Langsung ke konten utama

Bisnis Rental Sewa Mobil Skala Menengah Kebawah Dalam Tips Serta Solusi Permasalahan

Mungkin sebagian dari anda yang ingin mencoba peruntungan di bisnis rental mobil pada saat sekarang ini tentu harus banyak berfikir panjang karena bisnis ini butuh nyali yang besar serta dari segi modal memang cukup besar. Tetapi hal ini tidak akan menyurutkan anda untuk memulainya dengan konsekwensi yang akan ditemukan pada saat bisnis ini berjalan. Seluk beluk bisnis rental mobil yang selama ini dilakoni oleh pengusaha muda memang banyak trik serta sangat menguntungkan jika anda punya manajemen yang baik . Plesirankotatua ingin memberikan sedikit artikel mengenai bisnis rental mobil untuk skala menengah kebawah yang banyak dilakukan oleh anak muda zaman sekarang mencoba masuk pasar walaupun keterbatasan jumlah unit mobil yang dimiliki tetapi ada peluang yang bisa anda dapatkan dengan manisnya Rupiah yang akan masuk ke dalam rekening anda. Berikut penjelasannya.

Poto oleh: hlsfilo.com

1. Masuk Pasar yang Tepat.
Anda harus menentukan posisi mana akan bermain. Apakah di mobil minibus ataupun mobil medium pariwiwsata. Jenis mobil akan menentukan pasar yang anda masuki. Pemilihan posisi ini tergantung dari networking anda serta apakah konsumen yang telah anda bangun selama mampu melakukan transaksi dengan anda untuk jangka panjang. Pasar adalah target utama sebelum anda terjun ke bisnis ini setelah mengetahuinya maka anda bisa menentukan jenis mobil yang akan disewakan.

2. Mobil Bekas vs Mobil Baru.
Bisnis sewa mobil tentu hal yang menjadi aset utama adalah mobil itu sendiri. Ada dua pilihan yang bisa anda pilih apakah mobil yang akan menjadi aset yang akan dimiliki nanti apakah mobil baru atau bekas. Solusi ini akan selalu beriringan bahkan akan menentukan roda perjalanan bisnis nerworking ini. 

MOBIL BEKAS.
Anda bisa memilih mobil bekas sebagai aset untuk rental sewa kendaraan tetapi harus memilih kendaraan yang masih relatif baru minimal 1 tahun pemakaian hingga 2 tahun. Karena pada 2 tahun pertama ini kondisi mobil masih keadaan prima dan kerusakan masih belum terlihat. Untuk mendapatkan mobil bekas terbaik adalah prioritas utama dengan adanya kepastian bahwa kendaraan yang anda beli ini masih baik kondisinya, surat terjamin asli, serta tidak pernah ada masalah lain seperti masuk genangan banjir. Bagaimana cara mendapatkan mobil bekas ini? Ada beberapa solusi terbaik yang bisa anda dapatkan.

a. Kunjungi Perusahaan Mobil Bekas
Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan mobil bekas yang terpercaya kondisinya dengan memberikan garansi semua masalah yang sangat meresahkan konsumen. Perusahaan ini memang core bisnisnya mencari mobil bekas yang dijual kembali dengan rentang tahun pemakaian antara 1-3 tahun sebagai kriteria yang penting. Contoh perusahaan mobil bekas yang banyak dikunjungi bahkan dicara adalah: Mobil 88.

b. Cari Sendiri Manual.
Jika anda memiliki pengetahuan tinggi yang sangat memadai untuk mengetahui kondisi mesin dan karakter kendaraan yang anda cari selama ini harus secara manual dimulai dari iklam baris di koran ataupun dari website yang menyediakan informasi pencarian mobil. Memang butuh waktu dan jika anda beruntung akan mendapatkan mobil yang baik dan kualitasnya terjamin. Pilihan lain anda bisa mengunjungi beberapa show room mobil untuk mendapatkan informasi lain terhadap mobil yang akan anda pilih sebagai aset bisnis rental kendaraan kelak.

