Langsung ke konten utama

Khas-Kendari-Sulawesi-Tenggara: Makanan, Minuman, Cemilan, Serta Oleh-Oleh

Saat bertandang ke Kendari Sulawesi Tenggara jangan lupakan wisata kuliner khas yang banyak pilihan dimulai dari makanan, minuman, cemilan, hingga oleh-oleh yang bisa menghadirkan suasana ceria saat menghabis waktu liburan di provinsi ini. Seluruh jenis bentuk makanan tentu sebagai bahasa yang sangat universal sehingga hasil olahan penduduk lokal ini menjadi fenomenal dan disenangi oleh seluruh turis yang akan memberikan efek positif terhadap pariwisata di kota Kendari Sulawesi Tenggara. Perjalanan ini tentu akan memberikan pengalaman baru serta vocabulary jenis masakan yang anda ingin rasakan sudah tentu pasti lengkap setelah mencicipi seluruh jenis olahan ini dalam destinasi wisata kuliner nanti.

Plesirankotatua ingin menghadirkan informasi yang anda butuhkan yaitu informasi Khas-Kendari-Sulawesi-Tenggara: Makanan, Minuman, Cemilan, Serta Oleh-Oleh yang terangkum dalam artikel ini sehingga anda bisa memilih menu yang mana sesuai dengan selera dan pastinya seluruh jenis ragamnya mempunyai rasa otentik dan siap menggoyang lidah anda.

1. KASOAMI.
Poto oleh: makassar.tribunnews.com

Tentu jenis makanan-khas-Kendari-Sulawesi-Tenggara ini sudah digemari dan sudah hadir sebagai kuliner penting di provinsi ini. Menurut cerita asal mula hidangan ini dari Pulau Wakatobi dan Pulau Buton, khusus penduduk lokal Kendari memang sudah tidak asing lagi bahkan sudah menjadi kuliner wajib dan harus di coba saat anda berada di sana. Kasoami merupakan hidangan yang berbahan dasar dari umbi atau singkong, jika dilihat di Pulau Wakatobi dan Pulau Buton memang banyak sekali ditemukan singkong sebagai hasil pertanian yang dijual tetapi jenis singkong yang digunakan berbeda karena jika langsung digoreng atau dibuat panganan masih ada racunnya. Karena itu lah keunikan Kasoami ini mempunyai waktu yang cukup panjang dan lama untuk tercipta hidangan yang sangat lezat dan gurih. Kasoami yang ada saat ini mempunyai rasa yang sangat khas dan bisa disandingkan dengan aneka lauk lainnya seperti ikan asin, ikan bakar, ikan kuah, atau ikan perende. Semuanya tergantung selera dari anda jenis menu lauk apa yang disenangi. Untuk mempertinggi rasa dapat ditambahkan sayur bening yang sangat tepat dilakukan dengan secangkir teh hangat yang tentu membuat suasana lebih semangat.

2. KABUTO.
Poto oleh: viva.co.id

Olahan makanan khas lainnya bernama Kabuto, asalnya dari Pulau Buton dan Kabupaten Muna. Memang berbahan dasar dari ubi atau singkong yang harus dibersihkan terlebih dahulu dan dibiarkan sampai berjamr. Dalam jangka waktu yang cukup lama dibiarkan mengiring dan berjamur akan memberikan rasa otentik dan saat tersaji akan memberikan aroma unik sebelum disantap. Saat menjadi hidangan harus ditambah dengan parutan kelapa sebagai pelengkap dan aneka lauk pilihan yang cocok adalah ikan asin atau ikan goreng laut. Pada waktu disantap akan terasa kenyal-kenyal dan lembut ya mirip seperti kue kering pada umumnya. Walaupun penjual masih sangat langka tetapi masih ada di pusat kota Kendari ini karena bahan dasar yang harus melalui proses yang cukup lama itu lah yang menjadi penyebab bahwa hidangan masih sangat terbatas jumlahnya.



3. LAPA LAPA.
Poto oleh: foody.id

Makanan khas dari Kendari Sulawesi Selatan ini sangat gurih dan harus anda coba saat berada disana nanti. Sebagai pelengkap untuk disantap pilih ikan Kaholeonarore atau ikan asin paduan terbaik. Jika dilihat dari proses pengolahannya Lapa Lapa ini dibuat dari beras dan bersama santan, setelah setengah matang kemudian adonan tersebut di dinginkan dan setelah itu direbus kembali. Sebelum di rebus kembali beras yang setengah matang tadi harus dibungkus dengan janur kelapa muda untuk proses pematangan. Kuliner-Kendari ini banyak sekali disajikan saat adanya perayaan Lebaran Idul Fitri, saat buka puasa, atau Lebaran Idul Adha. Untuk mendapatkan Lapa Lapa yang lezat ini butuh waktu yang cukup lama agar mendapatkan hasil yang terbaik dengan cita rasa enak dan gurih. Jangan khawatir, penjual Lapa Lapa di kota Kendari masih relatif banyak dan bisa anda coba saat berada di sana.

4. SINONGGI.
Poto oleh: beritagar.id

Makanan-khas-Kendari-Sulteng ini berasal dari sari pati sagu yang merupakan makanan asli dari Suku Tolaki. Sangat akrab dengan masakan ini suku ini menyantapnya secara berkelompok, dengan berjalannya waktu terjadi perubahan makanan pokok yang sudah banyak makan nasi. Tetapi saat sekarang ini masih ada penduduk lokal yang membuat Sinonggi sebagai makanan pokok yang tentu sangat fenomenal jika anda akan mencobanya. Di pusat kota Kendari tersedia jenis menu ini dijual dan pastikan anda mencoba karena rasanya sangat berbeda dan bisa menggoyang lidah anda. Memang terlihat seperti lem dan harus disantap dengan berbagai tambahan menu lain seperti ikan berkuah bumbu dan lainnya.

