Langsung ke konten utama

Tantangan Yang Akan Dihadapi Oleh Seorang Digital Nomads Bagaimana Mengatasi Masalah Tersebut Dengan Solusi Terbaik

Saat anda telah memilih jalan sebagai seorang digital nomads banyak sekali problema, tantangan, hingga hambatan yang akan menghadang di depan anda harus bisa menaklukan itu semua dengan solusi terbaik. Mungkin awalnya anda melakukan sebuah ide trial error untuk memilih sebagai seorang yang berpindah-pindah tempat alias nomaden bepergian sana-sini tetapi sebenarnya anda sedang melakukan pekerjaan. Apapun bentuk pekerjaan freelance yang akan anda lakukan seperti blog, vlog, fotografer, hingga membuat vidio pendek untuk pihak lain pastikan pilihan yang telah anda tetapkan berharap memberikan jalan terbaik untuk menghasilkan sebuah konten yang sangat menarik.

Poto oleh: bananabrosmcs.com

Sebagian orang berpendapat anda sedang melakukan traveling ala backpacker tetapi anda sebenarnya melakukan sebuah misi yang harus diselesaikan untuk waktu yang telah menjadi sebuah dateline diselesaikan segera. Konsep digital nomads ini ibaratnya anda memiliki waktu yang sangat bebas tetapi anda bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit dari dunia maya sambil bisa melakukan kegitan traveling ke seluruh tempat wisata penting yang ada di dunia. Konsep seperti ini sudah menjadi fenomena sekali dimana memanfaatkan jaringan internet gratis saja di tempat tujuan anda bisa berkarya dan menghasilkan pundi-pundi yang sangat banyak jika anda rutin dan tekun melakukan pekerjaan ini. Tidak perlu lagi bekerja di belakang meja di kantoran malah kantor anda bisa berpindah-pindah ke seluruh negara di dunia ini asalkan sudah tersedia jaringan internet yang memadaai.

Untuk merintis sebagai seorang digital nomads ini tidaklah mudah, anda harus ulet bahkan tekun menekuni tidak boleh setengah-setengah. Jika pekerjaan dilakukan tanpa ada komitmen tinggi akan memberikan hasil yang tidak memuaskan. Jangan pernah mengeluh apapun rintangannya anda harus mencari solusi terbaik apa saja jalan keluar yang harus dilakukan. Begitu juga dengan seorang digital nomads, masalah selalu ada saat anda melakukan perjalanan ke tempat tujuan tertentu dan tantangan yang ada disana harus dihadapi dengan lapang dada dan anda harus tetap survive sehingga pekerjaan yang akan anda selesaikan harus memberikan hasil maksimal dengan menjemput rezeki uang yang sudah menanti anda.

Inilah beberapa tantangan yang akan terjadi dan siap menghampiri anda saat misi dan visi anda menjadi seorang digital nomads sudah terpatri di sanubari dan anda harus berkomitmen tinggi untuk tetap tegar apapun kondisinya. 

#1. MEMILIH NEGARA YANG SALAH TEMPAT KERJA ANDA.
Saat anda berada di pilihan yang salah tentu akan memberikan efek kurang nyaman terhadap pekerjaan yang akan dihadapi nanti. Sebenarnya negara tersebut tidak salah tetapi mungkin kegiatan pekerjaan digital nomads anda tidak sesuai dengan lingkungan di negara tujuan tadi. Konektifitas jaringan internet yang anda inginkan tidak sesuai seperti di beberapa negara berkembang tentu masih dalam tahap perkembangan dan perbaikan akan menghambat seluruh aktifitas anda saat bekerja nantinya. Tentu hal ini akan memberikan dampak buruk karena internet adalah senjata utama anda untuk menghasilkan uang, jika hal ini terjadi maka persiapan biaya yang telah anda persiapkan akan terbuang percuma tanpa ada progress bahkan hasil yang jauh dari harapan.

