Langsung ke konten utama

Pesona Aurora Traveling Norwegia Khusus Backpacker Pertama Kali: Cara, Petunjuk, Tips, dan Budget Biaya

Negara Norwegia dengan pesona Aurora menjadi destinasi wajib yang sudah mulai dikenal oleh traveler Indonesia sebagai spot terbaik untuk melihat keajaiban alam yang terindah dan menakjubkan hanya anda di negara ini. Destinasi yang sangat eksotis ini dan telah menghipnotis dengan landscape indah menjadi pelengkap sebagai daerah yang bisa memalingkan pandangan matamu yang tidak akan berkedip melihatnya. Tidak hanya Aurora saja ada detinasi wajib yang sudah menjadi pilihan terbaik sebagai backpacker adalah geltser dan fjord dengan pesona wilayah yang terbaik. Untuk wilayah yang sangat direkomendasikan adalah di bagian utara serta bagian barat karena apa disinilah spot terbaik untuk melihat magical Aurora, dog sledging, whale safari yang harus anda masukan ke dalam itinerary perjalanan ke Norwegia. Plesirankotatua berhasil menghimpun informasi yang  anda butuhkan untuk masuk dalam rencana traveling ke negara ini.


PERSIAPAN BUDGET PERJALANAN.
Sebagian orang menyebutkan bahwa taveling ke Norwegia membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk skala backpacker memang ada benarnya. Jadi, jika anda termasuk seorang backpacker maka anda harus kudu irit dan hemat selama melakukan perjalanan kesana terutama di Oslo dan beberapa daerah lainnya. Pastikan anda memiliki uang yang cukup setelah sampai di sana, untuk mata uang Norwegia bernama Krone ini memiliki nilai tukar yang cukup tinggi jika anda memegang Euro, update 6 April 2018 saja EUR 1 = NOK 9.6383 harga yang cukup tinggi untuk melakukan transaksi.

Setelah anda memiliki Visa Schengen dan berencana melakukan perjalanan rasanya sudah terbuka luas pintu traveling kesana apalagi rutenya masih dalam satu kawasan di Eropa. Hal yang paling utama untuk berhemat dimulai dari segi makanan yang tidak sehat yaitu fast food karena ada dimana-mana dan setiap sudut kota ada yang menjual. Hal yang sangat direkomendasikan untuk anda seorang pelajar sebaiknya membawa kartu pelajar anda untuk mendapatkan diskon besar-besaran untuk masuk ke objek wisata penting disana jadi hal ini sebagai trik untuk menghemat pengeluaran selama traveling. 

Untuk pesawat berbasis buget murah LCC yang sering dipergunakan adalah Ryan Air dengan destinasi Oslo terhubung dengan beberapa negara Eropa lainnya, jadi anda bisa sesuaikan negara asal keberangkatan awal untuk menuju ke Norwegia. 

PERJALANAN DIMULAI.
Seorang backpacker tidak perlu menggunakan jasa paket tour untuk melihat Aurora. Cara paling murah memang harus ada strategi trik jitu untuk meujudkan itu semua. Syaratnya adalah Aurora bisa dilihat dengan sempurna hampir setiap hari pada bulan gelap di waktu winter dengan cahaya cerah di seluruh Norwegia. Jika terlihat berawan harus waspada karena akan mengurangi kesempatan anda untuk melihat Aurora secara utuh menyeluruh. Pastinya lokasi tepat untuk melihat fenomena alam ini jauh dari pusat kota Oslo tepatnya di Tromso. Untuk sampai ke Tromso ini bisa ditempuh menggunakan mobil karena cara mudah murah serta direkomendasikan.

Sewa Mobil: Untuk menyewa kendaraan sebaiknya saat berada di Oslo Norwegia langsung melakukan penyewaan mobil. Anda bisa leluasa melakukan perjalanan ke kota kecil lainnya untuk melihat Aurora. Selama anda diperjalanan menuju ke Arctic Cirle ini bisa langsung melihat betapa indahnya Aurora selama trip sebelum anda menuju ke Trondheim. Kenapa melakukan sewa mobil karena harganya lebih murah jika anda menggunakan pesawat udara. Sebenarnya disesuaikan dengan selera apakah anda harus terbang ke Trondheim baru menyewa kendaaan. Banyak sekali jasa penyewaan mobil yang bisa anda dapatkan dengan harga yang sangat terbaik. Untuk harga sewa mobil per hari sekitar IDR400.000 hampir sama dengan Indonesia, untuk harga mobil ini ya standar yang hemat BBM. Memang untuk harga bensin di Norwegia cukup mahal tapi pilih mobil cc nya kecil yang hemat BBM. Biasanya untuk mobil hematini  menghabiskan 4 liter untuk 100 km.

