Tengah dan Barat. Jalur yang dibuka tentu di pelabuhan penting yang ada jalur bongkar muat penumpang dengan fasilitas yang mencukupi. Sebelum anda melabuhkan pilihan menggunakan kapal laut ada beberapa poin penting dibalik pilihan tersebut seperti Belawan, Tanjung Priuk, Tanjung Mas Semarang, Tanjung Perak Surabaya, Makassar, Ambon, Biak, dan sebagainya.

a. Perjalanan menggunakan kapal laut ini lebih diperuntukan untuk orang dewasa karena banyaknya peminat armada kapal laut ini terutama di dekat mudik Lebaran Idul Fitri sudah tentu pasti membludaknya penumpang pada saat mau dekat hari-h. Dari pengalaman yang ada selama ini penumpang kapal banyak sekali orang dewasa yang saling berdesakan untuk memasuki kapal terutama di klas ekonomi tentu yang membawa anak-anak sebaiknya untuk tidak ikut serta karena masalah keselamatan dan keamanan.

b. Hanya armada laut saja sebagai transportasi terbaik untuk pulang mudik untuk saat sekarang ini terutama di wilayah Indonesia bagian timur hanya kapal laut lah jalan terbaik untuk pulang kampung. Ada solusi terbaik berdasarkan pengalaman yaitu: orang dewasa terlebih dahulu masuk terutama laki-laki yang memiliki tenaga cukup kuat. Setelah anda mendapatkan tempat di kapal dan sesuai dengan kelas masing-masing makan anggota keluarga seperti anak-anak dipersilahkan masuk untuk menempati kelas yang telah sesuai dengan tiket pembelian.

c. Untuk menghindari penumpukan penumpang dan anda ingin tetap masuk bersama dengan anggota keluarga sebaiknya anda memilih keberangkatan jauh-jauh hari seperti H-10 sampai H-7. Pada waktu ini jumlah pemudik masih tidak terlalu banyak dan menumpuk dan anda bisa menjaga anggota keluarga dengan penuh.

d. Pastikan barang bawaan anda tetap dalam pengawasan penuh karena barang bawaan tersebut ikut naik bersama anda selama pelayaran. Jumlah ukuran barang yang dibawa sebaiknya disesuaikan dengan kapasitas angkut laki-laki dewasa agar memudahkan anda untuk bongkar muat saat sampai ke kota tujuan. Apabila menggunakan tenaga porter angkut barang sebaiknya pilih dari perkumpulan tenaga porter dari pelabuhan yang ditunjuk resmi karena masalah keamanan barang serta anda bisa memonitor barang yang akan mereka bawa sampai ke tujuan nanti dengan melihat nemer punggung yang tertera di baju seragam resmi yang mereka pakai.

e. Perjalanan ini sebenarnya relatif nyaman untuk membawa anak-anak umur diatas 10 tahun karena selama berlayar bisa istirahat dan menikmati perjalanan dengan santai. Pastikan seluruh logistik makanan serta minuman dan perlengkapan lainnya dibawa dan dipisahkan dari barang utama agar memudahkan anda untuk mencari dan saat memerlukan tidak repot mengeluarkannya seperti perlengkapan mandi atau pakaian bersih.

f. Tidak perlu membawa uang terlalu banyak selama perjalanan serta perhiasaan yang sangat menyolok perhatian. Seperlunya saja agar perjalanan anda tetap aman terhindar dari pencurian atau pencopetan. Untuk masalah uang tunai anda bisa membawa secukupnya selama aktifitas ekonomi selama di kapal seperti membeli makanan dan minuman lain apabila stok logistik anda sudah menipis.

KESIMPULAN.
Transportasi laut untuk wilayah Indonesia bagian timur pada saat sekarang ini masih dalam kebutuhan primer untuk pulang kampung karena harganya masih sangat terjangkau serta bisa dinaiki berbagai umur cukup nyaman dan menyenangkan. Masalah yang akan timbul adalah pada saat naik dan turun akan saling berdesakan tentu akan membuat masalah baru bagi anda yang membawa anak-anak. Hanya saja cara yang tepat untuk menjawab itu semua andalah anda harus sabar mempersilahkan penumpang lain yang ingin cepat turun dan harus memunggu sesaat setelah sepi dan melangkang dengan nyama serta tidak berdesakan. Khusus untuk penumpang yang membawa anak-anak agar memperhatikan cara seperti ini untuk melindungi mereka tetap selama sampai tujuan.

III. Perjalanan Menggunakan Kereta Api.
Transportasi andalan bagi pemudik khususnya di Pulau Jawa dan beberapa jalur lainnya seperti Lampung ke Palembang serta sekitar Medan. Untuk wilayah kota Padang hanya skala lokal saja tidak menempuh waktu terlalu lama. Untuk mudik menggunakan kereta api sebenarnya dari tahun ke tahun menjadi pilihan yang terbaik tetapi keterbatasan jumlah kursi dan gerbong yang disediakan oleh pihak KAI lah yang menjadi permasalahannya. Peminat yang sangat tinggi membuat tiket keberangkat pada hari-h sudah dipastikan akan cepat laku alias habis terjual. Karena ketepatan waktu perjalanan serta kenyamanan kereta sekarang sudah sangat jauh lebih baik dari tahun sebelumnya menjadi andalan para pemudik yang ingin pulang kampung bersilaturahmi dengan keluarga.

