Langsung ke konten utama

Tahap Cara Mempersiapkan Liburan Menjadi Terarah dan Gue Banget

Sebenarnya liburan menjadi baik terarah terorganisasi menjadi lebih sempurna harus dipersiapkan. Harus siap, waktu akan berjalan lebih cepat dari dugaan anda sebelumnya. Membuat sesuatu yang direncanakan akan menghasilkan sesuatu yang tidak pernah berakhir romansanya. Jika anda menginginkan sesuatu untuk membeli barang pasti anda akan memberikan effort waktu untuk mendapatkannya. Tidak hanya waktu uang juga direlakan. Konsep ini akan sama dengan liburan yang akan anda buat untuk beberapa waktu kedepan, mungkin bulan depan, tahun depan, atau nanti.

Kadang kala semua persiapan yang terarah terfokus pada hal yang tidak penting, akhirnya kegalauan. Salah kaprah dengan autis diri sendiri membuat rencana gagal total dan mentah di tengah jalan. Seorang newbie sepertinya agak sok pengalaman tetapi jeblok dalam eksekusi. Bukan menjelekan pihak lain tetapi inilah yang terjadi didunia persilatan liburan. Untuk ditelisik sedikit makna liburan sebenarnya untuk menghilangkan kepenatan rutinitas yang sudah membuat diri seperti robot, ingin rasanya robot itu hilang untuk musim liburan ini. Itu konsepnya.






Poto oleh: http://clipart-library.com



Dengan fenomena ini saya rasanya terpanggil untuk memberikan sedikit pengalaman yang telah saya rasakan, jika anda ingin berliburan ke luar negeri dengan berbagai kendala yang akan ditemui. Sebenarnya tidak kendala sih, tetapi beberapa kegalauan akut [kadan-kadang] membuat perjalanan ini tidak seperti biasanya seperti waktu liburan di dalam negeri. Berikut cara membuat persiapan matang berlibur di luar negeri lebih terstruktur dan terarah, sebenarnya mirip-mirip Q&A tapi saya rasa cukup mewakili untuk cara yang akan anda lakukan.


1. Kamu mau kemana.


Inilah pertanyaan yang pertama yang harus di jawab. Kamu mau kemana, tujuan kemana, dan mau nya apa. Inilah persamaan pertanyaan yang dijawabnya selalu tidak sama. Tentukan kemana tujuan liburan nanti. Ini sangat sangat sangat penting sekali. Dengan adanya tujuan anda sudah fokus dan sudah mulai terarah.


2. Berapa hari kamu disana.


Liburan berbeda dengan pindah. Liburan hanya membutuhkan waktu berapa hari saja sedangkan tinggal di luar negeri sudah rencana untuk menetap disana. Berapa hari tergantung dengan keinginan, ada yang suka satu minggu, dua minggu, bahkan sebulan. Sebenarnya relatif waktu yang akan anda gunakan sebagai lama berlibur di luar negeri dengan kapasitas yang dimiliki.


3. Lihat masa berlakunya paspor.


Dokumen penting dan harus dibawa sebagai ID internasional untuk diri anda adalah paspor. Paspor sebagai tanda pengenal ini harus punya dan selalu perhatikan masa berlakunya. Masa berlaku paspor pada masa liburan nanti harus 6 bulan sebelum hari-h paspor habis. Jika masa berlaku paspor ini beada pada waktu liburan anda maka apa yang akan terjadi, masuk ke gate imigrasi anda akan disuruh pulang dan tidak diperbolehkan terbang. Tidak mau kan, selalu cek dan ricek masa berlaku paspor.


4. Visa or non Visa.


Pertanyaan yang penting yang ingin memasuki negara luar menggunakan visa or non visa. Komponen penting liburan ini berhubungan erat dengan rencana no 1. Untuk negara yang tidak membutuhkan visa tentu sangat tidak masalah, yang butuh visa harus mengikuti prosedur untuk mendapatkannya. Tentu persyaratannya langsung datang ke negara yang akan menjadi destinasi liburan sesuai dengan jam kerja mereka. Jika anda ingin berlibur keluar negeri harus ada asuransi sebagai syarat utama mendapatkan visa [baca: link].


