Langsung ke konten utama

Cara Panduan Lengkap Liburan ke Gugusan Pulau Gili Trawangan Lombok NTB Indonesia

Termasuk wisata bahari laut yang populer dengan keindahan yang sudah terkenal di seluruh dunia. Gili Trawangan Lombok NTB Indonesia sudah menjadi alternatif liburan yang sanat dekat dengan Denpasar Bali. Sekarang semua pengguna sosial media butuh informasi lengkap cara panduan terarah untuk liburan ke gugusan pulau Gili Trawangan. Bagaimana cara kesana menggunakan seluruh transportasi baik darat dan udara. Seluruh biaya yang dikeluarkan atau akomodasi serta berbagai kegiatan apa yang harus dilakukan juga perlu disimak untuk mendapat perhatian.



Poto oleh: ayombolang.com

SEKILAS PULAU GILI TRAWANGAN.
Termasuk pulau kecil yang dekat dengan Lombok NTB ini sangat unik. Inilah pulau yang cukup luas dengan tingkat fasilitas dan akomodasi yang cukup lengkap dibandingkan dengan pulau yang masih satu dalam kawasan gugusan pulau kecil lainnya. Kegiatan di pulau ini tidak memiliki kendaraan umum roda dua atau roda empat bermesin yang biasa anda naiki tetapi menggunakan cidomo jenis delman dan sepeda konvensional untuk menikmati liburan. Tak heran di kalangan turis lokal dan dunia datang rela ke pulau ini untuk berlibur karena masih alaminya dan terbebas dari polusi asap kendaraan. Saya akan menjelaskan cara yang sangat disukai yaitu ala backpacker dan estafet dari beberapa daerah kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bali, atau Makassar yang metting point berbeda-beda tergantung moda transportasi yang akan anda gunakan. Untuk pesawat udara meeting point nya di Bandara Internasional Lombol [BIL].



JENIS TRANSPORTASI YANG DIGUNAKAN.
Berbagai transportasi bisa anda gunakan mulai dari harga yang sangat terjangkau hingga biaya mahal. Tetapi saya mencoba menjelaskan tahap-tahap nya sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan seluruh traveler. Jika anda berada di pulau Bali bisa langsung menggunakan speed boad untuk sampai ke Gili Trawangan dengan proses keberangkatan dari Tanjung Benoa, Sanur, Padang Bai, atau bisa juga dari Pulau Serangan. Cara hemat lagi bisa dari Pelabuhan Bangsal Lombok. Dan yang paling disenangi oleh para wisatawan adalah menggunakan pesawat udara yang relatif sangat mudah tetapi harus mengeluarkan biaya sedikit lebih banyak.

1. Gunakan jasa travel yang akan menjemput anda dari Bandara Internasional Lombok [BIL] dengan range harga dimulai dari IDR400.000 sesuai dengan jenis travel yang anda gunakan. Apabila anda liburan banyak atau rombongan sebaiknya menggunakan mobil carteran medium ataupun bus pariwisata. Jika anda dari Jakarta sebaiknya berangkat sebelum jam 4 sore agar bisa terhubung langsung dengan kapal penyeberangan paling akhir menuju Pulau Gili Trawangan.Tetapi ada sebagian traveler backpacker menggunakan cara seperti ini, mereka menggunakan bus Damri Bandara menuju Senggigi kemudian mereka estafet menuju ke Pelabuhan Bangsal. Banyak penyedia travel lokal yang berjejer ngetem di Senggigi bisa anda gunakan untuk sampai ke Pelabuhan untuk menyeberang ke Gili Trawangan. Range biaya sekitar IDR80.000 per penumpang. Apabila cara estafet seperti ini sebaiknya adan lakukan jika pesawat anda mendarat pada pagi hari sekitar jam 09:00 WITA alasanya anda bisa langsung berangkat ke Senggigi. Mereka mempunyai jadwal dua kali yaitu pagi dan siang.

2. Secara backpacker biaya hemat.
Sebagian orang ada yang menggunakan bis umum malam dari DKI Jakarta jurusan Bima NTB. Naik bus umum ini anda hanya fokus kepada sampai di terminal bus Mandalika setelah itu menuju ke Pelabuhan Bangsal.

3. Khusus bagi anda yang berasal dari Bali Denpansar juga bisa melanjutkan liburan ke Gili Trawangan. Saya menjelaskannya ala backpacker, untuk pesawat dari Bali anda bisa langsung mengikuti cara poin diatas untuk sampai ke pulau tujuan. Dari Bali Denpasar anda harus menggunakan kendaraan umum menuju ke Padang Bai, caranya harus naik di Terminal Ubung. Di terminal ini banyak sekali tersedia angkutan umum sedang seperti ELF yang siap mengantarkan anda sampai ke Padang Bai dengan range biaya IDR50.000 - IDR65.000. Setelah sampai di Padang Bai anda harus menyeberang menggunakan ferry dengan jurusan ke Pelabuhan Lembar Lombok dengan biaya IDR40.000. Sampai disana anda langsung menggunakan angkutan umum ke Terminal Mandalika atau sebagian orang menyebutnya Bertais dengan biaya IDR10.000. Dari Mandalika menuju ke Desa Pemenang gunakan angkot untuk menuju ke Pelabuhan Bangsal menggunakan ojek. Biaya yang anda keluarkan kurang dari IDR50.000 dengan rute Mandalika-Desa Pamenang-Pelabuhan Bangsal. Untuk menggunakan jasa ojek anda bisa nego saja karena jaraknya tidak terlalu jauh. Setelah sampai di Pelabuhan Bangsal samapi ke Pulau Gili Trawangan ikuti tahap berikutnya yang telah saya jelaskan poin diatas.



