Langsung ke konten utama

Perjalanan Darat Bis Dari Hanoi Ke Vientiane Luang Prabang Laos

Penggunaan bis untuk berpindah dari Hanoi ke Vientiane Luang Prabang Laos sudah mulai banyak dipilih oleh solo backpacker dengan keunggulan harga yang masih sangat terjangkau jika dibandingkan menggunakan pesawat udara. Mungkin sebagian traveler bule yang menyebutkan bahwa perjalanan ini seperti perjalanan neraka, statement seperti ini tergantung dari backpackernya untuk menyikapinya. Mungkin sebagian backpacker lain tidak terbiasa dengan perjalanan jauh yang hanya tiduran tanpa ngap-ngapain di dalam bus, serta ada beberapa kejadian selama di perjalanan yang tidak sesuai dengan tipe bule ini. Hal itu mungkin saja, tetapi backpacker yang tangguh apapun rintangannya tetap dilanjutkan. Apapun itu harus disikapi dengan hati yang legowo dan pemikiran yang tenang.

Poto oleh: vietnamlocalbus.com



Persiapan Perjalanan.
Bagi anda yang telah menginap di kota Hanoi Vietnam sekitar daerah Old Quarter telah melihat beberapa perwakilan oto bus yang menyediakan rute Hanoi ke Vientine Luang Prabang Laos dengan jenis sleeper bus. Perwakilan bis ini ya seperti di Indonesia agen bis yang menawarkan jasa ini kepada traveler backpacker yang ingin bepergian dengan perjalan darat menggunakan bis bentuk sleeper bus. Perjalanan menggunakan bis ini dengan harga USD26 per orang dan agen bis akan menjemput anda sekitar jam 17:00 waktu setempat. Tetapi anda perlu cermati, harga dasar untuk perjalanan dasar ini range harga dari USD 26 - USD50. Jika anda mendapatkan harga diantara ini maka harga bis tersebut masih normal, dan negosiasi harga bisa anda lakukan untuk mendapatkan harga yang sangat murah.

Pertanyaan yang sempat di posting beberapa traveler yang telah melakukan perjalanan ini yang tidak sesuai dengan karakternya yang tidak mau repot atau sulit menempuh perjalanan jauh sekitar 27 jam selama di bis untuk berpindah dari Hanoi ke Luang Prabang Laos. Jika anda tidak mempunyai karakter yang mau diajak susah jangan ikuti cara ini dan anda bisa menggunakan pesawat udara yang lebih cepat dengan biaya satu kali perjalanan sampai dengan USD 225, itupun tergantung musimnya apakah low season atau peak season. 

Jika seorang backpacker telah melihat harga USD225 ini tentu sangat disayangkan. Apabila anda menggunakan bis dengan harganya sangat jauh dibawah serta bisa menghemat biaya menginap di hotel tentu menjadi pilihan. Jika masih banyak sisa anda akan membeli beberapa oleh-oleh yang bisa dijadikan senjata untuk kenangan selama traveling seperti ini.

Tips Pengalaman Menggunakan Rute Bis Hanoi Ke Vientiane Luang Prabang Laos.
Ada beberapa tips yang bisa anda cermati jika melakukan perjalanan darat menggunakan bis yang mungkin akan terjadi selama anda berada di dalam sleeper bus.

1. Perjalanan yang cukup panjang +/- 27 jam ini, kegiatan yang banyak dilakukan di dalam bis adalah hanya tidur dan paling melakukan kegiatan lain seperti baca buku, lihat hape, hingga ngobrol. Itupun jika ada tetangga sebelah bisa diajak ngobrol apalagi cerita pengalaman perjalanan. Untuk menghilangkan kebosanan anda bisa membawa gadget khusus mendengarkan musik, dsb.

