Langsung ke konten utama

10 Tips Tetap Aman Agar Barang Berharga Bawaan Anda Saat Berada Di Tempat Penyimpanan Barang Di Kabin Pesawat Walau Saat Tertidur Pulas Sekalipun

Saat anda melakukan perjalanan terbang menggunakan pesawat udara tentu anda akan membawa barang bawaan mungkin ada barang berharga di dalam tas bawaan yan tersimpan di tempat penyimpanan bagase kabin pesawat atas yang letaknya persis diatas kursi duduk. Banyak sekali kejadian kehilangan barang di atas pesawat seperti ini yang dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung-jawab bahkan barang penumpang hingga pramugari pesawat sekalipun. Sungguh sangat disayangkan sekali fenomena ini sudah sering terjadi dan masih saja terjadi sampai saat ini sehingga harus antisipasi dari penumpang itu sendiri untuk selalu berhati-hati dengan barang bawaan yang tersimpan di tas atau koper yang disimpan di atas laci tempat penyimpanan diatas tempat duduk.

Kejadian ini sudah banyak diliput oleh media internasional bahkan menjadi atensi penuh karena jumlah konversi nominal kerugian telah melebihi nilai US$260.000 per orang sekitar IDR3,6M. Tentu dengan kerugian seperti ini terjadi saat anda terlelap tidur terutama di penerbangan jarak jauh dengan lama waktu perjalanan 10-12 jam, tidak menutup kemungkinan untuk perjalanan jarak pendek tetap waspada bahkan harus menjadi perhatian khusus.

Untuk meminimalisir kejadian barang dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung-jawab saat barang anda berada di atas kabin penyimpanan barang diatas kursi tetap aman saat anda tidur pulas, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan agar barang bawaan tetap aman tidak berpindah tangan, berikut penjelasannya:

#1. Anda harus berhati-hati saat menggantungkan jaket atau mantel di dalam lemari, khususnya di kelas eksekutif yang mempunyai fasilitas ini. Semua barang berharga anda harus segera dikeluarkan dari jaket terutama dompet yang penuh berisi dokumen penting bahkan uang tunai sekalipun. Ini lah barang yang pertama dilihat para pencuri di atas pesawat, barang penting yang dipakai oleh penumpang. Untuk akses ke lemari ini yang dapat membuka penumpang dan pramugari saja yang mampu dengan mudahnya untuk membuka. Pastikan waspada selalu terhadap barang bawaan anda yang dimasukan ke dalam jaket.

#2. Beri tanda khusus terhadap barang bawaan anda, misalnya anda membawa koper beri sebuah tanda yang bisa anda kenali seketika bahwa inilah koper asli anda. Karena koper akan selalu ada kemiripan bahkan tipe dan jenis yang sama saat barang yang anda tempatkan di tempat penyimpanan barang di kabis tentu akan memberikan efek kebingungan jika tidak diberi tanda khusus. Untuk mencegah agar koper atau barang tidak tertukar saat sudah landing di tujuan akhir nanti pastinya anda bisa langsung mengenali koper tersebut dengan tanda yang telah anda lakukan sebelum berangkat dari rumah. Contoh tanda seperti berupa pita warna, atau sabuk khusus yang melingkar di koper yang sudah banyak tersedia di toko online atau toko buku ternama.



#3. Pastikan barang bawaan harus diletakan posisinya tepat diatas tempat kursi duduk anda di pesawat. Laci khusus di samping tas atau koper yag masih ada dan masih ada barang yang ditempatkan sebainya posisi tas tersebut dilakukan dalam posisi terbaik agar oknum pencuri agak kesulitan untuk membukanya dan sudah pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencoba membuka laci tersebut untuk mengambil barang berharga anda.

