Langsung ke konten utama

Pilihan Produk Investasi Tahan Lama Sepanjang Masa Tahan Terhadap Laju Inflasi

Apabila anda memiliki sebuah rencana untuk memilih produk investasi yang bisa dilakukan sepanjang masa tentu sangat tahan lama dari gempuran sebuah tingkat nilai inflasi saatnya dilakukan sebuah pilihan. Investasi sebuah cara yang di pilih untuk alokasi dana berlebih agar lindung nilai dari pilihan tersebut bisa membentengi seluruh aset tetap berharga mengikuti harga pasar pada saat itu juga dan paling penting adalah tahan lama sepanjang masa. Mungkin ada sebagian anda yang berfikir apakah berpengaruh dengan laju inflasi, tidak terlalu memberikan sebuah efek yang cukup signifikan. Apa saja pilihan produk investasi yang bisa menjadi pertimbangan agar dana berlebih bisa memberikan sebuah alternatif yang anda cari selama ini, berikut penjelasannya.

Poto oleh: marketeers.com

1. Logam Mulia Emas.
Sudah lama investasi logam mulia emas di pilih sebagai alokasi dana yang sudah di sukai apalagi bisa di beli dalam jumlah minimal seperti 5 gr ini masih bisa sangat terjangkau. Dan lindung nilai yang bisa didapatkan ini tentu di jangka panjang sangat baik berikut dengan harga pasar. Apabila dilirik penurunan nilai, tidak ada emas harganya turun di jangka panjang justru memberikan sebuah keuntungan yang disenangi. Tetapi tidak selalu investor yang memikirkan keuntungan jangka pendek tetapi emas lindung nilai pada jangka panjang.

Pembelian emas bisa dimana saja seperti di toko emas terpercaya bahkan sebuah BUMN Antam menyediakan penjualan emas dalam berbagai berat dan diberikan sebuah tanda yang menyebutkan jumlah berat yang dibeli. Jadi pilihan bisa anda pilih apakah dalam bentuk perhiasan atau hanya bentuk kepingan saja. Itu lah yang sangat disenangi jenis bentuk yang di pilih, pilih emas 24 karat saja agar lindung nilainya lebih sempurna.

2. Kaplingan Tanah.
Ada sebagian dari anda yang berminat untuk sebuah kaplingan tanah atau pun sejumlah tanah kosong sebagai pilihan terbaik untuk alokasi dana untuk investasi. 

TIPS: jika anda ada rencana untuk membeli tanah yang digunakan sebagai cara terbaik untuk memberikan keuntungan yang cukup bagus di jangka panjang sebaiknya pilih lokasi tanah di pusat kota atau sebuah tempat yang akan menjadi kota. Apabila ada mempunyai rencana untuk membeli sejumlah luas tanah untuk diberdayakan sebuah perkebunan bisa memilih luas tanah di daerah perdesaan, pilih lah yang mempunyai akses jalan utama memiliki nilai jual tinggi pada jangka panjang nanti seperti 10-15 tahun mendatang.

Yang menjadi perhatian adalah dokumen surat sertifikat tanah harus menjadi  atensi sebaiknya di pilih telah SHM karena jauh lebih baik dari SHGB. Banyak tanah yang belum banyak memiliki sertifikat jenis SHM bahkan tidak ada sama sekali, apabila anda ingin mendapatkan sertifikat jenis ini ikuti prosesnya yang telah baku di Badan Pertanahan Negara. Memang proses cukup panjang tetapi sebuah aturan yang telah ditetapkan sebaiknya anda ikuti. Alasanya, apabila telah SHM sudah pilihan yang paling tinggi terhadap aset tanah yang dilindungi oleh Negara sehingga anda telah berhak memiliki aset tersebut sebuah produk investasi yang sudah mulai banyak di pilih oleh masyarakat. 

3. Properti.
Pilihan terbanyak yang diikuti oleh para pemilik dana yang sangat berlebih tentu bisa memilih properti. Jangka pendek kebutuhan sebuah properti sudah sangat meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Di kota besar seperti DKI Jakarta saja kebutuhannya tidak sebanding mengakibatkan harga untuk 5-10 tahun kedepan saja sudah bisa mencapai 100% dari harga beli awal. 

