Langsung ke konten utama

Makanan Sehat Untuk Para Traveler: Siapkan Konsumsi Menu Ini Sebelum Jadwal Keberangkatan Dimulai

Makanan-sehat untuk para traveler harus menjadi hal penting diketahui disamping fisik yang kuat saat melakukan backpacker ke negara tujuan kondisi fit dan fresh harus menyertai. Konsumsi makanan sehat sudah pasti harus dilakukan karena sekarang ini ada makanan lezat tetapi bukan makanan sehat untuk dikonsumsi. Kadang terlupakan oleh para backpacker, jadwal keberangkatan sudah mulai dekat masih juga belum memulai konsumsi makanan sehat yang banyak manfaatnya untuk membuat kondisi tubuh tetap fit dan intinya bisa membebaskan diri dari penyakit yang kronis berbahaya.

Poto oleh: unlitips.com

Apa Saja Pilihan Makanan Sehat atau Healthy Food Bagi Traveler?
Tentu makanan sehat untuk para traveler ini hampir sama dengan makanan yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Jenis makanan ini para pakar nutrisi menyebutnya Healthy Food harus mengandung jumlah cukup mineral dan vitamin. Hal yang paling direkomendasikan adalah sayuran hijau yang memiliki nutrisi yang cukup lengkap. Jenis yang ada dipasaran cukup banyak dimulai dari sayur bayam, sawi hijau, brokoli, dan lainnya mengandung nutrisi yang cukup lengkap dan pastinya serat alami yang dibutuh oleh tubuh.



Tidak hanya itu saja, ada jenis buah yang juga penting dijadikan menu yang dikonsumsi yang mengandung jenis vitamin yang sangat sehat. Buah yang sangat dianjurkan bisa disesuaikan dengan musim atau ketersediaan di pasar dengan jumlah yang cukup seperti:

APEL: buah mengandung serat, vitamin c, antioksidan.
JERUK: mengandung vitamin C baik mempercepat sembuh dari sakit.
PISANG: sumber mineral kalium baik untuk tubuh.
ALPUKAT: lemak sehat baik untuk metabolisme tubuh, mengandung vitamin C, dan kalium.
Keluarga BERRY: keluarga buah berry seperti stoberry, bluberry, mengandung anti oksidan, serat dan tentunya rendah kalori.

Memilih makanan sehat tentu akan menjadi konsumsi terbaik sebaiknya harus dipilih seimbang tentunya harus jenis yang beragam agar maksimal nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh bisa diserap sepenuhnya.

Konsumsi Telur dan Daging.
Jenis makanan sehat ini sudah tentu direkomendasikan dengan jumlah yang disetujui oleh ahli gizi. Konsumsi daging dan telur ini tentu mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung zat besi serta protein yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Pada telur ayam tergolong jenis makanan sehat dimana tingkat protein cukup tinggi dengan nutrisi tambahan lainnya yang terkandung didalamnya seperti lemak tak jenuh, vitamin, antioksidan, hingga mineral penting juga ada. Pastikan anda masukan jenis bahan makanan ini menjadi makanan sehat setiap hari sebelum backpacker anda dimulai.

Makanan Sehat Jenis Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian.
Jenis makanan seperti biji-bijian atau kacang-kacangan juga harus masuk dalam menu makanan sehat. Jenisnya cukup beragam di mulai dari kacang ijo, kacang tanah, gandum, atau kacang almond. Karena mengandung serat juga sangat banyak nutrisi penting. Mineral penting seperti magnesium serta vitamin c juga ada di jenis makanan sehat ini.

Jenis Makanan Sea Food.
Hasil laut juga termasuk makanan yang sangat sehat terutama jenis ikan. Ikan mengandung asam lemak omega 3 serta yodium. Konsumsi ikan dipercaya memberikan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan dan memiliki resiko sangat rendah terhadap penyakit yang kronis seperti penyakit jantung. Pilih jenis ikan segar seperti tongkol, tuna, atau jenis ikan karang sangat bermanfaat dan jika diolah menjadi makanan enak sehat bisa anda lakukan.

Minum Susu.
Susu sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Memang jenis susu ada jenis susu ada jenis dari hewani dan nabati seperti susu sapi dan susu kedele. Kedua jenis susu ini termasuk minuman sehat yang bisa anda pilih sebagai pelengkap makanan sehat yang bisa anda terapkan setiap hari. Kandungan sumber protein dan kalsium yang cukup baik ini juga bisa anda kombinasikan dengan beberapa olahannya seperti yougurt, keju, ataupun minuman kesehatan berbahan susu. Khusus untuk olahan susu yougurt mengandung bakteri sehat yang juga dibutuhkan oleh tubuh.

HINDARI MAKANAN TIDAK SEHAT.
Konsumsi makan sehat harus anda prioritaskan dan kenali makanan yang memberikan efek buruk terhadap kesehatan. Waktu tertentu mungkin anda konsumsi makan ini dengan tidak sengaja karena ada suasan nongkrong ataupun ingin ganti selera sejenak. Harap tetap dijaga makanan sehat sebelum anda berangkat backpacker ke negara tujuan agar stabilitas kesehatan anda tetap terjaga. Makanan yang sering dikonsumsi saat anda berada di lingkungan sosialita adalah sebagai berikut:

1. Makanan Banyak Gula.
Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula sudah tentu tidak baik bagi kesehatan bahkan akan memicu ganguan kesehatan tubuh yang tidak anda duga kapan awaktunya. Tentu jumlah yang sangat berlebihan dalam tubuh mengakibatkan hormon isulin akan bekerja keras untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Jika berlanjut terus menerus dan konsumsi gula meningkat makan akan terjadi efek penyakit yang akan muncul seperti penyakit diabetes serta penyakit jantung.