#4. Lengkapi dengan kunci tambahan saat akan meletakan barang di tempat yang telah disediakan. Kunci tambahan ini tentu sangat berguna sekali saat anda dalam posisi tidur pulas selama penerbangan atau saat menuju ke rest room, tentu saja ada efek memberikan kenyamanan dan tidak was was koper anda dibuka oleh pencuri. Kenyataannya sekarang ini produk koper atau tas telah mulai dilengkapi dengan kunci tambahan tetapi masih banyak yang belum memberikan akses untuk memberikan alat kunci tambahan tadi. Jadi anda sebagai konsumen pintar harus memilih koper yang telah mempunyai fasilitas tempat meletakan kunci tambahan baik di koper atau tas jenis lainnya.

Poto oleh: travelpulse.com

#5. Saat anda melakukan scanning x-ray di pintu masuk dan pintu akhir tentu pastikan semua barang berharga yang letaknya terpisah dari koper seperti di kontainer plastik harus dilihat benar apakah sesuai dengan jenis barang anda sesungguhnya. Pastikan antrian di depan anda tidak terlalu banyak penumpang lainnya yang juga telah melakukan scanning x-ray, mengakibatkan penumpang ini telah duluan sampai di depan setelah melewati metal detector akan mengambil barang mereka. Bisa saja terjadi tertukar atau terambil oleh penumpang lainnya pada saat itu terjadi kesalahan dengan jenis barang yang sama tetapi berbeda kepemilikan, barang yang sering tercuri adalah hp smartphone, jam tangan, ikat pinggang, hingga bahan logam atau perhiasan {cincin, gelang, atau perhiasan lainnya}. Tetap waspada fenomena seperti ini terkadang penumpang tidak awas dengan situasi ini dapat terjadi barang berharga tercuri sebelum berangkat naik pesawat.

#6. Kondisi lain bisa saja terjadi saat anda memasuki pesawat pada posisi terlambat. Seluruh tempat penyimpanan barang di sekitar tempat duduk anda telah penuh dengan barang penumpang lain yang meletakannya di sekitar tempat duduk mereka. Disaat itu juga anda mendapatkan tempat penyimpanan barang di kabin pesawat sangat jauh dari pengawasan anda seperti di paling depan atau di paling belakang. Fenomena seperti ini memungkinkan barang bawaan anda bisa saja telah di mata-matai oleh penumpang lain, saat telah landing dan siap pintu akan dibuka seluruh penumpang akan berdiri di tengah dan menuju ke pintu keluar dengan membawa seluruh barang bawaan mereka. Di saat itu anda masih terpisah dengan barang bawaan yang memungkinkan adanya peluang dicuri atau tercuri oleh oknum penumpang lain yang tidak bertanggung-jawab. Pastikan situasi ini harus menjadi atensi penuh agar barang berharga anda tetap dalam pengawasan.

#7. Saat melakukan penerbangan jarak jauh tentu anda kemungkinan anda untuk belanja di atas pesawat dan jika penerbangan jarak pendek kemungkinan untuk belanja diatas pesawat akan berkurang, alasannya penumpang menggunakan pesawat jarak pendek sudah selesai makan dan minuman sebelum berangkat. Khusus penumpang jarak jauh apabila ada kemungkinan melakukan pembelian makanan dan minuman selama penerbangan nanti pastikan jumlah uang yang cukup disiapkan. Pemisahan jumlah uang ini memang harus dilakukan dengan menyiapkan dompet kecil tambahan untuk uang tunai dan beberapa dokumen penting ID, kartu, dan lainnya di dompet lainnya. Dompet khusus penyimpanan dokumen penting ini apabila anda ingin memasukan ke dalam koper pastikan posisi letaknya paling dasar koper atau ransel dan ditutup dengan tempat khusus yang membungkus dompet tersebut dengan zip lock dengan kode angka atau zip lock sejenis yang ditambah dengan sabuk yang mengikat ke seluruh pakaian dengan posisi letak dompet rahasia. Kegunaannya, saat oknum pencuri yang ingin melakukan pengambilan akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membongkarnya saat anda tidur pulas di pesawat nanti. Untuk zip lock seperti ini telah banyak dijual di toko buku atau media online lainnya dengan harga terjangkau.

