Langsung ke konten utama

Tujuan Negara Tempat Untuk Hidup Dan Traveling Termasuk Sebagai Seorang Digital Nomad: Satunya Ada di Indonesia

Sekarang ini menjadi seorang digital nomad memang sudah menjadi fenomena tetapi masih ada kesulitan disana-sini dimana negara yang ada di dunia ini untuk bisa support gaya hidup anak muda sudah ada dan anda siap memilih di mana akan menjadikan digital nomad sebagai pilihan untuk hidup dan kegiatan digital bisa anda lakukan berbarengan sambil traveling. Kegiatan ini tentu berhubungan dengan pekerjaan yang mereka lakukan seperti blogger, travel log, freelancer, hingga pekerjaan yang harus dilakukan berhubungan dengan jaringan internet tentu sudah terlihat dimana seseorang memegang laptop sibuknya membuat laporan atau artikel konten hingga kegiatan travel log dengan kameranya. Fenonema seperti ini memang telah menjadi sebuah gaya hidup untuk sebagian orang dimana saat mereka melakukan traveling pekerjaan untuk menghasilkan sebuah nilai uang ini bisa mereka dapatkan asal bisa terkoneksi langsung dengan jaringan internet pekerjaan utama mereka bisa langsung bisa dilakukan dengan segera.

Poto oleh: gratefulgypsies.com

Tentu semua pekerjaan tersebut harus didukung beberapa faktor lainnya yang akan dipilih oleh traveler dimana mereka akan hidup atau tinggal untuk mewujudkan itu semua dengan baik. Hampir sama dengan anda bekerja di kantoran, infrastruktur yang dipersiapkan oleh kantor merupakan fasilitas yang bisa anda nikmati untuk bisa bekerja dengan nyaman serta menghasilkan uang disetiap bulannya dari gaji yang di dapat dengan bekerja memanfaat seluruh fasilitas tersebut sebagai penunjang pekerjaan utama. Begitu juga menjadi seorang digital nomad ada poin penting juga agar selama mereka hidup atau tinggal disana bisa support semua yang mereka inginkan sehingga pekerjaa utama mereka tetap bisa dilakukan sempurna walaupun terlihat seperti wisatawan yang sedang berlibur.

Pada artikel ini ada beberapa negara yang banyak direkomendasikan oleh traveler seluruh dunia yang mempunyai pekerjaan sebagai digital nomad butuh tempat atau negara bahkan kota yang mereka pilih untuk bisa menjadi tempat tinggal sementara sehingga keinginan yang mereka butuhkan saat pekerjaan digital ini akan mereka lakukan bisa terlaksana dengan baik termasuk berapa biaya hidup selama disana {harganya dibawah USD2.000 per bulan atau sekitar IDR28 jt sudah termasuk semua all-in}. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. THAILAND - Chiang Mai.
Pilihan banyak yang dipilih oleh traveler dan sebagai tempat wisata juga sebagai digital nomad yang sangat mendukung sekali. Suasana daerah dengan cuacanya sangat mendukung sekali dan fasilitas pendukung lainnya seperti tempat nongkrong yang sangat banyak pilihan ini tentu cocok dijadikan sebagai tempat untuk bekerja saat traveling yang sedang berlangsung. Daerah di Thailand dengan geografi pegunungan ini termasuk kota terbesar Chiang Mai mampu menggeliat sebagai kota yang digemari untuk mengabiskan waktu liburan dan juga bisa digital untuk bekerja dengan baik.

KONDISI WIFI: sebagai kota wisata tentu banyak sekali muncul dan tumbuh cafe tempat nongkrong yang menyediakan jaringan WIFI hotspot hampir merata di sekitar kota bahkan hampir di sudut jalan. Kecepatan akses lumayan cepat dan bisa mencapai 20 Mbps.

KEGIATAN WISATA: untuk aktifitas pariwisata yang banyak dilakukan adalah melakukan hiking dan alam pegunungan. Cocok sekali bagi anda yang ingin suasana alam untuk melakukan traveling sambil bekerja di kota Chiang Mai.

KONDISI CUACA: kota yang sejuk tentu menjadi nilai positif yang sangat digemari tetapi berbeda di pertengahan bulan Februari hingga Juni agak sedikit panas. Jika bulan Juni-Oktober akan masuk musim hujan dan bulan Oktober-Februari sebagai bulan terbaik dan sempurna dari bulan yang ada sepanjang tahun untuk melakukan perjalanan liburan.

Musim dingin di Chiang Mai masuk sekitar bulan Januari-Februari dengan cuaca sejuk cenderung dingin. Tetapi mungkin sebagian traveler western butuh penghangat ruangan, kekurangannya tidak memilikinya tetapi bisa menambahkan heater di ruangan tertentu agar suasana nyaman dan menyenangkan saat menghabiskan malam di ruangan untuk bekerja sebagai digital nomad.

Khususnya di musim berasap atau smoky season yang berada di pertengahan bulan Ferbruari hingga pertengahan bulan Maret ini tentu memberikan sedikit hambatan khususnya bagi traveler western yang tidak sesuai keadaan ini untuk melakukan perjalanan dan digital nomad di Chiang Mai. Mereka atau expats akan keluar dari kota pada waktu ini dan akan kembali lagi di cuaca yang sangat direkomendasikan terutama waktu sejuk atau akhir tahun sebagai waktu terbaik buat mereka untuk bekerja sambil traveling.

KEGIATAN SEKITAR KOTA: banyak sekali para traveler yang melakukan kegiatan tambahan yang bisa dilakukan sekitar kota yang bisa memberikan kenyamanan selama trip dan digital nomad adalah mengunjungi beberapa sudut kota yang tentu menjadi cara terbaik untuk mengetahui budaya lokal. Menggunakan transportasi umum yang sering digunakan seperti tuk-tuk, skuter, hingga rental mobil untuk kebutuhan masing-masing traveler.

BIAYA HIDUP: biaya untuk menjadikan kota Chiang Mai untuk biaya hidup per hari jangka pendek dan sudah termasuk dengan makan tiga kali sehari standar adalah USD860 per bulan. Mungkin untuk para ekspat yang menginginkan untuk jangka panjang untuk tinggal tentu biaya hidup akan berkurang menjadi USD650 per bulan. Jika kehidupan sedikit lebih nyaman dengan fasilitas yang lebih baik bisa menghabiskan USD1000 per bulan. Semua kebutuhan ini tergantung dari berapa kemampuan masing-masing traveler yang akan menjadikan kota Chiang Mai untuk digital nomad untuk waktu yang ditetapkan.

