Langsung ke konten utama

Inilah Yang Harus Dilakukan Oleh Seorang Pendaki Sebelum Ekspedisi Mendaki Gunung

Dengan banyak peminat mendaki gunung pendaki harus memahami kegiatan yang harus dilakukan sebelum ekspedisi dengan berbagai hal penting dimulai dari persiapan barang bekal logistik hingga segala sesuatu yang tidak luput dari perhatian kegiatan yang harus dilakukan oleh seorang pendaki gunung baik pada saat berangkat dan selama berada di pegunungan. Mendaki gunung merupakan sesuah kegiatan pecinta alam yang memperhatikan lingkungan sekitar dengan melaksanakan kegiatan pendakian dengan waktu tertentu. Perhatian kegiatan yang tidak boleh ini banyak sekali direkomendasikan oleh para pendaki gunung profesional sebagai ilmu pengetahuan yang kita harus mengerti agar pelaksanaan ekspedisi ini tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Poto oleh: nationalgeographic.com

PENDAKI MEMPUNYAI UMUR CUKUP.
Ada persayaratan yang harus dipenuhi oleh seorang pendaki adalah mempunyai umur yang cukup. Kegiatan ini minimal mempunyai umur 17 tahun keatas dengan ekspedisi pertualangan liar dan pertimbangan medan yang akan dihadapi harus disesuaikan dengan umur ini. Dengan batasan minimal umur yang direkomendasikan ini telah mampu bisa menghadapi tantangan medan berat yang akan ditemukan selama pendakian gunung dan mampu pula menerapkan ilmu pengetahuan yang cukup untuk menghadapi tantangan tersebut.

HARUS MENDAPAT IZIN MASUK.
Setiap pegunungan ada pos pendaftaran yang harus anda lakukan sebelum memasuki pintu masuk. Mendapatkan izin masuk ini merupakan cara yang dilakukan oleh petugas untuk mengetahui lalu lintas manusia yang akan datang keluar sehingga seluruh identitas harus dicatat. Ada beberapa objek pendakian gunung anda harus melakukan registrasi booking secara online untuk menentukan jadwal ekspedisi pendakian. Cara ini ditempuh untuk memberikan validasi waktu untuk pengaturan agar jumlah pendaki tidak terlalu penuh dipegunungan yang akan mengakibatkan traffic dan antisipasi ketidaknyamanan seluruh pendaki dan menghindari keadaan fatal bagi seluruh pendaki.

PENDAKI MEMILIKI PENGETAHUAN KHUSUS.
Pengetahuan khusus ini sangat menyeluruh dimulai dari pengetahuan untuk melakukan packing baju yang baik [baca: link], pelatihan yang cukup agar badan tidak cepat letih [baca: link], serta mempunyai kepribadian yang mempunyai jiwa adventur untuk melakukan ekspedisi pendakian gunung. Mendaki butuh seluruh pengetahuan ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Dan sangat menjadi atensi yang menjadi perhatian penuh adalah bisa membaca pola treking yang telah ada selama ini agar bisa menempuh perjalanan sesuai dengan rekomendasi dari para pendaki yang telah melakukan ekspedisi pendakian ini sebelumnya.

BAWA LOGISTIK SEHAT MENYEHATKAN.
Bekal logistik selama di ekspedisi pendakian gunung harus dicermati jangan sampai salah bawa akibatnya fisik menjadi lemah dan anda cepat sakit. Makanan dan minuman yang sehat harus dibawa untuk mengganti semua kalori mineral yang hilang bisa langsung terganti dan fisik tetap menjadi kuat dan siap melaksanakan perjalanan [baca: link]. ada beberapa logistik yang menyehatkan ini harus diperhatikan untuk mengoptimalkan kondisi tubuh yang telah lelah saat melakukan jarak tempuh lebih dari 7-8 jam berjalan dengan tanjakan ekstra.

WAKTU TEPAT CUACA BAGUS.
Setiap ekspedisi harus mempunyai waktu yang tepat dan cuaca bagus yang harus diperhatikan oleh seorang pendaki. Kedua poin ini tidak bisa terpisahkan dan harus dilakukan karena akan mempengaruhi perjalanan setiap langkah yang dipijakan di lereng pegunungan. Jadwal yang sudah menjadi peak season para pendaki adalah pada bulan Mei-Agustus sebagai jadwal yang akan dipersiapkan untuk melakukan rute yang akan ditempuh.

BERSAMA TIM ROMBONGAN.
Mendaki bukan tempat hura-hura apalagi berangkat sendirian. Mendaki gunung direkomendasikan bersama-sama tim atau rombongan agar perjalanan ekspedisi tetap nyaman dan selalu sesama akan mengawasi. Pendaki yang profesional saja melakukan perjalanan bersama-sama agar terjadi regenerasi penyampaikan ilmu pengalaman kepada sesama pendaki supaya pengetahuan ini selalu berkembang baik dalam teknik ataupun cara paling efektif dimasa yang akan datang. Bersama tim dan rombongan anda akan merasakan kebersamaan dan kekompakan pada suatu kelompok yang selalu bekerjasama dalam bentuk misi sampai ke summit attack. 