#8. Waspada juga saat meletakan barang di bawah kursi posisi depan atau ada kemungkinan anda meletakannya di kantong di depan anda. Karena situasi lengah bisa saja terjadi saat barang penting anda ini berada di posisi tersebut. Barang berharga yang pada saat itu anda letakan di kantong atau di tas kecil yang bisa di letakan di bawah kursi ini kemungkinan untuk tercuri bisa saja terjadi, saat anda pergi ke rest room untuk keperluan meninggalkan barang tersebut sekitar 10 menit. Jadi, harus berhati-hati pada situasi ini dan pastikan barang yang anda bawa nanti harus mampu memberikan kenyamanan saat telah diberikan pengamanan tambahan agar barang berharga tidak berpindah tangan.

#9. Tidak hanya itu saja, incaran dompet yang diletakan di saku celana belakang bisa saja tercuri oleh oknum lainnya yang tidak bertanggung-jawab. Ya ibaratnya seperti pencopet dengan memanfaatkan posisi ramai untuk mencoba mengambil dompet tersebut saat anda lengah. Situasi lainnya bisa saja terjadi saat tas ransel kecil anda yang di sandang dibelakang meletakan dompet tersebut di salah satu tempat penyimpanan tas yang memudahkan oknum tersebut untuk membuka paksa atau menyiletnya sehingga terjadi robek. Antisipasinya adalah meletakan posisi tas di depan agar monitoring terhadap properti anda bisa jelas terlihat dan mimininalisir kejahatan yang akan menimpa anda.

#10. Apabila anda menangkap basah oknum yang mencuri barang anda atau penumpang lainnya masih dalam coverage wilayah pengamatan anda maka pertolongan terbaik berteriak atau memberitahukan kepada petugas di sekitar anda sangat direkomendasikan. Pada situasi ini anda telah memberikan bantuan terbaik untuk sesama penumpang dan ibaratnya anda berada diposisi terbalik dimana barang anda diambil oleh oknum yang tidak bertanggung-jawab tentu anda akan berterima kasih. Pertolongan seperti ini anda telah memberikan sebuah solusi untuk menunjuk oknum yang mencoba mengambil barang penumpang lainnya saat dia tertidur pulas di penerbangan. Dan anda memastikan barang yang dibuka atau diambilnya barang bukan milik di sendiri memang benar adanya.

Jadi situasi ini kemungkinan anda lengah tentu ada namanya manusia ada momen tertentu lupa dengan barang bawaan. Pastikan semua dokumen penting anda sudah dalam pengawasan anda, seperti ID, kartu penting, hingga dokumen lainnya sudah diletakan di tempat yang cukup aman dan tidak terjangkau oleh oknum pencuri tersebut. Jika diperlukan adanya pemisahan dompet jika hal tersebut memungkinan terjadi adanya tercecer atau tercuri sebaiknya anda lakukan pemisahan. Memberikan kunci gembok tambahan sangat direkomendasikan agar memberikan pengamanan ekstra terhadap barang bawaan seperti koper atau ransel. Hal yang sangat penting adalah, jangan membawa perhiasan mencolok saat dipakai atau meletakannya di dalam tas yang tentu saja anda telah memberi peluang untuk dicuri oleh oknum walaupun sebatas kemungkinan.

