Langsung ke konten utama

10 Tips Menjadi Seorang Tour Guide Pariwisata

Jika anda mempunyai kapabilitas menjadi seorang tour guide di bidang pariwisata dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang cukup baik penghasilannya. Ada beberapa tips cara yang harus diperhatikan jika menjadi seorang tour guide pariwisata dimanapun berada. Bisa saja anda menjadi pemandu wisata di negara yang banyak orang Indonesia yang ingin berlibur di negara tujuan yang anda tinggal misalnya Jepang, Eropa, Australia, New Zealand, Korea Selatan, dsb. Jadi peluang sebagai tour guide atau pemandu wisata ini sangat menjanjikan bahkan sudah menjadi profesi. Apa saja tips cara menjadi seorang tour guide pariwisata berikut syarat poin penting yang harus diperhatikan.




Tips Cara Menjadi Seorang Tour Guide Pariwisata. Poto oleh: http://23tourism.blogspot.co.id

1. Customer adalah raja.

Prinsip ini berlaku dibidang jasa apapun termasuk seorang tour guide. Jemput customer dimulai dari pintu kedatangan. Biasanya mereka sangat senang jika dijemput di bandara sebagai respek hormat kepada mereka. Buatlah sedikit tulisan di kertas menyebutkan rombongan atau nama customer yang anda lakukan kerja sama. Biasanya mereka akan menghampiri anda setelah melihat nama yang tertera di kertas yang bertulisan nama mereka.

2. Perhatikan waktu kerja.

Sebelum deal dengan customer anda harus menentukan jam kerja tour guide. Apakah full time atau hanya sebagai penunjuk jalan saja. Ini perlu dibicarakan agar tidak terjadi kesalahpahaman pada saat kunjungan wisata. Sebenarnya customer akan mendiskusikan waktu yang akan mereka habiskan bersama anda agar liburan mereka ini menjadi lebih berkesan bahkan tidak pernah terlupakan.

3. Buatlah itinerary acara.

Biasanya customer akan memberikan itinarary nya kepada tour guide untuk global acara liburan mereka. Biasanya mereka akan menyebutkan lokasi yang akan mereka tuju berdasarkan waktu dan jam nya. Seorang tour guide akan memberikan rekomendasi kepada customer jadwal terbaik atau efektifitas jadwal kunjungan wisata di negara tujuan. Jika anda seorang tour guide harus mampu memberikan sedikit gambaran penting karena anda sangat mengetahui seluk beluk lokasi tujuan wisata tadi. Biasanya customer akan percaya dengan informasi yang anda berikan, dan mereka akan bertanya serba-serbi lokasi wisata tersebut. Jadi siapkan penjelasan yang baik dan mudah dimengerti sehingga customer mengetahui detail sebenarnya.

3. Menggunakan transportasi pribadi atau umum.

Biasanya transportasi untuk berkunjung ke lokasi ada dua jenis yaitu transportasi umum publik dan transportasi pribadi. Untuk transportasi publik biasanya untuk negara yang telah baik transportasi umumnya seperti bus atau MRT tidak menjadi masalah. Untuk negara Indonesia masih ada keterbatasan dalam transportasi publik maka rekomendasi yang terbaik adalah mengunakan jenis moda transportasi pribadi seperti bus pariwisata atau mobil minibus. Jika di negara yang cukup baik transportasinya lebih baik menggunakan transportasi umum, yang menjadi poin penting adalah jika kunjungan wisata yang ada di Indonesia membutuhkan moda transportasi yang nyaman dan aman seperti bus pariwisata dan minibus pribadi. Kesepakatan ini harus dibicarakan juga dengan customer dengan anda sebagai seorang tour guide.


4. Biaya kerjasama dengan seorang tour guide.

Jika diluar negeri biaya seorang tour guide sangat bervariasi, jika profesional dengan jumlah anggota yang ikut lebih banyak tentu tarifnya mengikuti standar dari negara tujuan. Jika anda seorang tour guide membawa orang Indonesia sedangkan anda juga dari Indonesia hanya ada kesepakatan kedua belah pihak saja setelah memperhitungkan standar disana. Biasanya tarif dimulai dari anda sendiri dan customer biasanya akan menghitung apakah biaya tersebut masuk ke dalam budget anggaran mereka. Biasanya mereka akan melakukan negosiasi dengan kerumitan jadwal kunjungan wisata yang mereka lakukan dengan budget yang anda tawarkan.

Jika di Indoensia biasanya harganya sehari penuh disesuaikan dengan itinarary kunjungan wisata. Round down acara dibuat oleh tour guide dengan kegiatan sehari penuh tersebut dan tour guide ini sudah menjadi dalam satu paket wisata pada tour and travel yang mereka bikin seperti paket perjalanan. Anggota wisata disesuaikan dengan paket yang ditawarkan, sebagai contoh 10 orang dan maksimal 30 orang. Paket ini juga termasuk moda transportasi yang digunakan sehingga all in one paket. Jadi mereka tidak memikirkan pernak-pernik kecil lainnya. Tetapi ada juga customer yang ingin kunjungan wisata keluarga saja yang lebih private bisa saja dilakukan dengan pertimbangan kerahasian wisata atau lebih kealam ranah privasi.

5. Food and beverage.

Selama diperjalanan pasti ada makan dan minuman menemani perjalanan wisata lebih hidup. Biasanya customer akan selalu mencoba kuliner negara tersebut dengan berbagai alasan seperti kalau belum cicip makanan asli belum sempurna liburan ini. Agak kurang sedikit tidak etis memang jika membicarakan food and beverage, selaku orang timur seperti Indonesia membicarakan hal ini ada rasa segan atau sedikit malu. Tetapi ini penting juga agar anda seorang tour guide yang telah ditunjuk sudah menjadi bahagian anggota dari mereka. Kesepakatan ini dibuat sebelum kunjungan wisata dimulai. 

6. Buat perjanjian tertulis.

Untuk menjadikan kerjasama ini lebih terarah dan tidak ada pihak yang dirugikan sebaiknya ada perjanjian tertulis supaya salah paham tidak akan terjadi. Seorang tour guide merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan jasa kepada customer dengan berbagai kendala dan hambatan yang mungkin terjadi dilapangan. Hal ini harus dihindari. Dispute terhindarkan dapat menjadi rekomendasi jasa anda dapat digunakan oleh seluruh networking dari customer anda kelak. Amin.

7. Performance penampilan.

Seorang tour guide harus mempunyai penampilan yang baik, sopan, dan terpelajar. Biasanya customer akan melihat personal information dari background anda, mungkin saja mereka akan melakukan interview sedikit mengenai personality anda. Hanya tour guide yang bersih, rapi, tidak merokok, sopan, serta charming yang akan dipilih oleh customer untuk membantu mereka pada kunjungan liburan nanti. Jadi, jangan bergaya seperti preman, urakan, serta bau badan akan mengurangi respek customer terhadap anda.

Prinsip ini adalah benar. Attitude seorang tour guide menentukan karakter. Poto oleh: studipariwisata.com

8. Tepat waktu.

Customer sangat respek dengan tour guide yang tepat waktu. Ngaret akan menjadikan mereka tidak senang bahkan menjadi perjalanan yang tidak menyenangkan nantinya. Kunjungan wisata yang dipandu oleh pemandu wisata sudah ada schedule yang tepat waktu supaya itinarary keseluruhan acara bisa terwujud dengan sempurna. Bagi anda yang suka ngaret perlu perhatikan hal ini. Tepat waktu menentukan masa depan karir anda dibidang tour guide.

9. Sangat paham lokasi wisata.

Seorang pemandu wisata atau tour guide harus paham lokasi tujuan wisata. Anda harus mempunyai informasi yang cukup untuk menjelaskan kepada turis cerita dibalik objek wisata yang dikunjungi. Apabila anda hanya melongo saja, tidak ada informasi penting yang disampaikan maka anda akan menjadi tour guide yang tidak akan direkomendasikan oleh mereka. Apabila ada kerjaan sebagai tour guide anda harus membuat diary tersendiri untuk membuat sedikit tulisan menjelaskan informasi objek wisata yang akan dikunjungi sebelum mereka datang. Berikan waktu yang cukup bagi customer untuk mengambil poto, selfie, dan welfie bersama anda.


10. Selesai tugas.

Setelah tugas selesai tentu anda akan mengantarkan customer kembali sampai ke bandara. Apabila anda menjemput dimulai dari bandara maka anda akan mengantarkan mereka sampai ke bandara pula. Atitude seperti ini mencerminkan anda seorang tour guide yang profesional di bidang pemandu wisata dan tahu betul customer sangat suka dengan cara seperti ini. Pada saat berpisah inilah anda bisa mengetahui kinerja anda selama menjadi pemandu wisata dengan mereka. Apakah mereka puas, sedang, atau mengecewakan. Jangan sampai pekerjaan anda memberikan jasa seperti ini menjadi mimpi buruk, jadikan sebagai batu loncatan untuk mendapat pekerjaan lebih baik lagi dibidang pemandu wisata, siapa tau kelak anda mempunyai perusahaan tour and travel kelak yang membutuhkan networking customer dari mereka. Perlu diingat, anda jangan memikirkan tipping uang dari tamu anda, jika anda hanya berharap dengan fokus uang kinerja anda tidak akan maksimal. Apabila tugas memandu wisata ini sudah membuat mereka senang dan puas makan tipping uang akan mengalir dengan sendirinya.


Inilah tips penting yang harus diperhatikan jika anda menjadi seorang tour guide pariwisata, sudah fokus dan menjadikan kegiatan ini sebagai profesi. Setiap gerak-gerik anda adalah attitude, karakter, harus friendly dan bahkan mencerminkan diri anda. Semoga 10 tips ini bisa memberikan sedikit sharing ilmu dan bermanfaat bagi karir anda dikemudian hari dan jika anda seorang pemula atau newbie inilah poin penting yang harus diketahui.

PENTING! jika anda mempunyai skill komunikasi berbagai bahasa asing seperti Inggris, Perancis, Jepang, Mandarin, dan lainnya akan memberikan nilai lebih untuk perkerjaan seorang guide pariwisata ini. Gali semua potensi diri anda untuk tetap berusaha semaksimal mungkin agar semua hasil jerih payah anda bangun selama ini akan memberikan hasil yang sanat tinggi bahkan anda akan diberikan tips yang banyak secara sukarela dengan mudahnya jika konsumen anda sangat puas dengan pekerjaan anda di saat mengantarkan mereka ke tempat wisata penting di sekitar daerah anda.

Komentar

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya:

Jangan Lupakan Oleh Oleh Khas Turki Saat Kembali Pulang Ke Indonesia

Berkesempatan berkunjung ke negera Turki tentu menjadi idaman setiap orang karena negara ini mempunyai pesona tersendiri juga tersimpan oleh-oleh-khas-Turki yang unik dapat juga dijadikan souvenir dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu dengan liburan singkat ini harus ada kenangan tersendiri dengan membeli oleh-oleh-khas-unik-Turki ini bisa dijadikan sebagai koleksi pribadi, hadiah, bahkan untuk dijual kembali sampai di Jakarta tentu mempunyai keasyikan tersendiri. Negara yang terletak di dua benua ini di Asia dan Eropa termasuk dalam perkembangan sejarah Islam tentu akan memiliki perpaduan kebudayaan yang terlihat dalam keindahan kota dan srsitektur gedung yang mempesona. Untuk hidangan lezat juga tercipta olahan tangan terampil yang akan memanjakan lidah seluruh traveler Indonesia yang ingin menghabiskan masa liburannya di negera ini. Apa saja oleh-oleh-khas-Turki yang akan menjadi destinasi belanja anda selama disana berikut penjelasannya.