SOLUSI TANTANGAN INI.
Sebelum anda memilih negara tujuan anda harus melakukan peneliyian dan investigasi menyeluruh. Gali informasi sebanyak mungkin dan pastikan negara tersebut memiliki akses konektifitas jariangan internet yang sangat memadai. Tidak hanya itu saja, cari informasi dimana saja spot terbaik saat anda akan memulai pekerjaan digital nomads ini dan pastikan blank spot tersebut harus terhindar dari tempat anda menetap sementara disana. Dengan cara ini anda bisa mendapatkan informasi penting sebelum pilihan ini akan tertuju ke negara pilihan anda nanti. Memang butuh waktu yang cukup lama menggali semua informasi ini agar anda tidak kecewa saat sampai disana untuk memulai pekerjaan anda secara online digital nomads.

#2. WASPADA JAGA BARANG DOKUMEN PENTING.
Tentu saja saat melakukan perjalanan dan pekerjaan di negara orang semua barang dan dokumen penting harus menjadi perhatian atensi tinggi karena ini lah sumber daya anda saat tinggal sementara disana. Barang penting seperti laptop, smartphone, hingga aksesoris penting lainnya untuk menunjang semua pekerjaan anda disana harus diawasi penuh. Begitu juga dengan dokumen penting perjalanan, dompet, uang, ATM, dan lainnya harus diletakan di tempat yang sangat rahasia jika diperlukan anda menggunakan safe deposit box di tempat penginapan nanti.

Saat anda melakukan perjalanan ke tempat wisata atau lokasi penting sebagai tempat untuk observasi atau tempat penelitian anda agar barang-barang penting ini tetap diawasi jangan sampai lengah. Saat kehilangan ini sudah pasti saat anda tidak awas setiap langkah bahkan tercecer menjadi hal yang sangat banyak terjadi oleh para digital nomads.

SOLUSI TANTANGAN INI.
Sekarang ini sudah ada produk yang bisa anda beli untuk meletakan semua barang bawaan dalam bentuk tas backpack yang bisa meletakan laptop dengan posisi kuncinya tersembunyi saat setelah ditutup pakai resleting anti maling. Begitu juga dengan beberapa tempat berupa selorokan yang cukup banyak bedekatan dengan tempat letak laptop, bisa juga anda letakan tools penting peralatan digital nomads anda. Khusus untuk dokumen penting perjalanan sebaiknya anda sediakan tas khusus mini lagi untuk meletakan semua jenis dokumen penting perjalanan. Bahan yang ada tersedia anti air, tahan api, hingga tahan robek saat oknum pencuri mencoba menyobek dengan silet atau cutter saat anda berjalan dan lengah. Kenapa harus dipisah, untuk antisipasi barang yang anda bawa tidak hilang semuanya saat diletakan di tas yang sama. 



#3. KEGIATAN MENYENANGKAN NYAMAN SAAT DI NEGARA ORANG OBAT KANGEN.
Kehidupan seorang digital nomads ini memang harus masuk dalam kategori menyenangkan dan nyaman saat berada di negara orang. Pastikan seluruh perjalanan nanti memang sesuai dengan keinginan anda agar bisa menikmati segala suasana yang ada di negara tujuan nanti. Mungkin anda waktu tertentu anda merasa kesepian saat pekerjaan yang dilaksanakan sudah masuk dalam deadline waktu. Keadaan seperti ini sudah pasti banyak dirasakan oleh para nomads seluruh dunia saat waktu menetap sudah melebihi dari keinginan. Ya sebut saja home sick dengan keluarga, kota asal, hingga masakan yang dikangenin. Seorang anak rantau sudah pasti akan merasakan hal seperti ini dan anda harus mencari jalan keluar agar tidak terbelenggu dengan suasana ini sedangkan anda harus menyelesaikan job yang sedang di handle.

