Langsung ke konten utama

Rekomendasi Makanan Khas Solo Nikmati Kelezatannya

Makanan-khas-Solo harus melengkapi liburan disana karena wisata kuliner akan memberikan pelengkap traveling anda. Aktifitas wajib yang sudah pasti digemari ingin icip jenis makanan yang sudah kudu wajib dilakukan. Jenis makanan-khas-Solo ini memang tidak semua traveler mengetahuinya dengan lengkap karena masalah informasi saja. Apabila sudah diketahui dengan baik dan lengkap sudah tentu pasti akan menjadi perburuan kuliner ini oleh para wisatawan. Memang gaungnya tidak secerah di kuliner tetangganya yaitu Yogyakarta tetapi hal tersebut tidak menjadi sebuah hambatan untuk menyempatkan diri untuk datang ke Solo menikmati hidangan dari segi rasa mirip tetapi tidak sama. Plesirankotatua berhasil merangkum makanan-khas-Solo yang sangat direkomendasikan untuk dinikmati saat anda singgah dengn sebutan lain kota Solo yaitu Surakarta.

1. NASI LIWET.
Poto oleh: dutawisata.co.id

Kuliner-khas-Solo ini sudah tentu pasti akan menjadi sebuah fenomenal dan sudah masuk dalam daftar makanan wajib yang tercatat sejarah traveling di Indonesia. Uniknya saat disajikan sebagai piring adalah daun yang dibuat seperti pincuk dan hidangan nasi, suwiran ayam, telur ayam rebus, hingga gulai sayur labu siap disantap hangat di meja makan. Santan kelapa yang digunakan cukup kental dan memberi sebuah rasa gurih yang sangat lezat. Saat anda mengunjungi kota Solo ini harus siap mencari nasi liwet sebagai kuliner wajib pertama yang harus dicicipi dan nikmati keotentikan sebuah maha karya hasil olahan menu oleh penduduk lokal sepanjang masa. 

2. SERABI SOLO.
Poto oleh: lifestyle.okezone.com

Sudah sangat khas-Solo sekali jika tidak mencoba makanan ini berarti perjalanan anda belum lengkap sudah. Karena otentik dan sudah pasti menjadi ikonik kota Solo masuk dalam daftar makanan-khas-Solo sekarang juga. Sudah tersaji dan hadir sejak tahun 1920-an ini tetap mampu bertahan bahkan tidak bisa tergantikan. Rasa sangat lembut dan manis karena terbuat dari tepung beras dan beberapa jenis variasi rasa seperti original. coklat meses, nangka, dan lainnya. Paling terkenal adalah Serabi Notosuman karena proses pembuatannya masih sangat tradisional menggunakan tungku dan arang. Jangan sampai ketinggalan karena saat waktu buka saja sudah antri dan anda harus menjadi antrian pertama untuk menikmati kelezatan makanan-khas-Surakarta-Solo.

3. SELAT SOLO.
Poto oleh: ayomudik.pu.go.id

Hidangan khas tentu juga tidak akan anda lewatkan. Karena saat pertama kali tersaji adanya pengaruh dari bangsa Eropa dan penduduk lokal mengadopsi makanan ini sesuai dengan keadaan kearifan lokal untuk jenis bahan yang digunakan. Hidangan yang sangat digemari ini tentu unik dan menyegarkan. Mirip sajian sup lengkap dengan potongan sayuran seperti buncis, wortel, kentang goreng, potongan telur, potongan daging, hinga saus mayones juga tersaji lengkap. Masukan makanan-khas-Solo ini saat anda sampai disana dan langsung cicip kelezatan kesegaran dan kegurihannya. 

4. TIMLO.
Poto oleh: masakandapurku.com

Menu timlo harus juga menjadi destinasi icip berikutnya di kota Solo. Warung terbaik untuk mendapatkan seporsi timlo sebaiknya anda berkunjung ke Pasar Gede. Ya sejenis soto dengan rasa yang sangat segar sebagian traveler menyebutnya sup tentu sangat cocok dinikmati saat makan siang sudah menyapa anda. Isiannya cukup lengkap dimulai dari suwiran daging ayam, mi soun, wortel, potongan sosis daging sapi atau ayam, sebagai pelengkap ditambah irisan telur ayam. Jika menu ini tambah lezat tambahkan irisan hari ampela ayam dan telur dadar sebagai peningkat rasa dan siraman kuah kaldu kaya bumbu. 

5. SATE BUNTEL.
Poto oleh: kulinernasional.com

Penggemar sate buntel ini tidak hanya penduduk lokal, para wisatawan, tetapi petinggi Indonesia juga menikmati makanan ini sebagai kuliner wajib saat anda menikmati liburan di kota Solo. Tidak ada alasan anda untuk tidak mencicipi makanan-khas-Solo ini karena sudah sepanjang masa dan teruji kelezatannya disukai oleh seluruh generasi. Sate buntel merupakan sate daging kambing yang kemudian dibungkus dengan lemak tipis dan sebelum disajikan harus di bakar terlebih dahulu di atas arang. Satu porsi sate buntel ditambah dengan kecap manis dan potongan kol dan irisan bawang merah tentu ada cabe rawitnya sebagai rasa pedas untuk satu gigitan. Sudah disukai bahkan menjadi fenomenal sepanjang masa yang harus anda nikmati saat destinasi liburan di kota Solo.

6. TENGKLENG.
Poto oleh: idntimes.com

Tengkleng termasuk olahan menu masakan oleh penduduk lokal asli kota Solo. Kuliner wajib ini tersaji hangat dengan nasi putih dengan guruhnya kuah gulai. Memang gulai isiannya adalah tulang kambing dengan daging yang melekat di setiap jenis tulang ini menjadi sensasi untuk menikmati di ats daun pincuk menjadi sangat otentik kota Surakarta ini. Jadi, saat anda berada di sekitar Pasar Klewer Solo banyak penjual yang menyajikan hidangan tengkleng sebagai menu pokok sarapan pagi anda.