TIPS: pilihan properti bisa berupa tanah dan bangunan, tanah lebih luas dari pada bangunan, dan tanah dan bangunan dengan luas yang seimbang. Properti sudah tidak bisa ditawar lagi tingkat peminat nya terbukti di saat lounching saja sudah ada penjualan sold out. Begitu pentingnya properti sebagai alokasi dana untuk melakukan investasi sudah bisa diandalkan untuk jangka pendek atau jangka panjang.

PENTING! dengan maraknya para developer nakal yang pada awal lounching dan properti akan dibangun selalu memberikan angin surga bahka properti akan segera dilakukan pengembangan di sebuah lahan. Memang tidak semua developer seperti itu tetapi anda pastikan track record yang selaman ini mereka lakukan sudah teruji kejujurannya dan properti yang dijanjikan telah siap serah kunci kepada pemilik properti.

Apabila anda memilih properti sendiri dengan pertimbangan yang cukup rinci yaitu lokasi, fasilitas, hingga pengalaman melihat dokumen surat sebaiknya bisa anda lakukan untuk mendapatkannya. Bisa anda prospek sendiri dengan bantuan informasi iklan dari media sosial untuk meneliti apakah properti ini telah sesuai dengan selera dan karakter anda sebagai investor. Jika diperlukan gunakan jasa agen properti untuk mewujudkan impian anda ini, alasannya lebih terjamin kejujurannya walaupun harganya sedikit lebih mahal dari harga pasar. 

4. Dinar.
Peluang investasi Dinar sudah mulai populer dipilih sebagai alternatif alokasi dana menganggur yang bisa anda pelajari sebelum melakukan eksekusi. Dinar adalah sebuah bentuk investasi dalam bentuk emas yang tipe nya bentuk koin emas. Pada umumnya investasi emas yang dikenal masyarakat umum adalah emas batangan, perhiasan, derta sebuah koin emas yang disebut juga dengan dinar. Pada poin ini Plesirankotatua ingin menjelaskan sedikit banyak tentang investasi Dinar.

KEUNTUNGAN.
Investasi Dinar ini memiliki standar yang telah teruju terukur dimana untuk satu koin emas dengan takaran 22 karat dengan berat 4,25 gram dengan  kadar emas 91,7%. Cara untuk lindung nilai dari investasi sangat disukai oleh para investor dan inflasi yang terjadi nanti. Hampir sama dengan sebuah emas pada umumnya, Dinar sangat likuid dan anda juga bisa dapat koin dinar di BUMN PT Antam, penjual toko emas, hingga isntitusi yang terpercaya menyediakan investasi Dinar seperti di Bank Syariah.

Hampir sama dan mirip dengan emas yang telah kami sampaikan di poin nomer satu bahwa investasi Dinar juga bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan anda sekarang dan jumlah koin yang akan dibeli. Yang menjadi keuntungannta adalah: tidak ada potongan untuk ongkos pembuatan koin Dinar, selisih buy back tidak terlalu jauh jumlahnya. Apanila anda telah memiliki 50 Dinar, suatu masa anda ingin menjual sekitar 5 dinar, maka sisa 45 bisa anda simpan tanpa ada potongan. Jika emas batangan anda mempunyai 100 gr emas, dan anda hanya butih 10 gr saja, anda tidak bisa membagi emas batangan itu tetapi harus menjual keseluruhannya baru bisa dibagi.

PENTING! Investasi Dinar tipe jangka panjang 5-10 tahun mendatang bukan jangka pendek karena potensi terkoreksi sangat tinggi. Konsep investasi ini di Indonesia masih dianggap sebagai sebuah perhiasan sehingga akan terkena PPN 10%. Untuk fisik memang anda menyediakan sebuat tempat penyimpanan, jika jumlahnya banyak maka harus menyewa safe deposit ataupun sebuah lemari besi mini di rumah. Tetapi lebih banyak investor menyewa safe deposit karena terjaminnya keamanannya. Pengaruh harga memang tergantung dari kebijakan pasar yang terpusat di Bank Sentral USA serta Eropa. Faktor global juga mempengaruhi seperti jumlah ketersediaan emas dan nilai tukar juga bisa menjadi penyebab.

