Langsung ke konten utama

Masakan Rumahan Orang Minang: Samba Buruak-Buruak Kreasi Nenek Moyang Melegenda Sepanjang Masa

Masyarakat Minangkabau asli sudah sangat mengenal jenis masakan rumahan yang sangat sederhana ngangenin dan akan selalu ditanya kepada orang tua di kampung halaman untuk dibuatkan kembali saat berada di rumah kelahiran. Memang masakan ini sangat fenomenal bahkan tidak tergantikan dengan masakan lainnya saat berada diperantauan negeri orang. Sebagian orang beranggapan masakan ini telah ada saat mereka lahir dan sampai sekarang ini sudah sangat jarang ditemukan lagi itupun harus diminta kepada saudara terdekat untuk menyajikan pada saat anda berada di kampung halaman saat berada di liburan penting seperti Lebaran Idul Fitri. Apa saja menu masakan rumahan orang Minangkabau asli yang disebut juga dengan "samba buruak-buruak" yang merupakan kreasi dari ibu kandung yang didapat dari turun-temurun dari nenek moyang, berikut penjelesannya. Rata-rata bahan dasar yang digunakan mudah ditemukan dilingkungan sekitar dan pengolahannya tidak begitu sulit. Sampai sekarang samba buruak-buruak ini tetap menjadi pilihan terbaik saat anda berada di kampung halaman.

1. Goreng Kentang, Ati Ample, dan Petai.
Poto oleh: cookpad.com

Sangat dominan sekali menu ini di kampung halaman dengan bahan seadanya tetapi rasanya sangat melekat di lidah. Keterbatasan jenis bahan dapur tidak menyurutkan hati seorang ibu untuk menyediakan menu untuk putra putri tercinta di setiap hari selepas habis sekolah. Anda jangan salah, walaupun sangat sederhana bahannya menu masakan ini sangat dicari karena otentik sekali dan sudah pasti semua ibu di kampung bisa membuatnya.

2. Kerupuk Singkong Rebus Balado.
Poto oleh: budaya-indonesia.org

Saat panen singkong di kampung sudah pasti ibu selalu melakukan rebus beberapa potong dan apabila tersisa akan di iris melintang tipis akan dijemur di sinar matahari sehingga menjadi kerupuk singkong kering. Sebenarnya singkong rebus ini sudah ada rasanya setelah diberi garam saat rebusan tadi kemudian digoreng kembali setelah kering saat dijemur beberapa saat. Kerupuk singkong ini kemudian diberi sambel cabe kering ataupun cabe basah yang telah ditumis sebelumnya ternyata menghasilkan rasa yang sangat gurih, lezat, dan bisa meningkatkan nafsu makan. Anak-anak di nagari di Minang sudah sangat akrab dengan menu ini dan fenomenal saat telah menjadi dewasa.

3. Telur Kocok Dengan Potongan Kentang.
Poto oleh: ruangmuslimah.co

Menu yang sangat mudah membuatnya hanya butuh telur ayam, potongan kentang, bawang merah, dan cabe merah giling dikocok lepas kemudian dikasih garam lalu di goreng. Masakan ini biasanya tersaji saat anak-anak akan berangkat sekolah sebagai bekal untuk belajar. Namanya di kampung memang sangat terbatas dengan jumlah bahan-bahan untuk bekal anak-anak tetapi seorang ibu tidak akan putus asa untuk menyediakan untuk anak tercinta. Tetap bergizi dan mempunyai nilai kalori yang cukup saat anak mengikuti pelajaran di sekolah.

4. Gulai Cubadak.
Poto oleh: cookpad.com

Sebagai sayur pelengkap makan yang juga tersaji sebagai lontong sarapan pagi juga hadir di masakan ibu di kampung halaman. Cubadak atau nangka yang tumbuh subur di perkarangan rumah atau di kebun bisa disulap menjadi menu yang lezat walau hanya nagka atau cubadak saja. Biasanya gulai cubadak ini bersantan warna kuning sangat gurih lezat, walaupun dalam kesederhanaan suasana kampung inilah masakan buruak-buruak yang akan selalu dikenang sepanjang masa.

5. Samba Lado Hijau Ikan Asin.
Poto oleh: resepdanmasakan.com

Tumisan lado hijau atau cabe ijo yang diambil diperkarangan rumah bisa tersaji lezat dengan campuran ikan asin. Ikan asin ini bisa bebas seperti ikan teri, ikan bilih, ataupun ikan asin ukuran sedang juga cocok dicampur dengan cabe ijo dengan menu samba lado hijau ikan asin. Walaupun sederhana  anda yang berumur 40 tahun keatas sangat mempunyai cerita dibalik masakan sederhana ibu di kampung halaman selalu teringat sampai sekarang.