5. SATE GOGOS POKEA.
Poto oleh: kompasiana.com

Penggemar sate kerang harus mencoba Sate Gogos Pokea, bahan dasar kerang yang banyak digunakan sebagai bahan penting untuk membuat sate ini tentu banyak di temukan di Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Utara, serta Asera. Makna arti dari Pokea aalah kerang. Proses pembuatannya tentu kerang yang telah diracik dengan bumbu ini kemudian ditusuk ke banbu yang telah disiapkan dan dihidangkan bersama bumbu bacem yang manis. Satenya sendiri agak terasa pedas karena bumbu yang dipakai saat proses ada bahan dasar cabenya. Untuk mendapatkan menu Sate Gogos Pokea ini banyak sekali penduduk lokal menjajakan berkelining dan pastikan anda harus mencobanya. Jika anda penggemar kerang kuliner ini sangat lezat dan tentunya akan membuat anda ketagihan parah.

6. OLAHAN KACANG METE.
Poto oleh: potensilokal.com

Kendari sangat surganya kacang mete dan menjadi bahan penting pembuatan oleh-oleh-khas-Kendari. Jenis produk turunan yang dibuat oleh penduduk lokal cukup beragam dimulai dari kacang mete dibuat berbagai rasa dan sekarang ini sudah tercipta kerupuk mete yang bisa membuat pilihan terbaik untuk oleh-oleh anda nanti. Banyak sekali penjual di toko oleh-oleh mereka yang memberikan jenis olahan mete yang sangat berkualitas dan pastinya dengan harga yang sangat terjangau.

7. ABON IKAN.
Poto oleh: cookpad.com

Kendari terkenal dengan tangkapan hasil laut yang cukup banyak terutama ikan marlin atau ikan cakalang. Dengan berlimpahnya tangkapan saat musimnya tentu penduduk lokal membuat makanan jenis abon yang masuk dalam oleh-oleh yang harus masuk dalam daftar belanjaan anda. Rasa yang original sampai pedas manis bisa anda dapatkan di toko oleh-oleh yang ada di kota Kendari dan tentu harga ekonomis sekali cocok sebagai hantaran buah tangan.

8. BAGEA.
Poto oleh: phinemo.com

Kue-cemilan-khas-Sulawesi-Tenggara tersebut nama Bagea. Bahan dasar dari tepung sagu ini berbentuk lonjing dan diberi aneka toping lezat. Karea Sulteng sebagai provinsi yang banyak menghasilkan kacang mete makan kue-kering-khas-Sulteng diberi kacang mete untuk memperkuat rasa. Sudah banyak tersedia di toko oleh-oleh dan masukan ke daftar belanja anda.

9. KAIN TENUN.
Poto oleh: oleh2016.blogspot.com

Hasil karya penduduk lokal Kendari juga ada pilihan lain yaitu souvenir berupa kain yang masih ditenun secara tradisional yang masuk dalam industri rumahan. Kain tenun khas Suku Tolaki ini tentu khas sekali Pulau Buton mempunyai motif yang cukup beragam dan warna yang digunakan masih berasal dari alam. Cocok sekali untuk motif baju di berbagai suasana dan harganya tergantung dari model kain yang anda pilih. Sekarang ini juga tersedia motif kain yang sudah menjadi fashion yang bisa anda pilih sebagai oleh-oleh-kain-tenun-khas-Sulawesi-Tenggara.

10. JUS PATIKALA.
Poto oleh: travel.kompas.com

Jus sehat ini memang terbatas jumlahnya dan sudah mulai disukai oleh para turis sebagai mimuman-khas yang ada di kota Kendari. Anda menyukai kecombrang sebagai tambahan sayur untuk disantap sekarang di Kendari diolah menjadi jenis jus sehat. Proses pembuatannya sangat mudah, buah kecombrang dilumatkan dan kemudian direbus, setelah sempurna dimasak maka disaring untuk diambil sarinya. Nah, sudah terhidang satu gelas jus pacikala yang aromanya sangat unik. Setelah ditambah beberapa tambahan lainnya jus ini terasa manis dan sangat enak. 

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Wisata Penggila Shopping Belanja Vietnam Murah Pasti Mengenal Tempat Ini: Segera Kunjungi Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

Wisata belanja penggila shopping di Vietnam pasti mengenal tempat ini dan pastinya harus dikunjungi sebelum pulang kembali ke tanah air. Dengan pilihan yang akan selalu dimasukan ke itinerary perjalanan nanti setelah menikmati seluruh tempat wisata penting ini menjadi acara yang sangat diminati disaat mencari oleh-oleh dan suvenir hingga kebutuhan fashion semuanya ada. Pada tulisan ini pastinya jika anda berada di zona yang sangat dekat dengan tempat wisata shopping ini segera kunjungi, untuk masalah harga masih relatif terjangkau dan pastinya untuk motif dan kualitas dapat diadu dengan produk ternama. Apa saja nama tempat wisata shopping belanja di Vietnam yang kami masud dan anda harus pilih nama yang mana sangat dekat dari lokasi penginapan selama melakukan perjalanan wisata ke Vietnam, berikut penjelasan lengkapnya:

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.