Langsung ke konten utama

Belanja Beli Elektronik Di Singapore: Alasan Kenapa Dan Tips Agar Tidak Tertipu

Fenomena membeli elektronik, hp, laptop, dan sejenisnya di Singapore menjelma menjadi sebuah rekomendasi yang wara-wiri di media sosial tentu perlu disikapi lebih teliti kembali. Tentu sebagian orang menganggap ini sebagai cara untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan harga yang masih terjangkau pasti ada komparasi harga baik dari Singapura sendiri dan Indonesia. Dengan adanya komparasi harga tentu saja konsumen seperti anda mendapatkan harga pembanding dimana sebuah produk yang telah mereka inginkan diteliti spesifikasinya dan melihat penjual yang menyediakan barang yang sama mencantumkan harga terbaik mereka yang akan konsumen beli. Adanya pembebasan pajak khusus para turis dengan istilah GST tentu menjadi lebih menarik dari kebijakan seperti ini, alasannya disenangi karena harga yang anda bayar tentu sedikit lebih murah sehingga daya tarik ini lah yang menjadi senjata membius para traveler agar berbelanja di Singapura.

Alasan GST tentu sebuah solusi bagi pembeli khususnya traveler Indonesia dan seluruh negara lain di dunia mencoba mendapatkan barang tersebut dengan harga yang mereka inginkan murah sehingga menghiasai tema liburan disana diselipin untuk membeli barang kebutuhan apapun sekalian dicari. Rata-rata barang konsumtif yang menjadi prioritas seperti hape smartphone, kamera, laptop, hingga fashion. Apapun itu kembalikan lagi kepada yang memiliki uang yaitu anda sebagai konsumen, tetapi anda harus ingat tidak selamanya anda membeli barang murah sudah tentu pasti ada oknum tertentu yang akan memanfaatkan fenomena ini untuk mengambil keuntungan dengan cara menipu konsumen dengan embel-embel murah tetapi anda sebenarnya telah membayar mahal untuk sebuah pilihan yang sangat menakutkan bahkan bapernya sampai ketulungan. 



Memang iya ada beberapa barang tertentu yang ada di Singapore harganya murah jika anda telah membandingkan dengan harga di Indonesia. Karena ada kualitas barang tertentu diatas rata-rata yang dijual di sana ada perbedaan sedikit tentu menjadi sebuah daya tarik tersendiri oleh para turis terutama fashiom. Pada tulisan ini plesirankotatua.blogspot.com ingin mengupas sedikit fenomena ini agar anda sebagai konsumen atau turis yang kebetulan sedang menghabiskan waktu liburan disana membeli barang terbaik untuk anda atau keluarga ada beberapa informasi penting yang perlu anda ketahui.

MURAH HARGA AKHIRNYA MAHAL JUGA.
Traveler yang telah melakukan pembelian gadget dan elektronik di Singapore apapun jenisnya termasuk smartphone, laptop, ataupun camera ternyata lebih mahal jika anda melakukan pembelian di Indonesia. Jika murah ya IDR100.000 - IDR300.000 itupun karena ada program GST yang harus anda lakukan saat lapor di Bandara Changi untuk mendapatkannya dan butuh proses beberapa waktu. Jika membeli disana ya silahkan difikirkan kembali setiap orang mempunyai alasan tertentu untuk membeli disana.

Khusus bagi anda yang memang membutuhkan barang tersebut untuk bisnis di saat peluncuran perdana memang harga tersebut lebih mahal jika dibandingkan di Indonesia. Berbeda dengan anda yang membutuhkan barang tersebut dipakai untuk jangka waktu tertentu dan setelah berjalannya waktu sekitar 3-4 bulan harga akan menyesuaikan dengan harga pasar. Bahkan harganya hampir sama dengan Indonesia.
Poto oleh: thermofisher.com

MULAI BANDINGKAN DENGAN TOKO ONLINE TERPERCAYA.
Sekarang ini telah ada toko online terpercaya yang menyediakan barang elektronik, gadget, hingga kamera dapat dibeli dengan mudahnya. Untuk masalah harga langsung realtime online sesuai dengan harga pasar saat itu. Jika harga yang telah anda dapatkan dari toko online terpercaya di Indonesia berarti barang yang sama di Singapore cuma lebih murah 10% dari toko online itu pun selisih harga dari progam GST yang diberikan oleh pemerintah Singapura. Apabila harganya lebih murah lebih dari 30% maka kemungkinan besar harga tersebut lebih murah lagi di Indonesia. Permainan bisnis seperti ini memang sudah terasa karena dilengkapi dengan program traveling liburan di Singapore diselipkan program belanja yang tentu akan disenangi oleh para turis dan ditambah dengan program GST yang bisa dilakukan oleh para turis.

WASPADA PENIPUAN YANG SERING TERJADI.
Memang penipuan yang terjadi di Singapore sudah banyak beredar di media sosial yang paling mengejutkan dunia adalah seorang turis dari Vietnam yang membeli IPhone di salah satu tempat tertipu dengan harga yang sangat tinggi. Fenomena ini harus menjadi pengalaman yang sangat berharga di mana para oknum penjual yang memanfaatkan turis sebagai objek penderita dengan aksinya. Bahkan penjual yang anda datangi tidak ramah sama sekali bahkan jutek, judes, tidak welcome. Apalagi turis yang tidak mengerti produk yang akan dibeli, bahasa Inggrisnya yang pas-pasan menjadi sasaran empuk mereka. 