7. BRAMBANG ASEM.
Poto oleh: cookpad.com

Sangat khas dan tradisional sekali jenis makanan ini. Solo tempo dulu bisa anda rasakan sekarang ini dengan memilih menu brambang asem untuk melengkapi sajian cemilan di siang hari. Terbuat dari jenis ubi jalar yang telah direbus yang mempunyai aroma bawang merah dan terasa pedas. Untuk menikmatinya harus ditemani dengan tempe bagus yang tentu terbuat dari ampas tahu. Menu selingan saat makan siang anda tentu sangat unik dan pastinya harga sangat terjangkau.

8. LENJONGAN.
Poto oleh: wisatabaru.com

Merupakan jajanan tradisional yang juga bisa melengkapi wisata kuliner wajib anda di kota Solo. Jajanan ini terasa manis khas Solo yang sudah menjadi pilihan yaitu: ketan hitam, gethuk. tiwul, cenil, sewut, ketan putih, dan klepon. Tentu rasa manis ini bisa menjadi makanan pendamping setelah anda menikmati kuliner utama. Disukai oleh seluruh umur dan pastinya harga sangat terjangkau. Penjual yang banyak ditemukan di Pasar Gede Solo.

9. ES DAWET.
Poto oleh: cumilebay.com

Saat cuaca terik minum es dawet sangat menyegarkan. Es dawet di Solo sangat berbeda karena tersaji dengan segelas dan gula merah asli. Menyegarkan dengan tambahan cendol hijau dengan potongan nangka membuat sajian ini memang sangat melegenda sekali di penduduk lokal dan traveler. Jangan khawatir saat anda berada di terminal jebres atau pasar klewer saja sudah banyak penjual yang menyediakan menu ini sebagai minuman yang wajib anda nikmati saat traveling ke kota yang sangat ramah ini.

10. ES GEMPOL PLERET.
Poto oleh: travellingyuk.com

Berkembangnya zaman menu ini sudah mulai terpinggirkan bahkan sudah sangat sedikit penjual yang rela menjajakan jualannya ini kepada seluruh penduduk lokal dan para wisatawan. Dengan rasa yang menyegarkan dan masih di buat secara tradisional ini mampu menghipnotis para wisatawan untuk menikmati suasana kota Solo. Terbuat dari tepung beras dan cendol dawet ini gempol pleret tepat sekali dinikmati saat cuaca terik. Aroma harum dari daun pandan ini tersaji lengkap dengan harga terjangkau. Sekarang ini banyak wisatawan akan menuju ke es gempol pleret pak sahur di daerah laweyan tepatnya di sebelah masjid Tegalsari Solo.

11. GUDEG SOLO.
Poto oleh: idntimes.com

Memang gudeg makanan asli tetangga Solo yaitu Yogyakarta tetapi jenis gudeg Solo ini tentu memiliki rasa berbeda. Rasa yang ditonjolkan adalah gurih dan asin berbeda dengan gudeg Yogya yang terasa sangat manis. Isianya relatif hampir sama dengan gudeg pada umumnya tetapi tambahan ceker ayam menjadi nikmatnya sarapan pagi untuk memulai aktifitas sangat direkomendasikan. Pendamping gudeg ceker ini adalah aneka lauk tambahan seperti daging ayam, telur, hingga tempe tahu. Harga yang sangat terjangkau ini memang telah menjadi destinasi wisata kuliner wajib saat anda berada di kota Solo.

12. KUPAT TAHU.
Poto oleh: primarasa.co.id

Makanan-khas-Solo lainnya yaitu kupat tahu yang tersaji lengkap dengan mi basah, toge, bakwan goreng, tahu goreng dan taburan kacang. Bumbu encer yang di beri kecap manis ini sangat pas disantap dengan taburan bawang goreng. Kupat tahu ini tersaji dengan tambahan telur dadar dan kerupuk sebagai peningkat rasa untuk satu porsi. Jika anda ingin mendapatkan sensasi pedas anda dapat menambahkan cabe rawit saat penyajian kupat tahu oleh penjual. Penjual yang terkenal ada di pojokan jalan Gajah Mada bernama warung Solihin.

13. BAKSO SOLO.
Poto oleh: pergikuliner.com

Solo terkenal dengan bakso nya dan rasa berbeda dan lezat bisa anda dapatkan segera. Memang bakso menjadi sangat fenomenal dengan mudah diterima di seluruh lidah para penduduk lokal dan para wisatawan yang ingin berkunjung ke kota ini. Bakso Solo banyak sekali ditemukan dimulai dari pasar tradisional hingga ke fiid court di mall. Masukan bakso Solo dalam wisata kuliner di sana agar vocubulary sajian lezat Solo tidak terlupakan.

Baca juga: 

Rekomendasi sudah banyak dinikmati dan makanan-khas-Solo yang harus anda nikmati dengan harga yang sangat terjangkau. Ada beberapa menu lain yang sudah bermunculan tetapi menu ini telah melegenda memberikan pengalaman sejarah yang sangat fenomenal bagi seluruh penduduk lokal dan para wisatawan. Jangan salah menu tradisional akan tetap abadi dan akan dikenang karena pembuatannya memang disajikan terbaik untuk seluruh kalangan dan akan selalu bertahan jika informasi lengkap dan seluruh wisatawan sudah tentu pasti akan mencoba kuliner tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat liburan ke kota Solo.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.