Langsung ke konten utama

Cara Mendaki Gunung Talang di Kabupaten Solok Sumatera Barat

Cara-Mendaki-Gunung-Talang-Solok. Ekspedisi pendakian sangat disukai oleh para pemuda-pemudi yang ingin menguji nyali untuk menyatu dengan alam dengan kekuatan fisik serta mental. Proses cara mendaki, daki, hiking, ataupun pendakian di setiap gunung mempunyai tantangan termasuk Gunung-Talang-Solok yang menjadi destinasi wisata alam dengan objek sebuah keindahan gunung yang berdiri kokoh di atas Danau Kembar dan Danau Talang di Kabupaten Solok. Pendakian ini dimulai dengan persiapan yang cukup matang dengan mempertimbangkan beberapa keselamatan bahkan penunjang gadget harus dipersiapkan dengan rencana yang sangat matang dengan jalur pendakian Gunung Talang yang direkomendasikan.


Poto oleh: kakisatumeter.blogspot.co.id


SEKILAS GUNUNG TALANG SOLOK.
Gunung-Talang-Solok merupakan jenis gunung yang masih aktif yang berada di Kabupaten Solok dengan latar Danau Kembar dan Danau Talang yang bisa anda nikmati di puncak gunung. Gunung Talang terakhir meletus pada tahun 2007 ini jika dilihat dari dekat masih mengepulkan asap belerang yang cukup terlihat jelas. Dengan ketinggian 2.597 meter dpl mampu menjadi magnet bagi para pecinta alam yang datang dari seluruh penjuru Indonesia dan dunia. Jangan salah, Gunung Talang ini sudah menjadi detinasi yang diperhitunkan oleh para pecinta alam pemula yang ingin mencoba nyali arenalinnya untuk menjadi seseorang mencinta keindahan alam Indonesia yang tidak ada tandingannya di dunia ini.




PERJALANAN DIMULAI.
Perjalanan dimulai dengan memasuki kota Padang Sumatera Barat terlebih dahulu. Jika dari DKI Jakarta bisa menempuh perjalanan dengan pesawat udara dengan metode low cost atau full service. Anda bisa pilih jenis tingkat kenyamanan mana yang akan dipilih. Untuk seorang backpacker sebaiknya menggunakan jenis pesawat bertema low cost agar biaya bisa terkontrol dan sesuai dengan budget mahasiswa. Di balik pesona Gunung Talang ini dapat menempuh perjalanan dari kota Padang ke kota Alahan Panjang dengan menggunakan carteran mobil minibus pribadi sekelas Xenia atau Advanza ataupun dengan angkutan umum. Untuk carteran mobil pribadi bisa anda pilih dari referensi teman atau sahabat dari kota Padang, khusus untuk para pengguna angkutan umum anda menerapkan cara yang saya jelaskan berikut ini:

Setelah anda mendarat di Bandara BIM [Bandara Internasional Minangkabau] dan barang bawaan sudah dibawa semua maka gunakan transportasi bandara bernama "Tranex" dengan rute tujuan bus BIM-Lubuk Bagaluang dengan tiket kurang dari IDR25.000 per orang. Anda harus turun di daerah KUBU atau LAKUAK untuk estafet menggunakan angkutan umum jurusan Padang-Alahan Panjang. Setelah sampai di lokasi ada bus ngetem di lokasi ini dengan berbagai jurusan tetapi anda pilih tujuan Alahan Panjang dengan tiket IDR25.000 per orang dengan lama perjalanan +/- 2 jam.

MULAI PENDAKIAN atau JALUR.
Jalur pendakian ke Gunung Talang ada dua arah, PERTAMA jalur di Bukit Sileh Kecamatan Lembang Jaya, KEDUA di Aie Batumbuak di Kecamatan Gunung-Talang-Solok. Bagi pecinta alam yang masih mencoba mendaki gunung sebaiknya pilih dari jalur pendakian Aie Batumbuk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat tepatnya di SDN 32 Aie Batumbuak di Jalan Raya Labuan Lubuk Selasih - Muara Labuk KM 17. Inilah petunjuk  pertama untuk memasuki jalur jalan masuk pertama R0 ke treking mendaki Gunung Talang R6, karena jalurnya relatif bersahabat serta trekingnya masih bisa disesuaikan dengan kondisi pengalaman para pemula dan pemandangan alam di treking ini sangat mempesona sekali seperti kebun teh dan hutan hijau menyejukan mata. Jalur ini menempuh perjalanan +/- 4 jam perjalanan dengan jumlah pelat besi warna merah [R] penunjuk arah jalan sekitar 54 buah. FYI, daerah dengan kondisi alamnya masih baik dan hutannya masih terjaga anda jangan khawatir jika kehabisan persediaan air, di R6 anda bisa memanfaatkan air bersih sebagai bekal minum diperjalanan nanti tidak bayar alias gratis. Di R54 juga tersedia air untuk minum tetapi tidak selalu tersedia tergantung dari cuaca dan musinnya.

PERSIAPKAN BARANG MENDAKI GUNUNG YANG PENTING.
Persiapan barang yang penting harus anda persiapkan seperti sepatu treking gunung yang kuat sesuai dengan peruntukannya. Karena jalur perjalanan sampai ke puncak mempunyai tantangan masing-masing seperti jalurnya licin, banyak batu, akar pohon, hingga terjalnya medan terutama kerikil yang banyak sampai ke puncak gunung di R54. Yang menjadi perhatian untuk para pendaki yaitu pada R6 sampai dengan R54 sebagai jalur yang butuh kosentrasi penuh dengan adventure tinggi untuk dilalui.

Apabila pendaki ingin cepat sampai ke lokasi R6 bisa menggunakan jasa ojek, FYI: jarak antara pintu awal masuk ke R6 ini dengan jarak 4 km. Jasa ojek ini sudah tersedia pada saat anda registrasi di markas pendakian. Biaya yang akan anda bayar IDR25.000 untuk sekali antar saja. 

PERHATIAN KHUSUS PARA PENDAKI.
Gunung yang masih aktif ini selalu mengeluarkan asap belerang yang akan mengganggu kenyamanan anda pada saat berada di sekitar puncak. Antisipasinya anda harus membawa masker khusus atau syal yang bisa menutupi hidung agar terhindar dari bau belerang yang sangat menyengat.

REGISTRASI SEBELUM MEMASUKI TREKING PENDAKIAN.
Untuk seluruh pendaki yang ingin berwisata alam pecinta alam anda harus melakukan registrasi.Ini wajib dan harus karena petugas harus mengetahui siapa saja pengunjung yang treking ke Gunung-Talang-Solok untuk memantau masuk keluar wisatawan. Registrasi per orang IDR10.000 berlokasi di R0. Posisi pos R0 ini sangat mudah ditemui dengan lokasi yang sangat dekat dengan jalan raya utama Lubuk Selasih - Muala Labuah tepatnya di KM 17. Lokasi inilah yang harus anda tempuh untuk melakukan treking pendakian di Gunung Talang.


PERHATIAN PENTING.
Lokasi pendakian yang mempunyai jalan yang mayoritas tanah dan bebatuan anda harus mempersiapkan sepatu yang khusus digunakan untuk mendaki gunung, jalur nya cukup licin dan masih banyak tanah liat yang bisa membuat langkah anda slip. Apabila anda ingin melihat sunrise di puncak Gunung Talang disarankan perjalanan di mulai dari R6 pada pukul 02:00 WIB dinihari agar sampai di puncak bisa melihat tepat waktu. Perjalanan untuk sampai ke R54 membutuhkan waktu +/- 3 jam, di lokasi R54 inilah lokasi tempat camping para pendaki sebelum puncak. Dari R54 ini sampai ke puncak butuh sekitar 1 jam perjalanan lagi.

TIPS CARA MENDAKI GUNUNG TALANG DI KABUPATEN SOLOK.
Saya ingin melengkapi tulisan ini agar keseluruhan informasi ini menjadi lebih akurat dan terarah. 
1. Sebaiknya anda melakukan pendakian ini tidak pada musim hujan, gunung sedang erupsi, dan larangan dari petugas. Perhatikan larangan ini agar treking pendakian anda bisa lebih aman.
2. Sebaiknya anda mengambil jalir di Aie Batumbuak karena rutenya cukup ramah terhadap para pemula dan di treking ini anda bisa melihat keindahan alam yang sangat mempesona.
3. Gunakan sepatu khusus untuk mendaki gunung karena medan perjalanannya cukup berat dengan gabungan antara tanah liat, bebatuan, kericil, dan licin menyatu dalam satu perjalanan. 
4. Untuk camping gunakan peralatan yang menjadi standar untuk pegunungan agar bisa tahan terhadap derasnya hujan dan tidak merembes ke dalam tenda. Khusus untuk tenda sekarang sudah ada jenis bahan yang sangat kuat terhadap air hujan serta penopang besi ringan yang baik untuk memperkokoh berdirinya tenda.
5. Mulai di pos R6 ini juga tersedia guide yang akan membantu anda untuk navigasi perjalanan ini sampai ke puncak. Anda bisa negosiasikan harganya sesuai dengan rombongan yang akan mendaki. Saya merekomendasikan ini khusus bagi pemula yang ingin melihat indahnya Gunung Talang ini agat tetap aman serta perjalanannya tetap nyaman.
6. Karena lokasi puncak masih banyak asap belerang yang menyengat dan akan menyusahkan anda bernafas anda harus membawa masker khusus atau syal bisa menutup hidung dengan baik sehingga kenyamanan anda masih tetap terjaga di puncak Gunung Talang.
7. Khusus bagi pendaki selalu menjaga kebersihan terhadap sampah yang berasal dari makanan dan minuman. Anda harus berpartisipasi untuk membawa sampah anda kembali ke tempat yang disediakan oleh para petugas. Karena masalah sampah ini menjadi perhatian khusus untuk semua pendaki gunung. Jadi kerjasama anda sangat penting untuk terciptanya kebersihan di sekitar Gunung-Talang dimulai dari pos R0 sampai ke R54.

Demikianlah tulisan artikel Cara-Mendaki-Gunung-Talang-Solok yang menurut saya sudah cukup lengkap bisa membantu anda mempersiapkan segala sesuatunya sehingga treking ini sesuai dengan tujuan anda. Selalu menjaga kesopanan, mensyukuri nikmat kesehatan yang anda miliki sehingga acara treking daki Gunung Talang menjadi destinasi wisata alam yang anda rencanakan sebelumnya. Jika anda muslim selalu tunaikan shalat fardhu. Selamat berwisata.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya:

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.