Langsung ke konten utama

Cara Lengkap Menuju Taman Nasional Pulau Komodo

Inilah lokasi yang sedang disukai oleh turis lokal dan internasional yang sudah termasuk 7 wonder yang benar menghipnotis seluruh penjuru negara. Kenapa tidak, lokasi yang hanya satu-satu nya di dunia tempat habitat hidup kadal raksasa ada di Indonesia. Sebagai tempat wisata yang sangat relatif baru dan sudah berbenah oleh pemerintah provinsi ini cocok sekali anda kunjungi sebagai lokasi wisata bahari yang mempesona di Taman Nasional Pulau Komodo. Saya ingin membuat tulisan ini sebagai partisipasi saya untuk mempromosikan objek wisata ini kepada seluruh turis. Cara lengkap menuju taman nasional Pulau Komodo ini khusus untuk anda yang suka jiwa petualangan alias backpacker. Tanpa tour dan travel berjalan dengan semangat juang tinggi untuk sampai ke lokasi.

Perjalanan dimulai.
Untuk sampai ke Taman Nasional Komodo anda terlebih dahulu harus sampai di Labuan Bajo. Inilah lokasi awal atau pintu gerbang berupa kota kecil yang sudah siap untuk menyambut turis seluruh dunia yang berlokasi di Pulau Flores. Perjalanan dimulai dari kota ini untuk menuju pertualangan bertemu si komo besar.

CARA KE LABUAN BAJO.
Gerbang menuju Taman Nasional Pulau Komodo ini bisa anda tempuh berbagai alternatif cara. Saya mencoba memberikan ilustrasi mulai dari yang tingkat nyaman tinggi sampai dengan tingkat kenyamanan standar saja, hehe. Berikut tahapnya.

Poto oleh: patainanews.com

1. PESAWAT UDARA | Jakarta-Labuan Bajo.
Sekarang maskapai penerbangan utama di Indonesia sudah membuka rute penerbangan tetapi penerbangan ini transit di Denpasar Bali. Jadi anda bisa sesuaikan jadwal keberangkatan yang sesuai dengan kebutuhan anda, penerbangan dimulai pada jam 10:00 pagi dan mendarat di Labuan Bajo sekitar jam 14:00 WITA. Tergantung ketepatan waktu maskapai yang akan anda naiki. Setiap maskapai penerbangan mempunyai harga dan tingkat kenyamanannya. Jika saya ambil maskapai penerbangan Garuda Indonesia sampai dengan range harga IDR 2jt an.

Opsi Pilihan Estafet.
Apabila anda ingin berhemat dengan pertimbangan biaya yang dikeluarkan bisa diminimkan dapat transit di Denpasar Bali. Perjalan dari Jakarta-Bali dan Bali-Labuan Bajo. Aneka maskapai juga bisa anda naiki dimulai dari budget, tetapi anda harus mempunyai spare waktu yang cukup panjang sampai ke Labuan Bajo. Jadi tekniknya anda harus menyesuaikan pesawat yang akan berangkat ke Labuan Bajo awal dan terakhir untuk bisa anda hubungkan dengan maskapai penerbangan yang berangkat dari Jakarta-Bali. Ambil pesawat paling pagi untuk bisa mendapatkan waktu cukup menunggu di Denpasar. Harga yang bisa anda hemat antara 30%-40%. Lumayankan.

Bandara Labuan Bajo Menuju Kampung Ujung.
Perjalanan harus dimulai lagi, setelah mendarat di Bandara Labuan Bajo anda harus menempuh perjalanan sekitar 3 km menuju Kampung Ujung. Anda dapat menggunakan ojek dengan rage harga IDR5000 - IDR 10.000 tergantung negosiasi anda. Biasanya warga lokal bisa mendapatkan harga IDR5000 saja. Jika rute dari Kampung Ujung menuju bandara biasanya mereka tidak mau dengan harga IDR5000 tetapi harus IDR10.000. Harap maklum ya. Untuk armada taksi juga bisa anda sewa dengan range harga IDR 30.000 - IDR 35.000. Apabila anda dengan sedikit punya nyali untuk berjalana kaki bisa juga dilakukan hanya 30 menit berjalan kaki. Haha.

Sampai di Kampung Ujung.
Setelah sampai ke Kampung Ujung yang harus anda lakukan adalah mencari tempat penginapan, sesuaikan dengan budget anda. Apakah rate-nya ala backpacker atau mempunyai tingkat kenyamanan yang cukup tersedia di lokasi ini.

Setelah anda mendapatkan tempat hotel penginapan segera cari tour untuk menjelajahi Taman Nasional Komodo dan pulau sekitar. Mereka akan memberikan paket tour dengan metode 2D/1N tergantung dari paket yang mereka sediakan. Jika anda memilih paket tour menggunakan kapal dengan deck yang harga yang harus anda bayar adalah IDR850.000. Paket ini melayani keliling pulau seperti Kenawa, Turtle Point, Manta Point, Rinca, Pantai Pink, serta ke Pulau Komodo. Harga yang anda bayarkan ini belum termasuk tiket masuk, untuk makan dan minuman selama diperjalanan sudah ditanggung oleh pemilik tour.
FYI, jika anda memilih tour travel yang menggunakan kapal dengan deck terbuka maka anda akan stay di Kampung Komodo. Jika kapal yang membawa anda deck yang tertutup maka anda akan menginap di kapal dimana lokasi jangkar akan terasa unik di Pulau Kelelawar.

2. PESAWAT UDARA dan KAPAL LAUT PELNI.
Apabila anda ingin mendapatkan sensasi lain menggunakan pesawat udara dan kapal laut juga bisa dilakukan. Dimana tipe seperti ini banyak disukai oleh para backpacker dan turis dari luar negeri. Cara seperti ini harus mempunyai stamina yang kuat, tidak mental krupuk, serta tahan terhadap semua rintangan selama diperjalanan. Berikut tahap nya.

Pesawat Udara: Jakarta-Makassar.
Ke Makassar juga banyak maskapai penerbangan utama Indonesia. Anda juga bisa menyeleksi harga terbaik, jika anda mendapatkan promo bisa dengan harga IDR500.000 an. Untuk tiket pesawat anda bisa melakukan cek harga dari beberapa vendor tiket yang populer untuk mendapatkan harga yang sangat kompetitif Setelah anda sampai di Makassar harus menggunakan kapal laut PELNI.

Kapal Laut PELNI-Labuan Bajo.
Ada beberapa kapal laut PELNI yang bisa anda pilih dengan rute Makassar-Labuan Bajo. Kapal laut yang melayani rute ini adalah KM.Egon, KM.Binaiya, KM.Sirimau, dan KM.Tilongkabila. Khusus untuk KM.Tilongkabila kapal ini langsung berlabuh di Labuan Bajo tidak ada transit ke lokasi lain. Tentu harga ongkos tiketnya cukup terjangkau IDR170.000. Lama perjalanan +/- 18 jam.

Setelah sampai di Labuan Bajo anda harus samapi ke Kampung Ujung. Ikuti langkah selanjutnya seperti penjelasan diatas.

3. KERETA API dan KAPAL LAUT PELNI.
Altenarif lain juga bisa anda tempuh hanya menggunakan Kereta Api dan Kapal Laut Pelni untuk sampai ke Labuan Bajo. Keseluruhan transportasi seperti ini sudah sangat lazim karena harganya sangat terjangkau. Cara nya sebagai berikut:

Jakarta-Surabaya dengan Kereta Api.
Sekarang koneksi menggunakan transportasi kereta api sudah bisa digunakan. Kereta Api jenis Kertajaya yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 14:00 menuju Stasiun Pasar Turi Surabaya pukul 01:30. Harga tiket yang masik terjangkau sekitar IDR 150.000 an harga tergantung musim liburan atau tidak.
Setelah sampai di Stasiun Turi Surabaya anda bisa istirahat sejenak  sampai pagi menjelang siang untuk melanjutkan perjalananan. Setelah anda mandi dan sarapan di sekitar Stasiun anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Kapal Laut Pelni. Anda bisa langsung cek ke website PELNI di [www.pelni.co.id] untuk jadwal keberangkatan. Pastikan jadwal keberangkatan kapal laut ini sesuai dengan jadwal liburan anda. Untuk kelas ekonomi IDR276.000. Keberangkatan kapal biasanya pada pukul 17:00 WIB dan sampai di Labuan Bajo lusa harinya pukul 04:00 WITA. Lama perjalanan sekitar 35 jam.
Setelah anda sampai di Pelabuhan Labuan Bajo sebaiknya anda mencari penginapan disekitar, untuk istirahat sejenak dan mandi. Biaya penginapan dimulai harga IDR75.000. Dengan banyak paket yang disediakan oleh pemilih travel tour Komodo dapat anda ikuti apabila jumlah anda sendiri atau beberapa orang saja. Biasanya mereka mangkal di Jl.Soekarno Hatta atau sampai ke dermaga Kampung Ujung yang akan membawa para turis yang ingin menikmati kawasan Komodo sebagai tempat wisata. Harganya masih sangat terjangkau jika anda bersama-sama ala backpacker dengan traif IDR 500.000 per orang dengan waktu 2D/1N. Jika anda sudah rombongan minimal 12 orang tentu bisa satu boat dan harganya sangat lebih ekonomis.

4. BUS | Jakarta-Labuan Bajo serta Kapal Ferry.
Apabila anda ingin merasakan menaiki bus malam dengan rute yang cukup panjang juga bisa, yaitu Bus Safari Dharma Raya dengan tujuan Bima. Lama perjalanan +/- 60 Jam dengan harga ongkos tiket IDR 800.000 an yang sudah termasuk service makan selama diperjalanan di pool rumah makan relasi bus.
Setelah anda sampai di terminal Bima harus dilanjutkan perjalanan menggunakan bus medium seperti ELF sampai ke Pelabuhan Sape dengan ongkos IDR25.000 -IDR35.000 dengan lama perjalanan +/- 2 jam. Karena Ferry penyeberangan berangkat pukul 09:00 pagi, jadi anda harus sampai di lokasi sebelum jam ini untuk menyeberangi Selat Alas dengan rute Labuan Bajo. Untuk cuaca yang bersahabat dan tidak pada musim gelombang tinggi atau pasang lama perjalanan +/- 8 jam dengan ongkos tiket Ferry IDR55.000.


Poto oleh: tourismnews.co.id


Beginilah Cara Lengkap Menuju Taman Nasional Pulau Komodo yang bisa anda pilih mana yang sangat cocok dengan suasana liburan anda. Apabila anda mempunyai waktu libur yang cukup panjang serta ingin menikmati suasa perjalanan yang lebih lama dapat menggunakan cara backpacker. Untuk menggunakan Kapal Laut Pelni harus selalu cek ketersedian pelayaran sampai ke Labuan Bajo, apabila jadwal kapal sudah tersedia dari Pelni maka anda bisa menentukan cara yang backpacker bisa terlaksana. Karena ada waktu tertentu saja kapal ini berlayar. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati perjalanan ke Taman Nasional Pulau Komodo yang sudah termasuk dalam keajaiban dunia dan satu-satunya.

TIPS | Saya ingin membagikan sedikit tips yang mungkin bisa memberikan kenyamanan berlibur di Labuan Bajo. Jika anda telah menaiki boat untuk mengelilingi lokasi Taman Nasional Pulau Komodo ada beberapa kegiatan lain yang bisa anda lakukan yaitu menyelam dibeberapa spot di Labuan Bajo. Harga ini tergantung dari harga yang ditawarkan oleh para pemilik kapal, tentu harga yang akan anda bayar tergantung dari tingkat kenyamanan yang akan anda peroleh, harga mulai dari USD 175 [ini optional saja, dan apabila budget anda tidak cukup bisa diabaikan]. Apabila anda berangkat menggunakan kapal yang telah dipilih menuju ke Kawasan Taman Nasional Pulau Komodo dan ada tawaran paket seperti ini bisa anda gunakan untuk mengisi waktu liburan bersamanaa melihat si komo. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.