Langsung ke konten utama

Museum Adityawarman Padang Sumatera Barat

Museum-Adityawarman-Padang-Sumatera-Barat adalah sebuah museum kebudayaan yang dipersiapkan oleh Pemerintah Provinsi yang resmi didirikan pada tanggal 16 Maret 1977 ini telah menjadi destinasi wisata bagi seluruh wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat budaya yang ada di Ranah Minang. Nama museum ini diambil dari nama besar seorang Raja Malayapura sekitar abad ke 14 ini bernama Adityawarman yang masa penjabatannya hampir sama dengan Kerajaan Majapait. Banyak rekomendasi yang diberikan oleh para traveler seluruh dunia bahwa museum ini dijuluki sebagai Taman Mini ala Ranah Minangkabau Sumatera Barat.

Poto oleh: infosumbar.net

ARSITEKTUR BANGUNAN MUSEUM-ADITYAWARMAN DAN BANGUNAN LAINNYA.
Menurut sejarah konstruksi bangunan museum ini di mulai pengerjaannya sekitar tahun 1974 dengan luas +/- 2,6 ha dan luas bangunan hampir 2,800 meter persegi. Dengan bangunan yang mirip bahkan menyerupai rumah gadang yang ada di Ranah Minang ini cerminan atap bagonjong sebagai identitas sebuah budaya keadatan di Sumatera Barat. Termasuk dalam cagar budaya di Minangkabau dan sekitarnya masuk dalam koleksi museum yang sampai sekarang masih dijaga dengan baik.



BANGUNAN LINGKUNGAN MUSEUM.
Saat anda berada di sekitar halaman ada beberapa bangunan yang tegak berdiri menceritakan makna dibalik bangunan tersebut.

1. Tugu Perjuangan.
Di sekitar museum anda akan melihat Tugu Perjuangan dengan warna putih dan hitam dilengkapi dengan bambu runcing. Tugu ini menceritakan perjuangan para pejuang di masa dulu yang gigih membela kehormatan bangsa dari penjajah. Para pejuang yang berasal dari Ranah Minang juga memberikan effort perjuangan bagi negara ini dan salah satunya Bapak Proklamator Dr. Mohammad Hatta.

2. Simbol Sejarah Budaya Ranah Minang.
Ada beberapa simbol yang ada di sekitar Museum-Adityawarman ada 7 patung ukuran besar yang menyapa wisatawan. Saat sebelum masuk Islam di Ranah Minang masih menganut Hindu-Budha yang masih bisa terlihat di museum ini. Karena itu alasannya masih adanya patung sebagai perjalanan sejarah.

3. Pesawat Tempur.
Di dalam lingkungan taman museum ada berdiri megah Pesawat Tempur. Lokasinya agak sedikit di pinggir. Pesawat tempur di masa Perang Dunia II ini menjelaskan sebagai monumen pengembalian kota Padang ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 9 Maret 1950.

KOLEKSI MUSEUM-ADITYAWARMAN.
Di dalam museum sudah tertata koleksi yang sangat rapi dan memberikan informasi yang cukup bagi seluruh wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh budaya Minangkabau. Isi-Museum-Adityawarman pengelompokan telah dilakukan oleh pengelola museum dengan berbagai tingkatan koleksi dimulai dari arkeologika, biologika, etnografika, filolo­gika, geologika/geografika, historika, keramologika, teknalogika, dan seni rupa. Informasi dari museum jumlah koleksi yang ada sekitar +/- 6.000 koleksi tersimpan dengan rapi dan baik serta terawat.

Tidak hanya itu saja, koleksi 13 manuskrip Al-Quran dengan kondisi masih baik dan sahih juga ada di museum ini. Menurut informasi, kertas yang dipakai kualitas kertas Eropa. Terdapat cap kertas Propatria dan Singa berpedang pada koleksi ini. Walaupun sudah sangat tua dan adanya kerusakan pada kulit Al-Quran tersebut makan pengelola museum menukar yang rusak tersebut dengan kertas untuk melapisi dengan warna yang mirip agar masih kontras. 

KONDISI RUANGAN DALAM MUSEUM ADITYAWARMAN.
Setelah masuk ke dalam ruangan Museum-Adityawarman anda bisa melihat diarima yang menjelaskan beginilah sistem adat Minang yang telah ada sejak dahulu jelas terstruktur dalam hubungan kekerabatan di sebuah adat di Ranah Minangkabau. Di Minang sistem kekerabatan adat menganut prinsip matrilineal dimana pihak perempuan yang memberikan pengaruh sangat kuat dalam di adat Minangkabau. Cerminan ini bisa terlihat perempuan Minang semua kegiatan rumah diatur sampai dengan harta pusaka tinggi dipegang oleh perempuan.

Terlihat juga ruangan di dalam museum adanya peragaan pelaminan pernikahan menggunakan adat Minangkabau tentu spot ini sangat disenangi oleh para wisatawan bisa langsung mengenal budaya dari simbol penting yang dipamerkan. Di sudut ruangan juga terdapat koleksi benda yang sangat bersejarah dari suku Mentawai yang merupakan bagian dari Sumatera Barat dengan memiliki adat istiadat jauh berbeda dan menerapkan sistem kekerabatan patrilineal.

INFORMASI PENTING MUSEUM-ADITYAWARMAN.
Alamat: Jalan Diponegoro No. 10, Belakang Tangsi, Padang Barat, Belakang Tangsi, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat 25114.
Telepon: +6275131523
Waktu Buka, Jam Operasional: Senin-Minggu | 08:00 WIB - 16:00 WIB
Harga Tiket Masuk: Dewasa: IDR3.000 dan Anak-anak: IDR2.000 

BAGAIMANA CARA KE MUSEUM-ADITYAWARMAN.
Sangat mudah sekali akses ke museum, sangat dekat dengan pusat kotsa Padang serta hotel-hotel berbintang disekitar memudahkan para wisatawan untuk mendatangi Museum-Adityawarman. Jika dari pusat kota seperti Pasar Raya hanya butuh waktu 10 menit berjalan kaki saja. Apabila anda ingin mempercepat langkah pada saat sekarang ini sudah ada ojek online yang bisa anda naiki dengan harga yang sangat terjangkau. Pastikan anda telah install aplikasi ojek online ini saat berada di kota Padang Sumatera Barat. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism.