Langsung ke konten utama

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Keindahan Telaga Dewi di Gunung Singgalang. Poto oleh: minangtourism.com


SEKILAS GUNUNG SINGGALANG.
Gunung Singgalang merupakan sebuah gunung yang berdiri sangat gagah yang berlokasi berdekatan dengan Gunung Marapi yang saling berhadapan. Secara geografis terletak di ketinggian 2.762 meter dpl dengan tantangan pendakian yang cukup menantang para pecinta alam. Dengan kondisi alam yang cukup baik dengan berlimpahnya air jernih yang bisa dimanfaatkan seluruh penduduk bisa menjadi bekal air minum anda untuk pendakian Gunung Singgalang. Penjelajahan untuk seluruh para pendaki memberikan pengalaman baru karena kondisi hutan yang masih alami dan lebat dan adanya spot hutan lumut yang mempesona serta Telaga Dewi yang siap menambah perjalanan ini menjadi lebih eksotis.

PERJALANAN DIMULAI.
Saya mengambil meeting point awal perjalanan ini dimulai dari DKI Jakarta sebagai langkah awal. Pesawat udara menjadi andalan untuk mempercepat langakh dengan rute Jakarta Soekarno Hatta ke Bandara Internasional Minangkabau [BIM]. Untuk memilih jenis pesawat udara bisa disesuaikan dengan kocek anda masing-masing dimulai dari low-cost hingga full service. Lama perjalanan +/- 1 jam dan 45 menit. Setelah mendarat di BIM Padang harus melakukan estafet perjalanan menuju pintu masuk ke Pendakian Gunung Singgalang yaitu di Nagari Koto Baru Pandai Sikek Jalan Raya Padang Panjang Bukittinggi sebagai berikut:
1. Anda bisa menggunakan taksi Blue Bird atau Express yang sudah ada poolnya di BIM Padang. Langsung ke counter taksi yang siap melayani anda.  
2. Anda juga bisa menggunakan mobil carteran atau rental yang telah anda sewa. Untuk jenis rental mobil disesuaikan dengan kebutuhan anda dan rekomendasi dari teman sohib di kota Padang. Jika anda menggunakan travel yang sudah cukup banyak digunakan oleh para traveler lain seperti AWR juga silahkan dengan biaya sekitar IDR60.000 - IDR75.000 dengan nomer telepon +6281275060030
3. Khusus untuk anda backpacker dapat menggunakan angkutan umum antar kota dengan cara berikut: Gunakan bus Damri atau Tranex menuju ke Basko Mall atau UNP. Di lokasi inilah banyak berjejer bus ukuran sedang tujuan kota Bukiktinggi. Setelah turun dari bus anda harus menyeberang dimana lokasi bus berlawanan arah dengan rute bus bandara tadi. Pastikan tujuan bus anda ke kota Bukittinggi karena di lokasi ini banyak bus dengan rute lain.

PEMBERHENTIAN START AWAL KE GUNUNG SINGGALANG.
Setelah anda menaiki salah satu jenis transportasi dari kota Padang baik taksi, mobil rental carteran, atau bus umum pemberhentian di Nagari Koto Baru Pandai Sikek. Setelah sampai di lokasi ini anda harus menempuh perjalanan ke Tower RCTI dan TVRI yang terletak di pinggang gunung. Perjalanan ini sudah mulai menanjak dimulai dari tempat pemberhentian. Semakin dekat dengan pemancar lokasi jalan sudah mulai bebatuan kerikil dan pemandangan pertanian masyarakat lokal sudah terlihat. UMKM yang terkenal di Nagari Pandai Sikek adalah pembuatan gula tebu yang sangat terkenal bisa anda lihat disekitar rumah penduduk, tentu akan menambah keintiman perjalananini. Untuk menuju ke puncak tower ini sebaiknya anda menggunakan jasa ojek dengan alasan anda bisa menghemat tenaga untuk daki pendakian Gunung Singgalang. Jasa ojek IDR10.000 saja per orang untuk sampai ke tower ini. Tetapi naik ojek ini adalah optional, jika anda masih punya tenaga ekstra bisa melakukan jalan kaki. Cara lain juga bisa anda lakukan dengan menaiki angkutan desa denga rute dari Pasar Koto Baru dan turun di Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek. Apabila anda rombongan dan bisa memuat satu angkutan desa ini bisa diantarkan langsung ke Tower Pemancar RCTI dan TVRI. Biasanya sekitar lokasi tower ini sudah dapat dikatakan base camp di pos yang sudah tersedia. Anda bisa mempersiapkan seluruh barang yang akan dipakai selama pendakian dan selalu melakukan cross-check kembali barang bawaan yang telah dipersiapkan tadi. Dan jangan lupa melapor kepada petugas untuk registrasi lengkap termasuk nama, jumlah anggota pendaki dan biaya retribusi IDR7.000 per orang.