SOLUSI TANTANGAN INI.
Saat anda ingin melakukan kegiatan yang menyenangkan tentu ada masa tertentu muncul rasa kangen terhadap keinginan yang pada saat itu datang secara tiba-tiba. Sebagai manusia biasa tentu ada gejolak batin yang harus diselesaikan secepatnya agar tidak berlarut lama. Mungkin saja anda merasa kangen sama keluarga di Indonesia anda bisa melakukan kontak kepada mereka dan mengirim kabar jika perlu lakukan vidio call yang sangat mudah dilakukan jika anda masih terhubung dengan jaringan internet. Begitu juga dengan makanan tertentu anda pastikan membawa sedikit bekal yang tentu bisa mengobati rasa kangen untuk cicip-cicip di negara orang nanti seperti rendang daging Padang, aneka bumbu masak, hingga lainnya. Jadi, anda bisa ukur saat melakukan traveling nanti kemungkinan muncul perasaan baper seperti ini harus diantisipasi agar pekerjaan anda yang harus tepat waktu bisa terlaksana dengan baik dan sempurna.

#4. STABILKAN KEBIASAAN RUTIN AGAR ACHIEVEMENT BISA DIRAIH.
Fokus terhadap pekerjaan rutin mungkin awalnya sangat berat termasuk dalam lingkup digital nomads. Waktu untuk bekerja yang memiliki komitmen tinggi memang membutuhkan pengorbanan tinggi, anda rela menghabiskan waktu uang tenaga dan semua sumber daya yang telah anda persiapkan demi mewujudkan sebuah konten kreatif yang harus di publish segera agar uang yang anda inginkan bisa cepat bermigrasi cepat bahkan bisa penuh segera. Harus ulet dan tekun untuk menghargai hasil proses yang telah anda rintis selama ini tentunya sudah memiliki peluang pasar telah tercipta agar tidak hilang begitu saja buat sebuah terobosan baru agar achievement yang ingin diwujudkan segera bisa anda buat semaksimal mungkin. 

Kadang kala keinginan anda tidak stabil muncul rasa malas dan leha-leha untuk bermain menikmati suasana kota atau negara baru sehingga rutinitas anda menjadi berubah. Memang di tempat baru banyak yang berbeda dan anda harus melihat semuanya agar bisa memberikan rasa jawab yang selama ini masih simpang siur dan harus melihat langsung. Waktu yang terbuang percuma berarti anda sudah membuang uang tanpa hasil yang maksimal. Anda bisa bermain dan leha-leha tetapi ada progress nyata untuk membuat sebuah konsep konten kreatif yang harus dibuat agar sumber daya yang telah anda siapkan serta keluarkan segera bisa tergantikan dengan uang masuk dari penjualan digital nomads anda di dunia online.

SOLUSI TANTANGAN INI
Maksimalkan kinerja saat bekerja memang harus seimbang, tempat anda menuangkan ide memang di negara orang karena disini lah bisa memberikan nilai lebih terhadap konten yang akan anda buat. Kebiasaan malas memang dihinggapi siapa saja termasuk anda, tetapi jangan sampai terlena lupa waktu bahkan malasnya bisa berminggu-minggu tanpa ada progress sama sekali. Memang seorang digital nomads ini kelihatannya bermain-main saja tetapi anda bisa menambah atau mengalihkan kegiatan tanpa hasil ini mengunjungi beberapa tempat wisata di negara tujuan yang bisa memberikan effort lain seperti ke museum ataupun ke perpustakaan negara yang pastinya jauh lebih bermanfaat untuk memberikan nilai lebih terhadap konten yang akan anda buat. Hitung waktu semaksimal mungkin, berapa waktu untuk bermain dan berapa waktu untuk bekerja. Saat kestabilan rutinitas anda sebagai digital nomads menurun anda bisa alihkan ke hal yang memberi manfaat lain agar waktu yang telah susah payah dipersiapkan seperti sekarang ini memang menghasilkan sebuah achievement baru yang sangat berbeda, hasilnya pundi-pundi uang yang anda inginkan bisa terwujud dengan segera.