Negara Tujuan Wisata. Poto oleh: phones-detective.com




5. Berapa orang yang ikut.


Jumlah anggota yang ikut disini dipisahkan antara solo backpacker dengan keluarga. Kalau solo backpacker tidak masalah hanya concern kepada diri sendiri sudah mengetahui siapa yang akan berangkat, tentu anda sendiri bukan. Jika anda membawa anggota keluarga harus dihitung siapa saja yang ikut. Anda sendiri, orang tua, anak, atau bayi. Kalkulasi ini penting untuk mengetahui prosedur yang dilakukan nanti mulai berangkat sampai pulang.


6. Budget.


Tentukan anggaran. Bentuk anggaran saya memasukan secara total dimulai dari tiket pesawat, hotel, makan, minum, oleh-oleh, transportasi, dll. Persiapan budget ini berbanding lurus dengan jumlah hari dan berapa anggota yang ikut. Menentukan budget akan membuat liburan lebih maksimal mulai dari kunjungan destinasi wisata. Pembelian tiket dan hotel tidak saya ulas pada saat sekarang ini karena untuk setiap anda pasti mempunyai selera hotel yang akan dipilih dan penerbangan apa yang akan dinaiki. Beda anggaran beda selera. Saya telah membuat tulisan bagaimana cara hemat makan di luar negeri [baca: link]


7. Buat Itinarary.


Setelah budget ditentukan mulai buat itinarary perjalanan. Bagi yang tidak mengetahui itinarary itu apa, kasihan banget ya. Baiklah, saya akan menjelaskan sedikit itinarary itu apa. Itinarary adalah sebuah daftar yang dibuat oleh traveller untuk menentukan detail dari perjalanan, ya seperti round down acara sendiri. Tentukan apa saja kegiatan yang dilakukan, tulis di itinarary.


8. Koper atau ransel.


Penentuan tempat simpan barang bawaan terhubung dengan jumlah barang yang dibawa. Misal, jumlah hari akan menentukan jumlah pakaian yang akan dibawa. Tentu hal lain adalah jumlah anggota pengikut juga akan menentukan jenis koper atau ransel. Saya sudah membuat penjelasan mengenai tata cara pemilihan koper [baca: koper] dan tata cara pemilihan ransel [baca: ransel] untuk pengetahuan saja.


9. Barang penting dan tidak penting.


Jangan bawa barang yang tidak penting. Inilah cara yang salah bagi anda yang ingin berlibur di luar negeri. Kadang barang yang tidak penting menjadi sangat penting dan sebaliknya barang yang sangat penting malah lupa dibawa. Nah, jika anda ingin mengetahui benda apa yang penting untuk dibawa saya juga sudah membuat tulisannya [baca : penting] termasuk obat [baca: obat]


10. Beli buku tambahan.


Sebagai akhir tulisan ini adalah untuk menambah wawasan anda tentang negara tujuan belilah buku tutorial dari pengarang lain yang ada di toko buku. Perbanyaklah pengetahuan lain dari berbagai sumber untuk memberikan cara yang efektif sesuai dengan karakter liburan anda sehingga menjadi lebih fokus terarah dan terorganisir dengan baik. Jadi istilahnya "gue banget".


Semoga tahap ini dapat mengurangi kegalauan anda yang ingin melakukan liburan ke luar negeri. Memang ada keresahan dengan banyak sekali pertanyaan dari A-Z yang harus dijawab tetapi harus dijalani saja. Dengan pengalaman dari beberapa solo backpacker atau traveller lain akan memberikan gambaran untuk diri anda sendiri. Sesuaikan liburan dengan karakter anda, cara anda, dan anda banget karena setiap orang mempunyai selera masing-masing. So, have a nice flight.


Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya:

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.