Langsung ke konten utama

Traveling Nyaman Naik Bus Saat Liburan Nanti: Simak Tips Ini Dulu Sebelum Berangkat

Traveler untuk melakukan traveling naik bus harus nyaman saat musim liburan sudah mulai dekat. Bus sekarang ini sudah bisa diandalkan kenyamanannya khususnya untuk jarak jauh atau lintas negara sekalipun bisa memberikan kesenangan sampai ke tujuan akhir. Sebagian traveler memilih bus yang nyaman bisa menjadi pengganti menginap dihotel, di saat perjalanan nanti lebih banyak memilih pada malam hari. Pilihan yang tepat ini bisa menghemat biaya dan tentunya harus memberikan rasa nyaman yang lebih lengkap lagi tidak hanya untuk tidur saja tetapi semua aspek lainnya, simak tips ini agar perjalanan tetap dalam zona kondusif.

#1. Pilih Jenis Bus Kelas Eksekutif atau VIP.
Memberikan kenyamanan tentu saja harus memilih jenis bus kelas VIP atau eksekutif. Kedua kelas ini sangat memadaai memberikan kenyamanan dan bahkan betah berada di dalam kabin. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola oto bus atau perusahaan bus cukup lengkap, tempat duduk yang empuk bisa digeser menjadi tempat tidur. Untuk perjalanan jauh kedua kelas ini sangat favorit karena memberikan kenyamanan seperti ini dan traveler tidak selalu duduk tegak dan ada sesi tidur dengan memberikan kemudahan tempat duduk bisa di stel menjadi tempat tidur. Masih ada lagi, fasilitas AC, minuman gratis, hingga bantal selimut menjadi pelengkap traveling nanti yang akan meningkatkan zona nyaman anda. Tempat duduk disediakan dengan skema 2-2 untuk kelas eksekutif, dan kelas VIP 1-1 dengan tempat duduk cukup lebar langsung bisa menjadi tempat tidur 180 derajat.



#2. Dapatkan Informasi Rute Perjalanan Bus.
Informasi ini harus anda dapatkan agar bisa mengetahui rute perjalanan nanti dan berapa kali bus akan berhenti serta di daerah mana saja. Perjalanan jauh memang sangat melelahkan tetapi dengan jenis kelas yang seperti eksekutif dan VIP bisa mengurangi rasa jenuh di dalam bus. Dengan adanya bus berhenti di beberapa pit stop tentu mengganti suasana para penumpang yang ingin makan dan lainnya di tempat berhenti nanti sehingga kondisi tubuh tetap baik dan pegal-pegal bisa berkurang. Khusus untuk bus AKAP yang ada di Indonesia tentu ada beberapa merek bus yang sangat digemari karena pelayanan tambahan dengan makan gratis serta tempat berhenti yang cukup layak dan bersih. 

Bagaimana dengan bus antar negara?. Solusinya anda harus mendapatkan komentar atau review dari rekan yang telah menggunakan bus tersebut di dalam blog atau komunitas traveler. Informasi tersebut berguna agar anda tidak kecewa, saat gambar yang terlihat bagus tetapi kenyataannya tidak seperti gambar. Teliti sebelum membeli agar tidak salah pilih atau pilih salah.

#3. Rekomendasi Tempat Duduk Selama Perjalanan.
Tempat duduk yang tersedia di kedua jenis kelas ini semua baik tetapi ada yang terbaik agar memberikan rasa nyaman dan menyenangkan selama perjalanan menjadi rekomendasi yang akan dipilih. Untuk memberikan efek nyaman tidur sebaiknya anda memilih tempat duduk di pinggir jendela karena memberikan sandaran untuk kepala saat tidur nanti. Hindari tempat duduk dekat dengan toilet karena lalu lintas penumpang menggunakan toilet tentu akan memberikan rasa kurang nyaman apalagi suara pintu buka tutup hingga aroma khas toilet akan membuat oksigen disekitar anda berekasi tidak sedap untuk dihirup. Bahkan ada traveler yang menyarankan jangan pilih tempat duduk diatas roda belakang bus akan memberikan efek kurang nyaman saat bus memasuki jalan berlubang dan kurang baik. Pemilihan tempat duduk terbaik di barisan depan hingga tengah menjadi rekomendasi terbaik untuk perjalanan jauh menggunakan bus.