2. Agen bis akan menjemput anda di hotel sekitar pukul 17:00 waktu Hanoi untuk sampai ke pool bis yang akan membawa anda. Usahakan anda sudah makan dan minum sebelum berangkat karena tempat berhenti bis pertama cukup jauh setelah +/- 5 jam perjalanan. Sebelum berangkat anda juga membawa makanan dan minuman ringan sesuai dengan selera anda jika berada di bis nanti tidak bingung harus negemil dan minum apa. Tidak ada warung terdekat yang bisa membantu anda karena anda berada dalam bis.

3. Untuk barang bawaan harus dipisahkan antara tas khusus baju dengan tas khusus tentengan untuk barang-barang penting seperti uang, paspor, tiket, dan perlengkapan gadget lainnya. Pemisahan ini perlu karena seluruh barang bawaan yang besar akan disimpan di bagase dan di atas bis hanya bisa membawa barang ukutan sangat kecil saja.

4. Sleeper bus yang anda pilih ini menggunakan AC untuk kabin sehingga kebersihan kabin ini akan terjaga sebelum anda menaiki bis petugas agen akan memberikan tas plastik untuk menyimpan alas kaki anda. Jadi, jangan sampai anda membawa bau jempol di dalam bis karena kondisi sleeper nya sangat rapat dan dekat dengan penumpang. Jangan sampai anda harus bertengkar gara-gara bau jempol ya. Untuk ukuran masing-masing sleeper setiap penumpang ukurannya sesuai dengan size nya orang asia, jadi untuk selonjoran cukup lah selama perjalanan. Perlengkapan tambahan yang harus tersedia dengan anda adalah jacket dan kaor kaki jika suhu kabin terasa dingin di tengah malam.

5. Fasilitas bis dilengkapi oleh WIFI gratis tetapi on nya tidak selama dalam perjalanan, kadang waktu tertentu ada on dan off nya. Jadi pastikan anda selalu mengecek posisi WIFI pada saat menggunakannya. Untuk colokan hape atau gadget tidak ada di bis, jadi anda harus membawa ekstra power-bank untuk tetap on selama di perjalanan.

6. Sebaiknya anda memilih tempat duduk sleeper di tingkat dua untuk menghindari hal-hal ketidaknyamanan selama perjalanan. Pengalaman dari backpacker yang telah merasakan perjalanan ini adalah supir bis ini kadang menaikan penumpang lokal selama perjalanan dan mereka ditempatkan di lorong jalan sempit antara pemisah slepeer sisi kiri dan kanan. Selama di perjalanan tentu akan bermasalah pada saat tidur, ketidaknyamanan mungkin dari segi suara ngorok tidur dan bebauan lain yang bisa anda cium jika berdekatan dengan penduduk lokal yang menumpang bis ini untuk berpindah dari Hanoi ke Luang Prabang.

7. Sekitar pukul 06:00 - 07:00 anda akan memasuki perbatasan antara Vietnam - Laos untuk masuk checking point di perbatasan. Waktu masih pagi jadi anda harus menunggu beberapa waktu sampai kantor imigrasi dibuka. Proses stempel untuk paspor Indonesia cukup mudah, berikan paspor anda dan langsung di proses cepat oleh petugas Imigrasi Vietnam. Setelah pintu Imigrasi Vietnam selesai saatnya anda akan menuju ke Imigrasi Laos yang jaraknya tidak terlalu jauh, jadi ikuti saja prosesnya dengan melengkapi formulir yang telah disediakan oleh petugas untuk diisi. Khusus pasport Indonesia mendapatkan cap langsung dari petugas imigrasi Laos. Apabila anda mendengar oknum yang bilang menyiapkan uang 10.000 Kip untuk custom dan lainnya abaikan saja. Bis anda akan menunggu di parkiran, jangan lupa bis anda dengan mencatat plat nomer kendaraannya. 