PENDAKIAN GUNUNG SINGGALANG DIMULAI.
Setelah anda melepas lelah dan istirahat sejenak di sekitar tower dapat dijadikan sebagai shelter para pendaki. Lokasi ini ada tempat makan yang dikelola oleh masyarakat lokal yang bisa anda nikmati dengan harga yang sangat terjangkau sebelum ekspedisi dilakukan. Jalan pendakian sudah dimulai dengan melewati hutan pimpiang sejenis bambu-bambu hutan dengan kondisi cukup rapat dan mengharuskan para pendaki berjalan sambil menunduk bahkan ada kalanya anda harus merangkak. Dengan semangat gotong-royong para penduduk dan pendaki secara berkala melakukan pemotongan hutan pimpiang ini untuk memudahkan jalur pendakian yang sebagian para pecinta alam merasa kesulitan. Perjalanan ini ditempuh +/- 1 jam dengan tantangan sudah mulai terasa harus memperkokoh kaki anda untuk siap menuju ke tahap berikutnya. Setelah seluruh hutan pimpiang dilewati anda akan menemukan sebuah tempat yang bernaman MATA AIR I dimana lokasinya sedikit menurun ke bawah dan terlihat sungai bersih yang bisa anda gunakan sebagai bekal air minum selama mendaki dan pendakian. 

Setelah menemukan mata air pertama ini anda akan meniti jalan dengan tambahan batu cadas yang mempunyai tantangan tersendiri dengan kemiringan batu +/- 45 derajat. Harap berhati-hati setiap langkah setelah hujan batu agak lincin untuk dilalui. Mencapai puncak anda akan menumakan tumbuhan pakis yang indah sekali dan jalur ini lembab dan kondisi hutan alami sangat rapat lebat. Sekarang sudah ada kabel listrik dan tiangnya yang bisa anda gunakan sebagai petunjuk untuk sampai ke puncak. 

Waktu tempuh meniti batu cadas ini +/- 5-6 jam perjalanan, jadi ritme berjalan anda yang akan menentukan cepat atau lambatnya. Cadas yang akan di daki ini merupakan jenis batuan padat yang berwarna kuning kecoklatan. Suasana batu cadas agak licin dan ada lumutnya karena curah hujan disini cukup tinggi maka batu selalu lembab. Jika anda beruntung bisa melihat bunga adelweis yang walau sekarang ini cukup sulit tetapi masih ada. Anda juga akan menemukan tugu Galapagos dimana tugu ini didirikan karena salah seorang Sipala [Siswa Pecinta Alam] hilang sekitar tahun 1990 an. 

Saat anda mendaki pada batu cadas ini bisa melihat langsung pemandangan indah di sekitar Gunung Singgalang apalagi Gunung Merapi yang sangat indah. Jika cuaca baik dan bersih anda bisa melihat pemandangan Danau Singkarak, Kota Padang Panjang, serta Kota Bukiktinggi. Cepatnya perubahan cuaca di Gunung Singgalang ini sering terselimuti oleh kabut. Jika anda mendirikan tenda sudah bisa didirikan di seytelah batu cadas ini apabila anda menginkannya.

Perjalanan terus berlanjut sampai ke Telaga Dewi yang suasanya sangat indah sering diselimuti kabut dan sebagian pendaki bilang hutan lumut disini sangat indah sekali bahkan unik dengan pesona tersendiri. Karena indahnya anda bisa menelusuri sekeliling telaga ini karena eksotis sekali. Ada telaga di atas Gunung Singgalang telah menjadi daya tarik tersendiri. Di dekat telaga ini banyak juga pendaki mendirikan tenda untuk bermalan disini dengan suasana tanah yang lembab dan tumbuhan hutan liar yang masih banyak ditemukan disekitar lokasi ini. 