6. Belut Goreng Balado.
Poto oleh: primarasa.co.id

Sehabis pulang dari sawah sudah tentu pasti Ibu dan Bapak membawa bekal makal yang sangat lezat yaitu belut untuk dijadikan menu lauk untuk hari ini. Dengan baiknya kondisi tanah tentu menghasilkan hasil tangkapan belut yang gurih dan lezat ini berdampak lahapnya makan seluruh anggota keluarga. Sebagian penduduk lokal menyebutnya "samba buruak-buruak", walaupun penampilannya tidak menyakinkan tetapi rasanya jos gandos tak tergantikan dengan menu lainnya.

7. Samba Lado Matah Siram Minyak Kelapa.
Poto oleh: berandama-sakan.blogspot.com

Kreasi nenek moyang untuk membuat lahapnya makan selalu berinovasi pada zamannya. Tidak kalah dan melegenda sekali menu sambel ini yang tidak dimasak sama sekali dengan bahan-bahan yang ada disekitar rumah seperti cabe, tomat, bawang merah, serta jeruk nipis. Setelah bahan tersebut tercampur di mangkok kemudian disiram dengan minyak tanak kelapa panas sehingga terbentuk lah menu samba lado matah siram minyak tanak kelapa. Sungguh enak sekali sampai tak terbayangkan betapa nikmatnya makan siang atau makan malam yang telah disiapkan oleh orang tua tercinta.

8. Teri Kacang Goreng Balado.
Poto oleh: resepnaynay.blogspot.com

Menu merakyat yang sudah pasti banyak ditemukan di kampung halaman, walaupun hanya bahan sangat mudah didapat setelah diolah dengan rasa cinta keluarga dengan makan dengan nasi panas bersama tetap enak dan nikmat. Keterbatasan biaya untuk membeli lauk untuk keluarga seorang ibu sudah pasti memberikan yang terbaik untuk keluarga untuk makan hari ini. Menu simpel ini dari goreng teri dan kadang di tambah tempe disatukan kemudian diberi cabe hijau atau pun merah untuk memberikan rasa pedas untuk makan siang atau makan malam.

9. Anyang Sayuran Segar.
Poto oleh: masakandapurku.com

Sayuran segar seperti daun pepaya, kacang panjang, ataupun toge akan dibuat sandingan anyang dari kelapa parut dengan bumbu sederhana. Paduan ini sangat segar digigit dan cocok dengan menu lainnya. Samba buruak-buruak yang sangat terkenal di ranag Minang ini sekarang masih saja tersedia di meja makan karena bahan yang digunakan sangat mudah didapat dan pengolahannya tidak lah sulit. Nenek moyang Minang berkreasi ini membuka selera makan keluarga saat biaya untuk tercipta sebuah menu tidak begitu banyak tapi masalah selera tetap nomer satu tetap gurih, lezat, dan berserat sehat.

10. Balado Jengkol.
Poto oleh: tokopedia.com/indresstore/

Menu yang sangat idola sekali ini peminatnya sangat banyak, walaupun aroma mulut tida sedap setelah konsumsinya akan diabaikan karena masalah selera rasa. Tetapi dahulu ibu pintar sekali mengurangi bau jengkol ini dengan merendam dan merebus beberapa kali dengan tambahan garam. Olahan jengkol ini direbus sampai empuk serasa daging akan dicampur dengan samba ladu yang diuapkan bersama nasi dengan bahan tomat, cabe, bawang merah, dan garam ini akan matang saat nasi juga matang. Saat disajikan komponen sambel tadi akan digiling di cobekan kemudian ditambah sedikit terasi untuk mempertinggi rasa. Kemudian jengkol rebus yang telah di "tokok" atau dipipihkan di cobekan dibalurkan bersama sambel tadi. Sungguh lezat dan nikmat bersama nasi putih hangat sangat fenomenal untuk kreasi menu dari nenek moyang.

Semoga informasi ini membuka kembali "samba buruak-buruak" kenangan anda waktu masa kecil di kampung halaman untuk dibuat kembali saat berkunjung pulang basamo bersama keluarga besar nanti. Menu ini tidak pernah tergantikan dengan mudahnya membuat suasana kekeluargaan yang sangat kental saat itu menjadi kangen untuk dibuat kembali oleh sang ibu tercinta. Contoh ini hanya beberapa saja, untuk kreasi lain sungguh banyak sekali untuk setiap keluarga di Sumatera Barat. Jika anda memiliki jenis "samba buruak-buruak" lainnya bisa diberikan di kolom komentar dibawah dengan nuansa di kampung halaman di waktu itu.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Jangan Lupakan Oleh Oleh Khas Turki Saat Kembali Pulang Ke Indonesia