credit: daimler.com

#4. Bawa Aksesoris Perjalanan Sendiri.
Oto bus hanya menyediakan bantal dan selimur saja sebagai fasilitas standar untuk seluruh penumpang khusus kelas eksekutif dan VIP. Apabila dirasa perlu anda harus membawa batal leher atau jaket untuk perjalanan nanti sangat direkomendasikan, karena akan memberikan efek kenyamanan saat anda berada di kabin bus. Leher bisa ditopang oleh bantal agar tidak terjadi keseleo di area leher, khusus jaket memberikan efek hangat maksimal karena selama perjalanan di malam hari suhu didalam bus cukup dingin. Pengalaman kami menggunakan bus malam juga memakai kaos kaki sebagai pelengkap karena di area kaki ini akan terasa dingin sekali disaat tidur terkadang selimut tidak sampai menutupi kaki.

#5. Semua Barang Ukuran Besar Disimpan Di Bagase Bus.
Kapasitas simpan barang di kabin penumpang sangat terbatas hanya ukuran tas kecil sekelas ransel sekolah saja direkomendasikan untuk dibawa bersama anda. Ukuran barang seperti koper atau carrier sebaiknya disimpan di bagase bus karena tempat penyimpanan disana jauh lebih luas dan lapang. Dengan membawa barang yang penting saja di bawa saat anda duduk di kabin bus nanti memberikan efek nyaman menyenangkan, anda hanya fokus pada tas ransel saja yang bisa diletakan di posisi tempat duduk atau dibawah kursi sehingga penjagaan lebih maksimal dan yang paling penting tidak merepotkan.

#6. Dapat Melakukan Aktifitas Lainnya Selama Perjalanan.
Tentu saja selama anda melakukan perjalanan nanti tidak harus tidur melulu, menonton televisi yang disediakan oleh oto bus, atau melihat pemandangan di atas bus. Tentu ada hal lain yang bisa anda kerjakan pada waktu itu juga seperti mendengarkan musik, membaca buku atau ebook, hingga browsing internet {jika jaringan ada} atau lainnya. Pastikan kegiatan atau aktifitas lainnya yaitu bisa memberikan efek nyaman tidak membosankan selama perjalanan nanti. Untuk bus yang ternama saat sekarang ini telah menyediakan fasilitas WIFI untuk kelas ekeskutif dan VIP, dengan harga tiket penumpang cukup mahal jika dibandingkan dengan kelas ekonomi tetapi kenyamanan tambahan akan mereka sediakan sehingga keinginan anda seperti ini bisa terwujud dengan baik. Tidak itu saja, colokan listrik juga disediakan agar anda tetap bisa on terus selama perjalanan nanti.

#7. Pilih Oto Bus Mempunyai Track Record Baik.
Sebagai turis tentu saja anda akan mencari bus yang mempunyai track record baik selama bisnis bus yang telah mereka jalani sampai saat ini. Hal yang menjadi utama adalah keselamatan penumpang dengan supir yang membawa bus tersebut mempunyai keahlian di bidangnya dan mengetahui seluk belum perjalanan nanti. Tidak cukup itu saja, sopir bus tidak ugal-ugalan dan profesional membawa bus dalam kecepatan yang direkomendasikan oleh otoritas pemerintah. Untuk mendapatkan bus seperti ini anda harus rajin-rajin mencari informasi dari berbagai media sosial hingga review dari traveler yang telah pernah menggunakan oto bus ini di rute perjalanan yang sama dengan anda. Jangan sampai salah, pengalaman rekan traveler lain menjadi guru atau guide anda agar tidak salam memilih karena berhubungan dengan keselamatan selama perjalan menjadi prioritas utama.

