Langsung ke konten utama

Sharing Pengalaman Operasi Mata Katarak Orang Tua Di Padang Eye Center Sumatera Barat

Semakin bertambahnya umur orang tua tentu penglihatan semakin berkurang jelas baik untuk membaca, melihat objek jauh, hingga terlihat kabur untuk pemandangan tertentu, ini lah yang terjadi pada orang tua saya. Dengan berjalannya waktu tentu harus memperhatikan beberapa alasan kenapa beliau tidak bisa melihat jelas dan tentunya ada hal yang masih perlu diperiksa ke Dokter Spesialis Mata untuk memastikan apa yang terjadi dengan kedua organ mata orang tua. Awalnya memang menuruh Dokter Spesial Mata menyebutkan adanya katarak baru 40% jika sudah melebihi 50% sebaiknya langsung operasi untuk memulihkan penglihatan lebih jernih dan lebih baik.

Poto oleh: martinrecords.com

Setelah berjalan waktu +/- 2 tahun dan saat waktu itu saya membawa orang tua untuk memeriksakan kembali ke dokter lain di Padang Eye Center untuk memastikan penglihatan orang tua yang sudah tidak terlalu jelas lagi melihat objek terutama untuk posisi benda jauh. Pemeriksaan dilakukan dan memang beliau harus melakukan operasi katarak untuk kedua organ mata dan orang tua saya menyetujuinya ingin sembuh dan ingin melihat lebih jelas lagi.

SEKILAS PENYAKIT KATARAK.
Di beberapa literatur yang saya baca mengenai penyakit katarak ini memang terjadi pada orang tua diatas umur 70 tahun. Proses umur yang telah menggunakan mata untuk berbagai kegiatan tentu bertambah berkurang kualitasnya sehingga ada faktor lain yang menghambatnya. Dan ada beberapa gejala atau keluhan penyakit katarak ini yang saya kutip dari alodokter.com



1. Pada saat melihat agak terlihat samar dan adanya berkabut.
2. Pada saat melihat cahaya yang menyilaukan mata semakin sensitif melihatnya.
3. Adanya melihat lingkaran cahaya di sekeliling sumber cahaya.
4. Tidak terlalu jelas melihat di malam hari.
5. Warna saat dilihat pudar dan tidak jelas atau cerah.
6. Kadang terlihat objek ganda.
7. Lensa kacamata yang dipakai selalu bertambah ukurannya.

Setelah saya membaca ilistrasi dari sumber ini memang orang tua hampir semua menyebutkan gejala yang sama dan pastinya penyakit katarak ini akan memberikan dampak kepada orang tua untuk melakukan aktifitas keseharian terutama untuk melihat atau membaca menjadi terhambat.

PROSES ADMINISTRASI SEBELUM MELAKUKAN OPERASI KATARAK.
Setelah pemeriksaan mata terakhir saya harus mengurus beberapa dokumen yang segera dilengkapi setelah mendapatkan surat keterangan dari Dokter Spesialis Mata Padang Eye Center. Dengan surat ini saya harus mengikuti alur dari BPJS yang telah bekerjasama dengan Rumah Sakit ini untuk melakukan operasi katarak pada mata. Pengurusan tidak sesulit yang saya bayangkan, saya mengunjungi Puskesmas yang ditunjuk sesuai dengan alamat KTP orang tua dan petugas disana memberikan rekomendasi untuk melakukan operasi di selembar kertas yang telah di tanda tangani oleh dokter di Puskesmas tersebut dengan memperlihatkan kartu BPJS asli serta KTP asli.

Setelah surat keterangan atau rujukan ini sebagai dasar untuk Rumah Sakit Padang Eye Center untuk melakukan tindakan operasi katarak pada mata, dan saya dan orang tua kembali lagi untuk melapor ke petugas bahwa orang tua saya sudah siap melakukan operasi setelah waktu kunjungan berikutnya yang telah ditetapkan oleh Dokter Spesialis Mata.

Jadwal untuk operasi ini sudah dijadwalkan oleh Dokter Spesialis Mata pada saat terakhir pemeriksaan. Dan saat jadwal yang sudah ditetapkan tiba semua dokumen yang saya lengkapi diterima setelah proses registrasi dan pendaftaran di pos yang telah ditunjuk orang tua saya siap melakukan operasi.