KETERSEDIAN JENIS MAKANAN: Jangan khawatir jenis makanan dan minuman cukup banyak jenisnya di kota Chiang Mai. Untuk tipe yang banyak ditemukan di sekitar kota adalah jenis curry dan sup dengan mi yang cukup lezat. Khusus anda yang tidak menyukai curry dan jenis sup ada alternatif jenis makanan vegetarian sebagai makanan sehat menyehatkan sudah ada di kota ini.

FASILITAS KESEHATAN: rekomendasi dari traveler yang telah memilih kota ini sebagai tempat hidup sebagai digital nomad dapat dikatakn cukup baik dan sangat memadaai untuk seluruh wisatawan dan penduduk lokal sekalipun. Sebagai kota pariwisata penting di Thailand ini mampu membantu semua jenis pertolongan kesehatan dan fasilitas rumah sakit dan klinik sudah ada dengan fasilitas pendukungnya.

NOTE! yang menjadi perhatian ada sedikit kerepotan di saat musim yang sudah masuk dalam kabut asap yang cukup memberikan keburukan untuk kesehatan. Asap yang cukup tebal ini ada pengaruh dari cuaca kadang sebagian traveler tidak mampu bertahan khususnya ekspat yang memang memiliki standar kesehatan cukup tinggi. Jadi sebagai digital nomad dari Indonesia bisa siasati dengan memperhatikan situasi ini menjadi lebih kompeten terhadap pekerjaan dan traveling nanti.

2. THAILAND - Bangkok.
Bangkok yang sudah menjadi sebuah destinasi wisata ini tentu sudah mulai dilirik sebagai tempat terbaik untuk melabuhkan tempat liburan dan juga bisa dijadikan digital nomad yang tentu menjadi pilihan terbaik yang selama telah banyak dipilih dengan affordable price. Bangkok sebagai pusat negara Thailand ini telah memberikan sebuah pilihan terbaik dan menggeliatnya ekonomi pariwisata muncul potensi terbaik untuk memberikan kesempatan para traveler yang ingin menjadikan tempat ini sebagai destinasi yang sudah dicintai oleh para digital nomad seluruh dunia termasuk Indonesia sebagai tempat masih sesuai dengan nilai selera dan suasana mirip dengan lingkungan dan budaya penduduk lokal yang sangat mendukung. Muncul tempat penting berkumpulnya para wisatawan tidak hanya para backpacker tetapi juga wisatawan dengan fasilitas mewah juga tersedia dengan cukup sehingga suasana yang mendukung untuk seluruh kebutuhan penting dan menjadi rekomendasi para digital nomad.

KONDISI WIFI: untuk kecepatan akses WITI cukup baik bahkan melebihi kota Chiang Mai. Kesenangan para traveler yang telah memilih Bangkok sebagai digital nomad sudah sangat memuaskan dengan kekuatan akses bisa sampai 40 Mbps.

KEGIATAN WISATA: selama ada di kota Bangkok para wisatawan jangan khawatir dan merasa bosan untuk melakukan perjalanan wisata. Cukup memuaskan dan beberapa objek wisata yang menjadi pilihan rekomendasi para traveler sudah sangat mudah didatangi. Dimulai dari destinasi wisata halal dan lainnya ini mampu bersinergi dengan baik sehingga kebutuhan untuk masing-masing wisatawan bisa diakomodir dengan baik dan akan terlaksana dengan fasilitas pendukung lainnya. Banyak sekali street food dan jenis yang dijual oleh penduduk lokal dengan rasa lezat banyak ditemukan di tempat wisata hingga di sekitar pasar tradisional. Tidak menutup kemungkinan restoran skala menengah atas sudah banyak ditemuakan di pusat perbelanjaan yang saling terhubungan dengan akses pejalan kaki yang tentu menjadi daya tarik tersendiri. 

Untuk akses ke kota lain disekitar Bangkok bisa dipilih dimulai dari kereta api, bus, hingga perahu untuk menelsuri seluruh sudut kota termasuk tuk-tuk yang khas dengan harga yang sangat terjangkau dan kompetitif. Pastikan akses transportasi ini pilih yang terbaik untuk sampai ketujuan agar kembali ke Bangkok bisa tepat waktu dengan rasa aman dan menyenangkan.

KONDISI CUACA: Bangkok termasuk kota panas dan lembab. Hampir sama dengan Jakarta dimana musim yang terjadi di kota Bangkok ini jika pada bulan Maret-Juni akan terasa panas, musim turun hujan dimulai pada bulan Juli-September, dan musim sejuk cenderung dingin dimulai pada bulan November hingga bulan Februari. 

BIAYA HIDUP: Untuk biaya hidup di kota Bangkok masih sangat terjangkau. Untuk biaya hidup standar rata-rata hidup untuk digital nomad sekitar USD1.189 per bulan sementara biaya hidup untuk ekspad sekitar USD1.058 per bualn. Tetapi fasilitas pendukung di Bangkok cukup lengkap dan beberapa faktor pendukung kenyamanan selama traveling dan lingkungan lainnya mendukung kegiatan digital nomad sudah melebihi dari Chiang Mai. 

Untuk standar biaya hidup ini sudah mencakup keseluruhan dimulai dari biaya makan tiga kali sehari dan biaya lainnya menunjang seluruh kegiatan traveling beserta dengan kebutuhan digital yang akan dimanfaatkan selama tinggal di kota Bangkok.

Untuk pilihan jenis makanan dan minuman lebih banyak dari Chiang Mai, cukup beragam dan juga tersedia jenis makanan halal di spot tertentu begitu juga dengan traveler yang ingin menu vegetarian sudah mulai muncuk sebagai alternatif pilihan untuk jenis makanan khas Thailand yang terada pedas dan berbumbu kuat.

FASILITAS KESEHATAN.
Banyaknya wisatawan yang memilih kota Bangkok untuk ditinggali sebagai tempat untuk digital nomad ini tentu fasilita kesehatan yang dibangun dan disediakan oleh pemerintah Thailand tentu akan memberikan manfaat yang cukup besar untuk pelayanan pasien pertolongan segera. Tenaga medis dan dokter skala internasional telah bersinergi agar pilihan sebagai destinasi terbaik ini tentu harus di handle sesuai dengan standar sehingga kebutuhan yang diinginkan oleh wisatawan dapat diwujudkan dengan lancar dan segera.