a. Khusus anda memiliki anggota keluarga seperti anak-anak umur dibawah 10 tahun sebaiknya memberangkatkan mereka lebih awal, untuk orang dewasa bisa anda sesuaikan apakah membawa mobil pribadi ataupun naik bis sebagai cara jitu untuk mengatasi permasalahan yang mungkin timbul seperti kerewelan dan ketidaknyamanan mereka dengan situasi di perjalanan. Keberangkatan awal ini sebaiknya dimulai pada H-15 sampai H-10 karena ketersediaan kursi masih relatif banyak dan pulang mudik bisa terlaksana dengan lancar.

a. Dengan memberangkatkan mereka terlebih dahulu sebenarnya untuk antisipasi mendapatkan tiket kereta untuk pulang kampung, karena anak-anak umur dibawah 10 tahun masih wajar mereka masih agak rewel dan tidak nyaman selama perjalanan karena penumpukan penumpang yang sangat tinggi di stasiun keberangkatan.

b. Belilah tiket yang memiliki tingkat kenyamanan yang cukup baik selama perjalanan seperti kelas bisnis ataupun eksekutif agar masalah ketidaknyamanan mereka bisa teratasi dengan pilihan terbaik seperti ini.

c. Khusus bagi anda yang mudik pulang kampung halaman di pulau Jawa cara penghematan yang bisa anda lakukan harus ada beberpa pilihan parsial seperti ini supaya anggota keluarga lain tidak terbebani dengan ketidaknyamanan khususnya anak-anak.

d. Untuk orang dewasa lainnya seperti anda banyak sekali pilihan lain seperti membawa kendaraan bermotor, naik bus, ataupun membawa mobil pada saat cuti lebaran dari kantor diberikan. Untuk karyawan kantoran biasanya libur tidak terlalu banyak hanya satu hari sebelum cuti bersama diberikan. 

KESIMPULAN.
Pilihan transportasi kereta api sudah menjadi pilihan yang sangat terbaik untuk seluruh penumpang. Tidak hanya yang berkeluarga saja tentu untuk anak muda yang masih belum berkeluarga akan memilih kereta api sebagai cara yang sangat direkomendasikan untuk mudik pulang kampung halaman. Tidak macet dijalan, mempunyai jalur sendiri, untuk tenaga keamanan juga sudah tersedia, tidak ada lagi penumpang yang duduk di lorong, bahkan tingkat kenyamanannya sudah sangat jauh lebih baik. 

Keluarga adalah hal yang paling utama untuk dipikirkan tingkat kenyamanannya saat pulang kampung nanti khususnya anak-anak. Sebaiknya pemilihan waktu keberangkat didahulukan sebagai solusi terbaik agar mereka tetap bisa pulang kampung dengan kenyamanan yang masih dapat diharapkan. Pemilihan kelas tergantung dari anggaran yang dipersiapkan apakah kelas ekonomi, bisnis, ataupun eksekutif. Pemilihan kelas ini diperuntukan agar mereka tidak rewel selama perjalanan dan tetap sehat selama trip nanti.

IV. Perjalanan Menggunakan Pesawat Udara.
Pilihan terbaik dan termahal saat melakukan mudik pulang kampung. Sangat praktis dan sangat cepat sampai ke kampung halaman. Dengan pilihan cepat dan terbaik ini tentu anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk seluruh anggota keluarga inti. Antisipasinya untuk ingin cepat sampai ya harus membagi beberapa cara alternatif diatas sesuai dengan keinginan. Untuk melakukan penghematan memang harus ada yang dikorbankan. Ada beberapa keluarga yang ikut naik pesawat sedangkan anda sebagai kepala rumah tangga menggunakan transportasi darat untuk membawa kendaraan untuk sampai ke kampung halaman seperti mobil minibus.

Tergantung dari kebutuhan anda waktu keberangkatan pulang mudik nanti, siapa saja yang ikut naik pesawat dan siapa saja yang ikut secara parsial dengan beberapa pilihan dari alternatif dari penjelasan diatas. Cara seperti ini memang sudah banyak dilakukan karena masalah penghematan biaya tadi. Saat liburan panjang seperti mudik lebaran ini semua tiket akan merangkak naik karena kebutuhan untuk pulang kampung sangat tinggi dan mengharuskan anda untuk memutar otak agar biaya yang dikeluarkan masih bisa dikontrol dengan baik.

PENUTUP.
Setelah anda mengetahui rencana yang akan dipilih tentu mengharuskan anda untuk menghitung plus dan minusnya sebuah perjalanan jauh seperti pulang mudik bersama keluarga di Lebaran Idul Fitri ini. Perjalanan tentu membutuhkan waktu yang sangat cukup diperjalanan, selama di kampung halaman, hingga waktu perjalanan pulang kembali ke rumah. Aktifitas seperti ini akan terus terulang dan akan butuh strategi pilihan terbaik agar semuanya bisa tetap nyaman dan keuangan anda tetap terkontrol selama perjalanan setahun sekali ini. Semoga bermanfaat, carilah alternatif kombinasi pilihan yang sesuai dengan karakter perjalanan anda yang akan diciptakan supaya silaturahmi tetap berjalan dan liburan bersama keluarga tetap terjaga kualitasnya serta keuangan tetap masih bisa terkontrol.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.