Hutan Lumut di Gunung Singgalang. Poto oleh: kompasiana.com


SEBAIKNYA ANDA KE PUNCAK JIKA CUACA BERSAHABAT.
Memang pendaki Gunung Singgalang lebih banyak tujuan akhirnya hanya di Telaga Dewi. Sebaiknya anda ke puncak ingin melihat pemandangan yang lebih cihuy untuk melihat seluruh pemandangan yang lebih eksotis lagi dan indah. Apabila anda ingin sampai ke puncak persiapkan waktu yang cukup untuk sampai ke Puncak Gunung Singgalang lamanya perjalanan +/- 1 jam dengan mengikuti tiang kabel sebagai petunjuk arah sampai ke puncak gunung. FYI, karena kabut mendominasi lokasi ini tapi tidak kemungkinan perubahan secara tiba-tiba bisa merubah menjadi cuaca sangat bagus. Pada saat inilah anda bisa berjalan ke puncak untuk finalisasi pendakian ini menjadi dalam sejarah dalam perjalan pecinta alam ini.

PERHATIAN KHUSUS BAGI PARA PENDAKI GUNUNG SINGGALANG.
Sebaiknya anda melakukan pendakian pada pagi hari untuk antisipasi kemalaman di perjalanan. Perjalanan sebaiknya rombongan dan mempunyai rencana yang matang dengan memperhatikan beberapa hal penting sebelum pendakian seperti medan yang akan didaki serta perlengkapan yang cukup memadai. Mendaki Gunung Singgalang dimulai pada pukul 08:00 WIB pagi dan sampai di Telaga Dewi siang menjelang sore. Waktu yang cukup untuk menikmati keindahan telaga ini bisa anda peroleh dengan sampai di lokasi ini berkemah dan waktu yang cukup untuk mendirikannya. 

Sebelum sampai di Telaga Dewi anda akan meniti jalan berupa batu cadas harus berhati-hati karena kemiringan batu butuh keseimbangan untuk anda yang membawa barang di ransel karena setelah hujan agak sedikit licin dikhawatirkan bisa terjatuh.

Pendakian ini sebaiknya jangan pada musim hujan, tidak musim hujan saja lokasi Gunung Singgalang sudah sering berkabut dan waktu yang secara cepat berganti bisa berubah dari cerah ke berkabut. Jadi biasanya para pendaki musim panas dimana curah hujan mulai sedikit dan cukup bersahabat sehingga perjalanan lebih nyaman.

Gunakan peralatan sepatu, baju lengan panjang, serta celana panjang untuk melindungi tubuh dari tumbuhan dan hewan yang bisa menyebabkan kulit gatal. Hal ini direkomendasikan untuk membuat kondisi fokus dalam perjalan lebih baik dan kendala kesehatan bisa anda lindungi dari kostum yang akan dipakai.

Untuk bekal air anda jangan khawatir, di lokasi MATA AIR I anda bisa memanfaatkan air bersih ini untuk minum selama pendakian ada sekitar 4 tempat maya air yang bisa digunakan.

Selama pendakian anda harus menjadi norma tata krama dan menjaga segala ucapan yang sopan. Karena beretika seperti ini merupakan attitude yang selalu dianjurkan oleh para pendaki.

Setelah anda melakukan kegiatan pecinta alam seperti ini semua sampah yang telah anda buat selama pendakian harus dibawa kembali ke bawah untuk mencegah menumpuknya sampah di Gunung Singgalang. Karena kebersihan ini hal yang mutlak untuk seluruh jenis wisata supaya kenyaman dan bersih bisa dirasakan oleh semua pihak.

Jaga kekompakan sesama anggota rombongan dan saling membantu apabila terjadi kesulitan dengan cara komunikasi yang sopan tertentunya selama pendakian. 

Khusus bagi anda yang sudah merasa kelelahan setelah sampai di Cadas dan cuaca sudah sore sekitar 16:00 WIB sebaiknya anda bermalam di sekitar lokasi ini. Karena fisik dan kondisi tubuh harus full agar perjalanan masih kuat dan kosentrasi masih tinggi. 

Lokasi hutan yang masih sangat alami ini banyak hewan pacet yang akan mengintai tubuh anda, apalagi sudah mulai cuaca hujan akan bertambah banyak jumlahnya. Selalu perhatikan kondisi tubuh dari berbagai arah. FYI, tikus gunung juga ada disekitar cadas mencari makan, jadi pastikan seluruh makanan anda tidak tersisa dan dibuang di lokasi ini terutama dekat tenda berlindung.

Selalu berdoa sebelum dan sesudah pendakian. Khusus anda yang muslim selalu menunaik sholat fardhu walaupun dalam suasana pendakian seperti ini. 

