Di zaman now ini muncul peluang bisnis usaha sebuah barbershop pria sebagai peluang usaha dengan prospek yang sangat bagus setelah anda memperhatikan analisa resiko terhadap biaya pendirikan apakah sesuai dengan peluang pasar yang akan anda ciptakan. Barbershop pria ini di kota besar sudah mulai banyak tetapi di beberapa kota lainnya masih bisa tumbuh. Berdasarkan konsep yang akan anda buat tentu akan membuat konsumen pria yang akan mencoba jasa gunting rambut semi modern ini menjadi setia datang dari waktu ke waktu.
Poto oleh: thisisthebarbershop.com |
KONSEP BARBERSHOP PRIA.
Sebagian pria ingin dimanjakan dengan pelayanan yang maskulin dimulai dari gunting rambut, cuci, relaxasi, bahkan treatment perawatan kulit juga mulai dilirik. Mungkin tempat yang representatif yang bisa digunakan oleh seorang pria ini berbeda dengan salon wanita yang juga melayani kebutuhan pria. Tetapi, anda tahu sendiri seorang pria maskulin tentu akan merasa malu atau risih dengan perlakukaan yang tidak disukai akan menjadi penghalang untuk datang kesana. Dengan ide barbershop pria yang tujuan utamanya gunting rambut menjadi peluang pasar bisnis yang bisa anda tekuni sebagai UKM yang bisa anda jadikan sandaran hidup dikemudian hari.
ANALISA BUKA BARBERSHOP.
Sebuah bisnis harus anda analisa dahulu dengan beberapa poin penting sebelum memulainya. Analisa bisnis sangat perlu sebagai tahap rencana untuk menyingkronkan peluang pasar yang akan anda bentuk. Barbershop pria yang saya maksud disini berbeda dengan gunting rambut konvensional biasa, bisnis ini mencakup tingkat kenyamanan serta jasa lainnya yang bisa konsumen dapatkan tidak hanya sebuah tempa gunting rambut. Ada beberapa poin yang harus anda cermati sebelum memulai.
1. Analisa Peluang Barbershop.
Anda harus melihat peluang barbershop pria ini yang akan berdiri di suatu daerah atau kota. Peluang maksudnya, anda harus mempunyai data awal berapa banyak barbershop pria yang sudah hadir di daerah tersebut. Apabila anda melihat masih ada peluang atau masih belum ada pemain yang telah memulai barbershop ini anda bisa mengambil langkah untuk membukannya.
2. Lokasi Barbershop.
Barbershop yang anda dirikan ini tentu berbeda dengan tukang gunting rambut biasa dapat dikatakan menengah kebawah. Anda harus memposisikan diri sebagai tempat untuk gunting rambut dan treatment lainnya di satu tempat, tentu harga untuk menengah keatas. Teliti lokasi tempat berdirinya bisnis ini yang mudah dijangkau oleh pelanggan anda nanti. FYI, saran untuk menentukan lokasi adalah lihat posisi jalur jalan menuju lokasi barbershop anda apakah jalur utama, menengah, atau jalur jalan pintas. Sebaiknya anda memilih jalur utama yang hanya satu jalan ini menuju suatu pusat keramaian sebuah kota. Karena posisi ini barbershop anda terlihat langsung oleh seluruh pelanggan dan menghemat biaya promosi anda di masa yang akan datang.
3. Infrasturkur Gedung Barbershop.
Setelah anda menentukan lokasi tempat berdirinya maka anda akan menentukan ruko atau rumah sebagai model barbershop pria. Infrastruktur gedung ini sangat penting sebagai image bisnis yang akan anda bentuk. Apakah model konvensional, kuno, metroplitan, urban, atau campuran. Seluruh infrastuktur ini sebaiknya di design baik agar pelanggan anda mengetahui bahkan barbershop ini sangat layak untuk dipilih sebagai tempat untuk merapikan penampilan.