SAAT PROSES OPERASI BERLANGSUNG.
Jadwal yang telah ditetapkan untuk operasi katarak mata ini tentu ada beberapa pemeriksaan tambahan dan berkas yang harus dipersiapkan oleh pihak rumah sakit dengan keluarga pasien. Orang tua saya langsung dilakukan pemeriksaan oleh staf rumah sakit dengan memberikan data tambahan sebelum operasi berlangsung berupa kondisi mata, saat mata sebelum operasi, dan lain sebagainya.

Setelah semua berkas lengkap dan akurat maka giliran orang tua melakukan operasi katarak mata untuk satu mata saja terlebih dahulu. Begitu lah prosesnya, jika satu mata sudah sembuh total maka akan dilakukan tindakan kembali untuk mata berikutnya. 

Saat memasuki ruang operasi semua pakaian orang tua harus diganti dengan pakaian khusus rumah sakit yang telah dipersiapkan dan keluarga pasien harus menunggu diluar di tempat yang telah disediakan. Waktu proses operasi ini +/- 30 menit saja tidak ada menginap di rumah sakit dan langsung diperbolehkan pulang. Dengan obat tambahan dan mata dalam keadaan di perban ini orang tua sudah merasa tenang, tetapi obat tetes dan penggantian perban setiap satu hari sekali yang diberikan ini harus diberikan selama 1 minggu penuh untuk dilakukan kontrol kembali ke dokter. Untuk obat tetes sudah ada jadwal dan setiap empat jam dan enam jam untuk dua jenis obat tetes mata.

Setelah waktu satu minggu berlalu dan obat tetes sudah habis kami kembali lagi melakukan kontrol ke dokter untuk melakukan treatment pasca operasi dan hasilnya baik. Kemudian kembali lagi satu minggu berikutnya setelah obat tetes habis semua akhirnya pemeriksaan terakhir membaik dan perban mata dilepas total. Dokter berpendapat akan kembali lagi sekitar 3 minggu lagi untuk melakukan pengecekan kembali organ mata yang telah di operasi, dan akan melakukan operasi untuk organ mata berikutnya setelah mata sudah sembuh total. Jika semuanya berjalanan dengan baik dan dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk operasi katarak mata berikutnya bisa dilakukan operasi yang sama.

Setelah semua operasi mata katarak sudah selesai dan obat tetes yang diberikan telah diberikan habis sempurna maka Dokter Spesialis Mata di Padang Eye Center akan memberikan resep kaca mata yang harus diberikan untuk mempertinggi penglihatan menjadi lebih baik di saat kontrol paling terakhir yang harus dilaksanakan oleh pasien. Dan yang menjadi senang buat kami adalah ternyata BPJS juga memberikan kaca mata gratis secara cuma-cuma senilai IDR300.000 yang akan diberikan oleh petugas di rumah sakit ini syaratnya: saya harus melapor kembali ke petugas saat melakukan proses administrasi pertama kali dan menjelaskan bahwa keluarga pasien ingin mendapatkan kaca mata cuma-cuma gratis ini. Petugas tersebut memberikan berkas yang menyatakan bahwa pasien mendapatkan kaca mata gratis ini dan menuju ke optical yang telah ditunjuk telah melakukan kerjasama dengan BPJS. Dokumen ini lah yang akan dibawa ke optical yang ditunjuk oleh BPJS dan pasien harus menyerahkannya untuk mendapatkan kaca mata gratis ini. 

DOKUMEN PENTING.
Semua keluarga pasien harus mengikuti semua prosedur yang berlaku, dan persiapan dokumen resmi seperti KTP, Kartu BPJS, dan Surat Keterangan Rujukan Puskesman harus lengkap. Dengan lengkap dokumen semua proses ini akan terasa mudah, dan operasi katarak bisa dilakukan segera oleh rumah sakit seperti yang saya lakukan ini dengan mudah pula. 

Semoga sharing pengalaman ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin membawa orang tua melakukan operasi katarak mata yang tentu menjadi sebuah solusi terbaik buat mereka agar penglihatan beliau tetap baik sehingga seluruh aktifitas yang beliau lakukan lebih menyenangkan tanpa ada hambatan lagi.

Komentar

  1. terimhkasi banyak buat sharingnya,

    BalasHapus
  2. Bermanfaat sekalu. Terimakasih atas sharing nya. Oh Iya, untuk biaya bagaimna? Apakah ditanggung BPJS dipenuhi nya atau ada tambahan dari kita?

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.