KESIMPULAN PENDAKIAN GUNUNG SINGGALANG Di KABUPATEN TANAH DATAR.
Treking relatif bisa diikui oleh cowok atau cewek pemula yang tentu harus menyukai cinta alam atau mendaki gunung. Apibila anda tidak menyukai daki gunung percuma harus ada kedua-duanya. Untuk lama perjalanan tergantung dari kesigapan anda, memang perjalanan kecepatan antara cowok dan cewek cukup berbeda.

Biaya-biaya selama ekspedisi ini adalah sebagai berikut:
Pesawat udara dari Cengkareng-Padang [low-cost]: IDR500.000 - IDR600.000 per orang. Apabila anda menggunakan travel: IDR60.000, menggunakan angutan umum ke Koto Baru IDR25.000. Jika gunakan ojek ke tower: IDR10.000, menggunakan angkutan desa dari pasar koto baru ke Tower RCTI dan TVRI :IDR3000 per orang. Khusus untuk logistik tidak saya masukan tergantung dari masing-masing peserta.

Semoga tulisan singkat ini Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Climb-Mount-Singgalang bisa bermanfaat bagi anda yang mempunyai rencana dalam waktu dekat. Persiapkan fisik dan selalu berjiwa rendah hati sebagai modal awal untuk seorang pendaki yang tidak mempunyai jiwa takabur dan sombong selama pendakian.

TIPS BAGI PARA PENDAKI GUNUNG SINGGALANG.
Ada beberapa tips untuk melengkapi tulisan ini agar ekspedisi pendakian ini tetap baik pelaksanaanya serta kenyamanan selama pendakian sesuai dengan rencana.
1. Untuk mendaki Gunung Singgalang sebaiknya rombongan dan tim agar perjalanan pendakian ini bisa anda rasakan dengan rasa bersahabat dengan sesama tim dan saling membantu apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk solo mendaki tidak direkomendasikan karena rute ini cukup berat dan butuh kerjasama sesama rombongan tim untuk sampai ke puncak.
2. Selalu menjaga kesopanan dalam berbicara, pakaian, serta hal lainnya agar tidak terjadi ketakaburan, kesombongan, serta hal yang menyepelekan. Semua etiket pendakian harus anda perhatikan.
3. Mendaki Gunung Singgalang sebaiknya di musim kemarau tidak pada musim hujan. Karena medan yang akan anda lalui akan menjadi licin dan tidak bersahabat untuk pendakian. Di musim kemarau saja kondisi jalan pendakian sudah lembab dan licin, apalagi di musim hujan. Jangan ngeyel untuk memaksakan diri untuk melakukan ekspedisi ini.
4.  Gunakan sepatu yang mampu mengokohkan langkah anda untuk ekspedisi ini agar perjalanan tetap berjalan dengan baik dan fokus terhadap setiap langkah.
5.  Selama pendakian anda jangan lupa melaksanakan sholat fardhu wajib, pertualangan seperti ini tidak melupakan kewajiban anda sebagai seorang muslim untuk melakukannya walaupun dalam ekspedisi daki Gunung Singgalang. Jangan lupa membawa sajadah dan kain sarung untuk dibawa. [Khusus untuk pendaki muslim].
6. Seluruh sampah logistik makanan dan minuman anda tidak boleh buang sembarangan di sekitar Gunung Singgalang apapun alasannya. Bawa sampah logistik anda kembali pada saat penurunan, dan selalu jaga seluruh hutan tidak boleh melakukan pengurakan apapun alasannya.
7.  Setelah anda melakukan lapor di pos dekat Tower RCTI dan TVRI anda harus ada sedikit briefing dengan petugas yang ada disana untuk mendapat informasi awal pada saat pendakian. Perhatikan seluruh rute dakian dengan seksama dan teliti setiap langkah yang akan diayunkan supaya tetap stabil dengan barang bawaan.

Komentar

  1. mau tanya bang apakah ada local guide di sekitar pos pendakian atau di pande sikek, soalnya ada kemungkinan akan berangkat sendiri ke singgalang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya mendaki Gunung Singgalang rombongan dan tim. Saya tidak merekomendasikan anda sendirian kesana alasannya sangat jarang pendaki sendirian kesana untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan, untuk guide mendaki sangat jarang yang mau karena lokal penduduk juga jarang ke puncak. Itupun mereka hanya sampai ke lokasi pertanian mereka saja. Solusinya, anda bisa ikut dengan rombongan pendaki lain dengan syarat anda harus konsultasikan ke grup ybs agar bisa diterima untuk bisa bersama-sama ke puncak Gunung Singgalang.

      Hapus
  2. izin tempel url page ini di artikel ane ya bos.

    BalasHapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.