Note! kota Bangkok juga mempunyai masalah dalam kemacetan yang cukup tinggi dan pastinya munculnya kesehatan udara yang menjadi perhatian para traveler western dan dunia. Untuk komunikasi bahasa Inggris masih cukup baik dan sebagai wisatawan tentu anda juga belajar bahasa Thailand keseharian agar komunikasi dengan penduduk lokal bisa memberikan efek positif saat anda berencana tinggal untuk jangka pendek di negara gajah putih ini.

3. COLOMBIA - Madellin.
Siapa yang tidak mengenal kota Madelin di Colombia, waktu dahulu sebagai kota yang sangat seram dan tidak aman di dunia sebutan sebagai kota dari Pablo Escobar yang tentu menjadi sebuah nama yang sangat tidak nyaman untuk di dengar. Dengan berjalannya waktu yang begitu cepat setelah 10 tahun dari zaman kelam tersebut berubah menjadi sebuah kota yang sangat nyaman dan aman dikunjungi bahkan sudah menjadi sebuah destinasi traveling dan tempat untuk seorang digital nomad taraf internasional.

KONDISI WIFI. 
Untuk konektifitas internet lewat WIFi sudah cukup memadai terutama di pusat kota. Tidak terlalu sulit menemukan bahkan sudah cukup banyak hot spot free WIFI, walaupun ada kala waktu tertentu ada interupsi jaringan tetapi masih cukup relatif bagus menjadikan kota Madellin sebagai tempat untuk melakukan kegiatan digital nomad yang sudah menjadi fenomenal.

KEGIATAN WISATA.
Pilihan ekspat seluruh dunia tentu memilih tempat yang bernama Laureles atau El Poblado dimana fasilitas tempat nongkrong untuk sosialita sebagai prioritas mereka cukup banyak tersedia pilihan. Akses penting yang sangat disenangi adalah adanya cable car sepanjang jalan sampai ke Paeque Arvi ini tentu bisa menambah kegiatan mengisi liburan dapat dilakukan secara bersamaan. Jika anda sempat sampai ke Envigado untuk melakukan jelajah yang bertema alam pegunungan yang asri tentu memberikan kenyamanan tersendiri. Sebagian ekspat banyak memilih bertempat tinggal sementara di sekitar daerah ini karena pemandangan yang sangat alami tentu nyaman untuk kegiatan lainnya traveling sambil bekerja sebagai digital nomad skala internasional bisa dilakukan bersamaan.

KONDISI CUACA.
Lokasi daerah lembah tentu cukup jauh dari permukaan laut, terasa hangat sepanjang tahun yang disenangi bahkan dijuluki sebagai kota abadi musim semi yang banyak dirasakan oleh ekspat. Standar menengah tidak dingin juga tidak terlalu panas. Jika dilihat dari segi musim yang berlangsung sekitar bulan April, Mei, September, Oktober, serta November merupakan musim hujan di kota Madellin tetap sangat disenangi karena walaupun suasana hujan kondisi matahari tetap akan muncul dengan sinar hangatnya bisa menjadikan suasana lebih friendly dengan kulit setelah anda memakai sunblock untuk kenyamanan saat melakukan perjalanan mengelilingi kota.

Jika anda memilih tempat tinggal disekitar akses transportasi publik seperti dekat dengan stasiun metro tentu menjadi rekomendasi terbaik untuk mengelilingi kota dengan muda. Apabila mengganti suasana tentu bisa menggunakan bus dan taksi online yang sudah bisa dilakukan dengan cepat dan realtime. Untuk harga dimulai dari USD3 untuk sekali jalan dengan jarak dekat dengan kenyamanan melihat suasana kota yang sudah mulai ramah dengan kedatangan para wisatawan seluruh dunia dengan kegiatan digital nomad untuk jangka pendek.

BIAYA HIDUP.
Memang ada bagian tertentu menjadi murah seperti transportasi publik, makan, sewa, hingga fasilitas lainnya jika anda bandingkan dengan negara Eropa atau USA. Untuk sewa tempat yang cukup bagus bisa mencapai harga USD200 untuk kegiatan yang memberikan kenyamanan untuk kelas menengah atas sudah lebih dari cukup.

Pilihan yang akan dipilih oleh para traveler memang tergantung pribadi masing-masing. Bagaimana karakter dan gaya hidup memang menjadi penentu untuk biaya yang akan dikeluarkan. Untuk seorang traveler yang suka berpindah tempat melakukan digital nomad seperti ini bisa mencapai USD992 per bulan. Jika ekspat memilih tempat yang lebih baik dan sedikit mewah bisa mencapai USD1.200 per bulan sudah termasuk makan, minuman, dan fasilitas pendukung lainnya untuk hidup sebulan.  

PILIHAN MAKANAN.
Ketersedian makanan sehat di kota Madellin cukup banyak tersedia dan jumlahnya cukup. Penduduk lokal Colombia sangat suka menu beras dan jenis gorengan yang banyak ditemukan di street food dan beberapa tempat nongkrong seperti cafe dan restoran. Dengan olahan rempah yang cukup lengkap dan kuat membuat jenis menu masakan yang tercipta sangat lezat dan enak. Termasuk negara sub tropis ini tentu juga tersedia buah segar yang sangat banyak ditemukan di supermarket bahkan pasar tradisional sehingga bisa memberikan rasa berbeda untuk menikmati hidangan segar dan makanan yang lezat tersaji di meja makan.

FASILITAS KESEHATAN.
Untuk fasilitas kesehatan yang tersedia di kota Madellin ini cukup baik dan terbaik di seluruh negara Amerikan Selatan dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk tenaga medis dan perawat juga banyak yang profesional sehingga untuk memberikan pertolongan cepat bisa dilakukan segera. Cukup baik dan representatif cukup tertata rapi dan bersih sehingga kenyamanan saat mendapatkan pertolongan dari dokter bisa anda dapatkan dengan profesional.

Note! sebagian dari traveler yang menetap disana untuk waktu tertentu sebagai digital nomade memberikan pendapat bahwa kualitas udara cukup buruh terganting dimana lokasi di pusat kota. Jika pemilihan tepat seperti dekat dengan pegunungan yang tentu kualitas udara lebih baik dari pusat kota menjadi pilihan banyak para nomader internasional. Untuk polusi dari kendaraan bermotor juga berpengaruh kualitas udara di jalan kota yang sudah mulai dipenuhi.