Jangan pernah terlepas dari pengamatan anda semua properti barang bawaan, anda yang harus meminimalisir terjadinya pencurian, tercuri, atau barang berpindah tangan dengan mudahnya. Selalu tetap awas dengan kemungkinan yang akan terjadi dan pastinya barang tersebut selalu dalam area mudah diawasi. Khusus untuk hp smartphone, laptop, kamera, dan gadget lainnya sudah diletakan di tempat yang aman dan jika ada tas khusus sebaiknya dilakukan karena dapat memberikan tempat khusus yang memberikan kenyamanan dalam pengamanan anda setiap saat.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Dan Dicari

Naik Apa ke Bukit Bintang? Inilah Transportasi Dari KLIA 2 Ke Bukit Bintang Malaysia

Setelah sampai di KLIA 2 saatnya untuk menggunakan transportasi yang ada di sekitar bandara menuju ke Bukit Bintang Malaysia untuk melengkapi rute awal berlibur. Ada beberapa moda transportasi yang bisa anda pilih jika sudah mendarat yang dicari oleh seluruh traveler harus apa yang dilakukan pertama kali saat ada di balai kedatangan. Sebenarnya tidak begitu sulit apa yang harus anda lakukan, setelah melakukan checking point di pintu imigrasi dan barang bawaan anda telah dibawa semua saatnya melakukan ekspedisi jelajah kota Kuala Lumpur.

Alamat Kantor Perwakilan Etihad Airways di Indonesia

Pesawat udara Etihad Airline sudah memuka kantor representatif perwakilan di Jakarta Indonesia. Penerbangan Etihat Airways sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003 ini sudah mampu membuka destinasi tujuan ke kota penting bisnis dunia dengan fasilitas pendukung yang sangat nyaman. Mereka menyediakan berbagai kelas untuk setiap penumpang setianya dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan kelas utama. Etihad Airways termasuk grup Skytrax penerbangan dunia yang telah memenangkan award untuk kategori kenyamanan kabin pesawat. Setiap kelas mempunyai harga dan fasilitas yang akan mereka berikan sesuai dengan tingkat kenyamanannya. 

Tips Mudah Cara Membeli TV Bekas Atau Barang Elektronik Idaman

Jangan salah pesona untuk membeli Televisi atau TV bekas masih saja banyak peminatnya. Apalagi seorang anak kosan ataupun anda yang masih ngontrak dengan uang pas setiap bulannya tentu pilihan menjadi agak terbatas. Pada saat sekarang ini jumlah penjual TV bekas banyak terlihat baik di media online atau secara langsung ke penjual. Masalah harga adalah hal yang sangat prinsip sehingga pilihan terbaik jika uang tersedia hanya sesuai dengan TV bekas kenapa tidak dicoba. Untuk media online sekarang ini penjual yang rata-rata ingin mengganti model baru atau pindah ke daerah lain tidak perlu membawa televis sebaiknya di jual karena lebih praktis dan bisa jadi uang yang dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Plesirankotatua ingin sharing pengalaman tips sangat mudah bagaimana cara membeli TV bekas idaman.

Pahami Colokan Listrik di Singapore Untuk Charger Gadget Favorit

Colokan-Listrik-Singapore menjadi tema bahasan yang banyak sekali di cari informasinya oleh traveler dari Indonesia. Singapore terkenal sebuah negara yang sangat banyak di pilih oleh backpacker Indonesia untuk menghabisan masa liburan singkat karena lokasinya tidak terlalu jauh dan sudah banyak maskapai penerbangan biaya murah membuka rute perjalanan langsung. Apabila anda tidak mengetahui jenis colokan listrik di sana berarti anda akan kehilangan kesempatan untuk melakukan charger aneka gadget hingga laptop kesayangan. Untuk tetap always-on maka tulisan ini akan menjelaskan dengan cukup rinci.

Rencana Liburan Korea Selatan Ke Jepang : Tata Cara Melakukan Penyeberangan Menggunakan Kapal Ferry Dari Terminal Busan ke Fukuoka

Melakukan liburan yang berbarengan seperti Korea Selatan dan Jepang kenapa tidak, untuk menghubungkan kedua negara dapat anda gunakan kapal ferry ataupun kapal cepat yang tersedia di kedua negara. Setelah wara-wiri di medsos sepertinya sangat sedikit informasi yang menjelaskan tata cara lengkap dan informasi bagaimana cara menggunakan kapal ferry penyeberangan untuk melengkapi liburan yang telah dibuat. Ingin kedua negara ini bisa sejalan dalam satu langkah karena letaknya sangat berdekatan dan terhubung dengan kapal penyeberangan.