c. Menggunakan Jasa Penilai Mobil.
Sekarang ini ada perusahaan yang menyediakan jasa penilaian mobil bekas khusus bagi anda yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk mendapatkan kendaraan ini sebagai aset. Perusahaan ini memiliki petugas yang sangat berpengalaman di bidang otomotif khusus nya kendaraan bekas dimana informasi yang anda butuhkan mengenai histori kendaan ini sebelumnya bisa anda dapatkan. Sangat rinci bahkan anda menjadi sangat paham jenis kendaraan yang anda pilih dari perusahaan yang telah banyak membantu konsumen. Apabila anda sudah memiliki jenis kendaraan bekas yang akan dinilai dapat menggunakan jasa penilai ini untuk mendapatkan informasi yang menyeluruh.

d. Lelang.
Anda juga bisa mendapatkan kendaraan bekas yang akan digunakan untuk bisnis rental mobil dengan mengikuti lelang yang biasanya dilaksanakan oleh institusi negara ataupun swasta. Memang harus memiliki strategi khusus mengenai kendaraan yang akan dibeli karena karakter pemakai dari kendaraan lelang lebih banyak tidak baik tetapi masih ada peluang untuk mendapatkan yang lebih baik. Jadi intinya anda harus memiliki pengetahuan yang sangat cukup untuk menentukan pilihan kendaraan bekas nanti.

MOBIL BARU.
Kalau pilihan ini sudah tentu pasti kondisi kendaraan masih prima dan 100% baik. Sesuaikan jenis kendaraan yang akan anda pilih dengan pasar yang akan anda tekuni nanti.

PERMASALAHAN BISNIS RENTAL MOBIL.
Setiap bisnis sudah pasti ada resiko yang akan dihadapi. Di mulai dari karakter konsumen, kecurian, tabrakan, hingga perawatan mobil. Permasalahan ini sudah akan pasti terjadi karena mobil ini bergerak di jalan menempuh perjalanan. Ada beberapa cara untuk meminimalisir permasalahan yang akan timbul di bisnis rental mobil ini.

a. Konsumen Terpercaya.
Anda akan menyerahkan kunci kendaraan kepada konsumen terpercaya dan mengetahui bahwa konsemen memang layak dijadikan patner bisnis. Cara yang bisa anda lakukan adalah mendapatkan seluruh identitas, lokasi rumah, hingga adanya rekomendasi dari beberapa kolega anda bahwa konsumen ini memang bagus track recordnya. Informasi dasar ini harus dapatkan sehingga anda mengetahui siapa konsumen anda sebenarnya.

b. Beri Chip GPS.
Teknologi sekarang ini telah tercipta sebuah chip yang terhubung dengan GPS dimana cara ini berguna untuk melakukan deteksi dimana keberadaan kendaraan anda. Saat sekarang ini para bisnis rental mobil kendaraan minibus apapun jenisnya sudah mulai menggunakan cara ini untuk memonitor kemana saja mobil ini berjalan. Dengan teknologi ini terhubung dengan jaringan internet yang bisa anda akses dimana saja.

c. Sebaiknya Ada Akad Perjanjian.
Setiap bisnis akan ada akad perjanjian agar terjadi ikatan antara pemberi jasa dan konsumen pengguna jasa. Di dalam perjanjian ini akan ada pasal ikatan sehingga bisnis anda tetap terjamin kelangsungan hidupnya. Pasal yang penting disertakan dalam perjanjian ini adalah durasi waktu sewa, attitude menggunakan kendaraan, serta konsekwensi yang ditimbulkan apabila terjadi kecelakan atau kerusakan pada kendaraan aset anda. Dengan adanya perjanjian ini maka konsumen harus berkomitmen untuk menepati janjinya dengan amanan yang anda berikan kepada mereka supaya kendaraan yang dipakai ibaratnya seperti kendaraan milik sendiri.