4. Aset Barbershop.
Perlengkapan seluruh barbershop harus anda persipakan dimulai dari berapa kursi yang akan anda beli beserta alat-alat penunjang lainnya. Seluruh aset ini disesuaikan dengan paket yang akan anda tawarkan kepada pelangga seperti perawatan cuci rambut, hair dryer, ataupun bahan lainnya untuk teatment rambut. Pada poin ini anda harus meneliti apakah seluruh aset ini telah anda lengkapi sesuai dengan kapasitas bisnis yang akan berjalanan nanti. Jika anda merasa berat untuk membeli barang-barang tertentu barbershop anda bisa membeli barang second seperti tempat duduk, kaca, kursi tamu, dsb.
5. Tenaga Kerja.
Jika anda bisa melakukan bisnis ini dengan keterampilan gunting rambut dengan berbagai gaya terkini anda bisa siapkan lokasi khusus anda untuk memberikan jasa terbaik untuk pelanggan. Jika berjalannya waktu anda bisa menambah jumlah tenaga kerja lainnya apabila jumlah pelanggan telah banyak. Proses ini akan terus berjalan, apabila ada pelanggan anda meminta treatment lainnya seperti jasa relaxasi, cuci rambut, atau treatment khusus kulit bagi pria anda bisa hire tenaga terlatik untuk bisa join ke barbershop anda.
6. Produk Perawatan Kulit.
Sebenarnya pria butuh produk perawatan khusus kulit yang diperuntukan pemakaiannya setiap hari. Pergeseran ini sudah terlihat di kota besar dimana pelangan pria sudah ingin dimanjakan dengan perawatan seperti ini. Jadi anda bisa melihat peluang ini jika pelanggan anda nanti sudah mulai berdatangan dan sudah percaya dengan jasa yang telah anda berikan.
7. Sistim Barbershop.
Agar alur kerja rapi dan terstruktur anda harus menciptakan sistem yang harus diterapkan baik untuk personil atau pelanggan. Sistim ini perlu agar tidak terjadi kekacauan pada bisnis ini berjalan misalnya anda bisa membuka layanan booking jika pelanggan anda sudah banyak serta harus menerapkan budaya antri. Menurutnya sepele tetapi sangat menentukan kenyamanan seluruh pelanggan anda.
8. Promosi Barbershop.
Setiap bisnis harus ada promosi baik secara konvensional ataupun online. Promosi yang dimaksud adalah memperkenalkan bisnis ini dengan cara waktu tertentu diberikan diskon atau harga khusus bagi mahasiswa atau pegawai kantoran sebagai pelanggan utama. Memang harga yang ditawarkan menengah keatas tetapi tidak ada salahnya anda membuat regulasi untuk memperkenalkan barbershop ini kepada pelanggan baru yang tentu akan bermafaat untuk jangka panjang. Promosi yang juga bisa anda terapkan adalah membuat website atau media online untuk menjangkau pelanggan baru yang tentunya masik dalam coverage alamt barbershop anda.
9. Konsisten Serta Inovasi.
Bisnis berjalanan tidaklah instant berhasil dalam waktu sekejab. Buatlah bisnis barbershop ini sebagai kekosistenan anda untuk bisa menjadi tumpuan pendapatan hidup dan bukan sebagai batu loncatan. Anda juga harus memperluas pengetahuan dengan adanya inovasi untuk sebuah barbershop dengan melihat perkembangan teknologi baik dalam revolusi menggunting rambut serta perawatan kulit. Ada beberapa turorial yang bisa anda pelajari dengan teknik mencukur kumis dan brewokan sebagai penambah service jasa kepada pelanggan.
HARGA TARIF BARBERSHOP.