4. INDONESIA - Ubud Bali.
Bali sudah terpilih sebagai tempat skala internasional yang tentu sudah menjadi destinasi untuk digital nomad yang akan memberikan bantuan kepada traveler yang akan melakukan pekerjaan bersamaan dengan liburan bisa dilakukan secara cepat dan bersamaan. Pilihan terbaik memang di kota Ubud sebagai central dengan alasan yang banyak disebut sebagai tempat terbaik dan didukung dengan lingkungan sekitar yang memberikan efek positif. Tidak hanya itu saja, penduduk lokal selalu ramah alias friendly kenyamanan saat tinggal sudah bisa dirasakan.

KONDISI WIFI.
Walaupun tidak secepat yang diinginkan para digital nomad tetap sudah lebih dari cukup untuk sekelas kota Ubud yang tentu masih diperlukan peningkatkan daya akses saat pekerjaan digital dilakukan segera. Untuk saat sekarang ini akses WIFI sudah mencapai 5 Mbps diharapkan ditahun mendatang bisa meningkat lebih dari sekarang ini.

KEGIATAN WISATA.
Seluruh aspek wisata di kota Ubud sudah sangat terasa, dimulai dari pantai dan pariwisata budaya lokal bisa dapat terlihat. Sawah dan air terjun yang memberikan pilihan tempat pariwisata kelas dunia sangat disenangi oleh ekspat hingga wisatawan lokal. Seluruh langkah kaki memang sangat sesuai apa yang traveler ingingkan sehingga kegiatan digital nomad yang mereka cari selama ini tertambat di kota Ubud untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Objek wisata alam, pantai, hingga melakukan selancar dan diving serta snorkeling bisa terlaksana karena saat sekarang ini pelakuk pariwisata sudah mampu menyediakan service kepada seluruh wisatawan yang ingin menghabiskan waktu mereka di Ubud dan mampu memberikan kenyamanan untuk jangka waktu yang diinginkan.

KONDISI CUACA.
Cuaca trapois yang selalu terasa ini sangat disenangi oleh ekspat walaupun di musim hujan masih terasa hangat walaupun itensitas air yang turun relatif tinggi. 

KEGIATAN SEKITAR KOTA.
Kegiatan selama di kota saat sekarang ini sudah sangat memadai sekali fasilitasnya. Sewa skuter dan beberapa jenis transportasi publik sudah bisa dilakukan atau melakukan treking sendiri sangat direkomendasikan. Memang kegiatan joging jalan kaki yang banyak dilakukan ekspat memang disenangi sehingga bisa mendukung kegiatan digital nomad yang lebih menyenangkan.

BIAYA HIDUP.
Biaya hidup di Bbali memang tidak murah berbeda dengan negara tetangga seperti Filipina atau Thailand. Untuk biaya hidup yang telah banyak dilakukan oleh para digital nomader di dunia ini sudah menghabiskan budget USD1.055 per bulan. Khusus untuk biaya hidup saja untuk ekspat bisa mencapai USD881 per bulan. Untuk potensi pariwisata di Ubud cukup banyak dan jenis variasi yang tersedia pilihan terbaik. Untuk makan skala ekspat memang banyak terpilih di cafe atau restoran dengan budget yang akan dihabis dimulai dari harga USD6-USD9 untuk sekali makan.

PILIHAN MAKANAN.
Untuk wisatawan jenis makanan cukup variatif terutama jenis vegetarian sudah tersedia di sekitar kota Ubud. Anda jangan khawatir dengan kualitas makan yang sehat dan menyehatkan sangat cukup jumlahnya. Khusus untuk traveler muslim yang ingin mendapatkan menu halal pastikan penjual yang menjelaskan restorannya friendly untuk anda menjadi rujukan penting.

FASILITAS KESEHATAN.
Fasilitas kesehatan untuk Ubud cukup dan memberikan kualitas pengobatan bagi traveler bisa dirasakan dengan aman dan nyaman. Untuk masalah harga memang sedikit lebih tinggi ke klinik yang memberikan fasilitas lebih baik dan eksistensi cukup direkomendasikan oleh seluruh traveler dunia yang telah memberikan service mereka saat pertolongan kesehatan segera.

Note! hanya masalah klasik saja yaitu masalah sampah saja. Memang masalah ini selalu ada dimana saja tidak hanya di Ubud saja. Pastikan kerjasama penduduk lokal selalu memperhatikan kebersihan sampah dan buang lah sampah di tempat yang telah disediakan agar kenyamanan untuk lingkungan wisata tetap nyaman dan menyenangkan. 


5. PORTUGAL - Lisbon.
Walaupun sempat tidak tersentuh oleh traveler untuk mengunjungi negara ini untuk wisata sekarang telah berubah. Menjelma destinasi wisata dan digital nomad yang cukup pantas di Eropa barat. Banyak sekali bangunan unik yang menghadap ke laut Atlantik ini sehingga perbukitan yang fenomenal untuk didatangi telah banyak didatangi untuk melihat keajabian pemandangan alam dan laut pada waktu bersamaan. Tertata rapi dan begitu sempurna sebagi destianasi liburan dan sebagai digital nomad yang mendunia.

KONDISI WIFI.
Seperti kota wisata penting lainnya di dunia WIFI sudah menjadi hal yang sangat penting untuk saat ini untuk selalu terkoneksi dengan smartphone pilihan sudah begitu fenomenal. Kebutuhan yang sudah cukup tinggi ini maka  koneksi WIFI di Lisbin tidak begitu kuat tetapi cuku sekitar 13 Mbps.

KEGIATAN WISATA.
Tentu selama tinggal di kota Lisbon banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan, berkunjung ke pusat kota yang masih banyak menyisakan bangunan tua yang sangat cantik dan masih terawat sampai sekarang. Seperti museum, beberapa castil kuno, dan bangunan bersejarah lainnya. Traveler juga bisa melakukan perjalanan ke flea market atau berkunjung ke pantai eksotis yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Ke jalan yang sempit masuk ke jalan gang tentu menjadi menarik dengan bangunan warna yang terhubung langsung dengan jalan sebagai akses untuk memasukinya.

KONDISI CUACA.
Lisbon termasuk kota yang sangat cerah di daratan Eropa. Di musim dingin sedang terasa dengan suhu tidak dibawah nol derajat celsius. Jika dimusim panas masih tetap terasa sejuk tetapi agak sedikit kering.

KEGIATAN SEKITAR KOTA.
Melakukan kunjungan ke sekitar kota sangat mudah menggunakan sisten kereta tram. Tersedia juga transportasi publik yang sudah terintegrasi baik seperti bus untuk tujuan penting pariwisata. Traveler sebaiknya membeli Via Vagem atau 7 Colinas seperti kartu pre-paid yang bisa dibeli di konter yang telah tersedia di pusat kota bisa digunakan untuk transportasi penting di Lisbon seperti trams, bus, metro, hingga kapal ferry untuk berpindah.

BIAYA HIDUP.
Ekspat yang memilih Lisbon sebagai kota digital nomad sambil melakukan traveling harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan kota lainnya di Eropa barat. Untuk biaya yang dikeluarkan untuk satu bulan bisa mencapai USD1.497. Pengeluaran ini sudah termasuk dengan biaya hidup standar per hari termasuk biaya sewa dan kegiatan digital selama disana.

PILIHAN MAKANAN.
Untuk pilihan makanan cukup variatif, olahan makanan dari hasil laut sangat banyak dengan rasa yang cukup lezat dan nikmat termasuk olahan daging. Traveler yang konsep makan vegetarian telah tersedia di pusat kota  Lisbon.

FASILITAS KESEHATAN.
Menunjang seluruh kegiatan wisata dan digital nomad sudah tersedia antara kilinik pribadi hingga rumah sakit umum yang dibutuhkan untuk pertolongan saat traveler segera. Cukup representatif dan ketersedian dokter ahli yang ada di pusat kota stand by di beberapa klinik dan rumah sakit penting di kota Lisbon dengan profesional kerja maksimal 24 jam.

Note! untuk masalah birokrasi pengurusan beberapa dokumen di departemen publik agak sulit dan beberapa traveler mengeluhkan untuk masalah ini.

6. CROASIA - Split.
Negara Croasia yang sudah menggeliat sekarang ini menjadi destinasi wisata dan digital nomad terletak di Laut Adriatik sudah pilihan terbaik termasuk zona Schengen. Fenomena ini sudah memilih kota Split yang terbaik bagi warga negara non Uni Eropa yang bisa menghabiskan masa yang diberikan selama tiga bulan setelah dari Lisbon bisa menuju ke arah timur ke kota Split di Croasia selama tiga bulan berikutnya. Perputaran seperti ini sudah mulai dilakukan karena kemudahan imigrasi dari ketetapan dari Uni Eropa membuat peluang dilakukan seperti ini.

KONDISI WIFI.
Konektifitas WIFI cukup baik dan menjadi pilihan yang paling utama saat memilih stay sebagai digital nomad dengan kecepatan koneksi sekitar 10 Mbps.

KEGIATAN WISATA.
Kesukaan traveler saat sudah berada di kota Split adalah melakukan jelajah ke Istana Diocletian sebagai destinasi utama untuk mengisi waktu liburan. Kegiatan di sekitar istana ini cukup banyak dikunjung oleh para wisatawan juga pergi ke Taman Nasional disekitar pegunungan bahkan melakukan diving untuk melihat pesona alam bawah laut.

KONDISI CUACA.
Sudah masuk dalam musim dingn kota Split terasa cukup dingin dan lembab. Perkiraan suhu sekitar 7 deraja celcius saat kunjungan traveling di bulan Januari. Jika anda traveling pada bulan Juli suhu terasa hangat sekitar 25 derajat celcius.

KEGIATAN SEKITAR KOTA.
Traveler yang sudah sampai di Split kegiatan selama di kota tersebut untuk sampai ke pusat kota dapat berjalanan kaki dimana pedesterian sangat ramah bagi pejalan kaki. Jika anda ingin cepat sampai dan jarak jelajah lebih luas menggunakan bus sangat direkomendasikan.

BIAYA HIDUP.
Saat memilih kota Split untuk seorang digital nomad bisa menghabiskan budget USD1.937 per bulan, jika ekspat rencana tinggal untuk jangka panjang biaya akan berkurang menjadi USD1.399 per bulan dengan tipe apartemen yang dipilih satu tempat tidur pada tipe studio. Untuk rental apartemen tipe ini dihargai USD400 per bulan dan pilihan menu makanan harus dibawah USD4 sebagai solusi hemat selama tinggal disana.

PILIHAN MAKANAN.
Banyaknya pengaruh masakan Italia banyak ditemukan di kota ini tetapi tidak hanya itu saja negara yang dipisahkan oleh laut Adriatik antara Croasia dan Italia serta banyak tersedia jenis olahan makanan laut alias sea food segar sehingga menu yang tersaji terasa gurih dan lezat. Jenisnya cukup beragam anda bisa sesuaikan jenis makanan yang akan menjadi menu makan untuk hari ini.

FASILITAS KESEHATAN.
Untuk seorang digital nomads jangan khawatir fasilitas kesehatan yang telah ada di kota Split ini cukup memadaai dan cenderung bagus untuk pelayan kesehatan bagi traveler yang ingin mendapatkan pertolongan segera.

7. VIETNAM - Ho Chi Minh City.
Kota yang sangat penting di negara Vietnam ini sangat banyak dipilih oleh para traveler seluruh dunia pastinya sudah mulai sebagai destinasi pilihan khusus bagi anda seorang digital nomads. Dukungan dari penduduk lokal yang sangat tinggi terhadap seluruh wisatawan yang ingin datang ini mampu membuat kenyamanan untuk tinggal sementara saat pekerjaan digital sambil traveling bisa anda lakukan bersamaan. Aneka jenis faktor pendukung lainnya seperti hotel, tempat wisata, dan wisata kulinernya sangat lengkap bahkan untuk jenis dan macamnya sangat bervariasi sehingga anda tidak akan bosan untuk tinggal di kota ini demi melanjutkan pekerjaan digital yang akan diemban untuk beberapa waktu kedepan. 

KONDISI WIFI.
Sebagai akses penting terhubung dengan internet ini Ho Chi Minh City telah mampu memberikan konektifitas cukup baik dengan kecepatan 10 Mbps.

KEGIATAN WISATA.
Sebagai kota wisata tentu banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat berada di kota HCMC atau dikenal dengan Saigon. Banyak peninggalan berserjarah yang bisa dilihat saat anda sudah berada disekitar kota dalam paket wisata yang sudah ditawarkan oleh tour agency yang siap membantu seluruh traveler. Tidak udah ragu untuk masalah harga, seluruh price list sangat terjangkau tergantung jenis paket wisata yang ingin anda dapatkan. Banyaknya penyewaan skuter yang bisa dilakukan menuju ke pusat kota yang aman dikunjungi ini mampu memberikan sebuah solusi untuk transportasi dengan harga yang sangat terjangkau.

KONDISI CUACA.
Kota yang masih termsuk dalam negara tropis ini hampir mirip dengan kota wisata lainnya di negara Asia Tenggara, HCMC sepanjang tahun sangat nyaman untuk dikunjungi. Jika anda melakukan perjalanan di bulan Mei hingga bulan November akan masuk pada musim kemarau dan jika pada bulan Desember hingga bulan April sudah musim hujan cenderung dingin. Over all masih tetap menyenangkan saat bertempat tinggal sementara di HCMC.

KEGIATAN SEKITAR KOTA.
Untuk mengunjungi beberapa objek wisata penting di pusat kota sudah banyak tersedia pilihan dengan harga yang sangat terjangkau seperti bus, taksi, hingga penyewaan skuter yang bisa dimulai dari tempat anda menginap.

BIAYA HIDUP.
Biaya hidup selama tinggal di HCMC sebagai digital nomads ini berkisar dengan budget USD777 per bulan. Kebutuhan ini akan meningkat tergantung dari gaya hidup yang akan anda terapkan seperti makan di restoran di cafe dengan budget USD3-USD10. Untuk rental sewa penginapan atau rumah dimulai dari harga USD300 belum termasuk dengan biaya-biaya seperti listrik, housekeeping.

PILIHAN MAKANAN.
Jangan khawatir pilihan makanan di HCMC, jenis makanan yang tersedia di kota ini cukup lengkap bahkan pilihannya sangat banyak. Olahan bahan makanan yang sangat fresh dan lezat tentu menjadi surganya wisata kuliner di pusat kota. Anda yang inginkan makanan halal sudah cukup banyak tempat makan halal yang sudah banyak direkomendasikan oleh traveler muslim saat berkunjung ke kota yang sangat fenomenal ini.

FASILITAS KESEHATAN.
Fasilitas klinik kesehatan di HCMC cukup baik bahkan sangat cocok dengan ekspat atau wisatawan luar negara ini ingin melakukan pengobatan saat pertolongan dibutuhkan. Memang untuk melakukan perjalanan traveling dan menetap dinegara orang kebutuhan akan asuransi memang sangat perlu khusus di rumah sakit publik seperti di seluruh negara Vietnam.

Note! memang kota ini banyak sekali turis berdatangan dan pastikan anda juga berhati-hati karena masih ada tindak kriminal yang masih mengintai bagi wisatawan yang lengah dengan barang bawaannya.

8. COSTA RICA - Puerto Viejo.
Kota yang sangat digemari dengan pantainya untuk melakukan aktifitas sore hari yang tentu cocok sekali untuk mengisi waktu sore melihat sunset. Suasana kota yang sangat mendukung cocok sekali untuk tempat tinggal sambil melaksanakan kegiatan digital nomads anda disini.

KONDISI WIFI.
Konektifitas WIFI sangat penting saat melakukan pekerjaan digital nomads yang akan dilakukan traveler di Puerto Viejo. Kota prawisata yang cukup bisa diandalkan sebagai destinasi tempat tinggal sementara untuk jangka pendek atau jangka panjang ini telah cukup memberikan effornya sampai dengan 5 Mbps.

KEGIATAN SEKITAR KOTA.
Kota yang sangat friendly sekali untuk para selancar ini sangat cocok untuk tinggal melengkapi traveling digital nomads. Ekspat akan menyukai tema wisata bahari pantai yang tentu memberikan pesona yang sangat fenomenal sambil berselancar mampu melaksanakan tugas yang tentu bersinergi dengan keinginan untuk memuaskan hasrat bermain di pantai. Lokasi ini juga banyak didatangi oleh peselancar profesional kelas dunia dan juga dijadikan sebagai destinasi tinggal sementara sampai acara yang telah banyak dilakukan disini menjadi pesona tersendiri. Tidak hanya itu saja, pesona hutan bakau dan hutan penopang kehidupan juga layak untuk dilakukan eksplor begitu juga dengan suasana sore yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu saat ide ingin didapatkan. Jadi kota ini bisa dikombinasikan antara pekerjaan digital nomads dan serunya menguji adrenalin saat surfing di pantai.

KONDISI CUACA.
Costarica termasuk negara dengan hutan hujannya ini dengan itensitas yang cukup fluktuatif sepanjang tahun. Suhu rata-rata sekitar 30 derajat celcius cukup hangat yang sangat disenangi oleh para western, dan minimal sekitar 21 derajat celcius.

KEGIATAN WISATA.
Mirip dengan pantai di Karibia initentu memberikan pesona tersendiri, kota kecil tidak banyak angkutan umum wara-wiri dan banyak sekali wisatawan melakukan perjalanan dengan jalan kaki untuk menuju ke beberapa pusat kota. Tetapi sekarang ini sudah ada penyewaan sepeda dan skuter yang bisa menjadi pilihan agar cepat sampai tujuan untuk sebagian traveler menginginkannya.

BIAYA HIDUP.
Untuk menetap sementara di Puerto Viejo budget yang harus dipersiapkan adalah USD1.585,- per bulan, jika para wester ekspat akan berkurang menjadi USD1.111,- per bulan.

PILIHAN MAKANAN.
Termasuk kota yang sangat banyak dikunjungi oleh para turis dan sudah pasti jenis makanan yang tersedia cukup banyak pilihan. Tipe dan jenis yang diinginkan oleh digital nomads dari western sangat cukup pilihan sehingga support untuk hidup di Puerto Viejo sangat memadaai. 

FASILITAS KESEHATAN.
Untuk mendapatkan kesehatan di Puerto Viejo masih sangat terbatas apalagi mendapatkan emergency sebaiknya langsung ke puasat kota. Rumah sakit yang terdekat berada sekitar Limon atau langsung ke San Jose harus menempuh perjalanan selama 6 jam dengan kendaraan bermotor.

Note! fasilitas kesehatan memang menjadi perhatian para wisatawan seluruh dunia karena saat membutuhkan pertolongan emergency para digital nomads harus menuju ke pusat kota yang cukup jauh. Para ekspat yang telah pernah hidup di Puerto Viejo ini saat melakukan aktifitas keseharian memang ada kurang nyaman dengan keadaan yang membahayakan. Dengan munculya fenomena ini sekarang ini sudah cukup polisi yang sudah siap stand by untuk mengamankan situasi kota. Para traveler tetap selalu waspada dan hati-hati terhadap semua barang bawaan berharga dan selalu dalam pengawasan.

9. HONGARIA - BUDAPEST.
Termasuk negara yang paling indah di Eropa ini juga dilirik sebagai tempat untuk traveling sekaligus digital nomads. Terlihat indah arsitektur bangunan zaman Neo-Renaissance membuat mata terbuai olehnya termasuk di pusat kota yang terdapat Gedung Opera sebagai tempat yang terindah sebutan kosmopolitan dilengkapi dengan Basilika Momunental. Hampir para digital nomads sekaligus traveler sejati ini banyak memilih kota Budapest sebagai tempat tinggal sementara ini membuat sebuah pilihan dengan baiknya rekomendasi tentu lebih membuat terasa menyenangkan.

KONDISI WIFI.
Koneksi internet yang harus menjadi perhatian seorang digital nomads untuk melakukan pekerjaan saat traveling harus dilakukan berbarengan. Saat ini sudah mempunyai kecepatan yang cukup baik sudah mencapai 30 Mbps.

KEGIATAN SEKITAR KOTA.
Pusat kota yang sangat indah tentu menjadi sebagai kunjungan tempat wisata yang banyak disukai oleh para wisatawan. Banyak sekali spot terbaik untuk dilihat dan terawatnya gedung yang sampai sekarang sangat fenomenal di Eropa menjadi daya tarik utama sebagai kota wisata. Maksimalkan segala waktu yang telah dipersiapkan saat kunjungan wisata bisa dilakukan dan kerjaan sebagai digital nomads juga dapat terlaksana dengan baik.

KONDISI CUACA.
Uniknya kota Budapest ini saat traveler mengunjungi di musim panas, tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup terik cuaca terasa sekitar 21 derajat celcius yang masih terasa sejuk di kulit. Berbeda dengan musim dingin anda harus membawa pakaian yang lebih tebal bahkan cuaca cenderung lebih dingin di puncaknya dengan muncul salju tebal disekitar anda.

KEGIATAN WISATA.
Saat berada di Budapest traveler sudah bisa menikmati transportasi publik yang cukup baik dan sangat efisien untuk berkunjung ke pelosok kota dan harganya sangat terjangkau. 

BIAYA HIDUP.
Hal yang sangat penting untuk bertempat tinggal sementara di Budapest harus mempersiapkan budget yaitu sekitar USD1.288 per bulan sebagai cost minimal untuk para ekspat. Untuk bepergian selama tinggal dapat menyewa sepeda dengan harga 1.50 Euro per hari dan untuk harga makanan standar EUR2-3 sekali makan per porsi. Sewa tempat tinggal khususnya apartemen tipe standar yaitu studi dengan harga USD550 per bulan dan jika membutuhkan house keeping untuk bersih-bersih rumah akan membutuhkan biaya USD7 per jam.

PILIHAN MAKANAN.
Kuliner yang sangat dikenal dan disukai di Hongaria terutama di Budapest adalah jenis olahan sup, jenis kue tradisional, dan olahan makanan yang harus dan lezat lainnya. Untuk jenis vegetarian sudah mulai tersedia cukup, khusus ana traveler dari Indonesia yang ingin menu halal harus pastikan penjualnya memberikan sinyal bahwa restoran atau tempat makan ada logo halal nya atau penjualnya memang dari muslim.

FASILITAS KESEHATAN.
Sangat profesional dan tenaga medis yang sangat direkomendasikan di Eropa ini Budapest sebagai kota pariwisata untuk segala hal termasuk medis. Mendapat kualitas kesehatan terbaik ada di negara Hangaria ini karena mereka sangat berkomitmen tinggi untuk memberikan profesional tinggi seluruh penduduk lokal dan para traveler dan digital nomads.

Note! untuk masalah birokrasi memang bersabar untuk mengikuti seluruh prosedur yang dihadapi termasuk dalam pemerintahan dan swasta.

Baca juga:

10. BRAZIL - FLORIANOPOLIS.
Kota yang menjadi destinasi wisata dunia ini juga bisa dijadikan sebagai kota untuk digital nomads yang sangat digemari bahkan direkomendasikan oleh para expert yang telah memilih negara ini destinasi strategis. Kota yang dituju adalah Florianopolis kota strategis yang sangat penting dan memiliki seluruh fasilitas yang dibutuhkan oleh seluruh traveler dan digital nomads. Kota yang dikelilingi dengan pemandangan alam pegunungan hijau cocok untuk rileks. Waktu terbaik untuk datang adalah di musim panas sekitar bulan November hingga bulan Maret, dan musim dingin berada di bulan Juni hingga bulan September.

KONDISI WIFI.
Konektifitas jaringan internet sangat relatif ada baik dan buruknya tergantung dari jaringan itu sendiri. Ada beberapa tempat yang blank spot tetapi masih bisa dimaklumi karena adanya pengaruh lokasi atau pegunungan yang mungkin dihadapi oleh para traveler. Kecepatan WIFI sudah mencapai 3 Mbps dan cukup baik untuk dijadikan sebagai destinasi digital nomads walaupun tidak lebih baik dari beberapa negara lainnya.

KEGIATAN SEKITAR KOTA.
Saat berada di Florianopolis banyak sekali kegiatan outdoor yang bisa dilakukan oleh traveler sepertu hiking, surfing, bermain layang-layang, seluncur pasir, dan lainnya. Untuk fasilitas kota menunjang sighseeing cukup banyak pilihan.

KONDISI CUACA.
Kota dengan iklim tropis ini saat berada di musim panas cukup stabil tetapi pada musim dingin terasa menusuk tulang. Walaupun begitu suasana kota masih berada di suhu rata-rata 8-18 derajat celcius. Mungkin sebagian traveler menyebutnya sejuk tetapi masih cukup relatif aman untuk melakukan kegiatan pantai untuk surfing dan lainnya.

KEGIATAN WISATA.
Transportasi di kota ini masih tidak terlalu baik bahkan ada spot tertentu membutuhkan waktu cukup lama sampai tujuan karena akses kendaraan masih terbatas. Bus umum dan transportasi online sudah tersedia cukup yang bisa anda pilih sebagai alternatif terbaik untuk berpindah tempat. Waspada dengan taksi yang tentu ada kekhawatiran dalam hal yang tidaak nyaman.

BIAYA HIDUP.
Kota yang sangat favorit sekali dijadikan sebagai tempat untuk traveling serta digital nomads ini tentu punya alasan tersendiri. Budget yang dibutuhkan sekitar USD1.212 per bulan oleh ekspat, jika untuk jangka panjang biaya bulanan bisa menurun menjadi USD954 per bulan. Sebenarnya tergantung dari kebiasaan gaya hidup dan lifestyle untuk masing-masing seorang digital nomads. Untuk belanja sebaiknya memilih produk lokal karena banyak produk impor yang dijual di pusar kota Rio sudah sangat mahal. 

PILIHAN MAKANAN.
Umumnya olahan makanan di Brazil sangat berat dan sangat banyak menggunakan rempah. Dan tipe dan jenisnya sehat menyehatkan sangat banyak dan populer di Brazil.

FASILITAS KESEHATAN.
Banyak sekali para digital nomads sekaligus traveler melengkapi perjalannan mereka ini dengan asuransi kesehatan untuk menunjang seluruh aktifitas lebih baik. Fasilitas kesehatas sangat tinggi kualitasnya dan sering menjadi rujukan dari ekspat yang ingin menghabiskan waktu singkatnya untuk melakukan kegiatan penting lainnya.

Note! Florianopolis terletak di pulau berarti kegiatan lebh fokus pada traveling dan pekerjaan. Untuk melakukan perjalanan memang sulit menggunakan mobil karena luas pulau tidak terlalu luas


Source: nomadlist dan data diolah.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Transportasi Terintegrasi MRT Kuala Lumpur Malaysia

Dengan berkembangnya sebuah kota dan sudah penuhnya penduduk yang tinggal di metropolitan kota Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia MRT {Mass Rapid Transit} untuk mengangkut seluruh penduduk termasuk wisatawan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi publik MRT ini telah ada di kota Kuala Lumpur Malaysia sebagai tumpuan menghindari kemacetan dan cepat sampai tujuan. Infrastruktur ini merupakan cara yang paling efektif dengan lajur sendiri baik stasiun melayang atau stasiun di dalam tanah. Stasiun yang dibuat inilah menjadi pintu masuk dan keluar seluruh penumpang untuk melangkah ke tujuan akhir masing-masing.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Kawasan Wilayah Populer Penginapan Hostel Pilihan Backpacker Di Kuala Lumpur Malaysia

Seorang backpacker yang setelah mendarat di Kuala Lumpur Malaysia butuh informasi kawasan wilayah penginapan hostel yang berada disekitar pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi untuk satu kali perjalanan. Memang pencarian pada saat sekarang ini  sangat mudah sekali akses informasi untuk pencarian penginapan hostel backpacker dan sudah banyak pula pilihan yang disediakan oleh provider untuk memberikan tempat yang terbaik untuk bermalam. Berikut rekomendasi kawan yang menjadi populer dan favorit oleh para backpacker untuk melabuhkan tas ransel untuk istirahat jika telah sampai di kota Kuala Lumur Malaysia.

Tidur Dan Mandi Di Bandara Internasional Changi Singapura

Mungkin sebagian pilihan seorang backpacker untuk menginap tidur serta ingin mandi di Bandara Internasional Changi Singapore telah banyak wara-wiri sebagai topik yang banyak dicari oleh traveler dengan jadwal penerbangan sangat pagi atau delay berkepanjangan terpaksa harus istirahat leyeh-leyeh tidur sampai jadwal penerbangan siap untuk diikuti. Itulah konsekwensinya mendapatkan tiket murah dari LCC yang harus berkorban menunggu karena jadwal penerbangan yang tersedia dari maskapai tersebut pasti diatas jam 22:00 dan sangat pagi sekali pada jam 05:00 pagi. Sebelum berangkat harus mandi, pada kesempatan ini tulisan ini akan sharing informasinya.

Keuntungan Kerugian Pesawat Mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP]

Pada saat sekarang sudah ada penerbangan yang mendarat di Halim Perdana Kusuma [HLP] tidak hanya di Cengkareng Soekarno Hatta saja menjadi destinasi utama. Beberapa penerbangan yang mendarat di HLP ini dimasukan kedalam destinasi lain untuk sampai ke kota Jakarta dengan mengurangi penerbangan yang cukup sibuk di Soekarno Hatta yang telah melayani take-off dan landing dengan jarak waktu yang cukup sempit. Nah, dipilihnya Halim Perdana Kusuma untuk mengurangi kesibukan dari lokasi Cengkareng Soekarno Hatta tersebut sudah benar adanya. Ada sebagian orang yang sudah terbiasa dengan Cengkareng Soekarno-Hatta untuk menjadi destinasi mendaratnya pesawat dengan beberapa fasilitas penghubung antara terminal dan konektifitas antara bandara dengan kota Jakarta sedikit agak enggan memilih Bandara Halim Perdana Kusuma. Ada sebagian berpendapat nanti bagaimana setelah sampai disana, terus bagaimana sampai ke kota Jakarta menggunakan akses transportasi seperti apa. Mungkin masih banyak lagi.

25 Makanan Khas Kuala Lumpur Malaysia Kuliner Buruan Traveler Indonesia

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur saat berada di kota Kuala Lumpur jangan lupa cicipi makanan khas sebagai wisata kuliner yang dapat dikatakan halal yang tersebar di kawasan pusat backpacker dunia seperti di Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Petaling Street, Pasar Seni, ataupun di Puduraya. Memang penjual sangat banyak tetapi pilihannya adalah penjual Melayu yang sudah pasti yakin kehalalannya. Untuk rasa memang unik ada kemiripan dengan masakan di Indonesia termasuk harganya masih murah sehingga tidak sia-sia anda mencobanya, bisa menjadi daftar masakan yang telah anda coba selama ada di negara Malaysia. Berikut masakan yang perlu anda coba saat berada di kota Kuala Lumpur selain dari nasi lemak yang sudah disukai seperti menu sarapan pagi nasi uduk, dan beberapa pilihan lain dapat anda jadikan untuk menu makan siang atau makan malam.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.