d. Jika Perlu Ikuti Asuransi Kendaraan Syariah.
Jika anda seorang muslim yang ingin menekuti bisnis ini dapat harus mendapatkan pertanggungan dari pihak ketiga bisa bekerjasama dalam Asuransi Kendaraan Syariah. Cara ini bisa menambah proteksi bagi kendaraan sebagai bisnis utama dengan persyaratan yang telah mendapat fatwa dari Majelis Ulama Indonesia atau MUI. Pada saat sekarang ini jenis Asuransi Syariah ini telah mulai banyak pesertanya dimana transparansi alokasi premi yang dilakukan perusahaan lebih terjamin dan menentramkan sehingga anda sebagai muslim yang taat juga percaya bahwa uang yang terkelola ini ditempatkan dimana saja.

LOKASI TEMPAT RENTAL SEWA.
Sebenarnya lokasi tempat dan sewa untuk skala awal bisa anda manfaatkan halaman rumah anda yang cukup untuk menampung beberapa kendaraan. Apabila perusahaan telah maju pesat anda bisa melirik untuk memberi tanah luas khusus untuk parkir aset kendaraan anda. Tidak harus membeli ruko, karena dimulai dari skala rumah anda bisa memulai bisnis ini dengan tekat yang bulat.



JENIS PASAR RENTAL SEWA KENDARAAN.
Saat sekarang ini kebutuhan akan rental sewa kendaraan roda empat sangat dibutuhkan bahkan permintaan tinggi apalagi mau masuk Lebaran Idul Fitri, Idul Adha, liburan anak sekolah, liburan hari kerja terjepit, sera liburan akhir tahun. Pada masa ini adalah masa panen para pemilik kendaraan yang melakukan bisnis rental sewa kendaraan. Secara umum memang iya, apabila anda basis bisnisnya di pusat kota wisata akan memiliki pangsa pasar lain dengan terbuka peluang untuk memberikan layanan kepada tamu wisatawan yang berkunjung dengan tipe kendaraan yang bervariasi dimulai dari minibus, bus ukuran sedang, hingga bus tipe pariwisata. Sesuaikan dengan kemampuan kerja bisnis yang anda miliki sehingga seluruh pasar yang akan dimasuki bisa mendapatkan pasar dan roda bisnis tetap berjalanan dengan baik. Jika anda memiliki akses untuk melakukan keseluruhan peluang bisnis ini akan mendatangkan Rupiah yang sangat berlimpah di masa mendatang.

PERBAIKAN ASET KENDARAAN.
Seluruh aset kendaraan yang anda miliki sudah tentu akan dilakukan perawatan dimulai dari service berkala hingga perawatan bodi dalam dan luar. Hal ini penting karena konsumen akan melihat kondisi kendaraan yang akan mereka sewa apakah fit dan bersih. Konsumen adalah raja benar adanya karena mereka ingin mendapatkan kendaraan yang sehat dan memiliki kenyamanan tingkat tinggi selama mereka menggunakan kendaraan tersebut dalam aktifitas keseharian. Jangan pernah lengkah selalu melakukan cek perawatan berkala keseluruhan komponen mesin hingga sirkulasi AC yang tetap dingin dan terawat sempurna. Dengan pola seperti ini konsumen akan selalu menggunakan jasa anda dan kemungkinan pasar untuk sewa kendaraan bulanan hingga tahunan bisa mampir ke perusahaan anda. Perbaikan kendaraan ini bisa anda lakukan secara kerjasama dengan bengkel yang terpercaya baik secara perseorangan ataupun skala profesional, sesuaikan dengan kondisi perusahaan anda.

LAKUKAN KERJA SAMA BERBAGAI PIHAK.
Bisnis rental sewa kendaraan ini membutuhkan networking yang sangat tinggi dan anda harus melakukan hal tersebut. Dengan banyaknya networking berarti anda sudah memiliki sebuah peluang besar untuk memasarkan bisnis yang anda geluti dan peluang untuk mendapatkan konsumen sewa kendaraan sangat besar. Perbanyaklah teman sebagai hal yang sangat pokok untuk bisnis rental kendaraan apapun jenis tipe yang anda miliki.

