Langsung ke konten utama

Pastikan Oleh Oleh Khas Bangka: Makanan atau Minuman Telah Masuk Daftar Belanja Sebelum Pulang Ke Kota Tujuan

Oleh-oleh-khas-Bangka. Sebagai kota yang yang sudah menjadi destinasi wisata ini mampu menghadirkan oleh-oleh khas dan unik teruji dengan makin dikenal bahkan akan selalu diburu karena rasa dan gurihnya yang telah dicoba oleh lidah pecinta kuliner serta rekomendasi untuk di beli. Oleh-oleh khas unik Bangka ini memang banyak menggunakan hasil laut tetapi tidak menutup kemungkinan dan bahan yang terpilih untuk menciptakan sebuah hasil karya olahan yang bisa anda nikmati sekarang juga. Plesirankotatua berhasil menghimpun seluruh informasi oleh-oleh-khas-Bangka yang anda butuhkan baik berupa makanan, minuman, hingga souvenir yang bisa anda dapatkan di pusat kota bahkan langsung dari sentra pembuatan oleh-oleh.

1. SAMBAL LINGKUNG.
Poto oleh: visitbangkabelitung.com

Jenis ini sudah mulai menjadi pilihan para wisatawan dengan rasa yang sangat gurih dan lezat. Bahan dasar pembuatan sambal lingkung ini menggunakan daging ikan tenggiri pilihan yang di buat menjadi abon. Jadi, saat anda ingin merasakan enaknya disandingkan dengan nasi panas jika anda tidak memiliki waktu yang sangat banyak untuk memasak. Rasa daging ikan tenggiri yang sudah gurih ini sangat bisa dipadukan dengan menu lainnya seperti sambel ataupun gulai kuning yang lezat bertambah lezat lah menu makan siang anda hari ini.

2. GETAS BANGKA.
Poto oleh: singgahi.com

Snack yang sangat kress ini juga sudah sangat mudah di dapatkan di pusat kota Bangka bahkan toko oleh-oleh yang tersebar di kota dan bisa juga langsung ke pusat sentra pembuatan langsung. Terbuat dari bahan utama ikan tenggiri ini membuat jenis getas sudah terbiasa untuk makanan ringan yang dimakan saat campuran makan nasi atau makanan yang bertema kuah sangat lezat bahkan nafsu makan menjadi meningkat. Jadi, saat anda berada di pulau Bangka sempatkan beli getas sebagai oleh-oleh-khas-unik-Bangka sangat disenangi sebagai cemilan.

3. LEMPOK NANGKA CEMPEDAK.
Poto oleh: mobil-sewa.com

Olahan dari buang nangka tetapi jenis cempedak ini dibat sebagai bahan pembatan dodol. Sangat disenangi oleh para traveler karena kenyal dan manis legit membuat rasa cempedak yang khas bisa terium aromanya saat di gigit. Banyak sekali para penjual membuat oleh-oleh ini di sentra pembuatan bisnis UKM sehingga anda bisa mendapatakan harga yang cukup kompetitif. Pastikan lempok cempedak ini masuk dalam daftar oleh-oleh-khas-unik dari Pulau Bangka.

4. BONG LI PIANG
Poto oleh: indonesiakaya.com
.
Cemilan ini memang berasal dari negeri Cina tetapi telah bercampur dengan kebudayaan lokal ini sudah masuk dalam makanan-khas-Bangka sebagai pilihan terbaik bagi traveler. Perpaduan antara kebudayaan Cina dan Bangka ini menghasilkan oleh-oleh yang bisa dibeli untuk dinikmati di kota tujuan atau sebagai hantaran. Terbuat dari bahan campuran antara tepung terigu, gula aren, santan ini memang terasa gurih dan manis. Kuei ini ada juga ditambahkan isian selai nanas sehingga rasanya bercampur antara manis dan asam menjadikan cemilan ini terasa gurih dan lezat. Pastikan logo halal telah tertera dibungkusan saat anda membeli di toko oleh-oleh ya.

5. KERICU.
Poto oleh: idntimes.com

Oleh-oleh-khas-Bangka ini juga disukai oleh traveler yang berbahan dasar dari cumi-cumi, telur, dan campuran tepung sapgu yang tentu mempunyai nilai gizi yang cukup baik. Setelah cumi dihaluskan dan bercampur dengan tepung sagu ditambah dengan beberapa rempah bumbu yang cukup lengkap seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, gula, garam, dan bumbu lainnya kemudian dibentuk panjang siap di goreng di minyak panas. Setelah matang dan bisa anda cicipi terasa gurih, manis, dan ada asinnya ini membuat ketagihan dan kres renyah saat di gigit.

6. MARTABAK BANGKA.
Poto oleh: visitbangkabelitung.com

Anda cukup mengenal jenis martabak yang berasal dari Pulau Bangka ini dan juga terkenal di Pulau Belitung menjadikan wisata kuliner anda menjadi lebih lengkap. Martabak yang menggunakan beberapa pilihan toping ini terasa manis dan tambahan toping coklat meses, keju, kacang tanah, hingga wijen ini mampu bersaing dengan makanan kekinian yang masuk ke Pulau Bangka Belitung. Wisatawan sudah tentu pasti ingin merasakan bagaimana rasa martabak ini langsung dari asalnya yang bisa menjamur namanya ke seluruh Indonesia.