TIPS: Investasi dinar ini sebaiknya dipilih untuk investasi jangka panjang seperti biaya pendidikan anak ataup untuk tabungan haji. Untuk mewujudkannya jangan membeli Dinar dengan cara berhutang sebaiknya dalam keadaan tunai. Dinar sebaiknya dalam bentuk fisik nyata karena komoditas investasi ini sangat rentan kehilangan, alangkah baik disimpan sendiri di tempat yang aman atau sewa safe deposit box yang tersedia dari jasa perbankan ataupun pengadaian.

5. Reksadana atau Saham Syariah.
Dengan berkembangnya konsep syariah di Indonesia telah hadir investasi dalam bentuk reksadana atau saham syariah untuk sebuah paket. Apabila anda ingin melakukannya secara pribadi terbebas dari syariah menjadi setiap pilihan tetapi dianjurkan anda mengikuti program yang telah dibuat oleh perbankan syariah dan prediksi hitungan untuk pengembangan sudah jelas. Apabila lepas dari institusi ini tentu harus dibekali keahlian dan ilmu yang cukup agar alokasi dana investasi anda tidak menguap begitu saja.

TIPS: apabila anda ingin bermain di paket reksadana dan saham dari paket perbankan syariah pastikan jenis paket yang diikuti memang sesuai dengan keuangan anda, karena sifatnya seperti menabung dan perbankan lah yang akan mengembangkannya dengan profit sharing yang akan dibukukan ke rekening anda kelak. Resiko bermain di saham secara terpisah memang sangat riskan sekali, apabila anda tidak memiliki ilmu akan mengakibat seluruh uang anda bisa terkuras habis. Jangan pilih cara seperti ini jika anda tidak paham pada saat beli atau jual. Pengetahuan investasi harus penting agar profit yang diciptakan sesuai dengan keinginan anda.

KESIMPULAN.
Berbagai jenis macam investasi yang ada saat ini sebenarnya sebuah solusi untuk mengalokasikan dana anda lebih produktif dan pilih resiko paling minimal. Resiko sebuah pilihan investasi akan pasti ada karena resikolah yang menjadi tantangan untuk dihindari menghasilkan sebuah hasil pengembangan investasi. Harus berhati-hari memilih sebuah institusi keuangan yang sudah memiliki track record yang baik seperti pembelian emas, properti, tanah, atau pun dinar agar uang yang akan dibelanjakan tidak hilang atau tercuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk Deposito pada saat sekarang ini kurang menarik karena return yang di dapat tidak sepertu dulu apalagi tabungan. Rate pengembangan bahkan hampir tidak ada sama sekali untuk jumlah minimal tertentu. Jadi, pilih tipe investasi seperti apa  yang sangat cocok dengan keuangan anda serta karakter mindset untuk jangka panjang. Semoga bermanfaat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.

Tips Cara Mudah Memilih Tas Untuk Traveling Mudik

Saat waktu sudah dekat masih bingung memilih tas untuk traveling mudik apalagi cewek banyak kriterianya dimulai dari tas yang cocok untuk semua warna baju, ukuran tas koper untuk seminggu, hingga tas yang cocok untuk situasi padat penumpang. Kalau seorang pria tidak akan banyak permasalahan hanya perlu sesuaikan situasi dan kondisi saat waktu traveling mudik sudah mendekati hari-h nya. Memang tas menjadi tumpuan untuk menyimpan seluruh barang dan pakaian yang harus di bawa, tidak mungkin tersimpan di kardus menjadi malu-maluin saat membawanya. Jadi tas lah yang cocok untuk traveling mudik dangat bervariasi tenggantung jenis tipe, warna, hingga ukuran liter yang menjadi pilihan terbaik.  Plesirankotatua ingin berbagi sedikit pengalaman bagi anda yang masih bingung memilih tas untuk beberapa keperluan mudik, traveling, atau pun dinas luar kantor hanya situasi saja yang berbeda tetapi maksud dan tujuan bisa anda aplikasi kan sesuai dengan timing yang tepat dan tujuan traveling perjal