PERBAHARUHI ARMADA ASET KENDARAAN.
Bisnis ini harus mengikuti selera konsumen, apabila luput dari perhatian anda maka bisnis anda akan cepat gulung tikar. Sewa kendaraan berarti anda harus menyediakan kendaraan yang benar-benar sehat serta memiliki stamina dalam berkendaran sangat baik tingkat kenyamanan tinggi. Apabila armada aset yang anda miliki sudah saatnya untuk dilakukan renewal maka anda harus melakukan penjualan mobil lama dengan mengganti mobil baru yang sesuai dengan kelas dan jenis kendaraan yang akan anda bidik. Hitung kapasitas belanja perusahaan anda dengan melihat perkembangan sewa ini dalam waktu jangka pendek dan rasanya telah mendapat peluang yang lebih besar anda harus melakukan pembaharuan renewal jenis kendaraan aset sekarang ini.

PROMOSI BISNIS.
Saat sekarang ini seluruh konsumen telah melakukan akses internet lewat smartphone sudah dalam tahap kebutuhan primer. Semua orang memiliki smartphone apalagi di pusat kota dan pusat pariwisata selalu mengandalkan internet untuk mendapatkan informasi apapun termasuk sewa rental kendaraan bermotor. Anda harus masuk ke dalam platform ini dengan membuat website, blog, ataupun Fan Page Facebook untuk memperkenalkan bisnis yang anda jalankan sekarang. Sebenarnya tidak hanya media sosial yang kami sebutkan diatas anda juga bermaik di media sosial lain seperti Instagram, Twitter, ataupun Path yang juga memiliki pengguna cukup besar sebagai cara terbaik memperkenalkan bisnis rental mobil. Hal yang sangat menyenangkan adalah seluruh platform media sosial ini telah dilengkapi semaca fasilitas yang bisa anda gunakan promosi berbayar dengan teknik tertentu sehingga konsumen yang akan membutuhkan jasa service perusahaan anda bisa langsung terkoneksi dengan baik. Konsumen dari dunia maya saya banyak potensinya karena dari internet lah semua informasi mereka bisa dapatkan dan mereka langsung melihat track record perusahaan anda apakah profesional atau tidak.

KELOLA PERUSAHAAN SECARA PROFESIONAL.
Bisnis yang dijalankan harus secara profesional dengan sistem manajemen yang baik. Apabila bisnis rental sewa kendaraan anda terapkan secara baik dan rapi maka perusahaan ini akan terarah serta anda sebagai owner bisa melakukan monitor lebih ketat. Perusahaan akan semakin berkembang ke depan anda harus migrasi dari kelola secara bisnis keluarga menjadi bisnis profesional yang akan banyak melibatkan pihak ketiga yang akan melakukan kerjasama dengan anda. 

HARGA SEWA.
Untuk harga sewa memang berdasarkan harga pasar yang ada pada saat itu. Tetapi dasar harga sewa rental kendaraan mobil ini akan berbeda apabila jenis kendaraan yang anda sediakan prima dan baik kondisinya bisa diatas harga pasar. Apabila konsumen puas dengan jasa service anda maka harga tidak akan mereka permasalahkan. Ciptakan pasar anda sendiri dengan pola bisnis yang baik dengan memperhatikan hal sepele menjadi penting untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen setia anda.

KESIMPULAN.
Setelah anda membaca artikel ini telah sedikit membuka pola pikir anda untuk memulai bisnis rental sewa kendaraan dengan beberapa konsekwensi yang akan dihadapi kelak. Bisnis sudah pasti ada resiko, semakin tinggi resiko semakin tinggi pula pendapatan yang akan anda dapatkan. Jika anda memiliki modal yang tidak terlalu besar cobalah beberapa kendaraan saja terlebih dahulu, apabila telah melihat alur dan peluang semakin besar maka anda bisa melakukan penambahan armada aset untuk memenuhi permintaan sewa kendaraan ini kepada konsumen baru. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.