Oleh Oleh Khas Unik London Inggris Destinasi Belanja Wajib Buruan Traveler Indonesia

Souvenir oleh-oleh-khas-London saat berkunjung ke Ingrris sebagai destinasi liburan para traveler Indonesia menjadi hal yang kudu wajib dilakukan sebelum kembali pulang ke tanah air. Oleh oleh London Inggris yang dimaksud dimulai dari coklat, makanan, minuman, fashion, dan lainnya termasuk gaya belanja murah yang bisa dilakukan kota penting ini sebagai pusatnya penjual barang disukai traveler Indonesia. Belanja sambil jalan jalan adalah hal yang tidak bisa terpisahkan saat liburan menjadi hal yang sangat asyik berbarengan dengan melihat kota tua dengan arsitetur kuno yang masih terawat baik dan pastiknya menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Berikut beberapa ide rekomendasi souvenir oleh oleh khas Inggris yang bisa anda dapatkan di kota London dengan harga yang murah.

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah di Singapura sudah masuk dalam daftar perjalanan tempat wisata penting yang disukai oleh turis seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja tetapi surga tempat melihat bangunan kuno dan sangat bersejarah bagi perkembangan negara Singapore ini tentu menjadi daya tarik tambahan selama anda menghabiskan waktu cuti liburan nanti. Tunggu apa lagi, sekarang ini anda sudah mempersiapkan diri untuk searching tiket pesawat murah agar perjalanan liburan nanti bisa menambah wisata bangunan bersejarah di Singapura masuk dalam itinerary perjalanan nanti, ada beberapa lokasi paling penting untuk sejarah Singapore berikut penjelasannya:

Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Malaysia Waktu Malam

Kuala Lumpur Malaysia telah tersedia tempat menarik di waktu malam saat menghabiskan waktu liburan disana di musim cuti yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Keramaian kota yang tentu mempersona mata dengan warna-warni kerlipan lampu yang sangat fenomenal ini tentu tidak akan pernah jemu untuk memandang. Semua kegiatan di tempat yang menarik di waktu malam tentu saja berbeda di waktu siang hari dimana aktifitas para turis dari seluruh dunia yang telah memilih KL sebagai destinasi wisata mereka tentu punya kelebihan tersendiri. Jadi pilihan yang boleh anda lakukan di KL pada waktu malam dengan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi sembari anda ingin menikwati waktu malam terakhir disana sebelum pulang kembali ke tanah air, berikut penjelasan lengkapnya.

Transit Di KLIA 2 Malaysia Gunakan Fasilitas Gratis Saat Menunggu Jadwal Penerbangan Anda Berikutnya

Bandara KLIA 2 Malaysia sudah menjadi lokasi bersahabat bagi para traveler dunia yang transit merupakan cara yang sangat mudah untuk menikmati seluruh fasilitas gratis sampai mandi di bandara juga tersedia bagi anda yang gerah denan kondisi badan yang lengket dan tidak enak saat bepergian. Lengkap dengan tempat yang cukup murah meriah di KLIA 2 ini termasuk bandara yang tersibuk sebagai pintu masuk transit berbagai jalur penerbangan dunia yang dipenuhi oleh para solo backpacker yang menggunakan jenis pesawat LCC [Low Cos Carrier] transit di sini. Tentu pengelola bandara KLIA 2 akan mempersiapkan sebagal keperluan seluruh para traveler ini dengan infrastruktur yang memadai sehingga tercipta tingkat kenyamanan dan menunggu jadwal pesawat berikutnya lebih terasa cepat tidak bosan.