Saya ilustrasikan: Denpasar Bali [Terminal Ubung] -> Pelabuhan Padang Bai -> [Naik Ferry] -> Pelabuhan Lembar -> Terminal Mandalika Bertais gunakan angkot -> Desa Pemenang [Lombok Utara] naik ojek ke -> Terminal Bangsal -> [Menyeberang] -> Pulau Gili Trawangan.

PENYEBERANGAN DIMULAI.
Meeting poin di Pelabuhan Bangsal. Setelah anda sampai di pelabuhan ini baik dari bandara atau bus anda harus menyeberang ke Gili Trawangan menggunakan kapal umum dengan biaya harga tiket IDR15.000 per orang dengan lamanya penyeberangan +/- 30 menit saja. Jadwal penyeberangan pertama ke Gili Trawangan pada pukul 08:00 WITA dan penyeberangan terakhir pada pukul 17:00 WITA. Jadwal ini bisa berubah jika cuaca buruk atau pada musim laut tidak bersahabat. Inilah jadwal keberangkatan kapal dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan. Jadi hitung dan kalkulasikan waktu anda untuk sampai ke pelabuhan ini agar anda bisa mendapatkan harga yang sesuai dengan budget backpacker.

PENGINAPAN HOTEL
Anda tidak usah khawatir untuk penginapan hotel di pulau ini. Banyak sekali guess house atau home stay di Gili Trawangan dengan range harga paling murah IDR100.000 sampai dengan harga sangat mahal jutaan  Rupiah per malam. Pembelian secara online tidak bisa dilakukan khusus untuk home stay ala backpacker anda harus go show. Yang menjadi perhatian jika liburan pada peak season dimana membludaknya turis lokal dan internasional untuk datang ke pulau ini. Harga guess house atau home stay akan jauh lebuh mahal dari hari biasa. Jadi pastikan anda punya waktu yang tepat untuk mendapatkan harga murah, perhatikaan siklus waktu tepat untuk berlibur, biasanya pada libur nasional, cuti bersama, akhir tahun, dan liburan anak sekolah.

Kendaraan angkut di Gili Trawangan. Poto oleh: divergenttravelers.com
Naik Cidomo di Gili Trawangan. Poto oleh: thesmartlocal.com

KEGIATAN SELAMA Di PULAU GILI TRAWANGAN.
Setelah anda mendapatkan tempat penginapan, saatnya melakukan aktivitas di pulau ini. Paling banyak dilakukan adalah diving dan snorkeling, sebagian orang ada suka stay di pulau ini saja untuk menikmati alam yang masih alami pastinya keindahan pantai dengan keelokan lautnya. Jangan terkejut, disini transportasi yang paling utama adalah naik cidono mirip delman atau menggunakan sepeda. Kendaraan inilah yang selalu mendominasi seluruh kegiatan transportasi pulau yang bisa nada sewa. Biayanya tergantung dari dekat jauhnya lokasi. Menikmati liburan tanpa adanya bising kendaraan bermotor di pulau inilah tempatnya.


Khusus bagi anda yang suka olah raga air seperti diving dan snorkeling di spot pulau ini banyak sekali dive center atau area sentral dengan kualitas terbaik. Sepanjang pantai utama akan menemukan dan mereka menyediakan penyewaan dengan durasi per 3 jam sekitar IDR150.000 khusus anda yang menggunakan jasa tur mereka. Harga ini sudah termasuk makan siang selama diatas kapal yang mereka sediakan. Apabila anda tidak mau ikut tur dapat melakukan snorkeling di tepi pantai yang sudah terdapat kehidupan bawah laut dengan aneka ikan kecil yang berwarna-warni. Sempatkan juga ke lokasi konservasi penyu di Taman Konsevansi ya.

Salah Satu Spot Pantai di Gili Trawangan. Poto oleh: divergenttravelers.com


WISATA KULINER.
Pulau Gili Trawangan ini masih termasuk dalam wilayah Lombok maka kuliner yang anda temukan di pulau ini masih relatif sama dengan di daratan. Yang paling terkenal adalah Ayam Taliwang Plecing Kangkung sebagi menu tradisional lombok yang harus anda coba. Tidak harus di restoran, banyak sekali warung makan yang dikelola oleh penduduk lokal yang menjual menu ini tentunya dengan harga yang sangat bersahabat dengan kantong. Lokasi yang sangat tepat untuk mendapatkan menu ini dengan harga terjangkau adalah anda harus berjuang sedikit masuk ke dalam gang perumahan penduduk, disinilah banyak menu ini dijual di warung penduduk lokal. Untuk cafe dan restoran bisa anda temukan di pantai utama Pulau Gili Trawangan.



LAIN-LAIN.
Sebagian orang khawatir dengan kekurangan uang tunai di pulau. Jangan khawatir, ATM bank nasional sudah tersedia dengan gerai ATM yang cukup mudah ditemukan. Sempatkan berkeliling pulau menggunakan sepeda untuk mempercepat langkah dan naik cidomo. Untuk sepeda IDR75.000 perhari dan naik cidomo tergantung jauh dekat sekali jalan IDR60.000 - IDR80.000

Demikianlah penjelasan yang cukup komprehensif yang bisa memandu anda  dengan artikel cara panduan lengkap berlibur ke Pulau Gili Trawangan Lombok NTB Indonesia yang bisa membuaka wacana anda untuk pergi ke pulau ini. Pilihlah cara yang sesuai dengan budget biaya atau estafet dari berbagai daerah lainnya seperti Jakarta, Makassar, Surabaya, atau Bali. Selamat Berlibur.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya:

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.