#5. SEIMBANGKAN WAKTU LIBURAN DENGAN PEKERJAAN SEHINGGA DIGITAL NOMADS ANDA MENJADI PENTING.
Berbeda dengan seorang kantoran yang sudah libur akan terlepas dengan rutinitas keseharian yang akan dilimpahkan ke teman pengganti atau departemen lain yang akan melakukannya. Berbeda dengan seorang digital nomads, anda melakukan traveling dan anda juga yang sedang melakukan perkejaan digital di waktu yang bersamaan. Posisi seperti ini memang sangat berbeda dan anda harus menyadarinya. Saat anda berada diposisi seorang kantoran yang melakukan traveling sudah tentu pasti pekerjaan kantoran akan terlepas selama cuti yang diberikan akan dimanfaatkan semuanya tentu pasti gaji uang yang diterima tetap akan pasti didapat walau dalam situasi liburan.

Bebeda dengan seorang pekerja digital nomads, anda harus mencari ide sendiri membuat konten kreatif kemudian di publish bahkan harus dijual terlebih dahulu maka uang akan datang setelah itu. Perbedaan inilah yang harus anda pahami agar income pemasukan tetap stabil terpelihara supaya kehabisan uang menjadi hal yang tidak lucu dilakukan oleh seorang digital nomads tanpa ada perhitungan matang jangan sampai terjadi. Maka anda harus seimbangkan antara pekerjaan dan liburan tidak bisa terpisahkan, buat jadwal yang lebih konkrit supaya kestabilan financial bisa and atur walau jauh di negara orang.

SOLUSI TANTANGAN INI.
Buat rencana konkrit berkelanjutan dan time table yang cukup rinci dan jelas. Anda bisa mengikuti time table tersebut sehingga ritme pekerjaan anda tetap fokus walaupun anda sedang melakukan traveling. Membuat semuanya terencana baik sebelum melakukan perjalanan harus melakukan penelitian tentang pekerjaan digital nomads nanti berhubungan erat dengan fasilitas pendukung yang telah tersedia di negara tujuan agar sinergi yang anda inginkan bisa dimanfaatkan saat pekerjaan digital berlangsung. Selalu gali pastikan muaranya ke pekerjaan jangan ke hal yang sifatnya liburan karena poin ini banyak sekali nomads terlena sehingga hasil konten yang diinginkan selalu tertunda lama. 

#6. SELALU CATAT DAN PERHATIKAN SETIAP UANG MASUK KELUAR.
Anda berada di negara orang melakukan pekerjaan, memang iya sambil traveling tetapi fokus utama adalah bekerja. Persiapan perjalanan ini sudah pasti dihargai oleh sejumlah uang yang telan disiapkan. Jumlah uang yang disediakan sendiri tidak sedikit bahkan bisa dikatakan sama dengan gaji karyawan kantoran sekelas manager bisa disamakan seperti itu. Pekerja secara independen ini memang harus memiliki jiwa kritis agar persediaan uang yang sudah ada di tangan memang sesuai dengan peruntukannya agar tidak mubazir alias foya-foya saja. Biasanya seorang digital nomads ini banyak sekali pekerjaan freelance yang dilakukan seperti dari hasil pendapatan blog, vlog, bahkan dari pihak ketiga yang meminta membuat sebuah project yang kebetulan anda berada di negara yang mereka tunjuk. Nah, sebagai digital nomads selalu banyak memikirkan pemasukan uang lain dengan melakukan sebuah inovasi baru dengan membuat sebuah platform lain agar pemasukan lebih besar dari pengeluaran walaupun suasana traveling seperti ini.

SOLUSI TANTANGAN INI.
Pemasukan memang sangat penting karena kita tidak mengetahui hari esok nanti. Lakukan lah hal yang terbaik hari ini untuk menyongsong hari berikutnya lebih baik. Berikan hal positif terhadap pekerjaan yang akan anda lakukan semaksimal mungkin beri hal terbaik terhadap konten kreatif yang akan dibuat. Memang benar adanya setiap uang keluar masuk dicatat agar anda diingatkan tidak terlena. Terlena jauh uang yang anda persiapkan terbuang percuma, sedangkan anda di negara orang sedang bekerja untuk menciptakan peluang baru untuk menghasilkan sebuah hasil uang yang anda inginkan. Seberapa kerasnya anda seorang digital nomads untuk membuat sebuat kontent semakin keras juga uang akan masuk ke rekening anda. 

#7. HAL DILUAR DUGAAN MUNGKIN SAJA TERJADI. 
Persiapan harus tetap tegar dimana ada hal lain akan terjadi diluar dugaan anda. Perjalanan jauh yang akan dilakukan tentu ada saja tantangan atau hambatan yang mungkin saja muncul, jadi sebagai seorang digital nomads yang punya jiwa strugle untuk menghadapinya pastikan anda harus berjiwa besar untuk tetap fokus pada perjalanan.

Bisa saja perjalanan anda nanti akan berhadapan dengan terjadinya bencana alam di negara tujuan, pesawat delau, hingga terjadi gejolak politik. Mau tidak mau anda harus realistis dan harus memiliki plan lain agar pekerjan sebagai digital nomads ini tetap berlangsung walau harus melakukannya di rencana lain. Mungkin sebagian orang beranggapan sebagai mimpi buruh tetapi hal ini bisa saja terjadi dan anda harus menghadapinya dengan tetap optimis.

SOLUSI TANTANGAN INI.
Memang rencana tetap lah rencana tetapi hal yang tidak terduga bisa saja terjadi. Sebagai manusia memang hanya bisa membuat rencana tetapi keadaan tidak menyambutnya baik apa boleh dikata. Jika hal tersebut terjadi saat anda akan melangkah bisa membaca gejala awal di negara tujuan apakah sedang dalam kondisi politik memanas, atau masalah cuaca yang sedang berlangsung. Anda selalu pantau informasi ini dari beberapa sumber terpercaya agar perjalanan anda ini masih dalam kondisi wajar. Khusus untuk penerbangan anda yang delay karena ada sebuah kejadiaan yang tidak bisa dihindari kejadiaan ini terjadi jika maskapai penerbangan yang anda pilih memang tidak standar, sebaiknya anda meneliti airline mana sangat direkomendasikan oleh para nomads saat melakukan perjalanan seperti anda.

PENUTUP.
Tantangan seperti ini sudah banyak dirasakan oleh para digital nomads dan tulisan ini bisa menjadi sebuah konten artikel khusus bagi anda pemula atau sedang melakukan project tertentu. Kondisi seperti ini bisa saja terjadi dan dapat dikatakan akan selalu menghantui para digital nomads yang akan melakukan pekerjaan di negara tujuan tertentu. Pastikan anda selalu memperhatikan setiap rinci langkah yang akan diambil supaya misi yang anda lakukan sekarang ini baik dilakukan dan waktu yang tepat pula.

Perkejaan digital nomads ini seperti pekerjaan yang menyenangkan, anda yang mengatur waktu sendiri dan memberikan hasil kerja sesuai dengan skill yang anda miliki. Selalu berikan yang terbaik jika terjadi hal yang diluar ekspektasi anda harus hadapi, seorang digital nomads selalu bisa menghadapi segala sesuatunya tantangan dimulai dari berangkat, sampai di negara orang, hingga kembali lagi ke tanah air. Pastikan persiapan yang matang dan time table yang jelas supaya pekerjaan anda nanti menjadi tetap fokus dan terencana. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Tujuan Negara Tempat Untuk Hidup Dan Traveling Termasuk Sebagai Seorang Digital Nomad: Satunya Ada di Indonesia

Tag: digital nomad indonesia, menjadi digital nomad, syarat menjadi seorang digital nomad.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.