Langsung ke konten utama

Cara Panduan Lengkap Liburan Hemat ke Raja Ampat Papua Barat Indonesia Dengan Pesawat Udara dan Kapal Laut Pelni

Destinasi liburan Raja Ampat sudah masuk dalam agenda wajib wisata termasuk dalam perhatian turis dunia dan area yang sudah terkonsep dalam The Nature Conservancy and Conservation International. Terpilihnya Raja Ampat karena memiliki species yang cukup banyak dimana ada sekitar 75% species laut penting dunia ada di lokasi ini. Jadi, banyak sekali peneliti dan pecinta alam bawah laut sangat mencintai lokasi ini yang hanya ada di Raja Ampat Papua Barat Indonesia.

Pesona Gugusan Pulau Raja Ampat Papua Barat. Poto oleh: setda.rajaampatkab.go.id

Indahnya Raja Ampat. Poto oleh: Raja Ampat, Papua, Indonesia – Photo: David Doubilet @ National Geographic


Lokasi di timur Indonesia ini mempunyai pesona lain yang mulai terungkap oleh para penikmat surganya dunia bawah laut. Raja Ampat Papua Barat menjadikan destinasi sangat penting dalam Pariwisata di Indonesia terkadang sebagian orang berfikir berkunjung kesana membutuhkan biaya yang cukup besar dan mahal. Mindset seperti ini bisa disiasati untuk mencari jalan keluar supaya harga yang dibelanjakan bisa dikurangi bahkan bisa berkurang dari harga pasar yang beredar didunia media sosial.

TAHAP-TAHAP JITU MEMPEROLEH TIKET MURAH KE RAJA AMPAT PAPUA BARAT.
1. Meeting Point ke Sorong.
Anda harus mencari penerbangan ke Sorong baik secara langsung atau estafet. Biasanya turis traveler dari Jakarta;Bali;Surabaya ada yang transit ke Makassar Hasanudin untuk melanjutkan perjalanan sampai ke Sorong. Untuk mengetahui penerbangan ini saya merekomendasikan agar anda selalu update dari provider tiket online untuk mengetahui ketersedian seat atau penerbangan ke Sorong.
Setelah anda sampai ke Sorong harus menggunakan armada taksi [range harga IDR100.000] ataupun ojek [range harga IDR25.000] yang ada di pelabuhan Sorong. Estafet menggunakan kapal laut ke Waisai [range harga IDR200.000].
Ala backpacker akan melakukan cara ini jika anda ingin berhemat parah, setelah keluar dari Bandara Sorong berjalalah ke luar pintu gerbang +/- 300 meter naik angutan umum menuju ke Pelabuhan Sorong. 

2. Meeting Point di Ambon Maluku.
Apabila anda ingin ke Raja Ampat Papua Barat juga bisa dari Ambon Maluku. Penerbangan dari Jakarta;Surabaya;Bali bisa transit ke Ambon Maluku lewat Makassar untuk melanjutkan perjalanan ke Raja Ampat. Biasanya cara ini banyak dilakukan oleh para backpacker untuk sampai ke Sorong. Setelah anda sampai di Pelabuhan Ambon anda harus menggunakan kapal laut PELNI yang tersedia yaitu KM.Nggapulu dan KM.Dempo menuju Pelabuhan Sorong. Untuk harga tiket sangat terjangkau untuk kelas ekonomi dengan range harga IDR200.000 - IDR270.000 dengan lama perjalanan selama -+/-  20-32 jam.

3. Meeting Point di Makassar.
Apabila anda tidak mau melanjutkan perjalanan estafet ke kota lain hanya di Makassar saja juga bisa, dengan menggunakan kapal laut PELNI yang tersedia di Pelabuhan Makassar yaitu KM.Dobonsolo, KM.Dempo, KM.Labobar, KM.Ceremai, atau KM.Nggapulu. Harga tiket untuk kelas ekonomi dengan range harga IDR570.000 - IDR700.000 dengan lamanya perjalanan 2-3 hari di laut. FYI, perjalanan ini khusus anda yang suka perjalanan yang cukup lama dengan menikmati suasana laut di Indonesia Timur dan tidak mabuk laut.

