Langsung ke konten utama

Oleh Oleh Khas Minang Padang Sumatera Barat Paling Populer Diburu Oleh Wisatawan Lokal dan Luar Negeri

Oleh-oleh khas Minang Padang Sumbar telah menjadi pilihan akhir setelah anda berkunjung dan menghabiskan masa liburan di nagari yang sangat elok indah mempesona ini ke tempat wisata wajib yang harus dikunjungi. Makanan khas dan oleh-oleh sebagai penutup wisata yang akan anda bawa pulang untuk menikmati enak olahan makanan dan cantiknya suvenir yang telah di beli. Daftar ini sudah pasti masuk dalam itinerary wisata anda dengan rinci supaya tidak terlupa saat berada di pusat toko oleh-oleh nanti. Jenisnya bisa dari aksesoris khas Minang Padang, kue kering khas Padang, kerajinan khas Minang Padang, hingga pernak-pernik khas Minang Padang juga tersedia dengan aneka pilihan. Plesirankotatua ingin sharing informasi apa saja oleh-oleh yang paling populer oleh wisatawan luar negeri dan lokal saat mau akan berangkat pulang singgah dahulu untuk memberli buah tangan yang akan dibeli, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Aneka Jenis Keripik Balado.
Poto oleh: travelingyuk.com

Memang inilah pilihan pertama yang akan di cari tetapi jenis keripik balado ini telah banyak pilihannaya seperti balado cabe merah, balado cabe hijau, atau balado cabe kering. Revolusi keripik balado ini tidak hanya dari singkong saja sudah banyak jenisnya dengan pilihan talas, ubi jalar, kentang, hingga sayuran. Seluruh jenis oleh-oleh khas Minang Padang ini banyak ditemukan di daerah Bukittinggi seperti di Pasar Atas atau Pasar Bawah dan sepanjang jalan Padang Luar Bukittinggi menuju ke Padang Panjang. Disinilah sebenarnya pusat toko oleh-oleh yang sebenarnya langsung dari pembuat yang berpengalaman. Walaupun terlihat seperti toko biasa mereka lah pembuat asli langsung dari tungku sederhana tradisional asli.


2. Olahan Makanan Ringan Lainnya.

Tidak hanya keripik balado yang dipilih sebagai oleh ada lagi pilihan seperti sarang balam, dakak-dakak, galamai, beras rendang, karak kaliang, arai pinang, kue sapik, sagun-sagun, peyek ikan, kipang kacang, kacang tojin, dan lainnya. Wisatawan memang memilih keripik balado saja tetapi anda harus mencoba oleh-oleh Minang Padang Sumbar lainnya seperti rincian diatas. Rasa lebih variasi tidak hanya pedas saja untuk rasa manis krispi dan kriuk lain juga ada.

3. Menu Olahan Rendang.
Poto oleh: resepdanmasakan.com

Termasuk menu olahan ini, jenis rendang tidak hanya dari daging sapi saja tetapi sudah tersedia pilihan lain dari jenis daging ayam, rendang jengkol, hingga rendang belut. Pilihan bisa terasa beda dengan permintaan dari beberapa wisatawan yang ingin mencicipi aneka jenis olahan rendang. Memang untuk rendang ini sebaiknya harus di pesan terlebih dahulu agar saat anda bawa pulang masih dalam keadaan baru dan jangka waktu simpan bisa lebih panjang. Itu lah kunci yang terbaik sebelum anda membeli khususnya untuk rendang jengkol dan rendang belut.

4. Kerupuk Kulit Sapi Jangek.
Poto oleh: jokohartanto.blogspot.com

Selera asal penduduk asli Minang memang tak terlepas dari rasa enak, gurih, dan lezat. Termasuk olahan kerupuk kulit jangek yang sangat terkenal karena rasa berbumbu, tidak amis, dan kembang saat digoreng. Keahlian ini lah yang disukai oleh para wisatawan sampai sekarang akan terus di cari dan akan menjadi pilihan terbaik di toko oleh-oleh. Variasi produk ada jenisnya mentah dan telah siap di goreng. Khusus yang digoreng jenis pedasnya berasal dari cabe kering asli Minang Padang Sumbar yang terkenal pedas. Penduduk lokal menyebutnya cabe gurun atau cabe darek.