MEMBAWA BARANG PENTING.
Ibarat sebuah tugas harus ada prioritas dalam kepentingan suatu ekspedisi, itulah yang harus dipahami oleh para pendaki gunung. Membawa barang penting ini selalu melekat agar tidak terjadi kesusahan bawa yang mengakibatkan kesehatan selama pendakian bisa cepat drop dan lelah. Barang yang benar-benar sangat diperlukan harus anda persiapkan dimulai dari perlengkapan sepatu baju, tas ransel, tenda, hingga perlengkapan selama mendaki gunung.  Barang-barang penting [baca: link] ini sangat direkomendasikan oleh para pendaki profesional agal misi ini bisa berjalan sebaik mungkin.

WAKTU DAN BIAYA YANG CUKUP.
Siapkan waktu dan biaya selama anda melakukan ekspedisi pendakian gunung. Untuk masalah waktu sebaiknya dilakukan pada musim kemarau dan biaya bisa anda sesuaikan dengan budget anggaran bisa secara backpacker atau kombinasi dengan menggunakan jasa guide lokal untuk melaksanakan keseluruhan. Untuk guide ini tergantung dari kesepakatan dari seluruh anggota tim yang ikut. Kadang guide ini tergantung dari kerumitan dan ketersediaan di pos base camp dan keharusan di sebuah pegunungan yang akan didaki. Ada beberapa ekspedisi pegunungan harus menggunakan jasa guide lokal untuk seluruh rombongan tim. Biasanya pendakian gunung ini relatif lama maksimak 3D2N sebagai rute yang cukup lama yang ada di pegunungan Indonesia. Waktu dan biaya merupakan poin yang tidak bisa terlepaskan pula untuk sebuah misi menggapai summit attact.

KESEHATAN PRIMA SAAT MENDAKI.
Sebuah ekspedisi mendaki gunung seorang pendaki harus mempunyai fisik prima tidak sakit-sakitan apalagi mengidap penyakit hypotermia, jantung, ataupun phobia ketinggian. Memang fisik merupakan sebuah hal yang sangat penting berhubungan dengan sebuah kegiatan akan menghambat sebuah misi hobi pertualangan seperti ini. Jadi perhatikan kondisi kesehatan anda yang sebenarnya sebelum melakukan pendakian agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan selama pendakian gunung. FYI, ada lokasi pendakian tertentu yang harus menyertakan hasil pemeriksaan dari klinik atau dokter untuk ekspedisi pendakian. Karena kesehatan ini sangat penting memang benar adanya, pendaki harus benar-benar seorang yang sehat baik jasmani dan rohoni untuk menempuh perjalanan dengan uji adrenalin. Maka petugas pos akan meninta surat rekomendasi ini setelah disetuji maka perjalanan anda akan diperbolehkan.

MENJAGA KEBERSIHAN DARI SAMPAH.
Harus dan harus untuk menjaga kebersihan dari sampah yang dibawa oleh pendaki. Sampah merupakan masalah yang selalu ada disetiap kegiatan termasuk melakukan ekspedisi pendakian gunung. Sampah logistik yang dibuat pada saat rehat dan bermalam di base camp tempat pendirian tenda akan selalu dibuat dimulai dari makanan dan minuman. Anda harus menjaga kebersihan jangan membuang sampah disekitar lokasi base camp dan juga selama ekspedisi berlangsung apapun bentuknya.

LAIN-LAIN.
Sebagai akhir tulisan ini selalu menghimbau kepada pendaki muslim selalu melaksanakan ibadah sholat fardhu dimana pun berada. Selalu bersyukur segala nikmat dan karunia-Nya anda telah diberi kesempatan untuk melakukan ekspedisi mendaki gunung. Bawa perlengkapan ibadah sesuai dengan kapasitasnya seperti sajadah dan sarung sebagai cara untuk melaksanakan ibadah tetap berjalan dengan baik. Perhatikan tata caranya melakukannya dengan memperhatikan kondisi pada saat pendakian seperti tayamum jika kondisi mata air sulit ditemukan di sekitar base camp. Kemudian selalu menjaga kesopanan terhadap tata ucap bicara bahasa, jangan ada rasa takabur, berolok-olok, ataupun candaan yang tidak perlu selama pendakian. Karena ekspedisi ini butuh kosentrasi dan sesama tim rombongan selalu memberi semangat agar misi pendakian gunung ini tetap sesuai dengan jadwal dan selamat sampai kembali ke pos masuk.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Pertualangan alam tidak ada habisnya saatnya cara-mendaki-daki-pendakian-Gunung-Singgalang-Sumatera-Barat|Way-hiking-Mount-Singgalang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta alam seluruh penjuru dunia. Sudah termasuk dalam destinasi wisata alam dengan ketangguhan kedua kaki siap menguji seberapa tinggi kekentalan andrenalin anda untuk bisa daki-Gunung-Singgalang dengan gayanya tersediri. Proses pendakian membutuhkan informasi yang cukup agar perjalanan ala pecinta alam bisa selamat dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.