Berkesempatan berkunjung ke negera Turki tentu menjadi idaman setiap orang karena negara ini mempunyai pesona tersendiri juga tersimpan oleh-oleh-khas-Turki yang unik dapat juga dijadikan souvenir dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu dengan liburan singkat ini harus ada kenangan tersendiri dengan membeli oleh-oleh-khas-unik-Turki ini bisa dijadikan sebagai koleksi pribadi, hadiah, bahkan untuk dijual kembali sampai di Jakarta tentu mempunyai keasyikan tersendiri. Negara yang terletak di dua benua ini di Asia dan Eropa termasuk dalam perkembangan sejarah Islam tentu akan memiliki perpaduan kebudayaan yang terlihat dalam keindahan kota dan srsitektur gedung yang mempesona. Untuk hidangan lezat juga tercipta olahan tangan terampil yang akan memanjakan lidah seluruh traveler Indonesia yang ingin menghabiskan masa liburannya di negera ini. Apa saja oleh-oleh-khas-Turki yang akan menjadi destinasi belanja anda selama disana berikut penjelasannya.

40 Makanan Khas Indonesia Yang Terkenal Di Dunia Lezat Gurih Ngangenin

Makanan ini termasuk khas di Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia bahkan sangat enak lezat dan gurih terasa kangen jika tidak disantap membuat anda mungkin pusing tujuh keliling jika sudah tidak berada lagi di negeri tercinta ini alias merantau di nergeri orang. Sepele tetapi sangat penting karena urusan perut jika tidak cocok pasti langsung lari ke makanan kesukaan waktu berada di tanah air. Jenis makanan ini merupakan olahan dari penduduk lokal Indonesia yang sudah ada dari zaman dahulu hingga sekarang dan sangat mudah dijumpai di pedagang disekitar. Apa saja makanan khas Indonesia ini yang telah melelehkan lidah anda sehingga tidak akan pernah dilupakan sepanjang masa, Plesirankotatua telah merangkumnya menjadi pilihan yang sangat dicari oleh penduduk lokal dan traveler di seluruh dunia

Makanan Minuman Khusus Bekal Untuk Ekspedisi Pendakian Gunung

Seorang pendaki gunung harus membawa bekal makanan minuman berupa logistik yang harus dibawa agar seluruh rincian daftar penting juga termasuk dalam perlengkapan yang telah dibawa dalam ransel tidak luput dari penglihatan khusus untuk makanan sangat praktis untuk disajikan dan minuman sangat praktis pula untuk dipersiapkan. Persiapan ini harus matang dan menghitung berapa lama eskpedisi pendakian untuk mendaki gunung dengan jumlah peserta yang akan ikut. Hal ini penting agar seluruh makanan dan minuman khusus mengandung nilai gizi kesehatan yang direkomendasikan ini cukup sampai kembali turun ke pos masuk. Berikut rinciannya.

Contoh Ide Model Keramik Kamar Mandi: Minimalis Modern Elegan Kreasikan Pesona Terbaik

Memilih model keramik kamar mandi memang sangat penting karena lokasi vital yang selalu digunakan setiap hari sebagi tempat bersih-bersih dengan pesona yang harus diciptakan oleh pemilik rumah. Membuat kamar mandi menjadi lebih terasa indah dan nyaman memang model keramik menjadi hal yang sangat perinsip akan membuat pemandangan menjadi lebih beretika baik disaat anda pemilik rumah sedang menggunakannya. Memang benar banyak sekali model keramik kamar mandi yang telah di desain oleh provider ingin menjadi model yang disenangi dan dipilih untuk tema kamar mandi dengan harga yang sangat kompetitif. Apapun itu anda sebagai pemilik rumah harus menentukan ide keramik kamar mandi seperti apa yang akan menjadi idola dan idaman yang harus di pilih segera. 

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

20 Nama Makanan Khas Tradisional Halal Dari Swedia Lezat Incaran Traveler Indonesia

Negara Eropa Swedia yang juga mempunyai pariwisata yang menarik ada kuliner makanan khas yang sudah hadir memanjakan lidah seluruh traveler Indonesia dan dunia diolah secara tradisional menajadikan sebuah destinasi yang sebaiknya dicoba. Apabila anda menyukai masakan Eropa negara Swedia juga memiliki rasa yang unik dengan olahan masakan yang sudah dari zaman dahulu hingga sekarang masih ada bahkan sudah menjadi industri makanan yang dijual di restoran hingga pusat jajanan kota Swedia. Inilah nama makanan khas destinasi kuliner yang bisa anda jadikan referensi halal anda jika berada di negara yang sangat dekat dengan Paris dan Inggris ini tersimpan menu makanan siap anda cicipi. Untuk penjual sekarang masih sedikit tetapi bisa anda jadikan rujukan oleh traveler Indonesia  yang selalu mencari olahan makanan bertema halal. Semoga bermunculan tempat makan yang bertema halal di Swedia, semoga.