SPOT TERBAIK MELIHAT AURORA.
Harus mengetahui spot terbaik untuk melihat Aurora yaitu di Bergen ataupun Oslo. Tetapi hal ini bisa terwujud jika anda mendapatkan keberuntungan karena masih banyak polusi cahaya karena sebagai pusat kota akan terpengaruh. Semakin ke utara anda akan semakin besar melihat Aurora yaitu di Tromso. Maka inilah sebabnya kenapa traveler seluruh dunia akan berbondong-bondong kesana menggunakan paket tour yang jauh lebih mahal.

Memang untuk menghemat biaya harus menempuh perjalanan dengan sewa mobil tanpa menggunakan pesawat udara. Daerah terpencil yang sangat kuat Aurora juga ada di Trondheim tepatnya di selatannya. Inilah tempat yang sangat disenangi oleh backpacker untuk melihat fenomena alam ini. 

BULAN TERBAIK LIHAT AURORA.
Waktu terbaik untuk melihat Aurora adalah sekitar bulan April karena kondisi alam di dalam periode paling gelap. Tetapi anda harus mempersiapkan hal lain yaitu cuaca dingin di Norwegia menyebabkan banyak ditemukan salju persiapkan baju hangat yang cukup. Ditambah lagi kondisi gerak anda menjadi terhambat tetapi akan sirna setelah Aurora terlihat jelas di depan anda. Sebagian traveler dunia selalu menghubungkan dengan teknologi di smartphone untuk melihat akuratan data mengenai kondisi awan dan itensitas baiknya Aurora apakah sudah baik atau tidak. Biasanya tingkat yang cukup baik ada di level 3. Pada lovel 2 sudah cukup baik dan bagus. Untuk cek anda bisa cek selalu di norway-lights.com



SEPUTAR PENGINAPAN.
Penginapan akan mempengaruhi posisi untuk melihat Aurora. Semakin jauh dari pusat kota semakin baik dan keberuntungan untuk melihat lebih penuh dan itensitas kemurnian cahaya Aurora cukup tinggi anda harus rela datang ke lokasi tersebut. Sekarang ini anda sudah sangat mudah mendapatkan kabin di tengah hutan dengan bantuan Airbnb. Sekitar pukul 22:00 malam adalah waktu yang sangat baik untuk melihat Aurora langsung dari kabin anda. Di Norwegia lah magical cahaya ini sebagai tempat terbaik jika dibandingkan dengan Iceland. Jika anda rombongan atau tim backpacker yang ingin ke Norwegia sebaiknya 3 hari penuh untuk melihat Aurora.

BERAPA PERSIAPAN BUDGET TRAVELING NORWEGIA
Untuk mempersiapkan seluruh traveling ini menjadi nyaman sebaiknya anda melakukan perjalanan lebih dari dua orang untuk menghemat biaya perjalanan dan transportasi.

1. Secara Backpacker.
Biaya penginapan via Airbnb selama 3 malam: 3 x IDR400.000 = IDR1.200.000
Sewa Kendaraan Mobil Minibus: 3 x IDR400.000 = IDR1.200.000
BBM untuk 2000km @ 4liter/100km = 80 liter = IDR IDR2.300.000
Komponen biaya yaitu jalan tol IDR 750.000
Food and beverages: sebaiknya anda membeli stok makanan di supermarket atau masak sendiri untuk 2 orang: IDR1.200.000

Total Biaya: IDR 6.650.000

2. Pakai Paket Tour.
Penerbangan dari Nowergia Oslo -> Tromso -> Oslo untuk 2 orang: IDR 6.000.000
Akomodasi perjalanan selama di Tromso selama 3 malam: IDR 4.000.000
Paket Tour: IDR 3.000.000
Food and Beverages: IDR 1.500.000

Total Biaya: IDR14.500.000

WISATA KULINER TAMBAHAN.
Norwegia terkenal dengan hasil lautnya dengan tangkapan seafood segar yang sangat disukai oleh penduduk Eropa bahkan traveler seluruh dunia. Primadonanya adalah udang sebagai menu yang sangat disenangi karena rasanya gurih, lezat, serta langsung diolah menjadikan menu yang sangat berbeda dengan negara lain. Ikan salmon dijadikan tambahan menu lain bagi anda mencintai bahan makanan ini sebagai protein yang sangat tinggi banyak sekali ditemukan di Norwegia. Menu yang sangat direkomendasikan adalah smoked salmon dan udang sebagai menu kuliner wajib yang bisa anda cicipi pelengkap liburan disana. Pilihan ini optional.

TIPS.
Untuk melakukan trip traveling liburan ke Norwegia untuk melihat keindahan Aurora ada beberapa tips perjalanan yang akan menjadi informasi awal sebelum eksekusi itinerary dilakukan. Negara yang cukup lengkap destinasi wisata yang siap menyambut seluruh traveler seluruh dunia ini tidak hanya Aurora saja tetapi landscape alam yang sangat asri, museum, kastil dan pemukiman kuno hingga beberapa tradisi yang masih dipertahankan bisa terlihat jelas.

1. Atur Jadwal Waktu Tepat Traveling.
Tentukan waktu yang tepat untuk perjalanan anda sampai ke Norwegia. Setiap perjalanan akan memberikan kenyamanan terutama persiapan uang, akomodasi, waktu, dan fisik. Karena musim yang cukup berbeda dengan Indonesia akan memberikan sedikit penyesuaian tingkat tinggi apalagi udara dingin yang bisa membuat kondisi kesehatan bisa langsung drop tiba-tiba. Jadwal yang tepat untuk melakukan perjalanan ini sekitar bulan April.

2. Stock Makanan Dari Supermarket.
Untuk mendapatkan stok makanan dan minuman yang cukup di Norwegia memang didapatkan di Supermarket karena harganya masih relatif terjangkau dan ketersediaannya cukup. Apabila anda bisa memasak sangat direkomendasikan, mungkin beberapa menu yang ada disana belum tentu ada yang cocok dengan lidah. Jadi, pastikan juga anda membawa beberapa makanan kering dan basah siap saji peningkat rasa seperti bon cabe, saos sambel, rendang Padang daging, sambel bu rudy, atau lainya sebagai makanan pamungkas jika menu disini rasanya tidak mungkin untuk dicicipi.

3. Andalan Transportasi Publik Di Kota.
Seperti telah disebutkan diatas menggunakan transportasi publik sebagai cara efektif untuk berpindah sangat direkomendasikan. Khusus untuk menuju ke kawasan terbaik melihat Aurora ini memang menggunakan sewa mobil sebagai solusi terbaik dan termurah. Untuk kota Oslo sebaiknya menggunakan  transportasi umum sebagai pilihan hemat terbaik karena harganya super murah dan rutenya sudah jelas dan anda tidak perlu merasa takut baper tersasar.

4. Harga Ramah Untuk Mahasiswa.
Khusus mahasiswa harga yang diberikan sangat murah dan cara inilah mendapatkan harga termurah. Memang mahasiswa sudah menjadi incaran para backpacker seluruh dunia karena aktifitas hidup yang akan didapatkan sangat murah seperti penginapan, makanan, dan aksesnya cukup dekat untuk traveling.

5. Beruntunglah Punya Kartu Mahasiswa.
Kartu mahasiswa sangat sakti di Norwegia karena akan mendapatkan diskon yang sangat luar biasa besar untuk beberapa objek wisata. Jika anda backpacker sebagai mahasiwa anda sangat beruntung sekali potongan harga akan anda dapatkan saat melakukan kunjungan ke objek wisata di Oslo seperti museum dan beberapa tempat yang ditunjuk. Ingat, jangan bermain curang jika anda tidak seorang mahasiswa.

6. Berkemah Di Alam Bebas.
Ada beberapa traveler yang melakukan kemah tema di alam terbuka terutama memasuki musim panas pada bulan April hingga Agustus. Memang bulan ini sangat mahal untuk melakukan perjalanan tetapi bisa anda siasati untuk melakukan kemah di alam bebas bersama backpacker lainnya. Pemerintah Norwegia membebaskan turis untuk melakukan hal ini untuk menikmati alam sepuasnya seperti di tepi danau. Dengan paduan ladscpae alam yang sangat indah ini sangat baik untuk melakukan cara ini. Untuk masalah keamanan Norwegia termasuk negara yang aman tetapi harus ingat anda harus menjaga lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan.

7. Berinteraksi lah Dengan Penduduk Lokal.
Sebagian traveler menyebutkan bahwa penduduk lokal Norwegia agak tertutup, tidak begitu benar. Mereka tertutup karena tidak mengenal, jika mereka sudah mengenal anda mereka sangat baik hati bahkan sangat membantu. Bahkan mereka mau memberikan informasi yang sangat akurat bahkan ada solusi yang tak terduga yang selama ini dicari oleh traveler backpacker. Jadi, ciptakan attitude yang baik sehingga mereka sangat respect dengan traveler dari Indonesia.

8. Coba Couchsurfing Norwegia.
Anda tentu sudah mengenal couchsurfing yang menyediakan tempat untuk traveler yang sedang melakukan perjalanan. Sebaiknya anda memanfaatkan cara seperti ini untuk menghemat biaya penginapan anda selama di Norwegia. Anda tidak udah gengsi karena cara seperti ini sudah banyak dilakukan oleh backpacker yang mendapatkan keringanan untuk tempat menginap selama melakukan jelajah di Norwegia.

Baca juga:
Daftar Objek Wisata Tempat Indah Di Norwegia

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Cara Naik Kereta Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bangkok Thailand

Naik kereta Kuala Lumpur ke Bangkok. Inilah kegiatan yang harus anda coba menikmati perjalanan darat dari Kuala Lumpur Malaysia menuju ke negara gajah putih yaitu kota Bangkok Thailand. Kedua negara yang yang relatif dekat ini mempunyai iklim yang hampir sama dengan Indonesia menjadi tujuan favorit wisata. Kedua negara ini dapat dicapai menggunakan transportasi darat seperti kereta yang sudah tersedia. Malaysia dan Thailand sudah berkerjasama untuk memperlancar arus wisatawan kedua negara dalam kerjasama ASEAN Tourism. 

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.