#8. Pilih Oto Bus Yang Selalu Update Armada.
Tentu saja dengan armada terbaru akan memberikan kenyamanan tambahan untuk melakukan perjalanan. Ada beberapa oto bus yang selalu update armada mereka untuk menjalani bisnis mereka lebih tertata dengan baik. Pemilihan yang tepat seperti ini menjadi kunci terbaik untuk menciptakan perjalanan lebih sehat dan ketepatan waktu dalam perjalanan dan sampai tujuan adalah pelengkap dan rekomendasi yang harus anda pilih. Bus yang sehat tentu saja jarang mogok di jalan dan tetap melaju dengan baik sampai ke pit stop yang akan dituju. Nilai positifnya waktu tempuh sesuai dengan jadwal dan itinerary liburan anda bisa dapat terlaksana sesuai dengan waktu yang dipersiapkan nanti.

#9. Tersedianya Ruangan Khusus Perokok.
Dipisahkannya ruangan para penumpang perokok sangat diapresiasi karena merokok sangat mengganggu pernafasan apalagi di ruangan AC tertutup seperti bus yang anda tumpangi nanti. Sekarang ini telah ada bus yang menyediakan fasilitas seperti ini dan harus anda pilih karena asap bisa langsung keluar di ruangan yang telah disediakan dan tidak masuk ke ruangan AC penumpang. Fenomena ini sangat penting karena kesehatan pernafasan selama perjalanan akan menjadi perhatian anda, telah menjadi daya tarik tersendiri oleh para turis dimana oto bus menyediakan ruangan khusus ini disambut baik bahkan telah direkomendasikan oleh para rekan traveler lainnya selama menggunakan bus untuk melakukan perjalanan liburan.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Rinci Menggunakan Transportasi Publik Dari Bandara Internasional Minangkabau Ke Kota Penting Pariwisata Sumatera Barat: Padang, Painan, Bukittinggi, Payakumbuh, Batusangkar, Sawahlunto

Padang sebagai pintu masuk dimulai dari Bandara Internasional Minangkabau [BIM] Padang Sumatera Barat menuju ke kota penting pariwisata lainnya menggunakan bis umum publik sangatlah mudah. Pada tulisan ini sangat banyak traveler Indonesia dan Malaysia mencari cara rinci lengkap menggunakan transportasi ini terutama sang backpacker yang ingin melihat indahnya ranah Minangkabau ini lengakp tersedia lengkap wisata alam, wisata bahari, wisata budaya, hingga ke wisata kuliner semuanya ada. Inilah informasi yang anda cari itu ada pada tulisan ini. Transportasi Publik Utama dari Bandara BIM Padang. Sekarang ini dengan sudah mulai tertata transportasi publik yang ada di BIM ini menuju ke kota Padang sebagai awal langkah. Berikut rinciannya:

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya:

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Hotel Murah Di Singapore Dekat MRT: Orchard, Bugis, Bras Basah, Novena, Chinatown, dan Lavender

Banyak sekali traveler yang ingin menghabiskan liburan di Singapore akan memilih hotel murah dekat stasiun MRT sebagai pilihan terbaik untuk mempermudah perjalanan dan pastinya akan menghemat biaya transportasi untuk berpindah. Dengan pilihan yang cukup beragam seperti dekat dengan stasiun MRT di Orchard, Bugis, Bras Basah, Novena, Chinatown, dan Lavender mampu menjawab semua keinginan anda sehingga pilihan yang sangat direkomendasikan ini memberikan kenyamanan. Tidak terlalu jauh dari stasiun MRT ini memudahkan anda saat menaiki MRT dari Bandara Changi karena platform untuk sampai ke stasiun terpilih ini masuk dalam lajur yang dilalui serta perjalanan anda sampai ke hotel ini hanya berjalan beberapa menit saja.

Apa Yang Harus Anda Lakukan Pada Saat Mendarat Di Bandara KLIA Malaysia

Pertanyaan ini banyak sekali dicari oleh para traveler backpacker apabila sampai di Bandara KLIA Malaysia apa yang harus anda lakukan. Memang, pada saat sampai disini harus punyai nyali harus ngapain saja. Sebenarnya tergantung dari jenis liburan yang akan anda lakukan bahkan sesuaikan dengan jadwal apakah transit atau memang melakukan liburan di negara ini. Sebenarnya ada opsi pilihan sesuai dengan kesempatan anda pada saat itu. Opsi yang kami tulis pada kesempatan ini sebagai berikut.