5. Olahan Roti Kekinian.
Sekarang ini telah ada pilihan lain untuk selera wisatawan seperti Roti Lapis Nan Tigo, Mande Cake, dan Roti Randang. Pilihan ini sudah mulai masuk dalam daftar oleh-oleh khas Minang Padang dengan rasa yang unik dan tentu bisa anda beli di pusat kota Padang. Olahan roti kekinian ini bisa anda sandingkan dengan oleh-oleh khas lainnya untuk melengkapi selera saat anda sampai di kota tujuan.

6. Kain Tenun Songket.
Poto oleh: songketpandaisikek.com

Asli dari generasi ke generasi dan anda bisa langsung ke pembuatnya di Pusat Tenun Pandai Sikek. Jenis bentuk dan corak sangat banyak dan proses pembuatannya masih sangat tradisional. Dengan corak unik budaya di Minang ini telah menghipnotis para pecinta kain tenun songket seluruh dunia untuk mendapatkannya bisa dibuat sebagai pakaian untuk acara resmi ataupun sebagai oleh-oleh khas yang harus anda miliki.

7. Alat Musik Khas Minang.
Poto oleh: rebanas.com

Minang dengan budaya yang terkenal kental dan masih terawat sampai sekarang ini menggunakan alat musik untuk membuat acara budaya lebih benilai. Seperti saluang, talempong, gandang, dan lainnya telah dijual di pusat wisata seperti di Bukittinggi dan Padang Panjang. Alat musik ini sudah tentu pasti dibuat oleh ahlinya dengan proses yang sangat tradisional sehingga suara ritme yang kontras bisa terdengar dengan baik.

8. Pakaian Tradisonal Khas Minang.
Poto oleh: Koleksi TROPENMUSEUM

Ingin memiliki pakaian tradisional Minang juga bisa anda pilih sebagai oleh-oleh khas yang sudah mulai dipilih oleh para wisatawan. Pakaian tradisional ini untuk pria dan wanita dengan berbagai ukuran dan corak. Termasuk sendal, suntiang, hingga selendang cantik untuk satu buah kostum adat baralek. Pilihan ini sudah lengkap dengan asesoris lainnya sehingga paket satu pakaian bisa anda jadikan sebagai hantaran untuk relasi.

9. Olahan Masakan Dendeng Balado.
Poto oleh: lifestyle.okezone.com

Selain rendang ada pula menu yang sangat disukai bahkan menjadi pilihan penting oleh seorang wisatawan yaitu dendeng balado. Olahan daging yang di potong tipis ini tentu sangat enak dapat dijadikan lauk untuk santap dengan nasi panas. Jenis dendeng balado ini ada dua yaitu dendeng basah dan dendeng kering. Untuk jenis dendeng basah langsung dimasak tidak begitu kering sedangkan untuk jenis kering daging dendeng tadi dijemur dulu dibawah sinar matahari langsung akan disajikan digoreng terlebih dahulu. Semua jenis dendeng ini tetap lezat dan mempunyai tekstur yang unik. Pilihan yang lebih banyak tertuju kepada dendeng kering karena saat di gigit krispi, rapuh, dan rasanya lebih terasa bumbu olahannya.

10. Pakaian Muslim.
Sebagai pusat pembelajaran agama Islam khususnya di Padang Panjang, Bukittinggi, dan Batusangka menjadikan pakaian muslim sudah menjadi pilihan saat berkunjung ke ranah Minang. Sebenarnya bukan hanya pakaian muslim tetapi mukena, sarung, hingga asesoris selendang bisa anda dapatkan dengan mudahnya. Lokasi tertuju ke Pasar Aua Kuniang Bukittinggi sebagai sentra bisnis garmen terbesar di Sumatera Barat dengan berkumpulnya seluruh pengrajin UKM. Pastikan destinasi belanja anda untuk mencari oleh-oleh khas Minang Sumbar mengunjungi pasar ini.



11. Lainnya.
Jenis lainnya seperti bumbu dapur yang dikeringkan, beras, serta suvenir cantik juga tidak luput dari daftar yang akan rinci. Pilihan ini juga dipilih oleh wisataran terutama jenis beras prima yang ditanam di Sumatera Barat khususnya beras Solok salah satu penjual beras Solok asli ini. Untuk suvenir bisa anda beli di sekitar Jam Gadang Bukittinggi dengan pilihan yang cukup banyak.

Baca juga:

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.