7. KUE RINTAK.
Poto oleh: ayousaha.co.id

Sangat terkenal di Pulau Bangka Belitung ini tentu sangat terkenal dengan rasa gurih dan enaknya. Bagi anda yang masih belum familiar dengan jenis kue ini tentu menjadi andalan bagi masyarakat penduduk lokal pada perayaan Idul Fitri sebagai suguhan bagi seluruh teman dan kerabat sebagai hantaran yang sangat cocok karena masuk dalam selera segala umur. Kue kering yang terbuat dari tepung sagu ini berbentuk kembang walaupun saat digigit ada rasa keras tetapi saat masuk ke dalam mulut akan lumer lembut. Jadi pastikan anda bisa memasukan jenis kue ini dalam keranjang belanja anda sebelum berangkat ke kota tujuan sebagai oleh-oleh-khas-Bangka-Belitung ini.



8. DURIAN ASLI BANGKA.
Bagi pecinta durian saat musimnya anda berada di Pulau Bangka anda harus mencobanya. Penduduk lokal menyebutnya durian getar bumi dengan ukuran buahnya bisa mencapai 4-6 kali dari ukuran durian standar. Saat jatuh memang ada getaran karena ukurannya sudah tentu lebih berat makannya ada sedikit getaran maka disebut dengan durian getar bumi. Tetapi ya begitulah adanya nama durian ini diberikan. Rasanya saat legit dan manis ini tentu akan memberikan kepuasan tingkat tinggi dan anda merasa puas makan satu buah bisa klenger kekenyangan. Cocok sekali untuk hantaran atau untuk diri sendiri yang bisa disimpan di kontainer kedap udara. Jadi pastikan saat musimnya ada jangan lupa membeli durian ini untuk memanjakan selera anda yang suka sekali sama durian.

9. SIRUP JERUK KUNCI.
Poto oleh: warungkopi.okezone.com

Dengan olahan yang dibat oleh penduduk lokal tercipta jenis sirup yang juga digemari oleh seluruh wisatawan. Nama sirup jerup kunci ini khas sekali dari Pulau Bangka tentu bisa dinikmati saat cuaca terik terasa segar. Bahan dasar tentu dari jeruk kunci yang digunakan saat membuat sirup yang fenomenal ini. FYI, ukuran jeruk kunci ini ukurannya mirip dengan bola pimpong. Rasa asam khas jeruk dan sangat cocok segala suasan, anda bisa menggunakan air hangat dan air dingin untuk segala kesempatan.

10. BELACAN BELITONG.
Poto oleh: gamaholiday.com

Jenis oleh-oleh-khas-Bangka-Belitung ini menurut penduduk lokal jenis terasi khas pulau ini. Rasa saat diolah mungkin ada sedikit perbedaan dengan daerah lain karena bahan utamanya dari udang rebon ataupun jenis ikan tertentu yang tersedia di pasar pada saat musim tangkapan nelayan meningkat. Belacan ini sangat penting sekali untuk pembuatan sambel belacan yang tentu namanya sangat terkenal dari pulau ini sebagai makanan yang otentik dan khas sekali bagi pecinta sambal seluruh negeri ini.

11. KEMPLANG.
Poto oleh: jendelakamu.blogspot.com

Cemilan kerupuk khas dari Bangka ini juga disenangi karena berbahan dasar ikan tenggiri dan jenis ikan lainnya untuk tersaji di satu bungkus paket. Dengan ketebalan yang cukup ini tentu juga ada varian rasa lainnya seperti kepiting dan udang. Pilihan ini tergantung juga dari ketersedian tangkapan dari nelayan yang banyak membawa ke pasar yang menjadi bahan baku pembuatan kemplang ini. Jadi, kemplang sudah terkenal dengan oleh-oleh-khas-Bangka-Belitung yang penjualnnya cukup tersebar di kedua pulau ini yang bisa menjadi rekomendasi untuk pilihan buah tangan yang akan anda berikan kepada keluarga tercinta dan teman kantor.

12. ASINAN KELUBI.
Poto oleh: mugwort-leaf.com

Ternyata ada juga asinan yang dijual oleh penduduk lokal bagi anda yang lagi ngidam saat berlibur di pulau ini. Banyak juga ditemukan di Bangka dan Belitung berupa salak ukuran kecil yang rasanya sangat asam sekali. Jadi, anda yang menyukai citra asam yang kuat dan bisa menjadi campuran untuk minuman lainnya bisa mengandalkan alinan kelubi ini sebagai oleh-oleh-khas-Bangka-Belitung.

13. PEMPEK.
Poto oleh: zetizen.com

Pulau Bangka dan Belitung termasuk dalam wilayah Provinsu Sumatera Selatan juga banyak ditemukan penjual pempek yang sangat terkenal itu. Jenisnya cukup banyak dimulai dari lenjer, kapal selam, adaan, hingga pempek bakar bisa ditemukan di masing-masing pusat kota. Jadi, anda yang lagi kangen makan pempek saat berada di salah satu pulau ini bisa menikmatinya tidak perlu harus ke kota Palembang dulu.

Baca juga:
Oleh Oleh Khas Cirebon Sepanjang Masa: Kenali, Cicipi, Beli Bawa Pulang
Oleh Oleh Khas Jakarta: Terpilih Sebagai Rekomendasi Bagi Traveler
Kenali Oleh Oleh Surabaya: Nikmati Kemudian Beli Untuk Bawa Pulang
Rekomendasi Makanan Khas Solo Nikmati Kelezatannya

Sebenarnya inilah yang banyak disenangi oleh wisatawan yang membawanya sebagai oleh-oleh-khas-Bangka-Belitung yang akan di bawa ke kota tujuan karena telah mengetahui citra rasa lidah mereka. Tidak menutup kemungkinan ada beberapa jenis makanan lain yang disenangi bermunculan dengan kreasi lain dari penjual. Pastikan anda selalu membawa jenis oleh-oleh untuk memberikan kebahagian kepada saudara atau rekan lainnya agar bisa merasakan kesenangan saat berbagi walaupun dalam bentuk oleh-oleh saja. Semoga bermanfaat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.