2. Hindari Makanan Instant dan Cepat Saji.
Saat sekarang ini banyak sekali makanan yang tidak butuh waktu lama untuk mendapatkannya. Bahkan dengan memesan melalui ojek online saja bisa diantar ke alamat menjadi godaan besar bagi anda yang ingin merubah keinginan untuk mengganti makanan instant atau cepat saji itu dengan makanan sehat. Jenis makanan tidak sehat ini banyak sekali kalori untuk satu porsi dan tidak ada nutrisinya sama sekali. Dengan rasa yang lezat dan gurih akan memicu selera anda meningkat dan konsumsi menjadi lebih dari seharusnya. Akibatnya akan tidak baik terhadap kesehatan bahkan bisa berakibat obesitas menjadi dampak yang akan dirasakan jika konsumsi berlebih dan terus menerus.

3. Hindari Minuman Tinggi Kadar Gula.
Tidak hanya makanan saja jenis minuman yang tinggi kadar gula juga harus anda  hindari. Jenisnya juga beragam dimulai dari jenis soda, olahan jus kemasan botol, bahkan minuman energy drink rasa buah harus anda hindari. Walaupun ada embel-embel jenis buah segar dan bahan terbaik hanya trik dari marketing saja dampak terhadap kesehatan tidak memberikan manfaat banyak. Rasa manis yang sangat berlebihan ini menggunakan kadar gula yang sangat tinggi sekali.

4. Hindari Konsumsi Produk Olahan Pabrikan.
Saat sekarang ini sudah banyak tersedia produk olahan pabrikan yang mempengaruhi anda untuk memilih makanan. Bahkan jenisnya sangat beragam dan gencarnya iklan akan memberikan kebingungan anda untuk menyantap makanan. Apabila anda tidak sadar akan menjauhkan diri anda dari makanan sehat yang harus anda olah sendiri dengan teknik masak yang direkomendasikan. 

Jika anda ingin liburan secara backpacker dan akan melakukan estafet ke beberapa negara ya harus membutuhkan stamina yang sangat prima. Konsumsi makanan-sehat adalah solusinya. Traveling secara backpacker tentu mengandalkan fisik dimulai dari langkah tegap untuk sampai ke tujuan tempat wisata menjadi hal mutlak, karena keterbatasan biaya yang anda persiapkan mau tidak mau harus mengandalkan kedua kaki dan fisik untuk tetap bisa menikmati liburan di negeri orang. Mulai lah konsumsi makanan sehat dengan jumlah yang sangat seimbang dengan olahan yang bisa anda kombinasikan. Kalau anda konsumsi dengan jenis masakan itu itu saja tentu akan memberikan efek kebosanan. Kreasikan dengan kemampuan anda untuk menciptakan menu yang disukai. Setelah konsusmi makanan-sehat ini tentu harus diimbangi dengan olah raga secara teratur agar kebugaran tubuh saat melakukan perjalanan bisa terwujud dengan baik sempurna. Apabila anda butuh pendapat dari ahli gizi untuk jenis makanan tertentu sangat direkomendasikan karena dari pendapat para ahli anda bisa mendapatkan pencerahan dan solusi terbaik untuk konsumsi makanan-minuman-sehat anda.

TIPS CARA MUDAH KONSUMSI MAKANAN SEHAT SAAT SIBUK BEKERJA.
Rata-rata yang akan melakukan liburan secara backpacker ini tentu anda sebagai karyawan kantoran yang kadang kala waktu sibuk makan tidak teratur. Walaupun anda sibuk bekerja maka anda harus ada niat dalam diri untuk tetap menyediakan menu diet sehat agar perjalanan nanti bisa terlaksana dengan baik. Jadi, untuk akhir tulisan ini ada beberapa tips mudah yang bisa anda terapkan agar saat sibuk bekerja berkurangnya stress dapat konsumsi beberapa tips ini:

1. Makan Buah.
Untuk mengganti nutrisi makan sehat ya bisa diandalkan makan buah. Anda bisa pilih jenis buah yang bisa dipilih apakah jeruk, apel, atau stroberi. Buah yang banyak mengandung vitamin ini tentu akan memberikan efek positif terhadap tubuh. Seperti vitamin C yang sangat berguna untuk mengurangi stress yang tentu mengurangi kadar vitamin C yang ada di tubuh. Jadi, vutamin C sangat penting saat anda dalam suasana stress di kantoran cocok jeruk sebagai alternatif penangkalnya.

2. Ngemil Kacang.
Untuk jenis ngemil kacang ini sangat banyak direkomendasikan ada dalam bentuk kacang ijo atau kacang mete. Anda bisa pilih sesuai dengan selesa saat bekerja dalam suasana sibuk makanan sehat kacang yang mana yang sesuai. Kadang kala anda ada alergi dengan kacang atau tidak suka dengan kacang tertentu. Sebagai contoh kacang mete yang bisa anda ngemil mengandung unsur zink cukup tinggi yang bisa anda andalkan untuk menangkal stress dalam pekerjaan.

3. Coba Sediakan Yogurt.
Penelian menyebutkan bahwa anda konsumsi makanan sehat seperti yogurt atau probiotik akan mengurangi aktivitas otak dan stress dan emosi. Studi ini telah dilakukan di UCLA pada tahun 2013 silam. Walaupun skalanya penelitian masih lingkup kecil masih diperlukan penelitian lebih besar untuk memberikan bukti otentik uji. Walaupun begitu, makanan-sehat ini bisa anda coba tidak rutin tetapi anda bisa rasakan dampak segar dan menyegarkan setelah konsumsinya. Mengandung unsur mineral kalsium dan protein yang cukup tinggi.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.