HOTEL PENGINAPAN RAJA AMPAT.
Perhatian untuk penginapan hotel juga tidak luput dari rencana liburan di Raja Ampat Papua Barat. Di area pariwisata ini sudah tersedia berbagai resort sederhana sampai dengan mewah. Daerah terdekat di Pulau Waisai seperti Gam Barat, Gam Timur, Pulau Birie, Pulau Arborek, atau Waigeo ada juga homestay atau guess house dengan range harga IDR350.000 - IDR500.000. Tips | Apabila anda mempunyai rekomendasi dari rekan traveler atau dari komunitas backpacker yang telah menginap di guess house atau homestay bisa anda lakukan, bahkan sangat direkomendasikan. Bahkan ada pengelola penginapan hotel menyediakan jemputan tamu dengan tambahan biaya tertentu. Atau anda juga bisa menggunakan penjualan voucher hotel online untuk mendapatkan kenyakinan penuh terhadap penginapan hotel yang akan anda pilih nanti.

KEGIATAN APA DI RAJA AMPAT PAPUA BARAT.
Sebagai destinasi wisata yang sudah mendunia ini Raja Ampat merupakan surga untuk 540 jenis karang dan lebih dari 1500 spesies ikan yang hidup disekitar tempat wisata ini. Sangat pentingnya Raja Ampat ini bisa menjadi habitat baru sampai dengan 10 kali lipat dari spesies yang di temukan di lautan Karibia, penyu langka, dan aneka ragam jenis udang ditemukan di lokasi ini, termasuk ikan unik dan spesies yang tidak ditemukan belahan dunia lain suda hadir di Raja Ampat.
Kegiatan yang sangat dinanti oleh turis adalah melihat fenomena alam unik yang berada di bagia timur Pulau Waigeo yaotu di desa Yesner dan Urbinasoper. Fenomena alam unik ini yang disebut oleh penduduk lokal adalah hantu laut merupakan sinar yang keluar dalam laut selama 10-15 menit.

FOOD & BEVERAGES.
Jangan khawatir dengan makanan dan minuman yang akan selalu tersedia di penginapan hotel dengan menu tradisional sampai internasional dengan koki terlatih. Untuk hidangan laut akan selalu masuk dalam menu karena hasil laut di Raja Ampat sangat berlimpah. Menu yang sangat unik untuk dicicipi adalah sup ikan kuning merupakan makanan tradisional lokal yang harus anda nikmati. Apabila ingin menikmati menu sea food lainnya juga bisa anda nikmati di sekitar Waisai.

TIPS.
Untuk mengunjungi wisata Raja Ampat Papua Barat anda harus menyiapkan waktu yang cukup panjang, biaya, serta fisik yang harus kuat jika anda menggunakan cara backpacker. Untuk menghemat waktu anda harus korbankan biaya dengan kecapekan tingkat tinggi yang harus anda nikmati. Ada uang ada kesenangan dalam liburan memang ada. Untuk datang ke Raja Ampat sebaiknya bertepatan dengan adanya fenomena alam "hantu laut" yang bisa anda lihat sendiri keajaiban alam yang ada di timur Indonesia ini. 
Untuk tiket pesawat dan tiket kapal PELNI harus anda cek di situs resmi mereka [www.pelni.co.id] untuk mengetahui jadwal keberangkatan. Jika anda menggunakan pesawat udara dan estafet menggunakan kapal laut selalu persiapkan waktu yang cukup agar perjalanan ini tetap nyaman, tidak ada telat sampai ke tujuan. Jaga kesehatan dan bawa perlengkapan penting selama berlibur. Hindari kebiasaan untuk menjaga lingkungan seperti buang sampah pada tempatnya, jangan merusak karang, spesies ikan, dan alam bawah laut apapun alasannya. Mari kita jaga untuk menyamanan dan keindahan alam ini bisa bertahan sebagai tempat penting habitat laut di dunia.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.