Langsung ke konten utama

Mau Ke Bromo Budget Hemat Murah Terjangkau Ala Backpacker: Simak Tips Mudah Ini

Pesona Gunung Bromo Jawa Timur memang membius para turis seluruh dunia apalagi para backpacker yang ingin melihat secara langsung keindahan alam saat matahari terbit. Memang keinginan untuk datang dengan budget hemat murah dan terjangkau ala backpacker sangat tinggi sekali peminatnya bahkan telah membuat rencana untuk datang ke Gunung Bromo sudah direncanakan jauh hari dan pastinya anda mengajak teman dan komunitas anda supaya dapat menikmati wakti liburan secara bersama-sama dan tentunya sharing biaya solusi terbaik. Sangat mudah tips yang akan menjadi referensi untuk menjadikan liburan ke Gunung Bromo Jawa Timur sebagai destinasi cuti liburan yang menyenangkan dengan biaya murah budget backpacker sangat terjangkau ini berikut penjelasannya:

#1. Jangan Sampai Salah Pilih Akomodasi.
Untuk membuat perjalanan menyenangkan tentu saja anda harus memilih akomodasi yang tepat untuk seluruh peserta yang ikut dalam trip ini. Rekomendasi untuk rombongan sebaiknya anda rental carter mobil sampai ke kawasan Tengger Semeru dengan lama perjalanan +/- 8 jam dari sekitar Surabaya. Apabila anda ingin melihat sunrise di pagi hari pastikan anda memilih mobil kondisi prima lebih baik tahunnya terbaru agar perjalanan sampai ke lokasi dapat berjalan dengan lancar dan sempurna. Karena banyak turis yang telah melakukan perjalanan memilih kendaraan dengan tahun yang agak lama  atau tua karena masalah biaya rental sewa tetapi terhambat mogok di jalan. Pemilihan akomodasi ini sangat perlu diperhatikan penting karena akan mempengaruhi kenyamanan selama perjalanan. Apabila anda memiliki budget untuk menyewa kendaraan dengan tipe 4WD akan memberikan keuntungan banyak sekali selama perjalan nanti karena anda tidak perlu sewa mobil Jeep lagi yang ada di kawasan Bromo untuk sampai ke padang pasir. Inilah poin penting yang harus diperhatikan oleh para turis yang akan berkunjung ke Gunung Bromo.



#2. Berkendara Dengan Jeep Di Padang Pasir.
Memang keistimewaan untuk berjalan di padang pasir yang sangat mempesona. Untuk harga tiket masuk IDR35.000 per ornagn dan IDR5.000 bagi sepeda motor. Harap berhati-hati karena treking ini cukup ekstrim medannya dan harus tetap waspada dengan kondisi alam yang akan menjadi rintangan terberat. Saat anda menuju ke jalan penanjakan satu dan dua disinilah lokasi yang sangat waspada jalan cukup sempit, jalan masih tidak baik, dan disisi lainnya ada jurang yang cukup dalam sebagai rintangan waspada yang harus dihadapi. TIPS! jika ada rekan anda mempunyai pengalaman untuk treking ini sebaiknya anda ikut sertakan karena berpengaruh pada keselamatan di perjalanan.

Dengan tingginya peminat untuk berkunjung ke Gunung Bromo sudah tersedia banyak pilihan yang tentu bisa anda pertimbangan saat berlibur kesana. Seperti jasa tour agency yang menyediakan paket perjalanan kesana dengan harga yang sangat terjangkau. Yang paling murah budget terjangkau ala backpacker paket private adalah IDR200.000 per orang untuk minimal anggota trip 6 orang. Dan bahkan ada pula menyediakan paket seharga IDR1.200.000 dengan pola trip PP ke kota Malang, menggunakan jeep 4WD, tiket masuk tempat wisata, hingga rundown acara sampai ke tempat pusta wisata penting disana. Apabila anda mempertimbangkan untuk tidak ribet serta kenyamanan dapat mempertimbangkan tour agency membantu cuti liburan anda nanti.

#3. Prioritaskan Bawa Makanan Minuman.
Berpengalaman dari perjalanan ke Gunung Bromo memang untuk masalah harga menjadi perhatian. Harga relatif cukup mahal untuk satu porsi makanan lengkap sekitar IDR25.000 belum termasuk minuman. Apabila anda ingin menikmati makanan ringan saja seperti mi instant IDR15.000. Untuk skala backpacker memang cukup mahal untuk makan dan minuman. Agar berhemat dan tetap masih sesuai budget ya harus membawa makanan minuman dari rumah karena harga masih terjangkau dan jumlah jenis yang akan dibeli lebih banyak. TIPS! apabila anda ingin membawa termos air hangat untuk membuat minuman hangat saat berada di puncak tentu perlu dan dibutuhkan. Memang hemat bawa termos untuk khusus pribadi agar kehangatan tubuh tetap terjaga. Jenis minuman sebaiknya jenis jahe atau jenis lainnya sesuai dengan selera.

#4. Hindari Membeli Sarung Tangan Penutup Kepala Di Lokasi.
Perlengkapan yang akan dibawa ke Gunung Bromo harus anda perhatikan seperti jaket, sarung tangan, penutup kepala, hingga syal untuk melindungi leher dari dinginnya udara. Memang perlengkapan ini ada di lokasi tetapi harganya tentu sangat mahal jika anda terlupa membawa dari rumah. Pastikan anda membawa seluruh perlengkapan perjalanan ke Bromo seperti ini agar bisa berhemat tidak mengeluarkan banyak biaya untuk membeli saat menikmati sunrise di atas puncak. TIPS! untuk aksesoris memang harus anda lengkapi seperti kaca mata, masker, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing traveler.
Poto oleh: yoshiwafa.com

#5. Hindari Calo Saat Berkunjung Ke Gunung Bromo.
Sebagai pusat wisata dunia dan banyak dikunjungi setiap tahunnya ini tentu saja akan muncul beberapa calo yang akan membantu para turis tetapi akan diberikan harga yang cukup tinggi. Sebagai traveler yang sangat cerdas dan cermat pastikan akan menghindari fenomena ini, dan akan memilih tour agency yang memang berkualitas dan terbebas dari oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil kesempatan. Sekarang ini sudah banyak tersedia agency yang memberikan harga yang sangat berkualitas baik. TIPS! untuk mendapatkan harga terbaik sebaiknya anda melakukan komparasi harga minimal tiga agency tour untuk memberikan kenyakinan harga yang murah terjangkau sesuai dengan backpacker untuk per orang.

#6. Memilih Tempat Penginapan Murah Tidak Murahan.
Menikmati liburan tentu saja akan memilih penginapan yang murah tidak murahan. Jika anda ingin mendapatkan hotel berbintang tidak ada di sekitar Bromo yang tersedia hanya homestay atau perumahan penduduk yang disulap menjadi tempat penginapan. Sedikit triki dan harus memperhatikan kenyamanan dan ketenangan selama istirahat, memang anda harus rajin mendapatkan rekomendasi terbaik untuk bermalam di sekitar Bromo. Lokasi yang banyak dipilih dan saat sekarang ini masih terbaik adalah di selitar Cemoro Lawang Bromo dengan harga dimulai dari IDR75.000 - IDR150.000. Apabila anda ingin go show sangat direkomendasikan agar bisa mendapatkan tempat penginapan yang sesuai. TIPS! jika anda memerlukan jasa pembelian voucher hotel secara online tentu sangat direkomendasikan agar mendapatkan pilihan lainnya saat melakukan perjalanan liburan ke Gunung Bromo.

Baca juga:

#7. Pertimbangkan Jalan Kaki Lebih Menyatu Dengan Alam.
Memang benar anda membawa kendaraan untuk mengelilingi padang pasir hingga ke spot tempat wisata lainnya alangkah baiknya anda juga mempertimbangkan ada beberapa rute perjalanan prioritaskan jalan kaki agar bisa langsung menyatu dengan alam. Banyak sekali para turis seluruh dunia lebih menyukai berjalan kaki karena lebih merasakan nuasa alami karena ini lah lokasi terbaik di dunia yang mereka cari untuk menghabiskan cuti liburan mereka di sekitar Gunung Bromo. TIPS! berjalan kaki anda harus memakai perlengkapan yang cukup seperti sepatu dengan kaos kaki, penutup kepala, masker jika diperlukan, hingga kaca mata. Perlengkapan ini akan memberikan kenyamanan selama perjalanan apalagi alas kaki agar tetap baik tidak lecet saat anda mendaki.



#8. Siapkan Uang Tunai Secukupnya.
Perjalanan liburan ke Gunung Bromo harus mempersiapkan uang tunai secukupnya jika diperlukan bawa pecahan nominal puluhan ribu agar memudahkan transaksi anda disana. Dengan uang tunai yang cukup berarti anda telah memulai perjalanan berhemat selama cuti disana. Perhitungan yang cukup harus anda lakukan agar tidak terjadi kekuarangan uang disana. Memang saat sekarang ini tidak tersedia cukup ATM atau mesin gesek EDC tidak ada untuk melakukan transaksi maka antisipasinya uang tunai harus dibawa. TIPS! ingin berhemat pastikan uang tunai yang dibawa nanti sesuai dengan jumlah hari selama anda stay di sekitar Gunung Bromo. Jangan terlalu banyak bawa uang untuk antisipasi over budget atau tercuri oleh oknum yang tidak bertanggung-jawab.

#9. Jangan Berkunjung Pada Akhir Pekan, Libur Nasional, Hingga Akhir Tahun.
Ini lah waktu yang harus dihindari karena akan penuh sesak dengan para turis dunia dan penduduk lokal yang akan melihat sunsrise di puncak. Pastikan anda menghindari waktu ini yang secara langsung akan berdampaknya tingginya permintaan tempat penginapan sehingga harga akan meningkat dari hari normal. TIPS! sebaiknya anda memilih hari biasa akan memberikan kelonggaran waktu untuk berkunjung dan komponen perjalanan anda masih dalam budget terjangkau murah ala backpacker. Tidak hanya itu saja untuk tiket perjalanan pesawat, rental mobil juga akan merembet naik mengikuti permintaan yang tinggi.

#10. Rencanakan Trip Liburan Jauh Hari.
Jangan remehkan rencana perjalanan sedini mungkin sehingga tidak terburu-buru melakukan traveling. Memang dengan waktu yang cukup panjang anda bisa mempersiapkan seluruh tema perjalanan mempersiapkan akomodasi, tiket pesawat, hingga penginapan bisa teratur dan bukan last minute. TIPS! perencanakan sedini mungkin akan memberikan dampat positif terhadap budget perjalanan yang akan anda siapkan terutama uang tunai yang bisa dicicil tidak memberatkan, dan persiapan tentu lebih matang dan terencana.

Baca juga:
Tempat Objek Wisata Wajib Lain Sekitar Gunung Bromo Jawa Timur

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.