Untuk tarif sebenarnya sesuai dengan daya serap bayar dari pelanggan anda di lokasi tempat berdiri. Untuk harga di Jakarta tidak sama dengan harga yang ada di daerah lain misal di Padang, Pekaanbaru, ataupun Papua. Sesuaikan kemampuan pelanggan anda untuk bisa membayar pada saat berkunjung. Harga rata-rata di Jakarta bisa menjadi patokan anda antara IDR 25.000 - IDR 30.000 dengan adanya service jasa tambahan cukur kumis dan brewok pakai foamy serta handuk hangat, untuk kebersihan tambahan cuci rambut sebagai optional. Jadi terapkan harga yang dipajang sesuai dengan jasa yang diterima oleh pelanggan.
ANALISA BISA BISNIS BARBERSHOP.
Untuk biaya pertama membuka barbershop sesuai dengan kapasitas dan kesempatan dimana bisnis ini berdiri. Jika anda memiliki tempat ruko sendiri menjadi nilai plus karena anda tidak memikirkan biaya sewa selama setahun. Untuk aset barbsershop termasuk kursi, cermin, lampu, serta infrastruktur lainnya tergantung dari kebijakan.
Estimasi Asumsi Rincian Biaya
Sewa Ruko 1 tahun : IDR 15 jt - 20 jt.
Aset Barbershop: IDR 25 jt.
Instalasi: IDR 3jt.
Dekorasi: IDR 4jt.
Lain-lain: IDR 4 jt.
Modal awal pendirian: +/- IDR 50 jt.
Untuk tenaga kerja tidak saya masukan karena asumsi ini anda sendiri sebagai tenaga barbershopnya. Jika berjalannya waktu dan pelanggan sudah ramai anda bisa menambah tenaga tambahan yang bisa digaji bulanan, UMR tergantung dari daerah mana. Jika di Jakarta UMR sekitar IDR 2,5 jt perbulan. Atau sistem bagi hasil 60:40 yang disepakati antara pemilik dan tenaga barbershop.
LAIN-LAIN.
Tergantung dari kebijakan anda untuk membayar gaji karyawan tambahan. Opsi lain anda bisa menerapkan pola bagi hasil dengan pola 40% dari pendapatan tukang cukur rambut. Jadi bisa disesuaikan dengan negosiasi anda dengan tenaga tambahan tersebut.
TIPS.
Untuk sebuah barbershop sudah menjadi kebutuhan primer seorang pria. Penampilan harus ditata dengan cukur rambut sesuai dengan model yang pelanggan inginkan. Yang paling penting bisnis barbershop ini adalah lokasi yang sangat strategis, harga bersaing, serta jasa service ke pelanggan maksimal. Kebutuhan barbershop untuk seorang pria masih terbuka luas tergantung kecermatan anda untuk masuk ke pasar. Nah, pastikan komponen penting jangan terlewatkan agar anda bisa memenangkan kompetisi dalam bisnis barbershop ini. Hal yang paling penting adalah ciri khas yang akan anda jual sebagai nilai tambah lainnya juga harus dipertimbangkan, berani beda dalam hal pekerjaan adanya bonus tambahan atau adanya promosi tertentu dengan potongan harga bisa anda terapkan saat barbershop mulai dibuka. Anda jangan terlalu memaksakan diri untuk langsung cepat sukses tetapi prematur karena banyak sekali kerugian yang akan anda rasakan saat persaingan barbershop ini telah menjadi fenomenal bagi kaum milenial yang butuh tempat nyaman dan menyenangkan. Tekuni dan berikan yang terbaik sesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki, konsumen adalah raja harus menjadi mindset karena konsumen selalu benar. Apabila anda lengah makan konsumen setia anda akan berpindah ke barbershop lain.
Baca juga:
Strategi Pemasaran Dan Marketing Barbershop Setelah Berjalan Satu Tahun Penuh
Baca juga:
Strategi Pemasaran Dan Marketing Barbershop Setelah Berjalan Satu Tahun Penuh
GALERY CONTOH RUANGAN BARBERSHOP
Poto oleh: barbersroom.co.nz |
Poto oleh: timeout.com |
Poto oleh: theresident.co.uk |
Poto oleh: hwmr.us |
Komentar
Posting Komentar