8. Selama anda di perjalanan akan menemukan bis ini akan berhenti istirahat untuk seluruh penumpang yang ingin buang air ataupun makan baik pada siang keesokan harinya, ataupun tengah malam. Ada pengelola bis menyediakan gratis makan di beberapa tempat, ada kupon gratis yang akan menyatu dengan tiket bis anda ini untuk ditukarkan menu. Khusus bagi anda penumpang muslim yang tentu mengutamakan halal makanannya, selama perjalanan rasanya makanan halal tidak terlihat tempat bis berhenti. Konsekwensinya anda harus membawa bekal sangu makan sewaktu di kota Hanoi untuk menggantikan menu makan pada saat bis berhenti.

9. Perjalanan ini akan berhenti di terminal bis Luang Prabang Vientiane Laos sekitar tengah malam. Lokasi terminal relatif aman dan anda bisa menggunakan jasa tuk-tuk untuk sampai ke penginapan hotel yang telah anda pilih. Jika anda masih ragu kebaikan tukang tuk-tuk, tidak jauh dari terminal ini ada Laos Tourism Office yang bisa anda gunakan sebagai tempat istirahat sebentar untuk menentukan pilihan jasa tuk-tuk yang akan dipilih. Harga jasa tuk-tuk ini dengan range harga 20.000 Kip - 50.000 Kip per orang.

Pengalaman perjalanan naik bis dari Hanoi ke Luang Prabang Vientiane Laos relatif aman terkendali, hanya saja segelintir orang yang menyesatkan menyampaikan informasi yang menyebutkan perjalanan seperti neraka. Hal ini tergantung dari pengalaman seorang solo backpacker sejati menyikapinya, pengalaman ini telah banyak dirasakan oleh backpacker dari negara lain yang telah merasakan enaknya melakukan perjalanan jauh kedua negara dengan harga yang sangat jauh jauh terjangkau. Maksimalkan penggunaan uangmu selama berlibur dan belanjakan pada kebutuhan yang sangat diperlukan. Semoga perjalanan anda tetap aman di negeri orang dan selamat sampai ke tujuan.

Komentar

  1. Good... Terimakasih atas share perjalanan nya. Sangat berguna Sekali buat saya yg Akan melakukan perjalanan ke Vn-Lao

    BalasHapus
  2. Hai ... Salam kenal, sy akan ke Vietnam yaitu Ho Chi Min dan Hanoi.

    Apakah lebih baik bila saya ke Ho chi Minh lalu ke Kamboja ataukah lebih baik ke Hanoi dulu baru ke Laos.

    *).Untuk destinasi terakhir saya akan lebih lama di Thailand.

    Mohon sarannya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk pemilihan memang sesuai dengan traveller mana yang lebih baik. Karena apa? alasannya sudah pasti mendapatkan tiket untuk landing ke negara pertama sebagai starting perjalanan. Jika anda mendapatkan tiket landing pertama Vietnam seperti di kota HCMC atau Hanoi nah itu lah start awal perjalanan. Sebagai contoh: Jika mendapatkan tiket ke HCMC maka perjalanan eksplor bisa dimulai dari sini terus sampai ke utara menuju Hanoi. Setelah ke Hanoi bisa melanjutkan perjalanan ke Laos dan menuju ke Cambodia. Dari Cambodia naik darat menuju ke Siem Reap dan menuju ke Bangkok.

      Dari pertanyaan diatas saya menangkap maksudnya "CMIIW" landing pertama di HCMC maka formula perjalanan: HCMC -> Hanoi -> Laos -> Cambodia -> Siem Reap -> Bangkok

      Hapus

Posting Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Bagaimana Cara ke Pacitan Jawa Timur

Jika anda masih bingung bagaimana cara ke Pacitan - Jawa Timur berikut kami merangkumnya dalam artikel dibawah ini. Tentu harus disesuaikan dengan anggaran biaya yang akan anda keluarkan. Pacitan terletak di dekat Laut Selatan. Lokasi yang masih alami dengan berbagai panorama yang akan menjadi surganya liburan anda bersama keluarga. Berikut beberapa cara ke Pacitan.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.