Modus penipuan yang dilakukan tentu sangat bervariasi bentuknya dimulai dari segel yang teah dibuka atau dirusak, garansi yang telah usang melewati masa expire, GST yang sangat tidak wajar, penjual melakukan manipulasi charge jika memakai kartu kredit, bahkan lebih ekstrim harga yang tertera dengan dibayar jauh dari ekspektasi.



BELI DI TEMPAT TERPERCAYA DIREKOMENDASIKAN.
Tentu saja membeli barang incaran anda seperti gadget, elektronik, bahkan kamera di tempat yang terpercaya direkomendasikan. Dan pastikan toko tersebut mengikuti program GST karena terdaftar partisipasi dalam skema ini. Hindari tempat yang tidak mempunyai kejelasan review bahkan komentar positif dari berbagai traveler yang pernah tertipu disana, hindari bahkan jangan masukan ke itinerary perjalanan belanja anda nanti. Untuk tempat yang terpercaya cukup banyak seperti di Mustafa Center, atau toko resmi dari barang terbaik anda yang membuka outletnya di Singapore. Mengenai GST anda harus tanya sejelas-jelasnya ke penjual sampai dengan harga yang akan anda beli ini final atau bisa ikut dalam program tersebut.

PROGRAM GST {GOOD & SERVICE TAX} REFUND.
Program yang diberikan oleh pemerintah Singapore ini membuat beberapa barang dibeli disana ada sedikit lebih murah. Prosesnya dapat anda lakukan di Bandara Changi saat keberangkatan nanti. Pastikan anda mempunyai waktu yang cukup untuk dapat mengikuti proses ini. Syarat mengikuti program GST ini adalah minimal pembelian yang telah dilakukan oleh turis sebesar SGD100 atau setara dengan +/- IDR1.000.000 maka anda berhak mengikuti program ini dan harus dilengkapi dengan dokumen atau struk pembelian yang telah ada cap dari penjual untuk satu transaksi toko yang sama. 

TIPS BELI SUPAYA TIDAK TERTIPU.
Jika anda masih ragu atau tidak mengetahui toko mana yang dapat dipercaya sebaiknya anda mengurungi niat untuk membeli jenis barang elektronik, hp smartphone, hingga camera. Karena antisipasi anda dicurangi oleh penjual yang tentu harus dihindari.

Apa karena masalah prestise saat anda membeli barang tersebut dari Singapore akan merasakan sesuai yang wow. Tentu sekarang ini sudah mulai ditinggalkan oleh para turis karena pembelian secara online telah menjelma menjadi sebuah solusi terbaik untuk mendapatkan barang incaran anda dengan harga yang tentu pasti di Indonesia. 

Apabila juga masih kekeh ingin membeli barang tersebut di Singapore hal yang paling diperhatikan adalah harga display apakah final atau sudah termasuk GST, pastikan segel masih rapi dan belum terbuka atau rusak, masa expire masih berlaku jika internasional sangat direkomendasikan, cara pembayaran sebaiknya cash apabila pembayaran pakai kartu anda harus tanya prosesnya. Terakhir, harga yang anda bayar harus sama dengan harga yang display karena permainan dari penjual oknum nakal akan melakukan cara ini untuk mengambil keuntungan sepihak tentu merugikan anda.

PENUTUP.
Memang fenomenal sekali harga murah khususnya barang elektronik, hp smartphone, hingga camera memang menjadi daya tarik untuk sebagian turis. Tetapi perlu pertimbangan sangat matang untuk kebutuhan jenis barang apakah di pakai atau digunakan sebagai bisnis anda. Untuk retail tentu sangat memperhatikan harga murah dan sebagainya karena sangat sensitif sekali untuk sebuah tema shopping disana diselipkan dengan sambil traveling liburan. Belum lagi saat anda sampai di kedatangan bandara akan diperiksa oleh Bea Cukai atas barang bawaan dengan minimal harga yang diperbolehkan terbebas dari cukai. Jika berlebih maka tarif cukai harus anda bayar saat dibandara juga. Artinya sama juga anda membeli barang yang sama di Indonesia yang telah mempertimbangkan beberapa komponen pajak pada harga yang akan bayar nanti. Jadi, pilih yang mana belanja di Singapore dengan harga murah hanya mendapat selisih harga dari GST dan ditambah dengan akomodasi liburan disana atau membeli barang tersebut di Indonesia anda tidak perlu mengeluarkan biaya akomodasi apapun. Jangan khawatir untuk jenis barang ini sudah standar Internasional dan mempunyai garansi resmi dari pemegang merek yang tentu saja memberikan sebuah jaminan asli terhadap barang yang anda beli. Jangan gara-gara masalah prestise saja anda menjadi kalap untuk membeli barang, di negara sendiri jauh lebih lengkap bahkan lebih banyak pilihan tempat membeli terpercaya ketimbang di Singapore. Semoga bermanfaat dan dapat membuka cakrawala berfikir untuk menentukan pilihan membeli barang berharga seperti ini.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Oleh-oleh khas Mesir sangat kaya unik dan banyak pilihan, pastikan anda harus membawa pulang ke tanah air sebagai kenang-kenangan untuk anda sendiri bahkan hantaran ke saudara atau teman di kantor. Banyak sekali jenis oleh-oleh khas yang dijual tentu yang akan dipilih paling direkomendasikan dan wajib untuk dibeli supaya tidak salah pilih. Apa yang unik di Mesir itu lah menjadi prioritas, berikut kami sampaikan daftar belanjaan saat anda ingin melengkapi traveling di Mesir tepatnya di kota Kairo sebagai pusat berburu oleh-oleh yang tentu saja harga yang sangat kompetitif dan terbaik. Berikut penjelasannya:

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya: