Langsung ke konten utama

Kenali Oleh Oleh Surabaya: Nikmati Kemudian Beli Untuk Bawa Pulang

Kenali oleh-oleh-Surabaya sebelum anda pulang kenali semua jenis dan akan menjadi bahan bincangan saat cicip-cicip bersama keluarga tercinta. Surabaya kota Pahlawan menjadi surga kuliner yang dari tahun ke tahun menjadi tema wisata kuliner yang akan selalu berubah setiap waktu sesuai dengan selera dan minat para wisatawan dan penduduk lokal. Tetapi ada oleh-oleh-Surabaya yang tidak lekang dengan waktu selalu menjadi fenomena sepanjang masa yang akan terpilih sebagai juara sebagai buah tangan yang disenangi bahkan direkomendasikan. Plesirankotatua berhasil menghimpun oleh-oleh-unik-khas-Surabaya yang menjadi pilihan bagi anda saat nongkrong wisata disana.

1. ALMOND CRISPY.
Poto oleh: tempatnongkrongasik.com

Oleh-oleh-Surabaya-kekinian zaman now telah menjadi pilihan terbaik walaupun umur belum begitu lama tetapi sudah bisa mencuri perhatian para wisatawan yang ingin bertandang ke kota Pahlawan ini. Jajanan ini sangat enak dan gurih terbuat dari campuran tepung, gula, telur, dan beberapa jenis keju terbaik dengan toping kacang almond yang kriuk-kriuk. Temanya sangat praktis dan bisa membuat anda terbuai dengan rasa enaknya. Jenis yang tersedia dan bisa anda pilih dimulai dari coklat, green tea, hingga original keju. Memang rasa yang terlibat di pilihan ini menjadi surganya lidah anda untuk menilai mana menjadi primadona selera. Jadi cocok sebagai kunyahan di sore hari dan teman minum teh saat nongkrong bersama keluarga tercinta.

2. SAMBAL UDANG CABE.
Poto oleh: bukalapak.com

Oleh-oleh-Surabaya yang sangat terkenal dan disukai adalah sambal udang cabe yang tersedia berbagai pilihan di toko oleh-oleh. Persiapkan diri anda untuk mendapatkan salah satu jenis sambal yang tidak hanya campuran udang saja tetapi sambal murni pedas yang bisa dijadikan sebuah hantaran dan stock saat lauk tidak tersedia di rumah. Rekomendasi ini banyak di pilih oleh beberapa traveler yang merantau ke luar negeri butuh serap sambal sebagai pamungkas untuk menikmati hidangan yang mungkin saat lagi malas memasak. Paduan bahan yang sangat berkualitas ini tentu menghasilkan sebuah produk makanan yang sangat disukai bahkan di buru sebagai masakan yang tidak bisa dianggap sebelah mata, tanpa sambal pedas rasanya sangat kurang untuk menikmati jenis masakan apa saja terasa hambar hampa tak terkira.

3. KERUPUK IKAN KENJERAN.
Poto oleh: katalogwisata.com

Olhan hasil laut juga terkenal di Surabaya. Warga berkreasi membuat aneka olahan yang bisa masuk dalam oleh-oleh-Surabaya dari bahan dasar sea food dalam bentuk kerupuk. Lokasi yang banyak ditemukan di Jalan Sukolilo atau sekitar Pantai Kanjeran dimana penduduk banyak membuat jenis kerupuk ini, dan saat anda berada di lokasi ini telah mencium aroma yang khas. Uniknya kerupuk Kanjeran ini bisa disantap saat mentah atau setelah dimasak. Warna hitam jenis kerupuk cumi, hijau untuk kerupuk dari rumput laut, dan warna coklat jenis kerang. Harganya sangat terjangkau sekalu dimulai dari harga IDR15.000 - IDR300.000 per kg. 

4. SIROPEN TELASIH.

Siapa bilang kota pahlawan Surabaya tidak memiliki minuman asli yang sudah hadir di zaman penjajahan Belanda tempo doeloe. Minuman Siropen Telasih ini telah hadir di Surabaya sekitar tahun 1923 yang diproduksi dan dikella oleh Belanda. Setelah Indonesia merdeka telah berpindah kepemilikan beberapa kali. Zamannya minuman ini diperuntukan para kaum bangsawan tentu sangat istimewa, lokasi di Jalan Mliwis tidak menggunakan pemanis buatan dengan jenis dan varian juga banyak yang bisa anda pilih sebagai oleh-oleh-Surabaya seperti cocopandan, jeruk keprok, vanili, frambosen, mawar, dan lainnya. Jadi anda ingin merasakan minuman tempo doeloe masih ada sampai sekarang dengan kemasan yang lebih premium tentu menjadikan minuman berkelas dengan botol yang sangat berkelas. Semoga di masa yang akan datang ada logo halalnya di setiap merek kemasan.



5. BUNARENDANG.
Poto oleh: wisatajawatimur.xyz

Kreasi oleh-oleh-kekinian-Surabaya juga tersedia dari mahasiswa ITS [Institut Sepuluh November]. Dengan kuliner semua pihak bisa berpartisipasi untuk menciptakan sebuah makanan yang bisa menjadi peluang ekonomi yang sangat menjanjikan. Sajian banurendang berger nasi rendang ini terinspirasi dari nama rendang Padang yang sudah masuk dalam makanan terlezat dan terenak di dunia ini dijadikan sebagai kuliner kekinian yang telah hadir di kota Pahlawan Surabaya. Untuk mendapatkan jenis oleh-oleh-Surabaya-kekinian zaman now ini bisa anda datang di kawasan Manyar, sekitar swalayan Sakinah ITS serta di Fakultas Ilmu Budaya Unair, dan di kawasan Dukuh Kupang.

Proses pembuatannya tentu dari bahan rendang basah asli yang dan dapat disantap langsung. Dan sebagian di bawa pulang untuk dijadikan makanan oleh-oleh bisa dipanaskan melalui microwave. Sajian saat hangat lebih baik dan siap menggoyang lidah anda.

6. ABON DAGING SAPI.
Poto oleh: surabayafamily.com

Pilihan yang bisa anda pilih yaitu abon daging sapi dengan jenis rasa manis atau pedas. Surabaya juga ada abon daging sapi yang sudah menjelma sebuah pilihan saat tidak ada lauk pendamping saat tidak ada waktu untuk memasak. Sangat banyak penjual yang menyediakan abon daging sapi terutama di toko oleh-oleh yang memiliki kualitas terbaik terlihat dari proses bungkus yang sangat premium. Bahkan ada penjual yang memperbolehkan pengunjung untuk melihat proses pembuatan abon daging sapi ini di dapur sehingga kepercayaan konsumen memilih produk yang mereka buat menjadi lebih yakin dengan halal dan kualitasnya.

7. JENANG DAN SIRUP MANGROVE.
Poto oleh: amanat.news

Kreasi yang terlihat dari seorang petani bisa diapresiasi sebagai prestasi yang terbaik untuk sebuah hasil karya untuk menghasilkan produk unggulan. Dengan tekunnya petani mangrove yang ada di Jl Sonnetaria Rungkut Surabatan ini mereka memanfaatkan bunga mangrove sebagai olahan yang sangat lezatos berupa jenang serta minuman yang di kemas dalam sirup segar. Jenang yang dibuat tentu warna coklat yang apabila telah digigit terasa legit dan kenyal. Proses pembuatannya dibngkus pada daun pisang kering. Untuk rasa sirup mangrove ini sangat segar manis cocok sekali disajikan dalam kondisi dingin.

8. KAOS ANAK MUDA.
Anak muda juga tidak mau ketinggalan untuk mengisi pilihan oleh-oleh-Surabaya tema zaman now kekinian. Anak muda yang memberikan sebuah desain yang sesuai dengan karakter yang memiliki kreatifitas tinggi ini mampu di jual di distro sudah dimulai pada tahun 2005. Susunan kata-kata yang sangat unik dan memberikan pesan khusus ini diminati sampai sekarang dan bahkan pilihan paling banyak anak muda yang ingin mendapatkan kaos ini sangat tinggi sekali. Nama kaos Cak Cuk bisa memberikan alternatif pilihan untuk di beli saat berada di kota Pahlawan.

Sebenarnya tidak hanya kaos saja ada jenis souvenir khas juga mereka sediakan dimulai dari tas, gantungan kunci, hingga pin khusus yang bertema anak muda. Jadi produk Cak Cuk ini sudah memiliki gerai khusus untuk memanjakan para traveler seluruh Indonesia yang ingin melengkapi liburan mereka dengan oleh-oleh-khas-Surabaya.

9. LAPIS KUKUS SURAYA.
Memang jenis kue lapis kukus ini terbilang masih sangat banyak di pilih bahkan sangat fenomenal walaupun banyak bermunculan beberapa jenis kue lainnya. Lapis kukus ini tentu ada dari zaman doeloe yang kemudian muncul lagi di kemas dalam paket yang lebih premium. Banyak sekali penjual yang memberikan produk pilihan lapis kukus Surabaya ini dengan berbagai aneka toping lezat seperti keju parut atau pun coklat kasar sebagai peningkat rasa sebuah kue sampau rasa original, cocopandan, dan jenis brownis juga tidak terlupakan.

10. KUE BIKANG PANELEH.
Poto oleh: kreasimom.blogspot.com

Jajanan tradisional ini menjadi oleh-oleh-Surabaya yang sangat disenangi oleh penduduk lokal Surabaya dan juga sudah pasti juga akan disenangi oleh wisatawan. Bentuk luar yang sangat cantik dan sangat legit saat di gigit menjadi pilihan alternatif pilihan untuk di beli. Terlihat empuk diatasnya serta lembut tentu di bawah terasa kering dan krispi. Tampilan yang sudah mulai menggoda ini tentu harganya sangat terjangkau sekali dan telah banyak dijual di beberapa toko oleh-oleh seantero Surabaya.

11. NASI BEBEK SURABAYA.
Pecinta wisata kuliner nasi bebek di Surabaya bisa dijadikan sebagai destinasi untuk melengkapi selera makan yang tentu memiliki sensasi makan yang berbeda. Nasi bebek ini sangat lezat dan mengandung kaya rempah dimana penduduk lokal menyebutnya bumbu kuning. Sudah banyak traveler memilih nasi bebek ini untuk di bawa ke kota asal di mana untuk pembeliannya hanya bebek nya saja di jadikan menu pokok untuk nasinya bisa anda siapkan sampai di kota tujuan nanti. Nah, sangat menarik bukan dengan satu ekor utuh bebek ini sudah bisa anda jadikan menu lauk pokok tanpa ada ceker atau jeroan. Harga satu paket ini dimulai dari harga IDR110.000, dan anda tinggal menggoreng saja kembali sebelum disantap. Satu porsi ini bisa dinikmati dengan seluruh anggota keluarga dan pastikan anda lengkapi dengan sambel pedes sebagai baluran nikmat untuk sebuah sajian.

12. BANDENG ASAP.
Poto oleh: Olahan Bandeng Surabaya

Dengan menciptakan lauk yang segar berkualitas juga ada pilihan lain yaitu bandeng asap. Olahan lain yang bisa di pilih selain bandeng presto, sate bandeng, dan lainnya ada jenis bandeng asap yang telah menjadi fenomenal dalam sebah oleh-oleh-khas-Surabaya. Cocok sekali dijadikan sebagai lauk pokok untuk sarapan pagi atau menu makan siang dan malam akan memberikan semangat makan untuk keluarga tercinta. 

Namanya bandeng asap tentu proses pembuatannya cukup lama dan sangat kompleks sekali dimulai pemilihan ikan bandeng segar, proses pembersihan, hingga proses pengasapan. Sebelum proses pembersihan dilakukan ikan bandeng ini akan di rendam di garam selama 2 jam dan ditusuk pada bambu sebagai tangkai untuk meletakan ikan di proses asam. Matang setelah di asap dengan warna kecoklatan ini sudah siap di kemas untuk satu ekor yang menjadi pilihan untuk sebagai oleh-oleh-Surabaya. Harga untuk satu paket dimulai dari harga IDR35.000. Pilih bandeng asap yang masih baru kondisi ikan masih terasa lunak dan dagingnya masih empuk saat disentuh.

TIPS: ada olahan dari beberapa rumah makan yang menyediakan olahan bandeng asap ini yaitu oseng bandeng asap sebagai menu andalan. Anda bisa menikmati hidangan ini yang bisa dimasukan ke dalam wisata kuliner khas unik Surabaya.

13. SNACK POPULER SURABAYA.
Cukup banyak jenis snack yang bisa menjadi pilihan bahkan rasanya sangat gurih dan kriuk. Jenis yang disediakan tentu cukup banyak dan pilihan semuanya enak. Memang kuliner untuk oleh-oleh-Surabaya sangat menarik untuk dijadikan destinasi belanja dimulai dari rebus atau goreng.

a. Pohong Tata.
Jenis snack ini terbuat dari singkong atau ketela pohon tentu akan sangat identik dengan kudapan ala desa. Karena sebagian penduduk juga menyiapkan ini untuk sarapan dalam bentuk goreng atau rebus. Tetapi snack ini dikemas menjadi lebih enak lagi ditambah dengan parutan keju yang dibungkus dengan rapi dan menarik. Traveler sangat suka tema seperti ini dan tentu rasa tradisional memang menjadi hal yang dicari sepanjang masa.

b. Keripik Buah.
Dengan berlimpahnya hasil panen tentu tidak semuanya laku terjual makan ide untuk membuat kerupuk buah ini sudah menjamur bahkan jenisnya bertambahnya waktu semakin meningkat. Jawa Timur yang terkenal memang hasi bumi yang cukup banyak dan hasil panen yang cukup berlimpah ini makan buah segar ini ada yang dikeringkan dengan mesin atau di goreng pada minyak kelapa untuk sajian saju bungkus paket. Banyak sekali ditemukan di pusat toko oleh-oleh-Surabaya dengan harga disesuaikan dengan berat dan jenis buah yang akan menjadi tema keripik.

c. Belinjo Udang.
Anda penggemar kerupuk melinjo sekarang di Surabaya sudah tersedia kerupuk melinjo yang di campur dengan udang menjadi rasa yang lebih gurih. Untuk rasa original memang ada rasa pahitnya tetapi di belinjo udang ada nilai kaya rempah terasa sehingga lebih spesial dan disukai. Ide ini memang sangat memberikan alternatif pilihan yang lebih kaya sehingga kerupuk melinjo asli sudah ada pilihan lain yaitu belinjo udang. Hasil yang di jual tentu lebih banyak variasi rasa dimulai dari rasa manis pedas hingga manis saja dan pedas saja. Jadi anda jangan lupakan oleh-oleh-Surabaya ini untuk melengkapi destinasi wisata kuliner yang akan di jemput di kota Pahlawan ini.

d. Kerupuk Udang Lobster.
Masih ada lagi pilihan yang masuk dalam oleh-oleh-Surabaya yaitu kerupuk udang lobster. Jenis udang ukuran jumbo ini di buat kreasi jenis kerupuk yang sudah bisa anda dapatkan di toko oleh-oleh. Tentu nilai gizi lebih lengkap dan rasanya tentu lebih unik dan gurih. Bahan dasar yang digunakan memang dari tepung tapioka, daging udang lobster, dan rempah pilihan lainnya. Setelah dijadikan adonan dan di potong tipis siap di jemur di sinar panas matahari kemudian dimasukan di paket yang telah mereka siapkan. Untuk harga mulai dari IDR50.000 per 500 gram.

Baca juga:
Rekomendasi Makanan Khas Solo Nikmati Kelezatannya
Oleh Oleh Khas Solo: Makanan, Minuman dan Souvenir

e. Rambak Sapi.
Kerupuk yang berasal dari kulit sapi ini juga tidak luput dari pilihan untuk masuk dalah oleh-oleh-khas-Surabaya. Bahan dasar kulit sapi ini tentu memiliki tekstur yang menghasilkan kres yang lebih terasa. Tidak terasa bau amis ini telah banyak dipersiapkan oleh para traveler sebagai produk pilihan yang menjadi destinasi oleh-oleh. Rambak sapi sangat cocok dijadikan campuran untuk aneka hidangan yang lezatos seperti sate, hidangan gulai, atau bubur. Rasa gurih dari proses pengolahan dengan rasa original membuat porsi yang anda beli siap menyapa lidah dan perut keroncongan.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.